Senin, 15 September 2014

RPP PAI SMA (X)




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama sekolah : SMA JOSUA
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Materi : Perkembangan Islam di Mekkah
 Sub Materi : Substansi dan strategi dakwah Rasulullah Saw Periode Mekah
 Kelas/semester : X / I  Alokasi waktu :1 x 3 jam pelajaran

 A. KOMPETENSI INTI
K2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungansosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. K4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI DASAR
4.8.1 Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Mekah.
 C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
 1. Menyebutkan subtansi dakwah Rasulullah saw di Mekkah dengan jelas. 2. Menyebutkan strategi Rasulullah saw di Mekkah dengan jelas
 D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat mengidentifikasi subtansi dakwah Nabi Muhammad saw. periode Mekah. 2. Siswa dapat menjelaskan strategi yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Mekah.
E. MATERI PEMBELAJARAN
- Substansi dakwah Rasulullah SAW di Mekkah Selama lebih kurang 12 tahun Rasulullah berdakwah di Mekkah, Bagian terpenting yang menjadi isi dakwah Rasulullah saw yang disampaikan terfokus kepada :
-Ketauhidan
-Akhlaqul Karimah
-Hak Azasi Manusia
-Masalah Taqlid - Strategi dakwah Rasulullah SAW di Mekkah Adapun strategi dakwah Rasulullah SAW dalam berusaha mencapai tujuan yang mulia
F. PENDEKATAN, STRATEGI DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Strategi : The Power of Two
Metode : Tanya jawab, diskusi, penugasan.
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
No Kegiatan Waktu
1 Pendahuluan
Membuka pelajaran dengan salam dan berdo’a bersama-sama dengan  penuh khidmat
Memeriksa kesiapan siswa, mengisi lembar kehadiran
Guru melakukan apersepsi
Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai45 menit
2 Kegiatan Inti
Peserta didik menghitung satu dua dan dibagi kepada kelompok ganjil dan genap.
Guru meminta masing-masing peserta didik untuk mengkaji/mencermati teks bacaan yang telah diberikan “tentang substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Mekah.
 (mengamati)
Peserta didik membuat satu pertanyaan dari teks yang dibaca lalu ditulis  pada kertas untuk ditanyakan kepada teman lawannya, dan teman lawannya menjawab pertanyaan tersebut dan setelah itu gantian sebaliknya lawan yang menjawab bertanya kembali kepada teman lawannya dengan jelas dan tegas. (mencoba/mengeksplorasi)
Peserta didik secara berpasangan diberi kesempatan seluruhnya  bertanya dan menjawab kepada teman lawannya dengan lancar.(mencoba/ mengeksplorasi)
Secara bergantian masing-masing peserta didik bertanya dan menjawab  permasalahan dan yang lainnya mendengarkan (mengkomunikasikan/ mengamati)70 menit
3 Penutup
Peserta didik diminta untuk mengumpulkan kertas hasil kerjanya tentang materi yang telah dibahas kepada guru.
Guru dan peserta didik menyimpulkan materi yang telah dibahas
Guru memberikan tugas untuk menghafal materi yang telah diberikan kepada peserta didik di rumah
Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan ucapan hamdallah dan salam
20 menit
H. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Sumber : Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X SMA
Media : In Focus, Lap Top, Kertas Lembaran Konten Pembelajaran dan kertas folio.
I. PENILAIAN Tugas
Peserta didik menghafal kesimpulan materi tentang subtansi dan strategi dakwah Rasulullah saw periode Mekkah di rumah
.Observasi
Guru mengamati sikap dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.
Tes Lisan (hafalan siswa)
                                                                                                          Jakarta,

Mengetahui, Kepala SMA                                                                        Guru mata pelajaran

(........................................)                                                                     (..........................................)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman