RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama sekolah : SMA JOSUA
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Materi : Perkembangan Islam di Mekkah
Sub Materi : Substansi dan strategi dakwah Rasulullah
Saw Periode Mekah
Kelas/semester : X / I Alokasi waktu :1 x 3 jam
pelajaran
A. KOMPETENSI INTI
K2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungansosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia. K4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri,dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI DASAR
4.8.1 Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di Mekah.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Menyebutkan subtansi dakwah Rasulullah saw di
Mekkah dengan jelas. 2. Menyebutkan strategi Rasulullah saw di Mekkah dengan
jelas
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat mengidentifikasi subtansi dakwah Nabi
Muhammad saw. periode Mekah. 2. Siswa dapat menjelaskan strategi yang dilakukan
Nabi Muhammad saw. periode Mekah.
E. MATERI PEMBELAJARAN
- Substansi dakwah Rasulullah SAW di Mekkah Selama lebih
kurang 12 tahun Rasulullah berdakwah di Mekkah, Bagian terpenting yang menjadi
isi dakwah Rasulullah saw yang disampaikan terfokus kepada :
-Ketauhidan
-Akhlaqul Karimah
-Hak Azasi Manusia
-Masalah Taqlid - Strategi dakwah Rasulullah SAW di Mekkah
Adapun strategi dakwah Rasulullah SAW dalam berusaha mencapai tujuan yang mulia
F. PENDEKATAN, STRATEGI DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Strategi : The Power of Two
Metode : Tanya jawab, diskusi, penugasan.
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
No Kegiatan Waktu
1 Pendahuluan
Membuka pelajaran dengan salam dan berdo’a bersama-sama
dengan penuh khidmat
Memeriksa kesiapan siswa, mengisi lembar kehadiran
Guru melakukan apersepsi
Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan
dicapai45 menit
2 Kegiatan Inti
Peserta didik menghitung satu dua dan dibagi kepada
kelompok ganjil dan genap.
Guru meminta masing-masing peserta didik untuk
mengkaji/mencermati teks bacaan yang telah diberikan “tentang substansi dan
strategi dakwah Rasullullah SAW di Mekah.
(mengamati)
Peserta didik membuat satu pertanyaan dari teks yang dibaca
lalu ditulis pada kertas untuk ditanyakan kepada teman lawannya, dan
teman lawannya menjawab pertanyaan tersebut dan setelah itu gantian sebaliknya
lawan yang menjawab bertanya kembali kepada teman lawannya dengan jelas dan
tegas. (mencoba/mengeksplorasi)
Peserta didik secara berpasangan diberi kesempatan
seluruhnya bertanya dan menjawab kepada teman lawannya dengan
lancar.(mencoba/ mengeksplorasi)
Secara bergantian masing-masing peserta didik bertanya dan
menjawab permasalahan dan yang lainnya mendengarkan (mengkomunikasikan/
mengamati)70 menit
3 Penutup
Peserta didik diminta untuk mengumpulkan kertas hasil
kerjanya tentang materi yang telah dibahas kepada guru.
Guru dan peserta didik menyimpulkan materi yang telah
dibahas
Guru memberikan tugas untuk menghafal materi yang telah
diberikan kepada peserta didik di rumah
Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan ucapan hamdallah
dan salam
20 menit
H. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Sumber : Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas
X SMA
Media : In Focus, Lap Top, Kertas Lembaran Konten
Pembelajaran dan kertas folio.
I. PENILAIAN Tugas
Peserta didik menghafal kesimpulan materi tentang subtansi
dan strategi dakwah Rasulullah saw periode Mekkah di rumah
.Observasi
Guru mengamati sikap dan aktivitas siswa dalam proses
pembelajaran.
Tes Lisan (hafalan siswa)
Jakarta,
Mengetahui, Kepala SMA
Guru mata pelajaran
(........................................)
(..........................................)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar