Selasa, 03 Februari 2015

DZIKIR ASMAUL HUSNA




MENYEBUT ASMA2 ALLAH ?
 

"ALLAH mempunyai Asmaa-Ul-Husna (nama-nama yang agung yang sesuai dengan sifat-sifat ALLAH S.W.T.), maka bermohonlah kepadaNya dengan menyebut asmaa-ul-husna itu." - (Surah Al-A'raf:180)

إِنَّ لِلَّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمًا ، مِائَةً إِلا وَاحِدَةً ، مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ
“Sesunguhnya Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu, siapa yang menjaganya maka dia masuk surga.” (HR. Bukhari, no.2736, Muslim, no.2677 dan Ahmad, no.7493).
Muqaddimah
Asmaul Husna berasal dari kata ismi (nama) husna (baik). Artinya nama-nama yang terbaik. Nama-nama tersebut hanya dimiliki dan disandang oleh Allah SWT. Jumlahnya sebanyak 99 (sembilan puluh sembilan). Sebagian besar nama dari Asmaul Husna terdapat dalam Al-Qur'an, hanya beberapa di antaranya terdapat dalam hadits.
Dzikir Al Asma’ul Husna dimasyhurkan memiliki daya luar biasa dan mendzikirkan masing-masing asma dalam bilangan tertentu diyakini akan memberikan fadhilah (manfaat) terntentu pula. Sebagai contoh, mendzikirkan “YAA RAHMAAN” sebanyak 100 kali setiap selesai sholat subuh akan memebrikan fadhilah antara lain kemudahan-kemudahan hidup dan banyak sahabat.

Mengenai fadhilah-fadhilah serupa ini, masalahnya adalah apakah hanya dengan begitu saja menyebut-nyebut asma-asma Tuhan akan memberikan fadhilah yang diharapkan ??.

Lepas dari kuasa dan kehendak-Nya, jelas tidak akan terjadi fadhilah andaikata dalam melakukan dzikir Al Asma’ul Husna itu tidak dipenuhi tata caranya, tidak didasari oleh niat, iktikad dan hati yang bersih, disamping tidak mendalam serrta tidak berusaha menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sebuah imbauan dan sekaligus tantangan bagi kita semua untuk mendapatkan metodik berdzikir Al Asma’ul Husna yang tepat dan benar, karena dibalik nama-nama Allah itu tersimpan kekuatan dahsyat yang merupakan sumber keunggulan umat Islam, yang percikan-percikannya antara lain berupa fadhilah-fadhilah Al Asma’ul Husna.

Untuk itu, seorang hamba yang ingin mendekatkan diri kepada Allah swt melalui dzikir Asmaul Husna harus punya guru sepritual yang bertaqwa lahir-bathin, tahu syari’at, tarekat, hakekat dan ma’rifat dimana dalam dunia tasawuf dikenal dengan sebutan seorang Mursyid.
Dari beliaulah para muridnya mendapatkan ajaran-ajaran yang islami, masalah aqidah, ibadah dan akhlaq, sehingga mereka tidak hanya ilmu agama sebagai pengetahuan saja tapi juga sebagai pedoman hidup yang diaplikasikan dalam kehidupan keseharian,baik hablum minallah maupun minannas.

Tanpa bimbingan seorang Mursyid sulit rasanya manusia dapat efektif dzikir-dzikirnya untuk mendekatkan diri kepada Allah swt dan berpengaruh dalam hati nuraninya guna menggerakkan seluruh tubuhnya untuk menghamba kepada Allah swt semata dengan ikhlas dan istiqamah.

Keutamaan Dzikir Asmaul Husna ?

Hati dan pikiran yang bersih itu artinya mengamalkan asmaul husna harus ikhlas. Artinya dalam berdzikir hanya untuk mengenal Allah saja atau mendekatkan diri kepada Allah semata. Bagaimana bila dzikirnya tidak ikhlas? Kalau tidak ikhlas kadang sering dimanfaatkan untuk memperturutkan hawa nafsu saja, misalnya, Ya Rahman Ya Rahim yang seharus didzikirkan untuk mengenal Rahman Rahim Allah disalahgunakan untuk memelet perempuan., atau misalkan Ya Jabbar Ya Qohar dimanfaatkan untuk membuat tubuh jadi kuat dan sakti, atau Ya Kabiru untuk kewibawaan dan sebagainya.

Asmaul husna, kalimat toyibah dan ayat-ayat al Qur'an sangat mudah disalahgunakan dan bisa dirasakan manfaatnya (untuk memperturutkan hawa nafsu dan kesesatan). Sebaiknya carilah pembimbing atau guru yang benar dan ikhlas. Karena mengamalkan dzikir asmaul husna, kalimat toyibah atau ayat-ayat al Qur'an sangat rawan, rawan dengan godaan, mudah tersesat, karena setan tidak mau manusia benar-benar mengahrapkan ridho Allah swt.

Sebaiknya dalam dzikir asmaul husna atau dzikir kalimat toyyibah jangan mencari fadillahnya atau khasiatnya. Ikhlaslah, insya Allah fadilah atau khasiat dari dzikir tersebut akan muncul dengan sendirinya. Pertolongan Allah akan datang secara ajaib bila anda benar-benar total menyerahkan diri kepada Allah. Sekali lagi jangan cari keajaiban asmaul husna. Berdzikirlah untuk mengenal dan mencari Ridhonya, insya Allah kejaiban akan datang tanpa anda sadari dan disaat itu mungkin anda akan terkagum-kagum dengan segala keajaiban yang Allah berikan kepada Anda.

Asmaul Husna merupakan amalan yang bermanfaat dan mempunyai nilai yang tak terhingga tingginya. Katakanlah (Muhammad), "Serulah Allah atau serulah ar-Rohman. Dengan nama yang mana saja kamu dapat menyeru, karena Dia mempunyai nama-nama yang terbaik (Asmaul Husna)." (QS. 17/ Al-Isro': 110) "Allah memiliki Asmaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmaul Husna itu, dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-namaNya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan." (QS. 7/ Al-A'rof: 180) Yang dimaksud dengan "orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya" adalah orang-orang yang menyembah Allah dengan menyebut nama-nama yang tidak sesuai dengan sifat-sifat keagungan Allah. Atau memakai Asmaul Husna, tetapi dengan maksud menodai nama Allah. Atau juga mempergunakan Asmaul Husna untuk nama-nama selain Allah.
Diantara keutamaan dan hikmah dzikir asmaul husna yaitu:
1.“ Qalbu berkarat karena dua hal yaitu lalai dan dosa. Dan pembersihnyapun dengan dua hal yaitu istighfar dan dzikrullah” [HR.Ibnu Ab’id dun ya Al-Baihaqi]
2.“[yaitu] Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah hanya dengan dzikir hati menjadi tentram.” [Ar-Ra’d : 28]
3.“ Karena itu ingatlah kepadaKu, niscaya Aku akan ingat kepadamu.. [Al-Baqarah : 152]
4.“Maka apabila kamu telah selesai shalat, ingatlah Allah di waktu berdiri,duduk dan di kala berbaring.”[An-Nisa:103]
5.Dijelaskan pula dalam hadits: "Sesungguhnya Allah memiliki sembilan puluh sembilan nama, yaitu seratus dikurangi satu. Barangsiapa menghafalkannya, akan masuk surga. Sesungguhnya itu witir (tidak genap). Dia menyukai witir itu." (HR. Imam Baihaqi).

Berdo’a dengan Asmaul Husna ?

Cara yang benar adalah berdoa kepada Allah dengan Asmaul Husna dan berdoa dengan nama Allah yang sesuai dengan keadaannya. Allah ta’ala berfirman:
وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ) (الأعراف:180) )
“Hanya milik Allah asma-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asma-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (Qs. 7:180)
Misalnya:
  • Ya Syafi, isyfini (Wahai Yang Maha Penyembuh, sembuhkanlah aku)
  • Ya Rahman, irhamni (Wahai Yang Maha Penyayang, sayangilah aku)
  • Ya Razzaq, urzuqni (Wahai Yang Maha Pemberi rezeki, berilah aku rezeki)
Fadhilah diantara Asmaul Husna ?

1. “Ya Allah!” apabila dizikirkan 500 x setiap malam, lebih-lebih lagi selepas sholat tahajjud atau sholat sunat 2 rakaat mempunyai pengaruh yang besar di dalam mencapai segala yang diusahakan dan dihajati.

2. “Ya Rahman!” apabila dizikirkan sesudah sholat 5 waktu sebanyak 500x, maka hati kita akan menjadi terang, tenang & sifat-sifat pelupa & gugup akan hilang dengan izin Allah.

3. “Ya Rahim!” apabila dizikirkan sebanyak 100 x setiap hari, InsyaAllah kita akan mempunyai daya penarik yang besar sekali hingga manusia merasa cinta & kasih serta sayang terhadap kita.

4. “Ya Malik!” apabila dizikirkan sebanyak 121 x setiap pagi atau setelah tergelincirnya matahari, segala perkerjaan yang dilakukan setiap hari akan mendatangkan berkat & kekayaan yang diridhoi Allah.

5. “Ya Quddus!” apabila dizikirkan sebanyak 100 x setiap pagi setelah tergelincir matahari, maka hati kita akan terjaga dari semua penyakit hati seperti sombong, iri hari, dengki dll.

6. “Ya Salam!” apabila dizikirkan sebanyak 136 x, InsyaAllah jasmani & rohani kita akan terhindar dari segala penyakit sehingga badan menjadi segar sehat & sejahtera.

7. “Ya Mukmin!” apabila dizikirkan sebanyak 236 x, InsyaAllah diri kita, keluarga & segala kekayaan yang dimiliki akan terpelihara & aman dari segala macam gangguan kejahatan.

8. “Ya Muhaimin!” apabila dizikirkan sebanyak 145 x sesudah sholat fardhu Isya, Insyaallah pikiran & hati kita akan menjadi terang & bersih.

9. “Ya ‘Aziz!” apabila dizikirkan sebanyak 40 x sesudah sholat subuh, InsyaAllah, kita akan menjadi orang yang mulia, disegani orang yang penuh kewibawaan.

Ikhtitam

أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ، سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ
Saya meminta kepada-Mu dengan perantara semua nama-Mu, yang Engkau gunakan untuk menamakan diri-Mu, atau yang Engkau turunkan dalam kitab-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada seseorang diantara makhluk-Mu, atau yang Engkau simpan dalam sebagai rahasia di sisi-Mu.” (HR. Ahmad, Ibn Hibban, dan dishahihkan Syua’aib Al-Arnauth).
Sumber:1.Al-Qur’an Hadits 2.bcdla.blogspot.com 3.http://warisdjati.blogspot.com
Jakarta 4/2/2015

17 komentar:

  1. Menenangkan Hati, jauh dari amarah, kesombongan, keangkuhan, dan kemusyrikan..

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Ini yg komentar sebelum saya cth manusia2 yg kurang berakhlaq, kok ya ga malu promosi spt itu..kasian

    BalasHapus
  5. alhamdulilah terimakasih kepada allah yang sudah memberikan ketenanganhati dan juga kepada hamba ALLAH SWT, yang mengingatkan kepada ALLAH SWT atas kebesarannya.

    BalasHapus
  6. Bagus sekali isinya akan ku jdikan plajaran,

    Izin untuk mngamalkn nya

    Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan diamalkan dengan istiqamah dan ikhlas mengharap ridhaNya. Terima kasih

      Hapus
  7. Adakah dalil hadits yang menyatakan fadilah jika membaca asmaul husna sejumlah tertentu itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak ayat al-Qu'an yang menyuruh orang beriman agar banyak berdzikir,sedang shalat,usai shalat dan dimanapun berada.Setiap aktifitas yang mengingatkan kita kepadaNya itulah dzikrullah dalam arti yang luas. Dzikrullah dengan asmaa al-husnaa juga diperintahkan dan masalah hitungan boleh berapa aja sebagaima yang diajarkan oleh para ulama namun ada contoh dari Nabi saw, dari para sahabat,tabiin dan alim ulama. Al-Qur'an sendiri menyuruh dzikrullah sebanyak-banyaknya... ??? Terima kasih

      Hapus
  8. Assalamu’alaiku wr.wb..Salam sejahtera untuk kita semua
    Perkenalkan nama saya Budi Hendarso,asal saya dari Cilacap Jawa Tengah.Saya ingin sedikit berbagi perjalanan hidup saya semoga bisa menjadi motivasi bagi teman-teman yang sedang mengalami masalah keuangan,baik itu hutang maupun kegagalan usaha.
    Pada mulanya saya hanyalah seoarang kontraktor bangunan kecil yang merintis usaha dari bawah sampai bisa memiliki aset yang bisa dibilang lumayan banyak.Pada tahun 2009 teman saya sesama kontraktor mengenalkan saya trading forex (jual beli valas ).Karena saya melihat perubahan ekonomi teman saya yang meningkat pesat akhirnya saya pun tertarik untuk terjun langsung ke trading forex.Semua uang yang saya punya pada waktu itu saya investasikan di trading forex bahkan saya juga mengajak teman dan keluarga untuk ikut berinvestasi.6 bulan pertama saya bermain trading keuntungan yang saya dapat lumayan besar,saya bisa mengambil keuntungan 4-6 juta setiap hari.Setiap investor saya kasih 20% per bulan dari uang yang mereka investasikan.Kemudian pada tahun 2010 Eropa dilanda krisis ekonomi sehingga hampir sebagian besar pelaku pasar valas Indonesia yang bermain di pasar Eropa mengalami kerugian tanpa terkecuali saya sendiri.Semua uang saya dan uang investor yang saya mainkan dipasar forex habis dalam sekejap.Dalam keadaan frustasi saya menjaminkan rumah saya di bank dengan maksud bisa bermain lagi di pasar forex supaya bisa mengembalikan uang investor yang hilang,satu bulan berjalan alih-alih uang pinjaman itu berkembang justru malah uang tersebut habis lagi.Akhirnya untuk mengembalikan sebagian uang investor saya menjual semua aset saya.
    Saya bangkrut,semua aset saya habis dan menangggung hutang hampir 1.6 milyar baik uang investor,bank dan rentenir.Hampir setiap hari ada orang datang menagih,dari DC,preman dan investor yang meminta uangnya untuk segera dikembalikan.Seperti tidak kuat rasanya setiap hari mendengar cacian dan makian dari orang-orang yang datang menagih belum lagi sifat sinis dan gunjingan tetangga yang seakan membuat saya merasa sangat kerdil dimata mereka.Dalam hati kecil saya cuma bisa berkata "Ya Allah inikah ujian ketakwaan-Mu".
    Dalam keterpurukan saya berusaha mencari pekerjaan untuk menghidupi anak istri,saya bekerja disebuah projek pembangunan rumah sakit.Ketika selesai sholat dzuhur di Masjid sebelah projek,Allah kembali menguji saya,saya menemukan tas yang didalamnya berisi dokumen-dokumen penting dan 2 buah HP di sebelah saya.Sempat terbesit dalam pikiran saya untuk menjual HP tersebut namun akhirnya saya putuskan untuk membawa pulang,sesampainya di rumah HP tersebut saya nyalakan dan tidak lama berselang ada panggilan masuk,ketika saya angkat ternyata yang menelpon adalah Bapak si pemilik HP.Setelah menanyakan alamat rumah satu jam kemudian Beliau tiba di rumah saya.Hampir 2 jam saya dan beliau ngobrol panjang lebar tentang kehidupan masing-masing dan ternyata beliau adalah salah satu pejabat di Jakarta.
    Allah membuka pintu rezeki keluarga kami.Bapak tersebut memberi saya link kepada seorang kontraktor nasional,beliau juga memberikan solusi untuk masalah hutang yang sedang saya tanggung.Semoga Alllah senantiasa memberikan kesehatan dan keberkahan kepada beliau,karena jasa beliau sekarang hutang saya hampir lunas.
    Bagi saudara sekalian yang sedang mengalami permasalahan yang sama seperti yang pernah saya alami,jangan menyerah teruslah berusaha dan berdo’a,Allah pasti mendengar do’a kita.Bagi yang ingin sharing silahkan kirim email ke budihendarso99@gmail.com.
    Terima kasih,Wassalamualaikum.wr.wb

    BalasHapus
  9. Assaamu`alaikum... Asmaul husna bermanfaat bagi alam semesta,trimakasih
    Wasalamu`alaikum

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum ..bwat saudra/dri yg ada di blok ini saya ingin mencari guru mursyid yg kamil jika ada yg mengerti di daerah mna /kota mna mohon infonya
    ni email saya putrilawuaa25@gmail.com
    trimakasih !!!

    BalasHapus
  11. Assalamu Alaikum wr.wb.

    Saya hanya mau mengucapkan Terima kasih 🙏 atas ilmu yang bermanfaat ini. Semoga anda tetap sehat dalam menjalankan aktifitas dan semoga blok anda ini selalu bermanfaat bagi sesama pencari ilmu. Aamiin ya Rabbal aalamiin.🤲🤲🤲

    BalasHapus

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman