Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
( R P P )
Nama Sekolah : SMA JOSUA
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas/Semester : XII / 1
Waktu : 6 x 45 menit
Aspek : Al-Qur’an
A. Standar Kompetensi
1. Memahami ayat-ayat al-Qur’an
tentang anjuran bertoleransi.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Membaca QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS Al-Kahfi: 29
1.2 Menjelaskan arti QS Al-Kafiruun,
QS Yunus: 40-41, dan QS Al-Kahfi: 29
1.3 Membiasakan perilaku
bertoleransi seperti terkandung dalam QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS
Al-Kahfi: 29
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Mampu membaca QS Al kafirun, QS Yunus : 40-41 dan
QS Al Kahfi : 29 dengan baik dan benar
Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al kafirun, QS
Yunus, 40-41, dan QS Al Kahfi : 29 dengan benar
Mampu mengartikan masing-masing kata yang
terdapat dalam QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29.
Mampu mengartikan ayat QS Al Kafirun, QS Yunus,
40-41, dan QS Al Kahfi : 29.
Mampu menterjemahkan QS Al Kafirun, QS Yunus :
40-41 dan QS Al Kahfi : 29.
Mampu mengidentifikasi perilaku bertoleransi
sesuai dengan QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29.
Mampu mempraktikkan perilaku bertoleransi sesuai
dengan QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29.
Mampu menunjukkan perilaku bertoleransi sesuai
dengan QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29.
Mampu mengidentifikasi
perilaku bertoleransi
Mampu mempraktikkan
perilaku yang menunjukkan bertoleransi.
Mampu menunjukkan perilaku yang menunjukkan
bertoleransi.
|
Religius, jujur, santun, disiplin,
tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman,
patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban,
kerja keras, dan adil.
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
Patuh dalam
melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
Toleran terhadap
pelaksanaan ibadah agama lain
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
Berorientasi pada
tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko
(suka tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa
depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Materi Ajar (Materi Pokok)
QS Al-Kafirun
QS Yunus; 40-41
QS Al-Kahfi; 29
E. Metode Pembelajaran:
Ceramah , tanya
jawab dan Praktek
F. Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
Mampu membaca QS
Al kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29 dengan baik dan benar
Mampu
mengidentifikasi tajwid Q.S. Al kafirun, QS Yunus, 40-41, dan QS Al Kahfi : 29
dengan benar
Mampu mengartikan
masing-masing kata yang terdapat dalam QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS
Al Kahfi : 29.
Mampu mengartikan
ayat QS Al Kafirun, QS Yunus, 40-41, dan QS Al Kahfi : 29.
Mampu
menterjemahkan QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29.
Mampu
mengidentifikasi perilaku bertoleransi sesuai dengan QS Al Kafirun, QS Yunus :
40-41 dan QS Al Kahfi : 29.
Mampu
mempraktikkan perilaku bertoleransi sesuai dengan QS Al Kafirun, QS Yunus :
40-41 dan QS Al Kahfi : 29.
Mampu menunjukkan
perilaku bertoleransi sesuai dengan QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al
Kahfi : 29.
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Membaca Al-Qur’an surat Al Kafirun, Yunus: 40-41
dan Al Kahfi : 29.
Mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Kafirun, Yunus:
40-41, dan Al Kahfi : 29.
Mendiskusikan terjemah Al-Qur’an surat Al
Kafirun, Yunus: 40-41 dan Al Kahfi: 29.
|
Mengartikan per-kata Al-Qur’an surat Al Kafirun,
Yunus: 40-41 dan Al Kahfi: 29.
Mengartikan per-ayat Al Kafirun, Yunus: 40-41, dan Al Kahfi :
29.
|
Siswa m ampu mempraktikkan perilaku bertoleransi
sesuai dengan QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29.
Siswa mampu menunjukkan perilaku bertoleransi
sesuai dengan QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama
sebelum memulai pelajaran.
- Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
- Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
- Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan
kompetensi dasar yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan
inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi
pembelajaran Memahami ayat-ayat
al-Qur’an tentang anjuran bertoleransi,
- guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
- Pernahkah kalian mendengar tentang toleransi ?
- Pernahkah kalian membaca ayat-ayat al-Qur’an tentang anjuran bertoleransi ?
- Siapakah diantara kalian yang sudah hafal ayat-ayat al-Qur’an tentang
anjuran bertoleransi ?
- Guru menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca QS Al Kafirun, QS
Yunus, 40-41, dan QS Al Kahfi : 29, untuk memimpin teman-temannya membaca
bersama-sama di bawah bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.
- Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa
siswa untuk membaca QS Al Kafirun, yaitu sebagai berikut:
- Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa
siswa untuk membaca QS Yunus, 40-41, yaitu sebagai berikut:
-
Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal,
guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca QS Al Kahfi : 29, yaitu sebagai berikut:
- Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum bacaan yang terdapat dalam QS Al Kafirun, QS Yunus, 40-41, dan QS Al Kahfi : 29.
- Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum bacaan yang terdapat dalam QS Al Kafirun, QS Yunus, 40-41, dan QS Al Kahfi : 29.
Eksplorasi
- Selanjutnya siswa membaca arti QS Al Kafirun, QS Yunus, 40-41, dan QS Al
Kahfi : 29 dengan berpedoman kepada Al
Qur’an dan terjemahannya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan dari
guru.
- Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti QS Al
Kafirun, QS Yunus, 40-41, dan QS Al Kahfi : 29
kepada siswa.
-
Setelah mengartikan ayat demi ayat, guru
meminta siswa agar menyalin QS Al Kafirun, QS Yunus, 40-41, dan QS Al Kahfi :
29 berikut artinya dengan benar.
Katakanlah:
"Hai orang-orang yang kafir,
aku
tidak akan menyembah apa yang kamu sembah.
Dan
kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah.
Dan
aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah.
Dan
kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah
Untukmulah
agamamu dan untukkulah agamaku".(Q.S. Al-Kafirun).
Jika
mereka mendustakan kamu, maka katakanlah: "Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu.
Kamu berlepas diri terhadap apa yang aku kerjakan dan aku pun berlepas diri
terhadap apa yang kamu kerjakan".
Dan di
antara mereka ada orang yang mendengarkanmu. Apakah kamu dapat menjadikan
orang-orang tuli itu mendengar walaupun mereka tidak
mengerti.(Q.S.Yunus.40-41.)
“Dan katakanlah: "Kebenaran itu
datangnya dari Tuhanmu; maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia
beriman, dan barang siapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir".
Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang-orang lalim itu neraka, yang
gejolaknya mengepung mereka. Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan
diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka.
Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek”
(Q.S Al-Kahfi.29).
- Setelah selesai menyalin QS Al Kafirun, QS Yunus, 40-41, dan QS Al Kahfi :
29 berikut artinya, guru menjelas hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada ayat
tersebut.
- Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam QS Al
Kafirun, QS Yunus, 40-41, dan QS Al Kahfi : 29.
- Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang proses awal
kejadian manusia sebagaimana yang terkandung dalam isi QS Al Kafirun, QS Yunus,
40-41, dan QS Al Kahfi : 29 secara berkelompok.
- Selanjutnya guru menugaskan kepada siswa untuk berdiskusi tentang hukum
bacaan (tajwid) yang terdapat pada QS Al Kafirun, QS Yunus, 40-41, dan QS Al
Kahfi : 29 secara berkelompok.
- Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.
Konfirmasi
-
Dalam QS Al Kafirun, QS Yunus, 40-41, dan QS Al Kahfi : 29 banyak
mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, yaitu sikap toleransi,
kebebasan dalam mengimani ajaran dan tidak memaksakan ajaran kepada orang lain.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca QS Al Kafirun, QS Yunus, 40-41,
dan QS Al Kahfi : 29 sebagai penutup materi pembelajaran.
- Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi
kandungan QS Al Kafirun, QS Yunus, 40-41, dan QS Al Kahfi : 29.
- Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
- Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa
menjawab salam.
H. Penilaian
Tes perbuatan
(Performance Individu)
Tes tertulis
I. Bahan/Sumber Belajar
Al Quran dan
terjemahan Departemen Agama RI
Buku pelajaran PAI
SMA kelas 3
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
|
.............. , ...............................
Guru Bidang Studi
_________________________
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar