Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama Sekolah : SMA JOSUA
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XII / 1
Waktu : 6 x 45 menit
Aspek : Tarikh dan
Kebudayaan Islam
A. Standar
Kompetensi
6. Memahami perkembangan Islam di Indonesia.
B. Kompetensi Dasar
6.1 Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
6.2 Menampilkan contoh perkembangan Islam di
Indonesia
6.3 Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Mampu menjelaskan masuk dan
berkembangnya Islam di Indonesia
Mampu menguraikan manfaat yang
dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
Mampu menentukan ciri-ciri perkembangan Islam di Indonesia
Mampu menunjukkan contoh-contoh
perkembangan Islam di Indonesia
Mampu mengidentifikasi
hikmah perkembangan Islam di
Indonesia.
Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di Indonesia.
|
Religius, jujur, santun,
disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai
keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak
dan kewajiban, kerja keras, dan adil.
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Materi Ajar
(Materi Pokok)
Perkembangan Islam di Indonesia.
Contoh perkembangan Islam di Indonesia
Hikmah perkembangan Islam di Indonesia.
E. Metode
Pembelajaran:
Ceramah , tanya jawab dan Praktek
F. Tujuan
Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
Mampu menjelaskan masuk dan berkembangnya
Islam di Indonesia
Mampu menguraikan manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan
Islam di Indonesia.
Mampu menentukan ciri-ciri
perkembangan Islam di Indonesia
Mampu menunjukkan contoh-contoh perkembangan Islam di Indonesia
Mampu mengidentifikasi hikmah
perkembangan Islam di Indonesia.
Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di Indonesia.
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Mendiskusikan perkembangan
Islam di Indonesia.
Mendiskusikan contoh
perkembangan Islam di Indonesia.
Mendiskusikan hikmah
perkembangan Islam di Indonesia.
|
Mengidentifikasi contoh-contoh
perkembangan Islam di Indonesia.
Mempresentasikan hasil diskusi
tentang hikmah perkembangan Islam di Indonesia.
Mengidentifikasi perkembangan
Islam di Indonesia
|
Siswa mencari literatur tentang
perkembangan Islam diIndonesia.
Siswa mengambil manfaat dari
sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan
mengucapkan basmalah dan kemudian
berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
- Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
- Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan
diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan
sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi
pembelajaran perkembangan Islam di
Indonesia,
- guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan,
contohnya:
- Pernahkah kalian mendengar perkembangan Islam di
Indonesia?
- Siapakah diantara kalian yang sudah mengerti dan faham
tentang sejarah perkembangan Islam di Indonesia ?.
-
Guru meminta
beberapa siswa untuk menjelaskan pandangannya tentang perkembangan Islam di Indonesia.
Eksplorasi
- Mencari literatur tentang perkembangan Islam diIndonesia.
- Mendiskusikan perkembangan Islam di Indonesia.
- Menunjukkan manfaat
sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
- Mengidentifikasi contoh-contoh perkembangan Islam di
Indonesia.
- Mendiskusikan contoh
perkembangan Islam di Indonesia.
Konfirmasi
-
Dalam materi perkembangan Islam diIndonesia banyak mengandung nilai-nilai sikap dan
perilaku yang utama, yaitu sejarah mengenai keagungan nilai-nilai Islam yang berkembang di Nusantara secara
cepat menunjukan betapa gigihnya mereka menyebarkan agama Allah ini dengan
ataupun tanpa sarana yang memadai, bagaimana dengan kita….? Yang telah hidup
pada jaman modern dengan sarana teknologi canggih, mungkinkah Islam akan
menyebar lebih luas melalui diri kita atau sebaliknya,……!.
c. Kegiatan Akhir
(Penutup)
-
Guru meminta agar para siswa sekali lagi
membaca kesimpulan tentang materi perkembangan Islam diIndonesia sebagai
penutup materi pembelajaran.
- Guru meminta agar para
siswa rajin mempelajari arti dan hikmah tentang perkembangan Islam diIndonesia.
- Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah/doá.
- Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar
kelas dan siswa menjawab salam.
H. Penilaian
Tes perbuatan (Performance Individu)
Tes tertulis
I. Bahan/Sumber
Belajar
Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
Buku pelajaran PAI SMA kelas 3
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP/NIK:
|
|
.............. , ...............................
Guru Bidang Studi
_________________________
NIP/NIK:
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar