Selasa, 16 September 2014

RPP PAI SMA (XI)




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan : SMA JOSUA
Kelas/ Semester :XI / 2
Mata Pelajaran :Pendidikan Agama Islam
Jumlah Pertemuan : 2 X Pertemuan
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi :7.Memahami ayat-ayat Al-Qur'an tentang perintah menjaga kelestraian lingkungan hidup.
Kompetensi Dasar
7.1.Membaca Q.S. Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan Surah Sād: 27.
7.2.Menjelaskan arti dari ayat-ayat Al-Qur'an tersebut.7.3.
 Membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam ayat-ayat Al-Qur'an tersebut.
Indikator
1.Mampu membaca dengan benar dan baik Q.S. Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, danSurah Sād: 27.
 2.Mampu mengidentifikasi tajwid dengan benar dari ayat-ayat Al-Qur'an tersebut.
3.Mampu mengertikan per kata, per ayat, dan menerjemahkan ayat-ayat Al-Qur'an tersebut.
4.Mampu mengidentifikasi, mempraktekkan, dan menujukkan perilaku menjaga kelestarianlingkungan hidup.
A.Materi Pembelajaran
Materi pokok: Al-Qur'an Surah Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan Surah Sād: 27. Uraian materi pokok:1.Surah Ar-
Rūm: 41-42 tentang larangan berbuat kerusakan di bumi.
a.Bacaan dan penjelasan bacaan.
b.Terjemahan harfiah dan terjemahan ayat.
c.Kesimpulan dan penjelasan.
2.Surah Al-‘Araf: 56–58 tentang larangan berbuat kerusakan di bumi.
a.Bacaan dan penjelasan bacaan.
b.Terjemah harfiah dan terjemahan ayat.
c.Kesimpulan dan penjelasan.
3.Surah Sād: 27 tantang keburukan kaum yang berbuat kerusakan di bumi.
 a.Bacaan dan penjelasan bacaan.
b.Terjemah harfiah dan terjemahan ayat.
c.Kesimpulan dan penjelasan.
B.Tujuan Pembelajaran
Melalui Demontrasi dan tanya jawab, setelah pembelajaran peserta didik diharapkan dapat:
a.Membaca dengan fasih Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan Surah Sād: 27.
 b.Mengidentifikasi tajwid dari ayat-ayat Al-Qur'an tersebut
.c.Mengartikan per kata, per ayat, dan menerjemahkan ayat-ayat Al-Qur'an tersebut.
d.Mengidentifikasi, mempraktekkan, dan menunjukkan perilaku menjaga kelestarian lingkunganhidup
.e.Mengerjakan soal-soal latihan Bab 7 dan mengikuti Bab 7.
C.Metode :
Demonstrasi, latihan, tanya jawab, dan pemberian tugas
D.Langkah-Langkah Pembelajaran
 Pertemuan ke-11.
 Kegiatan Awal
a.Berdoa/membaca Basmallah dilanjutkan tadarrus
b.Melakukan apersepsi.
c.Menyampaikan kompetensi yang akan dikuasai, manfaat kompetensi yang akan dikuasaidalam meningkatkan pemahaman, pengamalan atau kesadaran beragama.
2.Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:Eksplorasi
a. Peserta didik dibagi 4 kelompok dan GPAI menunjuk di setiap kelompok ada siswa yangmahir membaca al-quran Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan Surah Sād: 27.memberi tugas untuk mengajarkan kepada teman sebayanya,kemudian mengidentifikasihukum bacaan tajwid dengan melihat dari buku rujukan yang ada dengan hasil tulisan Al-Qur’an yang telah dikerjakan di rumah.
b.Setelah belajar mengaji per kelompok masing-masing siswa di setiap kelompok membacasurat sesuai materi serta menyebutkan hukum bacaan tajwid.
Elaborasi
Setiap anggota kelompok mendengarkan bacaan dengan Menyebut hukum bacaan kemudianmembetulkan apabila bacaannya salah .
Konfirmasi
a.Masing-masing kelompok memberi evaluasi tentang hasil belajar mengaji dengan bantuanGPAI.
b.GPAI melakukan evaluasi tes berupa tes lisan yang bersifat perorangan pada setiapkelompok
c.GPAI melakukan konsolidasi, sebagai usaha pembetulan pemahaman peserta didik yangkurang pas terhadap kompetensi yang dipelajari
3.Kegiatan Akhir (Penutup)
Memeriksa dan memberi tugas terstruktur dan tugas mandiri untuk minggu yang akan datang.
Pertemuan ke-21.
 Kegiatan Awal
a.Berdoa/membaca Basmallah dilanjutkan tadarrus
b.Melakukan apersepsi.
c.Menyampaikan kompetensi yang akan dikuasai, manfaat kompetensi yang akan dikuasaidalam meningkatkan pemahaman, pengamalan atau kesadaran beragama.
2.Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Eksplorasi
a.Peserta didik dibagi diberikan tugas perorangan untuk mengidentifikasi hukum bacaansesuai dengan ayat yang sedang dibahas.
b.Peserta didik secara perorangan mengartikan perkata yang melihat dari buku rujukan yangtelah ada dengan hasil tulisan Al-Qur’an Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, danSurah Sād: 27yang telah dikerjakan di rumah.
Elaborasi
a.Setelah mengidentifikasi hukum tajwid, siswa melakukan tanya jawab dengan siswa lainmengenai hukum bacaan tajwid
b.Siswa bersama-sama membaca Al-Qur’an,kemudian membaca arti perkata
 Konfirmasi
GPAI melakukan konfirmasi mengenai hukum bacaan dan arti perkata ayat, sebagai usahapembetulan pemahaman peserta didik yang kurang pas terhadap kompetensi yang dipelajari.
 3.Kegiatan Akhir (Penutup)
Memeriksa dan memberi tugas mandiri tak terstruktur untuk minggu yang akan datang yaituhafalan surat.
Pertemuan ke-31.
 Kegiatan Awal
a.Berdoa/membaca Basmallah dilanjutkan tadarrus
b.Melakukan apersepsi.
c.Menyampaikan kompetensi yang akan dikuasai, manfaat kompetensi yang akan dikuasaidalam meningkatkan pemahaman, pengamalan atau kesadaran beragama.
2.Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Eksplorasi
Peserta didik dibagi 3 kelompok dan GPAI memberi tugas untuk membahas materi sebagaiberikuta.
 Kelompok I tentang identifikasi perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidupb.
 Kelompok II tentang praktik menjaga kelestarian lingkungan hidupc.
 Kelompok III tentang perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup
Elaborasi
Setelah didiskusikan oleh ketiga kelompok masing-masing kelompok mempresentasikan hasildiskusinya ke depan kelas
 Konfirmasi
GPAI melakukan penjelasan, sebagai usaha pembetulan pemahaman peserta didik yangkurang pas terhadap kompetensi yang dipelajari
3.Kegiatan Akhir (Penutup)
Memeriksa dan memberi tugas terstruktur dan tugas mandiri untuk minggu yang akan datang.
D.Sumber dan Media Pembelajaran
a.Al-Qur'an dan terjemahnya
b.LCD
c.Sumber bahan: Buku Pendidikan Agama Islam SMA Kelas XI, Penerbit Erlangga. Buku PAISMK Kelas XI,Penerbit Yudistira
E.Penilaian1.
Prosedur
1.Penilaian poses belajar melalui pengamatan, observasi, tanya jawab, dan tugas.
2.Apersepsi dan motivasi belajar.
3.Penyampaian tugas mengerjakan soal-soal latihan Bab 7 dan ulangan harian.
2.Alat penilaian: lembar pengamatan dan soal-soal pilihan ganda dan esay.
                                                                                                   Jakarta,
Mengetahui, Kepala SMA                                                      Guru mata pelajaran
(..........................................)                                                           (....................................)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman