Senin, 28 Januari 2013

DIRIKANLAH Shalat Daim !






                            SHOLAT DAAIM ?
103. Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. kemudian apabila kamu telah merasa aman, Maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.an-nisa’

1. Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman,
2. (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam sembahyangnya,Al-mukminun


MEMELIHARA SHALAT
9. dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya.al-mukminun
ž  
22. kecuali orang-orang yang mengerjakan shalat,
23. yang mereka itu tetap mengerjakan shalatnya,al-ma’arij

 
4. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat,
5. (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya,
6. orang-orang yang berbuat riya[1603],
7. dan enggan (menolong dengan) barang berguna[1604]. Al-ma’un
[1603] Riya ialah melakukan sesuatu amal perbuatan tidak untuk mencari keridhaan Allah akan tetapi untuk mencari pujian atau kemasyhuran di masyarakat.
[1604] Sebagian mufassirin mengartikan: enggan membayar zakat.
Muqaddimah
Istilah salat daim tidak dijumpai dalam kepustakaan Islam yang muktabar (terkenal). Salat daim, seperti diungkapkan dalam surah al-Ma’arij ayat 23 yang artinya: “Yang mereka itu tetap mengerjakan salatnya,” mengandung pengertian “salat yang dilakukan”, yaitu salat yang dilakukan terus-menerus dalam waktu-waktu yang telah ditentukan.
Salat daim terdapat dalam kepustakaan Jawa. Tidak seperti salat lima waktu dan salat sunah (nawafil), salat daim tidak terikat dengan waktu, tanpa rukuk, dan tanpa sujud. Sebutan lengkap untuk salat ini adalah salat daim mulat salira, yaitu zikir yang kekal dan mawas diri. Mawas diri di sini berarti selalu ingat atau eling kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Makna Sholat
Salat berarti doa, memohon rahmat, dan memohon ampun (istigfar). Adapun daim berarti kekal atau tetap. Salat daim berarti doa yang kekal dan tetap.
Dalam hal ini Muhammad Mustafa al-Maragi menyebutnya sebagai: “Orang-orang yang senantiasa menjaga salat mereka menurut waktu-waktu yang telah ditentukan, tanpa terpengaruh berbagai kesibukan mereka.”
Dalam buku Salat Daim Mulat Salira karya Bratakesawa dijelaskan: “Salat daim ialah sembahyang yang tetap, yang selalu dilaksanakan, atau sembahyang yang tidak pernah ditinggalkan, mawas diri, dan mawas aku (melihat dengan teliti akan diri sendiri atau dirinya dalam arti yang seutuhny). Melakukan ini amat penting bagi kita yang mencari ilmu hakikat. Dan melakukan yang demikian inilah yang disebut dengan salat daim mulat sarira.
Tentang salat daim ini dijelaskan oleh Ranggawarsita, yaitu “saya berniat salat daim untuk selama hidupku, berdirinya adalah hidupku, rukuknya adalah penglihatanku, iktidalnya adalah pendengaranku, sujudnya adalah penciumanku, bacaan ayat adalah ucapanku, duduknya adalah imanku, pujiannya adalah keluar masuknya nafasku, zikirnya adalah ingatanku, kiblatnya adalah renunganku, fardu menjalankan yang wajib lantaran kodratku sendiri. Disitu lalu pasrah kepada Zat hidup kita pribadi . jangan ragu-ragu lagi, karena yang demikian itu telah berdiri Zat, sifat dan perbuatan kita ini sudah menjadi Al-Qur’an sejati, sebagai tanda hakikat semua salat.”Lebih lanjut ia menjelaskan, “Itulah salat daim, yakni salat yang sejati, ia tanpa di antarai waktu, tidak mempunyai hitungan rakaat, mereka ini bisa disebut salat sambil bekerja, melakukan pekerjaan sambil salat, duduk dengan berdiri, berdiri dengan duduk, lari dengan berhenti, membisu dengan berceritera, bepergian dengan tidur, tidur dengan jaga. Seperti itulah ibaratnya, sebab hakikat salat daim tanpa sujud dan rukuk, yakni hanya berada dalam rasa hidup kita.”

Hakekat Sholat
Mengenai hal shalat tentu berbagai cara dan methode dalam prakteknya seseuai dengan tingkat pemahaman ilmu serta keimanannya, karena seperti disebutkan diatas bahawa shalat adalah do'a.
Demikian pula seperti tulisan diatas "Sedemikian pentingnya shalat lima waktu ini sehingga untuk mewajibkannya pun Allah secara khusus memanggil Nabi Muhammad SAW melalui mu’jizat Isra Mi’raj".
Justru inilah kuncinya shalat, yaitu pertemuan dengan Tuhan tanpa hijab di sidratul muntaha, yang disebut ashlatu mi'rajul mu'min, dan shalat seperti ini mempunyai tata cara yang berlainan dengan shalat umumnya lima waktu.
Shalat lainnya adalah seperti halnya ashalatu imaduddin, shalat adalah tiangnya agama, dalam pemahaman tatacara umum adalah shalat lima waktu.
Selanjutnya ashalatu adzikri, yakni memeliharaan ingatan kepada kepada Tuhan, dalam pandangan umum adalah memalihara dzikir baik lisan, fikiran dan hati disetiap saat, seperti halnya dzikir nafas.
Demikian pula shalat wustha(pertengahan) seperti yang ditafsirkan oleh para ulama adalah shalat ashar, padahal hakikatnya tidak selalu menjurus kepada sholat yang lima waktu, namun ada tata caranya tersendiri.
Jika salat dalam arti syariat lebih menekankan aspek perilaku lahiriah dalam bentuk berbagai ucapan dan perbuatan yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam, maka salat dalam arti tasawuf mengambil bentuk perilaku salat dimaksud yang dibarengi dengan khusyuk, hadir hati, dan selalu ingat kepada Allah SWT. Salat yang demikian menuntut pelakunya untuk menghadapkan sepenuh hatinya kepada Allah SWT yang dapat menumbuhkan rasa hormat, segan, dan takut serta kagum akan kebesaran, keagungan, dan kekuasaan-Nya.
Salat daim mulat sarira akan lebih mudah dipahami dengan pendekatan makna salat menurut tasawuf dari pada dengan syariat, meski tidak sepenuhnya sama. Namun demikian para ulama tasawuf, seperti at-Tusi, al-Qusyairi, al-Gazali, dan as-Sukandari, menghendaki keterpaduan pengamalan salat menurut syariat dan tasawuf serta keterpaduan syarat rukun salat secara lahiriah dengan penghayatan kedalaman makna batiniah. (Source : Dewan Redaksi. 1997. ENSIKLOPEDI ISLAM. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve. Hal:220-221, Mas Sugeng)
Bahwasanya diceritakan dari Abdullah Bin Umar r.a, katanya adalah kamu berduduk pada suatu orang kelak ke hadapan Rasulullah SAW, minta belajar ilmu Jibril a.s, daripada ilmu yang sempurna dunia dan akhirat, yaitu membiasakan dari hakikat didalam shalat lima waktu yaitu wajib bagi kita untuk mengetahuinya. Yang harus mereka ketahui pertama kali hakikat shalat ini supaya sempurna kamu menyembah Allah, bermula hakikatnya didalam shalat itu atas 4 (empat) perkara :
1. BERDIRI (IHRAM).
2. RUKU’ (MUNAJAH).
3. SUJUD (MI’RAJ).
4. DUDUK (TABDIL).
Adapun hakikatnya :
1. BERDIRI ( IHRAM) itu karena huruf ALIF asalnya dari API, bukan api pelita dan bukan pula api bara. Adapun artinya API itu bersifat JALALULLAH, yang artinya sifat KEBESARAN ALLAH TA’ALA, yang terdiri atas 2 (dua) perkara :
• KUAT.
• LEMAH.
Yang merupakan kudrat dan iradat-Nya juga, karena hamba itu tidak mempunyai KUAT dan LEMAH karena hamba itu di-KUAT-kan dan di-LEMAH-kan oleh ALLAH, bukannya kudrat dan iradat Allah itu lemah. Adapun kepada hakikatnya yang sifat lemah itu shalat pada sifat kita yang baharu ini. Adapun yang dihilangkan tatkala BERDIRI itu adalah pada segala AP’AL (perbuatan) hamba yang baharu.
2. RUKU’ (MUNAJAH) itu karena huruf LAM Awal, asalnya dari ANGIN, bukannya angin barat dan bukan pula angin timur. Adapun artinya ANGIN itu bersifat JAMALULLAH yang artinya sifat KEELOKAN ALLAH TA’ALA, yang terdiri atas 2 (dua) perkara :
• TUA.
• MUDA.
Yang merupakan kudrat dan iradat-Nya juga. Adapun hamba itu tidak mempunyai TUA dan MUDA. Adapun yang dihilangkan tatkala RUKU’ itu adalah pada segala ASMA (nama) hamba yang baharu.
3. SUJUD (MI’RAJ) itu karena huruf LAM Akhir, asalnya dari AIR, bukannya air laut dan bukan pula air sungai. Adapun artinya AIR itu bersifat QAHAR ALLAH yang artinya sifat KEKERASAN ALLAH TA’ALA, yang terdiri atas 2 (dua) perkara :
• HIDUP.
• MATI.
Yang merupakan kudrat dan iradat-Nya juga. Adapun hamba itu tidak pun mempunyai HIDUP dan MATI. Adapun yang dihilangkan tatkala SUJUD itu adalah pada segala NYAWA (sifat) hamba yang baharu.
4. DUDUK (TABDIL) itu karena huruf HA, asalnya dari TANAH, bukannya pasir dan bukan pula tanah lumpur. Adapun artinya TANAH itu bersifat KAMALULLAH yang artinya sifat KESEMPURNAAN ALLAH TA’ALA, yang terdiri atas 2 (dua) perkara :
• ADA.
• TIADA.
Yang merupakan kudrat dan iradat-Nya juga. Adapun hamba itu tidak ADA dan TIADA. Adapun yang dihilangkan tatkala DUDUK itu adalah pada segala WUJUD/ZAT hamba yang baharu, karena hamba itu wujudnya ADAM yang artinya hamba tiada mempunyai wujud apapun karena hamba itu diadakan/maujud, hidupnya hamba itu di-hidupkan, matinya hamba itu di-matikan dan kuatnya hamba itu di-kuatkan.
Itulah hakikatnya shalat. Barangsiapa shalat tidak tahu akan hakikat yang empat tersebut diatas, shalatnya hukumnya KAFIR JIN dan NASRANI, artinya KAFIR KEPADA ALLAH, ISLAM KEPADA MANUSIA, yang berarti KAFIR BATHIN, ISLAM ZHAHIR, hidup separuh HEWAN, bukannya hewan kerbau atau sapi. Tuntutan mereka berbicara ini wajib atas kamu. Jangan shalat itu menyembah berhala !!!.
Sholat Daaim ?
Di dalam praktek tasawuf, shalat merupakan bagian dari muraqabah (kontemplasi) terhadap Tuhan. Muraqabah itu meresapkan kesadaran bahwa Allah memonitor gerak-gerik kita baik lahir maupun bathin.
Muraqabah hakikat shalat itu dengan cara menghadapkan wajah jiwa kita ke hadirat Allah SWT yang telah menjadikan hakikatnya shalat. Shalat yang terdiri dari beberapa rukun yang bersifat perkataan dan perbuatan yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam.
Shalat sangat penting dalam tasawuf, sebagaimana disabdakan oleh nabi SAW ”Shalat adalah kenaikan (mi'raj) orang-orang Mukmin (menuju Allah)”. Nabi Muhammad juga bersabda, ”Hanya dalam shalat saja seorang hamba bisa dekat dengan Allah.”. Shalat menghubungkan sang hamba dengan Tuhan, dan mengisi jiwanya dengan cahaya-cahaya yang memancar darinya. Hubungan halus Sang Salik dengan Tuhan, rahasianya kedudukan tinggi dan kemuliaannya, pun dapat dirasakan dalam shalat. Itulah sebabnya Allah menyebut sang salik sebagai hamba-Nya (abduhu). Kehambaan ('abdiyah) ini dicapai dalam shalat. Shalat adalah anugerah khusus kepada manusia yang diberikan Allah melalui Nabi-Nya guna mengenang peristiwa mi'raj beliau, sebagaimana yang disebutkan dalam Al Quran.
Dalilnya adalah : "Sesungguhnya  shalat itu merupakan kewajiban bagi orang-orang yang beriman, yang ditetapkan waktunya" (QS. Al nisa':103)
Al-Qur’an menganjurkan banyak berzikir di luar salat. Dalam hubungan ini Allah SWT berfirman:
Apabila telah ditunaikan salat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung” (QS.62:10)
Selanjutnya shalat daim yang penuh kontroversi dalam pandangan umum, karena umum hanya mengenal shalat lima waktu. Shalat daim atau disebut "asholatu daimulhaq" adalah shalat diam(tetap) tanpa gerakan, dilakukan terus menerus sepanjang hidup, disebut pula shalat abadi karena menuju alam kaebadian yakni orbit Tuhan.

Mereka yang mampu sholat daim adalah mereka yang tidak akan berkeluh kesah dalam hidupnya dan senantiasa mendapat kebaikan sebagaimana disampaikan Q.S 70 : 19-22. Nah, sholat daim ini modelnya seperti apa? Ah.. tentu saja tidak bisa dibeberkan disini karena sholat daim adalah “oleh-oleh” dari hasil pencarian spiritual manusia. Tidak bisa diceritakan ke semua orang kecuali mereka yang telah memiliki kematangan spiritual.
Sholat daim adalah sholatnya orang ‘arif yang telah mengenal Allah. Ini adalah sholatnya para Nabi, Rasul, dan orang-orang ‘arif. Ilmu ini memang tidak banyak diketahui orang awam. Lantas bagaimana dengan sholat lima waktu? Nah sholat lima waktu sebenarnya adalah jumlah minimal saja yang harus dikerjakan manusia untuk mengingat Allah. Pada hakekatnya kita malah harus terus menerus untuk mengingat Allah sebagaimana firman-Nya :
Dan ingatlah kepada Allah diwaktu petang dan pagi (Q.S Ar-Ruum (30) : 17)
Dan sebutlah nama Tuhanmu pada pagi dan petang. (Q.S Al-Insaan (76) : 25)
“Sholat daim adalah prilaku eling marang Gusti Allah terus menerus dalam setiap kondisi dan bahasa kitab keringnya adalah Ulil Albab ...... yaitu QS.(3) : 191. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” Gusdur.
Shalat-shalat khusus seperti: mi'rajul mu'min, wustha, daimulhaq, adalah shalat dalam etika dan tatacara tersendiri dengan kalimat dzikir tertentu yang arahnya menuju kepada kedudukan(martabat Tuhan), dan adanya shalat yang terbagi lima waktu-17 rakaat adalah merupakan uraian(pedaran) dari shalat-shalat khusus tsb yang terdapat dalam ayat Alqur'an(wustha, daim, mi'raj), dan ayat tsb termasuk pada ayat mutasyabihat yang hanya bisa di tafsirkan dengan nahwu sharaf dan ilmu alat dalam tata bahasa Alquran pada tingkat tertentu, sesuai petunjuk Allah dan Rasul-Nya.
Menurut ajaran dari Sunan Bonang, Shalat Daim itu hanya duduk, diam, hening, pasrah pada kehendak GUSTI ALLAH. Raden Mas Syahid tidak disuruh untuk dzikir ataupun melakukan ritual apapun. Apa rahasia dibalik duduk diam tersebut? Cobalah Anda duduk dan berdiam diri. Maka hawa nafsu Anda akan berbicara sendiri. Ia akan melaporkan hal-hal yang bersifat duniawi pada diri Anda. Hal itu semata-mata terjadi karena hawa nafsu kita mengajak kita untuk terus terikat dengan segala hal yang berbau dunia.

Namun demikian, janganlah merasa cukup puas hanya dengan sholat lima waktu. Tingkatkanlah agar kita mampu melakukan sholat daim. Mari kita simak kembali ungkapan Sunan Bonang yang tertulis dalam Suluk Wujil :
Utaming sarira puniki
Angawruhana jatining salat
Sembah lawan pujine
Jatining salat iku
Dudu ngisa tuwin magerib
Sembahyang araneka
Wenange puniku
Lamun aranana salat
Pan minangka kekembaning salat daim
Ingaran tata krama
Artinya : “Unggulnya diri itu mengetahui hakekat sholat, sembah dan pujian. Sholat yang sebenarnya bukan mengerjakan isya atau magrib. Itu namanya sembahyang, apabila disebut sholat maka itu hanya hiasan dari sholat daim. Hanyalah tata krama”
Dari ajaran Sunan Bonang diatas, maka kita bisa memahami bahwa sholat lima waktu adalah sholat hiasan dari sholat daim. Sholat lima waktu ganjarannya adalah masuk surga dan terhindar neraka. Tentu yang mendapat surga pun adalah mereka yang mampu menegakan sholat yaitu dengan sholat tersebut, ia mampu mencegah dirinya dari berbuat keji dan mungkar.
Sholat daim ini juga disebut dalam SULUK LING LUNG karya Sunan Kalijaga: SALAT DAIM TAN KALAWAN, MET TOYA WULU KADASI, SALAT BATIN SEBENERE, MANGAN TURU SAHWAT NGISING. (Jadi sholat daim itu tanpa menggunakan syariat wudhu untuk menghilangkan hadats atau kotoran. Sebab kotoran yang sebenarnya tidak hanya kotoran badan melainkan kotoran batin. Salat daim boleh dilakukan saat apapun, misalnya makan, tidur, bersenggama maupun saat membuang kotoran.)
Syekh Siti Jenar mengajarkan dua macam bentuk shalat, yang disebut shalat tarek dan shalat daim. Shalat tarek adalah shalat thariqah, diatas sedikit dari syari’at. Shalat tarek diperuntukkan bagi orang yang belum mampu untuk sampai pada tingkatan Manunggaling Kawula Gusti, sedang shalat daim merupakan shalat yang tiada putus sebagai efek dari kemanunggalannya. Sehingga shalat daim merupakan hasil dari pengalaman batin atau pengalaman spiritual. Ketika seseorang belum sanggup melakukan hal itu, karena masih adanya hijab batin, maka yang harus dilakukan adalah shalat tarek. Shalat tarek masih terbatas dengan adanya lima waktu shalat, sedang shalat daim adalah shalat yang tiada putus sepanjang hayat, teraplikasi dalam keseluruhan tindakan keseharian ( penambahan , mungkin efeknya adalah berbentuk suci hati, suci ucap, suci pikiran ); pemaduan hati, nalar, dan tindakan ragawi.
Salat daim tersebut menurut mereka merupakan bentuk pengembaraan ahli kerohanian dalam mencari Tuhan. Untuk menemui Tuhan Yang Maha Kuasa, Maha Suci, dan Maha Sempurna, maka dalam pencarian itu seseorang harus suci secara lahir dan batin. Karena itu ia harus menghidupkan hati dan perasaannya untuk selalu ingat dan berzikir kepada Tuhan. Hal ini bisa dicapai dengan cara salat daim dalam arti tasawuf, yaitu “ ingat dan zikir yang terus-menerus”. Dengan demikian salat daim ini tidak dalam arti salat fardu lima waktu dan salat sunah, melainkan lebih sesuai jika diartikan zikir secara sufi yang terus-menerus.
Al-Qur’an menganjurkan banyak berzikir di luar salat. Dalam hubungan ini Allah SWT berfirman:
Apabila telah ditunaikan salat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung” (QS.62:10)
Ini berarti bila salat daim itu dilakukan seorang muslim dalam arti zikir, tidak lantas ia bebas dari tugas melaksanakan salat fardu lima waktu sebagai kewajiban yang tak dapat ia tinggalkan. Setiap muslim wajib melaksanakan salat lima waktu secara aktif, rajin, baik, dan benar. Disamping itu ia perlu berzikir kepada Allah SWT kapan dan di mana pun, baik melalui salat fardu atau sunah dengan tata aturan yang baku, maupun di luar salat dengan cara-cara yang tidak diatur secara baku. Cara yang disebut belakangan inilah salat daim dalam arti tasawuf, dalam bentuk zikir, ingat, eling atau renungan rohaniah lainnya yang dapat dilakukan secara bebas tanpa ikatan aturan yang baku.

 Jakarta 1-12-2011

99 komentar:

  1. memang shalat daim tak ada dalam kepustakaan akan tetapi makna dari shalat tsb adalah shalat scr khusuk / adanya kepasrahan secara total. Me ngingat pemahaman shalat selama ini masih dibum buhi surga, pahala , dll , tapi tidak pada pokok nya siapa yang buat/menciptakan /menyuruh.
    Maka bila pemahaman tsb tdk dirubah, scr langsung kita tergelincir pd dosa besar - audzubillah mz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih ini sebuah ilmu yg sangat bermanfaat khususnya buat saya prinadi

      Hapus
    2. Trimakasih ini sebuah ilmu yg sangat bermanfaat khususnya buat saya prinadi

      Hapus
    3. Sesungguhnya sholat itu sudah masuk alam akherat,hanya tinggal sehasta.

      Hapus
  2. Mengenai Hakekat Shalat itu sumbernya dari mana yah?
    Soalnya hakekat shalat itu yang tahu hanya Allah dan rosul-Nya, kecuali yang sudah dijelaskan oleh Allah dan rosul-Nya. Mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hakikat sholat, penjelasannya bersumber dari Rosululloh, Karena hanya Rosululloh yang paham tentang Hakikat sholat, dan rosululloh menjelaskannya dalam ilmu hak (ilmu tauhid), yaitu ilmu yang didalamnya ada hukum aqli seperti wajib, mustahil dan jaiz....

      Hapus
  3. tentang penjelasan solat daim ...membuka jalan pikiran saya .trim ntuk anda

    BalasHapus
  4. Jika kita belum dpt sumbernya mmg repot, itu sholat daaim mmg diluar aturan syari'at, hakikatpun tdk dpt dibenarkan, namun sholat itu urusannya dgn Allah Ta'ala, kita tak mampu kearah sana, jadi jika ilmu kita cuma satu dua jengkal, cukup namun tingkatkan lagi jadi tiga dstnya, jangan disangkal, dulu saya menyangkal namun,,, ooo itu urusan dia bukan urusan kita....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo anda merasa ragu, silahkan yg ada bisa aja dlu dipertahankan. Khawatir dg ibadah dg keraguan dpt menyesatkan anda.

      Hapus
  5. boleh ga minta nomor hpx yg punya blok ini...??

    BalasHapus
  6. Assalamu'alaikum Sdr Umar Fauzi...
    apakah pada jaman seperti sekarang ini (th 2013), masih ada orang yg mencapai tingkatan shalat seperti ini (shalat daim)

    Mohon infonya, saya ingin bersilahturahmi kepada beliau.
    Japri ke Larno Ndeso: 0853-13414696
    Email senterled@gmail.com

    tks
    wassalamu alaikum wrm wbr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meskipun ada g bkln di ceritakan k orng lain

      Hapus
    2. Wkwkwk benar sekali mas, soalnya shalat daim itu rahasia antara manusia dan allah nya

      Hapus
    3. Menempuh jalan menuju kepada tuhan pasti kamu tidak mampu, kecuali tuhanmenghendaki

      Hapus
  7. nyuwun bimbinganipun
    081360823123

    BalasHapus
  8. berbicara tentang ibadah itu harus di sesuaikan
    dengan siapa kita bicara, dan berbicara dg siapa, apa
    lagi yang wajib (bukan yang fardhu). sahabat Rasulullah pernah bilang, ilmu itu ada dua,
    yang pertama bisa aku sampaikan dan tersurat, dan
    yang kedua bersifat tersirat dan sangat rahasia, jika
    aku menyampaikan yang rahasia, maka putuslah
    leherku. Itu ada 2,
    1. tasawuf dalam syari'at 2. tasawuf dalam hakikat. dan semua itu rahasia, jika aku sampaikan maka
    putuslah tali silaturohmi dengan yang tidak paham.
    imam gozali pernah bilang, biarlah ilmu ini terkubur,
    dan di temukan oleh orang2 yang hanya mencarinya.

    Krn jika diorbal untuk umum, bukankah itu namanya ilmu ketuhanan itu murahan?
    Alhamdulillah beruntunglah untuk anda yg ingin mencari siapa tuhan itu yg sedalam2nya dan sesungguhnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana bacaanya Salat daim

      Hapus
    2. Bacaan shalat daim sama dengan bacaan shalat dan dzikir yang disyari'atkan,shalat wajib lima waktu;shalat sunnah;dzikir;berakhlak mulia dan bermal shalih,segenap aktifitas ingat kepadaNya.

      Hapus
    3. Setuju banget...pas jawabannya Maycel. Mudah-mudahan kita, keluarga, dan keturunan selalu mendapat petunjuk dan bimbingan. Allahumma sholi ala Muhammad, wa ala ali Muhammad. Aaamiinn

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  9. hanya org yg dpt hidayah yg bisa menerima penggalan tulisan ttg sholat daim, butuh pembimbing, dibimbing dan terbimbing, saya bisa menunjukan tempat unt bimbingannya

    BalasHapus
  10. Semoga dgn bimbingan ini bisa terbuka hijab kita untk dkt dgn sang pencipta jagad raya.

    BalasHapus
  11. Semoga Allah senanatiasa memberi hidayah bagi tiap-tiap insan yang selalu memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi serta jati diri sebenar-benarnya diri. Sholat daim selalu berlaku hingga meregang nyawa.

    BalasHapus
  12. hakikat yang disebut Sholat Daim nafas kehidupan yang telah manunggaling kawulo lan gusti, yang manifestasinya adalah semua tingkah laku dan perilaku (Akhlak) manusia yang diniatkan untuk menyembah-Nya. Selalu awas, eling dan waspada bahwa apapun yang kita pikirkan, apapun yang kita kehendaki, apapun yang kita lakukan ini adalah bentuk yang dintuntun oleh AKU SEJATI, GURU SEJATI YANG SELALU MENYUARAKAN KESADARAN HOLISTIK BAHWA DIRI KITA INI ADALAH DIRI-NYA, ADA KITA INI ADALAH ADA-NYA, KITA TIDAK ADA, HANYA DIA YANG ADA.

    BalasHapus
  13. Salam Sejahtera atas mu wahai penulis blog ini. setelah saya membaca blog anda.akhirnya saya mendapatkan jawaban atas pertanyaan saya terhadap Al-Quran bahwa sholat itu menghindarakan dari perbuatan buruk dan mungkar. tetapi kenyataanya bnyk manusia yg mendirikan sholat tetap melakukan perbuatan yang lebih keji dan lebih mungkar. sekiranya anda berkenan saya tertaik sekali untuk belajar kepada anda. smoga anda di tempat kan oleh Tuhan di tempat sebaik baiknya makhluk.

    BalasHapus
  14. Sebelum cakra hati kita terbuka, maka jangan turunkan ilmu ini, berbahaya ..
    Karna selagi cakra hati kita blm terbuka, maka masih besarlah hawa nafsu kita.
    Yen atine durung sumeleh ,berarti isih kedunyan.
    Jarene guru ku ngunukui.. Salam asih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asslamu Aaikum.wr wb. Sy sangat salut atas pencapaian Ma'rifat semua itu adalah Rahmat dari yng Maha pengasih. Aku meletakkan segalanya tida daya dan upaya kecuali Allah. Dan tidaklah aku mengetahui sedikitpun kecuali atas Rahmat nya yng telah memberikan pengetahuan

      Hapus
    2. Asslamu Aaikum.wr wb. Sy sangat salut atas pencapaian Ma'rifat semua itu adalah Rahmat dari yng Maha pengasih. Aku meletakkan segalanya tida daya dan upaya kecuali Allah. Dan tidaklah aku mengetahui sedikitpun kecuali atas Rahmat nya yng telah memberikan pengetahuan

      Hapus
  15. Abah kh.junaedi junaedi albaghdadi

    BalasHapus
  16. Abah kh.junaedi junaedi albaghdadi

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah...Sesungguhnya' Shalat Mencegah perbuatan Keji dan Munkar.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap ibadah dan amal shalih khususnya ibadah shalat yang diwajibkan atau yang sunnah adalah agar meningkat derajat ketaqwaannya kepada Allah swt.

      Hapus
  18. Alhamdulillah...Sesungguhnya'
    Shalat Mencegah perbuatan Keji dan Munkar.....

    BalasHapus
  19. Untuk pelaksanaan Shalat Daim...sebaiknya lakukan tengah malam ...dengan diam ' dengan Dzikirullah dan mengingat semua perjalanan Kita , sudah baik dan bersih dari Nafsu dunia...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Shalat daim yang islami sebagaima yang disyari'atkan,shalat wajib;sunnah;dzikir;beramal shalih;berakhlak mulia,setiap aktifitafnya eling kepadaNya.

      Hapus
  20. Alhamdulillah.... terimakasih ilmunya. Anda salahsatu penebar. Bagaimanapun ilmu itu tidak seharusnya dirahasiakan. Biarlah pembaca yg memanfaatkan sesuai dg tingkat kecerdasan dan keilmuannya. SIAPAKAH YG MAMPU MENGELUARKAN ILMU INI? DISINI MELALUI BLOG INI? saya yakin hanyaYANG MAHA MENUNTUN YANG MAHA BERILMU yg melakukannya. Tangan dan fikirnya milik Allah.Semoga kita menjadi orang yg landai bersyukur,Amin. (Mohon maaf smua ini agar kita.berani mengakui keterbatasan diri, mengakui kelebihan saudara,dan sell ingat jika Allah menghendaki sesuatu pasti dilakukanNya entah dg perantaraan siapapun,maafkan saya yg fakir ilmi).



    BalasHapus
  21. Alhamdulillah...terimakasih ilmu yg disampaikan yg membuat saya makin faham. Biar pembaca yg memahami sampai dimanakah tingkat kecerdadan fikir dan hatinya yg menjd barometer nyambung tidaknya ilmu ini. Saya yakin hanya Yang Maha Menuntun dan Yang Maha Berilmu yang melakukannya.

    BalasHapus
  22. Jika setiap laku kita senantiasa disesuaikan dengan lakunya Allah maka shalat daim namanya... Lakunya Allah itu seperti apa, maka bermakrifatlah kamu dulu, ..gitu aja kok... Eheh

    BalasHapus
  23. Jika setiap laku kita senantiasa disesuaikan dengan lakunya Allah maka shalat daim namanya... Lakunya Allah itu seperti apa, maka bermakrifatlah kamu dulu, ..gitu aja kok... Eheh

    BalasHapus
  24. Jika setiap laku kita senantiasa disesuaikan dengan lakunya Allah maka shalat daim namanya... Lakunya Allah itu seperti apa, maka bermakrifatlah kamu dulu, ..gitu aja kok... Eheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanda mencintai Allah swt haruslah mengikuti syari'at dan suritauladan baginda Rasulullah saw.Trims

      Hapus
  25. Sama seperti shalat jenazah? tanpa rukuk, dan tanpa sujud.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengerjakan shalat yang wajib dan sunnah, selalu berdzikir, beramal shalih dan eling setiap saat kepadaNya. Trims.

      Hapus
  26. Balasan
    1. Shalat yang wajib dan sunnah, berdzikir, beramal shalih dan eling setiap saat kepadaNya merupakan perintah ibadah dalam Islam. Trims

      Hapus
  27. saya ingin belajar SHOLAT DAIM...kepada siapa saya harus belajar???
    ada yang bisa mereferensikan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada mohonlah Allah swt petunjuk agar dipertemukan dengan kekasihNya. Selamat untuk mencarinya. Trims

      Hapus
    2. untuk memahami sholat daim ini, itu tidak bisa kita sendiri yg memahami itu terlalu sulit dipahami, semua semata hanya kurniaNya terhadap hambanya yg dipilihNya.

      pertama kita haruslah ma'rifat terlebih dahulu terhadap Alloh
      dengam cara mengenal diri sendiri dahulu jika diri sendiri sudah ditemukan maka otomatis akan mengenal Alloh

      kedua jika sudah mengenal Alloh proses tersebut kemudian FANA diri kepada Alloh, sulit sekali memang semua atas kehendak Alloh karena ini adalah ilmu RASA

      jika semua itu terjadi terhadap diri anda sungguh beruntunglah diri anda
      jangan percaya kepada org yg mengaku dirinya ma'rifat sebelum anda merasakannya sendiri, jika anda percaya maka anda telah musrik atau syrik kepada Alloh.

      Alloh akan membukakan HATIMU tanpa kmu usahakan tanpa kamu minta, HATI ketika dibukakan akan terasa sangat TENTRAM, LAPANG berbeda dri sebelumnya dan sangat berbeda, dari sana mulailah seorang HAMBA akan menempuh perjalanan spiritual menuju kepada Alloh , sehingga otomatis jiwa anda atau hati anda akan selalu ingat kepadaNya tanpa di sengaja oleh diri sendiri juga karena dirinya sudah fana yang ada hanyalah Alloh

      sehingga segala sesuatu yg terlihat dialam ini kenyataannya tidak nyata alias tidak ada yang ada hanya Alloh kemanapun pandanganmi tertuju disitu kamu melihat Tuhanmu yang maha ESA

      Hapus
    3. mas alhamdulillah saya merasakan itu semua..

      mas bisakah memperkenalkan dgn sang mursyid?, di tahap yg sekarang ini saya mencari dan membutuhkan mursyid

      Hapus
  28. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ saya cm ingin menyampaikan saja,bahwasannya sholat daim itu bisa dilakukan kalo sdh bermakrifat dan berarti sdh di baiat oleh sang mursyid. Oleh krn itu kita hrs punya dasar syariat yg kuat dulu kalo mau ngaji di tarekoh,baru bertahap ke hakekat dan makrifat.kalo memang ada yg mau mengaji dan berdiskusi saya persilahkan email ke ipungsuroboyo@gmail.com karena ilmu ladduni itu sifat nya siri. Wassalam

    BalasHapus
  29. Udah, yang punya kasih aja. Biar rame kaya di pasar permukaan dunia ini. Bergejolaklah bumi, saringan makin rapet. Susah dah lho.

    BalasHapus
  30. Udah, yang punya kasih aja. Biar rame kaya di pasar permukaan dunia ini. Bergejolaklah bumi, saringan makin rapet. Susah dah lho.

    BalasHapus
  31. Betul,jgn cuma blajar yg tersurat tpi jg yg tersirat

    BalasHapus
  32. Betul,jgn cuma blajar yg tersurat tpi jg yg tersirat

    BalasHapus
  33. Betul,jgn cuma blajar yg tersurat tpi jg yg tersirat

    BalasHapus
  34. Betul,jgn cuma blajar yg tersurat tpi jg yg tersirat

    BalasHapus
  35. Menurutku yg namanya sholat mesti ada syarat dan tatacaranya, demikian pula dg sholatdaim. Olehkarena itu, pemahamanku, sholatdaim itu bukan sholat yg dilakukan tiada henti karena ketika kita melakukan sholat tdk boleh melakukan sesuatu diluar dr tatacara sholat tersebut. Tetapi sholatdaim adalah sholat yg tdk ada ketentuan waktunya, bisa dilakukan kapan saja tak ada batasan waktu asalkan bisa memenuhi syarat dan mampu melakukan tatacaranya. Syarat minimal pelaku sholatdaim adalah tdk melakukan dosadosabesar misalnya zina. Sedangkan caranya dg dudukdiam( "Menurut ajaran dari Sunan Bonang, Shalat
    Daim itu hanya duduk, diam, hening, pasrah
    pada kehendak GUSTI ALLAH"). Jadi jika kita mampu dudukdiam selamanya ya silahkan. Tapi bagi yg tdk mampu...ya dudukdiamnya semampunya kita saja. Jadi menurutku sholatdaim adalah sholat yg dikerjakan apabila kita ingin dan mampu melakukannya mengikuti syarat dan tatacaranya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngawur.....
      Solat Daim artinya solat yg terus nenerus tiada putus....dalam duduk ketika berdiri juga ketika berbari ng alias tidur........masalahnya model solatnya bagaimana??....nah berguru lah pada guru tauhid spy didapat ilmu yg sebenernya...menafsirkan ajaran sunan bonang aja salah...(ki gede pamanahan)

      Hapus
    2. SEMOGA KITA MENDAPAT BIMBINGAN DARINYA DENGAN PATUH BERAGAMA. AAMIIN
      TERIMA KASIH

      Hapus
  36. dengan membaca tulisan diatas sebenarnya agama islam ditanah jawa ajaran agama islam sangat komplit sesuai dengan ajaran nabi muhammad SAW TENTANG syariat,tharekat,hakekat,dan marifat kesemuanya itu saling berhubungan pembawa islam yang masuk ketanah jawa bukan orang sembarangan tapi orang pilihan yang bermakom aulia,waliullah,mursid.makna dari sholat daim yang tidak mengenal ruang dan waktu dimana saja,kapan saja,dan lagi apa saja dalam ilmu tarekat adalah dzikir sirr dzikir rahasia hanya ALLAH dan hambanya yang tahu sampai malikatpun tidak bisa mendeteksi dzikir itu.untuk mencapai yang namanya sholat daim,dzikir rahasia hanya seorang guru mursid yang mampu membimbing karena ini masalah ruh,dan untuk urusan ruh hanya segelintir orang yang diberitahu yang sudah diterngkan dalam kitab suci alquran, maka carilah guru guru ruhani yang bisa mengantar sampai kehadirat robbi dzat yang maha mulia. trima kasih
    wassalam

    BalasHapus
  37. Ingsun sejati ning manungso
    Ada nama pasti ada wujud musamma'

    BalasHapus
  38. Sholat ,sementara mau menyerahkan sholat/do'anya tak tau kemana menyuguhkanya.. Awal beragama itu mengenal allah, seluruh rasul mengajarkan mengenal allah terlebih dahulu, bahkan nabi muhammad pun mengajarkan mengenal allah selama kurang lebih 12 thn.. setelah sempurna pengenalanya kepada tuhanya, barulah di sempurnakan nabi muhammad dgn isra' mi'raj dengan perintah mengerjakan syari'at sholat dan sbgainya.

    BalasHapus
  39. saya PAK SLEMET posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
    setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
    sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
    sempat saya putus asah dan secara kebetulan
    saya buka FB ada seseorng berkomentar
    tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
    melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
    karna di malaysia ada pemasangan
    jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
    saya minta angka sama AKI NAWE
    angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
    terima kasih banyak AKI
    kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
    rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
    bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
    terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
    jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259
    tak ada salahnya anda coba
    karna prediksi AKI tidak perna meleset
    saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan












    saya PAK SLEMET posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
    setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
    sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
    sempat saya putus asah dan secara kebetulan
    saya buka FB ada seseorng berkomentar
    tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
    melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
    karna di malaysia ada pemasangan
    jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
    saya minta angka sama AKI NAWE
    angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
    terima kasih banyak AKI
    kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
    rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
    bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
    terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
    jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259
    tak ada salahnya anda coba
    karna prediksi AKI tidak perna meleset
    saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan

    BalasHapus
  40. Ajarkan saya cara pelaksanaan sholat Daim ini..semoga saudara tdk merasa keberatan untuk membagi ilmu dengan saya dan semoga barokah amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru tahu. Bismillah kerjakan shalat lima waktu dengan berjamaah dan shalat sunnah rawatib dan lainnya dengan istiqamah. Perbanyak berdzikir/mengingat kepada Allah swt serta beramal shalih dengan ikhlas. Shalat artinya berdoa,berdzikir... Daaim artinya terus menerus atau tetap. Dengan demikian, Setiap muslim yang mengerjakan amalan tsb dia bisa disebut melakukan shalat daaim... ? Terima kasih

      Hapus
    2. Emang bener kudu solat 5 waktu dan lainnya dengab ikhlas dan istiqomah.....tetapi jangankan menghadap..dlm solat aja ga mikirin Allah....ada aja yg kepikiran...mana bisa disebut daim......jadi yg paling baik itu solat daim...solat yg terus menerus tidak terputus dlm mengingat Allah...ininreferensi al maarij 22/23...solat wajib ga bisa di andalin dlm mengingat Allah jika tdk mengenal solat daimun......belajar lah jangan mikir sendiri...solat daim ga bisa jalan jika tdk mengenal Allah......solat 5 waktu fawailul lil musholin....celaka kata Allah....jadi sempurnanya solat adalah solat daim...otomatis solat 5 waktu nya akan lurus....krn sdh mengenal Allah.....

      Hapus
    3. Umar family ga akan kasih tau bos i

      Hapus
  41. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus
  42. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

    BalasHapus
  43. iklan nya banyak.......mudah mudahan ketemu apa yg diinginkan......

    BalasHapus
  44. Wau ,,,mantap juga ,para komentator ,pendekar ilmu turun dari gunung ,
    memang semuanya ,Sngatlah banyak jaln untuk menju. ke "HAQ " itu ,,ilmu "Alloh"sangt luas ,ada yg tertulis dan banyk juga yg tdkk tertuliis

    BalasHapus
  45. Barangsiapa yang mencari-Nya pasti akan menemukan jalan-Nya. Carilah Guru Mursyid / waliyam Mursidana seperti disebutkan dalam Surat Al-Kahfi-17 :Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barangsiapa yang disesatkan-Nya, maka kamu tidak akan mendapat seorang Waliyam Mursidana yang dapat memberi petunjuk kepadanya. Silahkan hub: 081358738800

    BalasHapus
  46. ilmu allah bagaikan setetes air yg turun di lautan
    banyak ilmu bisa menuju padanya
    tapi semua itu bermuara dari SHOLAT DAIM
    kunci dari semua ilmu
    tidak semua kyai bisa mengajarkan nya
    tidak semua habaib atau pun ustad bisa
    hanya seorang mursyid yg benar2 pilihan

    BalasHapus
  47. ilmu allah bagaikan setetes air yg turun di lautan
    banyak ilmu bisa menuju padanya
    tapi semua itu bermuara dari SHOLAT DAIM
    kunci dari semua ilmu
    tidak semua kyai bisa mengajarkan nya
    tidak semua habaib atau pun ustad bisa
    hanya seorang mursyid yg benar2 pilihan

    BalasHapus
  48. Iya solat daim itu ada...solat setiap masuknya nafas kedalam...namun itu hrs digurukan kpd hak dan sah menunjukan dan menjelaskanya sbg pelanjut ilmu Nubuwah.....

    BalasHapus
  49. Iya solat daim itu ada...solat setiap masuknya nafas kedalam...namun itu hrs digurukan kpd hak dan sah menunjukan dan menjelaskanya sbg pelanjut ilmu Nubuwah.....

    BalasHapus
  50. 13 tahun yg lalu sy mncari jwbn soal ini,,suatu malam sy bermimpi disuruh membaca/menghayati albaqarah ayat 1-5

    BalasHapus
  51. " Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (al-Qur'an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. 29:45)
    Sesungguhnya hanya Manusia yg telah mencapai keSejatian nya yg dapat melakukan sholat Daim,Laa Ilaaha Illallah..
    yg sholatnya tanpa gerakan,tanpa kata2,dalam kekosongan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jelas dirikan solat dan zikir.....diri kan bukan jalankan...zikir nengingat Allah lebih besar keutamaannya dr ibadah ibadah yg lain...menginat Allah sama dengan mendirikan solat..aqimis sholata li zikei...solat daim..zikir kpd Allah terus menerus tdk berkeputusan...berdiri duduk tidur makan mandi bab bersenggama dgn istri.dsb...itu yg Allah maksud.....hanya org yg tlh mencapai ilmu yg dibuka oleh Allah saja yg mengerti

      Hapus
  52. Jika Sholat 17 rokaat mu sudah dapat mencegah mu dari berbuat keji dan mungkar.sebelum,sedang dan sesudahnya.sesungguhnya engkau telah melakukan sholat Daim.yakinlah " Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat, Maka kemanapun kamu menghadap di situlah wajah Allah. Sesungguhnya Allah Maha luas (rahmat-Nya) lagi Maha Mengetahui.Q.S. 2 : 115.

    BalasHapus
  53. Nggk setuju samasekali dg pernyataan. Ini sangat bertentang dg sariat islam

    BalasHapus
  54. Memang kata kata penuh dengan kelemahan, orang bijak berkata, anda tidak akan mampu menjelaskan rasanya gula kepada mereka yang belum pernah merasakan manisnya gula,tapi ketika anda telah mencobanya manisnya gula kata kata tak lagi berharga, esensinya kita tidak akan mengetahui sesuatu secara hakiki tanpa pengalaman empiris,,,cahaya makrifat itu dari allah, bkn apa yang diusahakan hamba,sebada dgn pandangan ibn athaillah dalam al-hikam,,,terimakasih kebenaran hanya dari allah,,

    BalasHapus
  55. Syariat, Tarikat, Hakikat dan Ma'rifatullah,...

    BalasHapus
  56. Jika ada sholat daim apakah juga ada puasa daim ?

    BalasHapus
  57. Asholatu daimun abada... Kenali diri

    BalasHapus
  58. Lakukanlah salat daim seperti yg dicontohkam sunan bonag

    BalasHapus

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman