Jumat, 12 April 2013

TAFSIR AT-TIN




                MANUSIA DALAM BENTUK Yang Sebaik-Baiknya ?


وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ {1} وَطُورِ سِينِينَ {2} وَهَذَا الْبَلَدِ اْلأَمِينِ {3} لَقَدْ خَلَقْنَا اْلإِنسَانَ فيِ أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ {4} ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ {5} إِلاَّالَّذِينَ ءَامَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُونٍ {6} فَمَايُكَذِّبُكَ بَعْدُ بِالدِّينِ {7} أَلَيْسَ اللَّهُ بِأَحْكَمِ الْحَاكِمِينَ {8}
  1. Demi  Tin dan Zaitun
  2. dan demi bukit Sinai,
  3. dan demi kota (Mekah) ini yang aman,
  4. sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya .
  5. Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka),
  6. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya.
  7. Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu?
  8. Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya?
Muqaddimah
At-Tin artinya buah tin. Surat ini terdiri atas delapan ayat, termasuk golongan surat Makiyyah karena diturunkan sebelum Rasulullah SAW hijrah ke Madinah. Dinamai At-Tin karen kata ini disebutkan pada awal surat. Inti pesannya yaitu memberikan penjelasan bahwa manusia merupakan makhluk terbaik secara jasmaniah dan rohaniah. Namun akan meluncur ke derajat yang lebih rendah dari binatang apabila dia tidak mampu mempertahankan kemuliaannya.
Kata Tin dalam Al Qur’an hanya disebut satu kali, yaitu dalam surat ini. Ada ahli tafsir yang menyebutkan bahwa Tin adalah sejenis buah yang terdapat di Timur Tengah. Apabila telah matang, berbiji seperi tomat, warnanya coklat, rasanya manis, berserat tinggi, dan dapat digunakan sebagai obat penghancur batu pada saluran kemih dan obat wasir. Oleh sebab itu, Al-Qur’an terjemahan departemen agama, kalimat ”wattini” diartikan dengan ”Demi Buah Tin”. Kata zaitun disebut empat kali dalam Al-Qu’ran, Zaitun adalah sejenis tumbuhan yang banyak tumbuh di sekitar laut tengah, pohonnya berwarna hijau, buahnya pun berwarna hijau, namun ada pula yang berwarna hitam pekat, bentuknya seperti anggur, dapat dijadikan asinan dan minyak yang sangat jernih. Zaitun dinamai Al –Quran sebagai syajarah mubaarakah (tumbuhan yang banyak manfaatnya). (QS An-Nur 24:335)
Tidak semua ahli tafsir berpendapat bahwa yang dimaksud Tin dan Zaitun adalah nama buah. Ada juga yang berpendapat bahwa ini adalah nama bukit tempat nabi Ibrahim AS menerima wahyu, sedangkan Zaitun adalah nama bukit di daerah Yerusalem tempat Nabi Isa menerima Wahyu. Jadi, Tin dan Zitun adalah dua tempat yang dianggap bersejarah, karena di tempt itulah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Isa AS menerima wahyu.
Kedua pendapat tersebut sama-sama memiliki alasan yang kuat. Namun, kalau kita cermati konteks ayatnya, kelihatannya pendapat terakhir lebih logis karena pada ayat berikutnya, yaitu ayat kedua dan ketiga, Allah SWT. Berfirman tentang bukit Sinai dan Kota Mekah. Hampir seluruh ahli tafsir sependapat kalau yang dimaksud Thuur Shinin pada ayat tersebut adalah bukit Tursina atau lebih dikenal dengan nama bukit Sinai, yaitu bukit yang berada di Palestina, sementara yang dimaksud Baladil Amiin adalah kota Mekkah.
Ar-Raghhib Asfahani, seorang pakar bahasa Al-Qur’an meyebutkan bahwa kata taqwiim pada ayat ini merupakan isyarat tentang keistimewaan manusia dibanding binatang, yaitu dengan dikaruniainya akal, pemahaman dan bentuk fisik yang tegak lurus. Jadi ahsani taqwiim berarti bentuk fisik dan psikis yang sebaik-baiknya.
Kedudukan manusia di antara makhluk SWT lainnya pun menempati peringkat tertinggi, melebihi kedudukan malaikat, ”Dan sesungguhnya Kami memuliakan anak Adam (manusia)dan Kami angkut mereka di darat dan di laut, dan Kami melebihkan mereka atas makhluk-makhluk yang Kami ciptakan, dengan kelebihan yang menonjol. ”(QS. Al-Isra 17:70).
Surat ini ditutup dengan ”Alaisallahu biahkamil haakimiin (”Bukankah Allah itu hakim yang seadil-adilnya”). Seolah-olah ayat ini mengatakan, ”Pikirkanlah wahai manusia, hanya Allah SWT. Hakim yang Maha Adil dan Maha Mengetahui kebutuhan kamu. Oleh sebab itu, hanya aturan-aturan-Nya yang bisa memenuhi kebutuhamu!”. semoga kita menjadi orang-orang yang taat menjaga kemuliaan yang Allah SWT berikan dengan selalu meningkatkan iman dan mengerjakan amal saleh. Amin.
Tafsir Ayat
(1) Allah SWT bersumpah dengan dua pohon yang terkenal ini, yaitu Tin dan Zaitun, karena buah dan pohonnya mempunyai banyak manfaat. Dan juga karena keduanya berada di tanah Syam, tempat kenabian Isa ibn Maryam AS
(2) Dan Allah SWT bersumpah dengan bukit Sinai (tempatnya di Mesir), tempat kenabian Musa AS
(3) Kemudian Allah bersumpah dengan Makkah Al-Mukarramah tempat kenabian Muhammad SAW yang telah dijadikannya sebagai tempat yang aman dan dijamin aman pula orang yang berada di dalamnya. Allah SWT telah bersumpah dengan tiga tempat suci itu yang telah Dia pilih dan Dia munculkan darinya sebaik-baik dan semulia-mulia kenabian
(4) Sedangkan obyek yang disumpahkan adalah firman-Nya berikut ini, sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sempurna, anggota badannya serasi dan tegak, tidak kehilangan sesuatu yang dibutuhkannya baik lahir maupun batin
(5) Meskipun terdapat nikmat-nikmat yang besar itu, yang seharusnya wajib disyukuri, tapi kebanyakan manusia tidak mensyukurinya. Mereka justru sibuk dengan permainan, mereka lebih memilih hal-hal yang tidak berguna dan akhlak yang rendah. Maka kelak di akhirat, Allah SWT akan mengembalikan mereka ke dasar neraka, tempat orang-orang bermaksiat yang membangkang kepada Rabb mereka
(6) Kecuali orang yang telah Allah berikan kepadanya anugerah iman, amal shalih dan akhlak yang mulia. Maka dengan itu mereka akan mendapat tempat yang tinggi di surga dan pahala yang tiada putus-putusnya. Yang ada adalah kelezatan yang melimpah, kesenangan yang tak henti-henti dan kenikmatan terus bertambah, untuk selama-lamanya. Buahnya tak ada henti-hentinya, demikian pula dengan naungannya
(7) Lalu Allah SWT menutup surat ini dengan melontarkan sebuah pertanyaan kepada hamba-Nya: Wahai manusia, apa gerangan yang menyebabkan kamu mendustakan hari pembalasan atas semua amal perbuatan? Sedangkan kamu telah melihat banyak tanda-tanda kebesaran Allah SWT yang dapat memberimu keyakinan dan nikmat-nikmat Allah yang menuntut kamu untuk tidak ingkar terhadap setiap sesuatu yang Dia kabarkan kepadamu
(8) Bukankah Allah SWT adalah Hakim yang paling adil yang memberikan keputusan di antara hamba-hamba-Nya? Dia tidak menzhalimi mereka dan tidak berbuat curang. Apakah pantas Kemahabijaksanaan-Nya lalu berarti membiarkan mereka sia-sia begitu saja; tidak diperintahkan dan dilarang serta tidak diberi pahala dan tidak disiksa? Atau bahwa Dzat yang telah menciptakan manusia jenjang demi jenjang, melimpahkan bagi mereka nikmat dan kebaikan yang terhingga dan mendidik mereka dengan sebaik-bainya, harus mengembalikan mereka ke suatu tempat yang menjadi tempat menetap mereka, yang kepadanya mereka menuju?
(SUMBER: at-Tafsiir al-Yasiir karya Yusuf bin Muhammad al-Owaid, tafsir surat at-Tiin)
JAKARTA  13/4/2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman