Jumat, 17 Januari 2014

MENDATANGI PERAMAL


BERSAMA RASULULLAH SAW
  1. Barangsia yang diuji dengan musibah lalu sabar, diberi lalu bersyukur, dianiaya lalu memaafkan, berbuat aniaya lalu minta ampun maka mereka inilah tergolong orang-orang yang mendapat hidayah.(dari Sakhbarah;HR Thabrani dan Baihaqi)
  2. Barangsia yang mendapat nikmat lalu menceritrakannya mak sungguh ia bersyukur dan jika ia menyembunyikannya maka sungguh ia kufur.(dari Jabir;HR Dawud)
  3. Barangsia mendatangi seorang peramal lalu bertanyak kepadanya tentang sesuatu maka empat puluh hari shalatnya tidak diterima.(dari istri-istri Nabi;HR Ahmad dan Muslim)
  4. Barangsia mendatangi seorang peramal atau dukun lalu membenarkan apa yang ia katakan maka sungguh ia kufur terhadap apa-apa yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw.(dari Abu Hurairah;HR Ahmad dan Hakim)
  5. Barangsiapa mendatangi tempat tidurnya (mau tidur) dan ia berniat bangun malam untuk shalat lalu ia dikalahkan dengna kantuknya(masih tertidur) sampai waktu subuh maka dicatat sesuai niatnya dan tidurnya dianggap sedekah dari Tuhannya.(dari Abu Darda’;HR Nasai,Ibnu Majah,Ibnu Hibban dan Hakim)
  6. Barangsiapa mendatangi dukun lalu membenarkan apa yang dikatakannya atau mendatangi (menggauli) istri dalam kadaan menstruasi atau mendatanginya dari duburnya maka sungguh dia terlepas dari ajaran Nabi Muhammad saw.(dariAbu Hurairah;HR Ahmad,Abu Dawud dan Nasai)
  7. Barangsiapa mencintai karena Allah, memberi karena Allah,melarang karena Allah maka sungguh imannya sempurna.(dari Abu Amamah;HR Dawud)
  8. Barangsiapa senang bertemu dengan Allah maka Allahpun senang bertemu dengannya dan barangsiapa benci bertemu dengan Allah maka Allah juga demikian.(dari Aisyah;HR Ahmad,Bukhari,Muslim,Tirmidzi dan Nasai)
  9. Barangsiapa mencintai dunianya maka dunia akan mensengsarakan akhiratnya dan barangsia mencintai akhiratnya maka akhiratnya akan mensengsarakan dunianya, oleh karena itu pilihlah yang kekal(akhirat).(dari Abu Musa;HR Ahmad dan Hakim)
  10. Barangsiapa mencintai fitrahku (mahabbah/kecintaan) maka hendaklah melakukan sunnahku dan sesungguhnya diantara sunnahku adalah nikah.(dari Abu Hurairah;HR Baihaqi)
  11. Barangsiapa mencintai suatu kaum maka Allah akan mengumpulkannya dengan jama’ah/kelompok mereka.(dari Abu Qarshafah;HR Thabrani)
  12. Barangsiapa mencintai Hasan-Husin (cucu Rasulullah saw) maka sungguh ia mencintai aku dan barangsiapa membenci keduanya bearti dia membenciku.(dari Abu Hurairah;HR Ahmad,Ibnu Majah dan Hakim)
  13. Barangsiapa mencintai saidina Ali karamallah wajhah maka sesungguhnya ia mencintaiku dan barangsiapa membencinya maka sesungguhnya ia membenciku juga.(dari Salman;HR Hakim)
  14. Barangsiapa senang melihat seorang syahid(meninggal dalam peperangan) yang berjalan di muka bumi maka lihatlah Thalhah bin ‘Ubaidillah.(dari Jabir;HR Tirmidzi dan Hakim)
  15. Barangsiapa senang menyambung orang tuanya di makam maka sambunglah  saudara-saudara ayahnya sesudahnya.(dari Ibnu Umar;HR Abu Ya’li dan Ibnu Hibban)
  16. Barangsiapa gembira dengan buku catatan amalnya(shahifah) maka hendaklah memperbanya beristighfar(banyak mohon ampun).(dari Zubair;HR Ibnu Hibban)
  17. Barangsiapa senang merasakan nikmatnya iman maka cintailah seseorang karena Allah.(dariAbu Hurairah;HR Ibnu Hibban)
  18. Barangsiapa suka dilapangkan rezkinya dan dipanjangkan umurnya maka sambunglah keluarga dekatnya.(dari Abu Hurairah;HR Ahmad dan Bukhari)
  19. Barangsiapa berbekam pada tanggal 17,19,atau 21 setiap bulan maka kesembuhan baginya dari beberapa penyakit.(dariAbu Hurairah;HR Dawud dan Hakim)
  20. Barangsiapa mengada-ada(membuat hal yang baru) dalam urusan kami(ajaran agama) yang tidak ada contoh dari kami maka urusan tersebut tertolak.(dari Aisyah;HR Bukhari-Muslim,Dawud dan Ibnu Majah)
  21. Barangsiapa bersaksi tidak ada tuhan selain Allah maka ia masuk surga.(dari Ibnu Umar;HR AL-Bazzar)
  22. Barangsiapa bersaksi tidak ada tuhan selain Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah maka Allah mengharamkan dirinya masuk neraka.(dari Ubadah;HR Ahmad,Muslim dan Tirmidzi)
  23. Barangsiapa bersaksi palsu dengan mengambil harta seorang muslim atau menumpahkan darah kepadanya maka sesungguhnya ia wajib masuk neraka.(dari Ibnu Abbas;HR Thabrani)
  24. Barangsiapa puasa di bulan ramadhan atas dasar iman dan mengharab ridho(Allah) maka ia diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.(dari Abu Hurairah;HR Ahmad,Bukhari-Muslim dan Abu Dawud dan Nasai)
  25. Barangsiapa puasa di bulan ramadhan lalu disertai pausa enam hari di bulan syawal maka puasanya(pahalanya) seperti puasa setahun.(dari Abu Aiyub;HR Ahmad, Muslim, Dawud dan Nasai)
  26. Barangsiapa puasa tiga hari setiap bulan maka sesungguhnya dia berpuasa (sama dengan) setahun.(dari Abu Dzar;HR Ahmad,Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah)
  27. Barangsiapa puasa satu hari di jalan Allah maka Allah menjauhkan dirinya dari api neraka tujuh puluh tahun (jaraknya).(dari Abu Sa’id;HR Ahmad,Bukhari-Muslim,Tirmidzi dan Nasai)
  28. Barangsiapa pusa pada hari Arofah niscaya Allah mengampuninya dua tahun, sebelum dan sesudahnya.(dari Qatadah bin Nu’man;HR Ibnu Majah).

29.  Barangsiapa puasa sepanjang masa(al-abada) maka tidak ada baginya(pahala) puasa dan tidak berbuka.(dari Abdullah bin syakhir;HR Ahmad,Nasai,Ibnu Majah dan Hakim)

30.  Barangsiapa puasa tiga hari dalam bulan Haram yaiti kamis, jum’at dan sabtu maka ia dicatat ibadah(pahala puasa) dua tahun.(dari Anas;HR Thabrani)

31.  Barangsiapa shalat fajar dan ashar(al-bardaini) masuk surga (dari Abu Malik asy-Syuja’I;HR Thabrani)

32.  Barangsiapa shalat isyak dengan berjama’ah maka setiap langkahnya termasuk bagian dari lailatul qadar.(dari Abi Umamah; HR Thabrani)

33.  Barangsiapa shalat(sunnah) sehari-semalam 12 raka’at tathawu’ maka Allah membangunkannya rumah disurga.(dari Ummu HABIBAH;hr Ahmad,Muslim,Dawud,Nasai dan Ibnu Majah)

34.  Barangsiapa shalat dhuha 4 raka’at sebelum(masuk waktu)dhuhur 4 raka’at maka bagi punya rumah disurga.Abu Musa;HR Thabrani)

35.  Barangsiapa shalat 4 raka’at sebelum ashar maka Allah mengharamkan api neraka baginya. (dari Ibnu Amr;HR Thabrani)

36.  Barangsiapa bershalawat kepadaku 1 kali maka Allah bershalawat kepadanya 10 kali.(dari Abu Hurairah;HR Ahmad,Muslim,Dawud dan Nasai)

37.  Barangsiapa bershalawat kepadaku 1 kali maka Allah bershalawat 10 kali kepadanya, menghapus 10 kesalahan dan mengangkat 10 darojat baginya.(dari Anas;HR Ahmad,Bukhari, Nasai dan Hakim)

38.  Barangsiapa bershalawat kepadaku 10 kali diwaktu subuh dan diwaktu sore 10 kali maka baginya memperoleh syafa’atku(pertolongan) di hari kiamat.(dari Abu Darda’;HR Thabrani)

39.  Barangsiapa bershalawat kepadaku dengan benar-benar bershalawat maka Allah mencatatnya  1 qirath baginya, 1 qirath sama dengan gunung Uhud.(dari Ali;HR Abdur Razak)

40.  Barangsiapa membaca 100 ayat sehari –semalam maka dia tercacat bukan termasuk orang-orang pelupa(kepada Allah).(dari Abu Hurairah;HR Hakim)

41.  Barangsiapa baca surat al-Baqarah (istiqomah)maka dia dinaungi di surga.(dari ash-shashal;HR Ibnu Hibban)

42.  Barangsiapa baca ayat kursi setiap usai shalat fardhu niscaya ia tidak terlarang masuk surga jika meninggal dunia.(dari Abu Umamah;HR Nasai dan Ibnu Hibban)

43.  Barangsiapa baca 2 ayat akhir surat al-Baqarah dimalam hari maka ia seperti menghidupkan malam dengan baca al-Qur’an.(dari Ibnu Mas’us;HR Dawud dan Nasai)

44.  Barangsiapa baca surat al-Kahfi pada hari jum’at maka ia mendapat cahaya (petunjuk) anatara 2 jum’at.(dari Abu Sa’id;HR Baihaqi)

45.  Barangsiapa baca 10 ayat yang terakhir dari surat al-Kahfi maka ia terjaga dari fitnah dajjal.(dari Abu Darda’;HR Ahmad,Muslim,dan Nasai)

46.  Barangsiapa baca 3 ayat yang pertama dari surat al-Kahfi naka ia terjaga dari fitnah dajjal.(dari Abu Darda’;HR Tirmidzi)

47.  Barangsiapa baca surat al-Kahfi pada hari jum’at maka ia memperoleh cahaya (hidayah) anatara dia dengan baitullah(bait atiq).(dariAbu Said;HR Baihaqi)

48.  Barangsiapa baca surat Yasin dengan mengharap ridho Allah maka ia diampuni dosanya yang telah lalu,oleh karena itu bacakanlah surat Yasin kepada orang ketika mau meninggal/sudah meninggal.(dari Ma’qal bin Yasar;HR Baihaqi)

49.  Baarangsiapa baca surat hamim ad-Dukhan pada malam jum’at atau hari jum’at maka Allah membangunkannya rumah disurga.(dari Abu Umamah;HR Thabrani)

50.  Barangsiapa baca surat al-Ikhlas 3 kali maka seakan-akan dia baca 1/3 al-Qur’an.(dari Abi bin ka’ab;HR Ahmad dan Nasai)

51.  Barangsiapa baca qul huwa Allah ahad 100 kali Allah mengampuni dosa-dosanya selama 2 tahun.(dari Anas;HR Baihaqi)

52.  Barangsiapa baca usai shalat jum’at al-Ikhlas,al-Falaq dan an-Nas 7 kali niscaya Allah melindunginya dari kejahatan sampai jum’at berikutnya.(dari Aisyah;HR Ibnu Sanni)

53.  Barangsiapa baca sesudah imam jum’at mengucapkan salam surat al-Ikhlas,al-Falaq dan an-Nas 7 kali (setiap suratnya) maka Allah mengampuninya dosa-dasa yang lalu dan mendatang.(dari Anas;HR Abu al-As’ad al-Qusyairi)

54.  Barangsiapa diakhir kalamnya la ilaha illallah masuk surga. (dari Mu’adz;HR Ahmad,Dawud dan Hakim)

55.  Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia berbuat baik kepada tetangganya, barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya, dan barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia berkata baik atau diam.(dari Abu Hurairah;HR Ahmad,Bukhari-Muslim,Nasai dan Ibnu Majah)

56.  Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir janganlah mempertakuti sesama muslim.(dari Sulaiman bin Sharad;HR Thabrani)

57.  Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka janganlah memakai sutera dan emas.(dari Abu Umamah;HR Ahmad dan Hakim)

58.  Barangsiapa cinta kepada Allah dan rasul-Nya maka cintailah Usamah bin Zaid.(dari Aisyah;HR Ahmad)

59.  Barangsiapa berdusta tentang aku maka bersiap-siaplah tempat kembalinya di api neraka.(dari Anas;HR Ahmad,Bukhari-Muslim,Tirmidzi,Nasai dan Ibnu Majah)

60.  Barangsiapa bertemu(meninggal) dengan Allah tidakmenyekutukan-Nya dengan sesuatu maka ia masuk surga.(dari Anas;HR Ahmad dan Bukhari)

61.  Barangsiapa meninggal dalam kadaan  terkait di jalan Allah maka Allah mengamankannya dari siksa kubur.(dari Abu Umamah;HR Thabrani)

62.  Barangsiapa meninggal dalam kadaan ketergantungan(hatinya) dengan sesuatu maka Allah membangkitkannya(dari kubur) sesuai dengan keyakinannya.(dari Jabir;HR Ahmad dan Hakim)

63.  Barangsiapa meninggal sedangkan ia punya hutang puasa maka walinya wajib membayarnya.(dari Aisyah;HR Ahmad,Bukhari-Muslim,dan Dawud)

64.  Barangsiapa meninggal tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu maka ia masuk surga.(dari Ibnu Mas’ud;HR Ahmad,Bukhari-Muslim)

65.  Barangsiapa meninggal dalam kadaan minum khamr(yang memabukkan) maka ia bertemu dengan Allah dalam kadaan penyembah patung.(dari Ibnu Abbas;HR Thabrani dan Abu Na’im)

66.  Barangsiapa tidak belas kasihan maka ia tidak ddikasihi.(dari Abu Hurairah;HR Ahmad,Bukhari-Muslim,Dawud dan Tirmidzi)

67.  Barangsiapa tidak nenyayangi manusia maka Allah tidak menyayanginya.(dari Jabir;HR Ahmad,Bukhari-Msulim danTirmidzi)

68.  Barangsiapa tidak kasih-sayang kepada orang yang di bumi maka  makhluk di langit tidak menyayanginya.(dari Jabir;HR Thabrani)

69.  Barangsiapa tidak menyayang dia tidak disayang, barangsiapa tidak mengampuni maka dia tidak diampuni.(dari Jarir;HR Ahmad)

70.  Barangsiapa tidak menyayang ia tida disayang, barangsiapa tidak memberi maaf ia ti tidak dimaafkan dan barangsiapa tidak bertaubat maka dia tidak diterima taubatnya.(dari Jarir;HR Thabrani)

71.  Barangsiapa ingin dikehendaki Allah menjadi orang baik maka Allah memberikan pemahaman kepadanya tentang agama dan mengilhamkannya dengan bimbingan.(dari Ibnu Mas’ud;HR Ahmad,Bukhari-Muslim)

72.  Barangsiapa dikehendaki Allah kebaikan ia pasti diuji.(dari Abu Hurairah;HR Ahmad dan Bukhari)

73.  Barangsiapa banyak beristighfar(mintak ampun) maka Allah  menjadikan gembira dari hesusahan, lapang dari kesempitan dan memberikan rezki kepadanya dengan tidak tersangka-sangka.(dari Ibnu Abbas;HR Ahmad dan Hakim)

74.  Barangsiapa banyak berdzikir kepada Allah maka sungguh ia terbebas dari kemunafikan.(dari Abu Hurairah;HR Thabrani)

75.  Barangsiapa berpakian sutera di dunia maka dia di akhirat nanti tidak memakainya.(dari Anas;HR Ahmad,Bukhari-Muslim,Nasai dan Ibnu Majah)

76.  Barangsiapa tidak beriman kepada takdir baik dan buruknya maka aku(Rasulullah saw) terpisah dengannya.(dari Abu Hurairah;HR Abu Ya’la)



77.  Barangsiapa tidak pandai berterima kasih kepada manusia maka ia Allah tidak berterima kasih kepadanya.(dari Abu Sa’id;HR Ahmad dan Tirmidzi)

78.  Barangsiapa tidak menerima rukhshah dari Allah maka ia berdosa seperti sebesar gunung arafah.(dari Ibnu Umar;HR Ahmad)

79.  Barangsiapa memberikan kemudahan kepada orang yang kesulitan maka Allah memberikan kemudahan dunia-akhirat kepadanya. (dari Abu Hurairah;HR Ibnu Majah)

80.  Barangsiapa berbuat kesalahan/keburukan maka ia di dunia dibalas.(dari Abu Bakar;HR Hakim)

81.  Barangsiapa memenuhi hajat(menolong) kepada saudaranya maka Allah memenuhi hajatnya.(dari Jabir;HR Ibnu Abu Dunya)

82.  Barangsiapa memintak kepada Allah surga 3 kali maka surga berdo’a”ya Allah masukkan ia ke surga” dan Barangsiapa berlindung kepada Allah(selamatkan) dari neraka 3 kali maka neraka berdo’a”selamatkan yaAllah dari neraka” .(dari Anas;HR Tirmidzi,Nasai,Hakim)

83.  Barangsiapa memintak kepada Allah harta yang banyak maka sesungguhnya ia memintak bagian api neraka(akibat yang salah),oleh karenanya mintaklah sedikit atau banyak(terserah milihnya).(dari Abu Hurairah;HR Ahmad,Muslim dan Ibnu Majah)

84.  Barangsiapa memintak selain kefakiran maka sesungguhnya dia memakan bagian api neraka..(dari Habsyi bin Janadah;HR Ahmad)

85.  Barangsiapa mencaci sahabat-sahabatku maka baginya laknatullah,malakat dan seluruh manusia.(dari Ibnu Abbas;HR Thabrani)

86.  Barangsiapa mencaci saidina Ali(karamallahu wajhah) maka sesungguhnya ia mencaciku,dan barangsiapa mencaciku maka sesungguhnya ia mencaci Allah.(dari Ummu Salmah;HR Ahmad dan Hakim)

87.  Barangsiapa menutupi aurat(aib) saudara muslim maka sesungguhnya ia seakan-akan menghidupkan orang yang meninggal.(dari Syihab;HR Thabrani)

88.  Barangsiapa menutup (aib) saudaranya muslim di dunia lalu ia tidak membukanya maka Allah di hari kiamat menutup (aib)nya.(HR Ahmad)

89.  Barangsiapa mampu(minat) meninggal di Madinah lalu ia mati di Madinah maka sesungguhnya aku memberi syfa’at kepadanya.(dari Ibnu Umar;HR Ahmad,Tirmidzi,Ibnu Majah,Ibnu Hibban)

90.  Barangsiapa mempunyai kesenangan (sesuatu) perbuatan yang shalih/baik maka lakukanlah.(dari Zubair;HR Khathib)

91.  Barangsiapa diantara kalian bisa memberikan manfa’at kepada saudaranya maka perbuatlah.(dari Jabir;HR Ahmad,Muslim dan Ibnu Majah)

92.  Barangsiapa menghidupkan 4 malam(utama) maka wajib baginya surga, yaitu malam tarwiyah(persiapan menuju arafah),malam arafah,malam idul adha(kurban) dan malam idul fitri(hari raya).(dari Mu’adz;HR Asakir)

93.  Barangsiapa mengambil tanah sedikit apapun dengan dhalim maka di hari kiamat ia membawanya menuju alam mahsyar(tempat kumpulnya manusia di hari kiamat).(dari Ya’la bin Murrah;HR Ahmad dan Thabrani)

94.  Barangsiapa menggantungkan(meyakini ada manfa’at/mudharat) sesuatu apapun maka sesuatu menjadi wakilnya.(dari Abdullah bin Hakim;HR Ahmad,Tirmidzi dan Hakim)

95.  Barangsiapa menuntut ilmu bukan karena Allah maka bersiapalah dia bertempat di api neraka.(dari Ibnu Umar;HR Tirmidzi)

96.  Barangsiapa bertawadhu’ (rendah hati) karena Allah maka Allah mengangkat derajatnya.(dari Abu Hurairah;HR Abu Na’im)

97.  Barangsiapa menarik pakiannya(sarung/celana/gamis dll) dengan sombong maka Allah tidak melihatnya di hari kiamat.(dari ibnu Umar;HR Ahmad,Bukhari-Muslim,Dawud dan Nasai)

98.  Barangsiapa memelihara 2 raka’at dhuha maka doasanya diampuni meskipun dosanya seluas pasir laut.(dariAbu Hurairah;HR Ahmad,Tirmidzi dan Ibnu Majah)

99.  Barangsiapa hajji karena Allah  lalu ia tidak melakukan(ucapan/perbuatan)keji dan tidak fasiq maka ia seperti anak(tidak punya dosa) baru dilahirkan ibunya.(dariAbu Hurairah;HR Ahmad,Bukhari,Nasai dan Ibnu Majah)

100.    Barangsiapa berbicara tentang aku dengan (meriwayatkan) suatu hadis sedangkan ia mengetahui bahwa itu dusta maka dia tergolong salah satu pendusta.(dari Samarah;HR Ahmad,Muslim dan Ibnu Majah)

101.    Barangsiapa melihara/menjaga(baca) 10 ayat awal surat al-Kahfi maka ia terpelihara dari fitnah dajjal.(dari Abu Darda’;HR Ahmad,Muslim,Dawud dan Nasai)

102.    Barangsiapa menjaga lisan,pendengaran dan penglihatan(dari yang haram) di hari arafah maka ia diampuni dosanya dari arafah berikutnya(tahun berikutnya).(dari al-Fadhal;HR Ibnu Hibban)

103.    Barangsiapa memelihara 40 hadis sunnahku buat ummatku maka aku memasukkannya di hari kiamat kedalam syafa’atku(pertolonganku).(dari Abu Sa’id;HR Ibnu Najjar)

104.    Barangsiapa bersumpah dengan selain Allah maka sungguh ia kufur(musrik).(dari Ibnu Umar;HR Ahmad,Tirmidzi dan Hakim)

105.    Barangsiapa meninggal dalam kadaan puasa di hari itu maka ia masuk surga.(dari Hudzaifah;HR Al-Bazzar)

106.    Barangsiapa keluar untuk menuntut ilmu maka ia termasuk (perang)dijalan Allah sampai dia kembali pulang.(dari Anas;HR Tirmidzi)

107.    Barangsiapa mendo’akan saudaranya  yang tidak hadir(di tempat lain) maka malaikat yang yang mawakili barkata amin dan kamu mendapat (sesuatu)sebagaimana doanya.(dari Abu Darda’;HR Muslim dan Dawud)

108.    Barangsiapa memanggil seseorang dengan nama yang lain maka malaikat melaknatnya.(dari Umar bin Sa’ad;HR Ibnu Sanni)

109.    Barangsiapa diundang untuk (walimatur ars) atau lainnya(bukan haram) maka wajib datang.(dari Ibnu Umar)


110.    Barangsiapa menunjukkan jalan kebaikan maka dia mendapat pahala seperti pahala orang yang melakukannya.(dari Ibnu Mas’ud;HR Ahmad,Muslim, Dawud dan Tirmidzi).BERSAMBUNG...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman