RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA JOSUA
Kelas/ Semester :XI / 2
Mata Pelajaran :Pendidikan Agama Islam
Jumlah Pertemuan : 2 X Pertemuan
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi :9.
Membiasakan perilaku terpuji.
Kompetensi Dasar :
9.1Menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang
lain
9.2Menampilkan contoh perilaku menghargai karya orang lain
9.3Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam
kehidupan sehari-hari
Indikator:
1.Menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang
lain.
2.Menampilkan beberapa contoh perilaku yang menghargai karya
orang lain.
3.Menunjukkan contoh perilaku menghargai karya orang lain.
4.Menunjukkan perilaku menghargai karya orang lain.
5.Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain
A.Tujuan
Pembelajaran:
Peserta didik diharapkan untuk
1.Mampu menjelaskan
pengertian dan maksud menghargai karya orang lain.
2.Mampu menghargai karya orang lain.
3.Mampu menampilkan beberapa contoh perilaku yang menghargai
karya orang lain.
4.Mampu menunjukkan contoh perilaku menghargai karya orang
lain.
5.Mampu menunjukkan perilaku menghargai karya orang lain.
6.Mampu membiasakan perilaku menghargai karya orang lain
B.Materi Ajar (Materi
Pokok):
1.Menghargai karya orang lain.
2.Contoh Perilaku yang menghargai karya orang lain
3.Pembiasaan Perilaku yang menghargai karya orang lain
C.Metode Pembelajaran
:
Diskusi dan tanya jawab
D.Langkah-langkah
kegiatan
Pertemuan 11.
Kegiatan Awal
a.Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan
mengucapkan
basmalahdankemudian berdoá bersama sebelum memulai
pelajaran.
b.Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
c.Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10menit
2.Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, siswa dibagi menjadi dua kelompok
Eksplorasi
Untuk mengetahui
sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pengertian danmaksud menghargai
karya orang lain.
a.Kelompok I mendiskusikan tentang pengertian menghargai
karya orang lain
b.Kelompok II
mendiskusikan tentang maksud menghargai karya orang lain.
Elaborasi
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi
kelompoknya kemudian ditanggapioleh kelompok lain.
Konfirmasi
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan hasil diskusi
kemudian guru memberikankomfirmasi mengenai materi yang telah dipelJri.
3.Kegiatan Akhir (Penutup)
Memeriksa dan memberi tugas terstruktur dan tugas mandiri
untuk minggu yang akandatang
Pertemuan Ke-21.
Kegiatan Awal
a.Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan
mengucapkan
basmalahdankemudian berdoá bersama sebelum memulai
pelajaran.
b.iswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
c.Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10menitd.
Guru menjelaskan
secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasaryang akan
dicapai.
2.Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, siswa dibagi menjadi empat kelompok
Eksplorasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang
materi menampilkan contohdan membiasakan perilaku menghargai karya orang lain.
a.Kelompok I mendiskusikan tentang
menampilkan contoh perilakumenghargai karya orang lain.
b.Kelompok II mendiskusikan tentang
membiasakan perilaku menghargaikarya orang lain dalam
kehidupan sehari-hari.
Elaborasi
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi
kelompoknya kemudian ditanggapioleh kelompok lain.
Konfirmasi
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan hasil diskusi
kemudian guru memberikankomfirmasi mengenai materi yang telah dipelajari.
3.Kegiatan Akhir (Penutup)
Memeriksa dan memberi tugas terstruktur dan tugas mandiri
untuk minggu yang akandatang
E.Bahan/Sumber
Belajar:
a.Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
b.Syamsuri, PAI SMA kelas XI terbitan Erlangga
Jakarta,
Mengetahui Kepala SMA
Guru Mata Pelajaran
(.......................................)
(................................)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar