Selasa, 18 Oktober 2016

TASBIIH


41. Renungan Sore !!!
*Maha Suci Allah*

Rasulullah saw bersabda yang artinya: Kalam yang paling utama bertasbih,tahmid,tahlil,takbir dan hauqalah...(al Hadits)
Malaikat penjaga arsy bertasbih dengan kalimat thaiyibat tsb.
1. Subhanallah artinya Allah Maha Suci. Allah swt menciptakan malaikat agar mereka melaksanakan perintah perintahNya sesuai dengan tugasnya masing masing seperti kewajiban beriman kepada 10 malaikat malaikat Allah disamping yang lainnya.
Para malaikat penjaga arsy mengucapkan kalimat tsb sepanjang masa. Bahkan dalam shalat tasbih kita juga membacanya sebanyak 350 kali dengan 4 rakaat dikerjakan boleh 2 salam atau 1 salam.
Shalat tasbih bisa dikerjakan kapan saja yang penting tidak pada waktu terlarang,bisa setiap/mingguan/bulanan/tahunan minimal 1 kali seumur hidup.
Orang orang beriman yang suka baca kalimat tasbih maka mereka akan selalu menjaga perintah dan larangan Alkah swt serta tidak akan buruk sangka kepadaNya,ujian dan cobaan yang diberikan mareka tetap bersyukur dan sabar menjalani hidup sebagai hamba.
Denngan bertasbih yang haqiqi Seorang hamba akan bersih hatinya dari buruk sangka dan iri hati atas nikmat nikmat Allah bagi makhlukNya. Bersih lahir dan batinnya dari perbuatan dosa.
2. Alhamdulillah yang artinya segala puji bagi Allah.
Allah swt Maha Kuasa atas segala sesuatu, dulu ada hambanyaNya bakhil beribadah bangun malam sekarang rajin; dulu suka berbuat dosa sekarang bertaubat; dulu malas bekerja sekarang giat atau sebaliknya.
Bersyukur berarti lisan mengucap hamdalah,hati merasa tenang,akal menjadi cerdas dang anggauta tubuh beramal shalih. Hamba yang pandai bersyukur tentu banyak berucap alhamdulillah,menyadari bahwa nikmat itu karuniaNya dan titipan dariNya. Untuk itu kita harus mengembalikanya di jalan yang diridhaiNya.
Suka berbagi dengan sesama,bisa dengan tenaga,harta,ilmu dll. Sehingga pola kehidupanya berkah dan terpuji.
3.Tahlil berarti mengucapkan dan berikrar bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah/diibadahi melainkan Allah swt sebagai Pencipta alam beserta isinya.
Kalimat tahlil adalah kunci pembuka surga,istiqamah bertauhidkan Allah yang Maha Esa dalam beragama dan beribadah.
Membiasakan wirid kalimat tahlil khususnya malam atau hari jumat dengan ikhlas dan mengakhirinya dengan doa permohonan agar hidup dan mati dalam kadaan muslim dan bertauhid kepadaNya.
Bukankah Rasulullah saw telah bersabda yang artinya: Barang siapa akhir hidupnya bertauhid ( laa ilaaha illallah dakhalal janbah) maka ia masuk surga.(hadits)
Mati dalam kadaan khusnul khatimah,bisa berucap tahlil atau dalam hatinya ada namaNya atau pola hidupnya tidak mempersukutukan Allah dengan sesuatu atau makhluk dalam beribadah maka dijamin masuk surga tentu dengan izin dan ridhaNya.
Isilah hati ini dengan nama nama Allah yang indah (asmaul husna) agar sehat dan bersih dari akhlak tercela seperti iri hati dan kesombongan. Dengan  bertahlil maka hati menjadi yakin dan tenang.
4.Bertakbir berarti mengagungkan Allah swt menjunjung tinggi agama dan hukum hukumnya dalam kehidupan rumah tangga,masyrakat bahkan bernegara.
Allah swt Maha Besar kekuasaanNya dan Maha luas rahmatNya. Selain Dia kecil dan sangat lemah. Untuk itu manusia tidak pantas menyombongkan dirinya karena semua nikmat seperti harta,tahta atau lainnya datang dariNya.
5.Berhauqalah berarti penyadaran diri secara totalitas bahwa daya dan upaya hanya milik Allah swt.
Sebagai muslim yang baik tentu selalu banyak berwirid kalimat ini dengan harapan agar mendapatkan kekuatan dan kemudahan beribadah dan beramal shalih dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. Jangan merasa hebat dengan ibadah dan amal shalihnya ! Bisa jadi yang dianggap biasa saja tetapi dihadapan Allah mulia karena keikhlasan dan tawadhuknya.
Ada riwayat dari ibnu Abbas...Malaikat dengan tasbihnya,nabi Adam as dengan tahmidnya,nabi Nuh as dengan tahlilnya,nabi Ibrahim ad dengan takbirnya dan baginda Rasul saw dengan hauqalahnya. Itulah kalimat thaiyibat yang terhimpun sepanjang masa terutama malaikat penjaga arsy.
Semoga berguna... Aamin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Laman