1.MENYEMBAH
DAN MOHON PERTOLONGAN
إِيَّاكَ نَعْبُدُ
وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ (5)
5. hanya Engkaulah yang Kami sembah[6], dan hanya
kepada Engkaulah Kami meminta pertolongan[7].al-fatihah
[6] Na'budu diambil dari kata 'ibaadat: kepatuhan dan
ketundukkan yang ditimbulkan oleh perasaan terhadap kebesaran Allah, sebagai
Tuhan yang disembah, karena berkeyakinan bahwa Allah mempunyai kekuasaan yang
mutlak terhadapnya.
[7] Nasta'iin (minta pertolongan), terambil dari kata
isti'aanah: mengharapkan bantuan untuk dapat menyelesaikan suatu pekerjaan yang
tidak sanggup dikerjakan dengan tenaga sendiri.
قوله عز وجل : { إِيَاكَ
نَعْبُدُ وإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ }
قوله : { إِيَّاكَ } هو
كناية عن اسم الله تعالى ، وفيه قولان :
أحدهما : أن اسم الله
تعالى مضاف إلى الكاف ، وهذا قول الخليل .
والثاني : أنها كلمة
واحدة كُنِّيَ بها عن اسم الله تعالى ، وليس فيها إضافة لأن المضمر لا يضاف ، وهذا
قول الأخفش .
وقوله : { نَعْبُدُ } فيه
ثلاثة تأويلات :
أحدها : أن العبادة
الخضوع ، ولا يستحقها إلا الله تعالى ، لأنها أعلى مراتب الخضوع ، فلا يستحقها إلا
المنعم بأعظم النعم ، كالحياة والعقل والسمع والبصر .
والثاني : أن العبادة
الطاعة .
والثالث : أنها التقرب
بالطاعة .
والأول أظهرها ، لأن
النصارى عبدت عيسى عليه السلام ، ولم تطعه بالعبادة ، والنبي صلى الله عليه وسلم
مطاع ، وليس بمعبودٍ بالطاعة .al-mawardy.1/6
إِيَّاكَ نَعْبُدُ
وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ (5)
شرح الكلمات :
{ إياك } : ضمير نصب يخاطب
به الواحد
.
{ نعبد } : نطيع ما غاية
الذل لك والتعظيم والحب
{ نستعين } : نطلب عونك لنا
على طاعتك
معنى الآية :
علَّمنا الله تعالى كيف
نتوسل إليه فى قبولدعائنا فقال احمدا الله واثنوا عليه ومجدوه ، والتزموا له بأن
تعبدوه وحده ولا تشركوا به وتستعينوه ولا تستعينوا بغيره .
هداية الآية :
من هداية هذه الآية ما
يلي :
1- آداب الدعاء حيث يقدم
السائل بين يدى دعائه حمد الله والثناء عليه وتمجيده . وزادت السنة الصلاة على
النبىّ [ صلى الله عليه وسلم ] ، ثم يسأل حاجته فإنه يستجاب له .
2- أن لا يعبد غير ربه . وأن
لا يستعينه إلاّ هو سبحانه وتعالى
.aisarut tafasir.1/4
إِيَّاكَ نَعْبُدُ
وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ (5)
إلى الله عز وجل. وهذا
المعنى في غير آية من القرآن، كما قال تعالى: { فَاعْبُدْهُ وَتَوَكَّلْ عَلَيْهِ
وَمَا رَبُّكَ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُونَ } [هود: 123] { قُلْ هُوَ الرَّحْمَنُ
آمَنَّا بِهِ وَعَلَيْهِ تَوَكَّلْنَا } [الملك: 29] { رَبَّ الْمَشْرِقِ
وَالْمَغْرِبِ لا إِلَهَ إِلا هُوَ فَاتَّخِذْهُ وَكِيلا } [المزمل: 9]، وكذلك هذه
الآية الكريمة: { إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ } .
وتحول الكلام من الغيبة
إلى المواجهة بكاف الخطاب، وهو مناسبة (1) ، لأنه لما أثنى على الله فكأنه اقترب
وحضر بين يدي الله تعالى؛ فلهذا قال: { إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
} وفي هذا دليل على أن أول السورة خبر من الله تعالى بالثناء على نفسه الكريمة
بجميل صفاته الحسنى، وإرشاد لعباده بأن يثنوا عليه بذلك؛ ولهذا لا تصح صلاة من لم
يقل ذلك، وهو قادر عليه، كما جاء في الصحيحين، عن عبادة بن الصامت أن رسول الله
صلى الله عليه وسلم قال: "لا صلاة لمن لم يقرأ بفاتحة الكتاب" (2) . وفي
صحيح مسلم، من حديث العلاء بن عبد الرحمن، مولى الحُرَقَة، عن أبيه، عن أبي هريرة،
عن رسول الله صلى الله عليه وسلم: "يقول الله تعالى: قسمت الصلاة بيني وبين
عبدي نصفين، فنصفها لي ونصفها لعبدي، ولعبدي ما سأل، إذا قال العبد: { الْحَمْدُ
لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ } [الفاتحة: 2] قال: حمدني عبدي، وإذا قال: { الرحمن
الرحيم } [الفاتحة: 3] قال: أثنى علي عبدي، فإذا قال: { مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ }
[الفاتحة: 4] قال الله: مجدني عبدي، وإذا قال: { إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ
نَسْتَعِينُ } [الفاتحة: 5] قال: هذا بيني وبين عبدي ولعبدي ما سأل، فإذا قال: {
اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ * صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ
غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلا الضَّالِّينَ } [الفاتحة: 6، 7] قال: هذا
لعبدي ولعبدي ما سأل" (3) .وقال الضحاك، عن ابن عباس: { إياك نعبد } يعني:
إياك نوحد ونخاف ونرجو يا ربنا لا غيرك { وإياك نستعين } على طاعتك وعلى أمورنا
كلها.
وقال قتادة: { إِيَّاكَ
نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ } يأمركم أن تخلصوا له العبادة وأن تستعينوه على
أمركم.
وإنما قدم: { إياك نعبد }
على { وإياك نستعين } لأن العبادة له هي المقصودة، والاستعانة وسيلة إليها،
والاهتمام والحزم هو أن يقدم (4) ما هو الأهم فالأهم، والله أعلم.
فإن قيل: فما معنى النون
في قوله: { إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ } فإن كانت للجمع فالداعي
واحد، وإن كانت للتعظيم فلا تناسب هذا المقام؟ وقد أجيب: بأن المراد من ذلك
الإخبار عن جنس العباد والمصلي فرد منهم، ولا سيما إن كان في جماعة أو إمامهم،
فأخبر عن نفسه وعن إخوانه (5) المؤمنين بالعبادة التي خلقوا لأجلها (6) ، وتوسط
لهم بخير، ومنهم من قال: يجوز أن تكون للتعظيم، كأن العبد قيل له: إذا كنت في
العبادة فأنت شريف وجاهك عريض فقل: { إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ }
، وإذا كنت خارج العبادة فلا تقل: نحن ولا فعلنا، ولو كنت في مائة ألف أو ألف ألف
لافتقار الجميع إلى الله عز وجل. ومنهم من قال: ألطف في التواضع من إياك أعبد، لما
في الثاني من تعظيمه نفسه
__________
(1) في طـ، ب: "وقال".
(2) في طـ، أ، و:
"مجازيهم".
(3) في طـ، ب، أ، و:
"ومعاقبهم".
(4) تفسير الطبري (1/303).
(5) في جـ، ط، ب: "ناس".
(6) زيادة من ب، و.ibnu katsir.1/135
Keutamaan Surat Al-Fatihah
1. Rasulullah SAW. bersabda: “Ketika Allah Azza wa Jalla hendak menurunkan
surat Al-Fatihah, ayat Kursi, Ali-Imran 18, 26-27, surat dan ayat itu
bergelantung di Arasy dan tidak ada hijab dengan Allah. Surat dan ayat itu
berkata: Ya Rabbi, Kau akan turunkan kami ke alam dosa dan pada orang yang
bermaksiat kepada-Mu, sementara kami bergelantung dengan kesucian-Mu. Allah
SWT. berfirman: “Tidak ada seorang pun hamba yang membaca kalian setiap sesudah
shalat kecuali Aku karuniakan padanya lingkaran kesucian di tempat ia berada,
dan Aku memandangnya dengan mata-Ku yang tersembunyi setiap hari tujuh puluh
kali pandangan. Jika tidak, Aku tunaikan baginya setiap hari tujuh puluh hajat
yang disertai pengampunan. Jika tidak, Aku melindungi dan menolong-nya dari
semua musuhnya. Dan tidak ada yang mengha-langinya untuk masuk ke surga kecuali
kematian.” (Tafsir Majmaul Bayan 1/426)
2. Rasulullah SAW. bersabda bahwa Allah SWT. berfirman: “Aku membagi surat
Al-Fatihah antara Aku dan hamba-Ku, separuh untuk-Ku dan separuh lagi untuk
hamba-Ku.
Bagi hamba-Ku ketika ia bermohon dan membaca: Bismillahir Rahmanir Rahim, Allah Azza wa Jalla menyatakan: “Hamba-Ku telah memulai dengan nama-Ku, maka berhaklah Aku untuk menyempurnakan urusannya dan memberikan keberkahan dari sisi-Ku untuk seluruh keadaannya.”
Ketika hamba-Ku membaca: Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin, Allah Jalla jalaluh menyatakan: “Hamba-Ku telah memuji-Ku, mengakui bahwa semua nikmat yang dimilikinya berasal dari sisi-Ku, dan semua bala’ Aku yang menyingkirkan sehingga ia merasakan itu sebagai karunia. Maka, hendaknya kalian saksikan, Aku akan menjamunya dengan kenikmatan akhirat lebih dari kenikmatan dunia yang telah Kuberikan, dan menyingkirkan bala’ akhirat sebagaimana Aku telah menyingkirkan bala’ dunia.”
Ketika hamba-Ku membaca: Ar-Ramânir Rahîm, Allah Jalla jalaluh menyatakan: “Hamba-Ku telah bersaksi bahwa Aku Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Kalian saksikan, Aku akan melimpahkan rahmat-Ku padanya dan mencurahkan karunia-Ku padanya.”
Ketika hamba-Ku membaca: Maliki yawmiddîn, Allah SWT. menyatakan: Kalian saksikan, sebagaimana ia telah mengakui Aku sebagai Raja pada hari kiamat, Aku akan memberikan kemudahan baginya yaitu amalnya tidak dihisab, dan Aku akan mengampuni semua kesalahannya.”
Ketika hamba-Ku membaca: Iyyâka na’budu wa iyyâka nasta’in, Allah Azza wa Jalla menyatakan: “Dia hanya memohon pertolongan kepada-Ku dan hanya bersandar kepada-Ku. Kalian saksikan, Aku akan menolongnya dalam segala urusannya, Aku akan melindungi-Nya dalam segala deritanya, dan Aku akan memegang tangannya saat ia membutuhkan pertolongan.”
Ketika hamba-Ku membaca: Ihdinash shirâthal mustaqîm … (sampai akhir surat), Allah Jalla jalaluh menyatakan: Hamba-Ku telah bermohon pada-Ku, Aku pasti mengijabah permohonan hamba-Ku, memberikan apa yang diinginkan, dan menyelamatkannya dari apa yang ditakutkan.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 1/5)
Bagi hamba-Ku ketika ia bermohon dan membaca: Bismillahir Rahmanir Rahim, Allah Azza wa Jalla menyatakan: “Hamba-Ku telah memulai dengan nama-Ku, maka berhaklah Aku untuk menyempurnakan urusannya dan memberikan keberkahan dari sisi-Ku untuk seluruh keadaannya.”
Ketika hamba-Ku membaca: Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin, Allah Jalla jalaluh menyatakan: “Hamba-Ku telah memuji-Ku, mengakui bahwa semua nikmat yang dimilikinya berasal dari sisi-Ku, dan semua bala’ Aku yang menyingkirkan sehingga ia merasakan itu sebagai karunia. Maka, hendaknya kalian saksikan, Aku akan menjamunya dengan kenikmatan akhirat lebih dari kenikmatan dunia yang telah Kuberikan, dan menyingkirkan bala’ akhirat sebagaimana Aku telah menyingkirkan bala’ dunia.”
Ketika hamba-Ku membaca: Ar-Ramânir Rahîm, Allah Jalla jalaluh menyatakan: “Hamba-Ku telah bersaksi bahwa Aku Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Kalian saksikan, Aku akan melimpahkan rahmat-Ku padanya dan mencurahkan karunia-Ku padanya.”
Ketika hamba-Ku membaca: Maliki yawmiddîn, Allah SWT. menyatakan: Kalian saksikan, sebagaimana ia telah mengakui Aku sebagai Raja pada hari kiamat, Aku akan memberikan kemudahan baginya yaitu amalnya tidak dihisab, dan Aku akan mengampuni semua kesalahannya.”
Ketika hamba-Ku membaca: Iyyâka na’budu wa iyyâka nasta’in, Allah Azza wa Jalla menyatakan: “Dia hanya memohon pertolongan kepada-Ku dan hanya bersandar kepada-Ku. Kalian saksikan, Aku akan menolongnya dalam segala urusannya, Aku akan melindungi-Nya dalam segala deritanya, dan Aku akan memegang tangannya saat ia membutuhkan pertolongan.”
Ketika hamba-Ku membaca: Ihdinash shirâthal mustaqîm … (sampai akhir surat), Allah Jalla jalaluh menyatakan: Hamba-Ku telah bermohon pada-Ku, Aku pasti mengijabah permohonan hamba-Ku, memberikan apa yang diinginkan, dan menyelamatkannya dari apa yang ditakutkan.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 1/5)
3. Rasulullah SAW. bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Fatihah,
Allah mengkaruniakan kepadanya pahala sama dengan pahala membaca suluruh ayat
yang diturunkan dari langit.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 1/4)
4. Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berakata: “Iblis menangis dan menjerit dalam
empat hal: ketika ia dilaknat, ketika ia diturunkan ke bumi, ketika Muhammad
diangkat men-jadi Rasul, dan ketika surat Al-Fatihah diturunkan.” (Tafsir Nur
Ats-Tsaqalayn 1/4)
Wassalam
By Abi Naufal
(2012)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar