Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama Sekolah : SMA JOSUA
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XII / 1
Waktu : 6 x 45 menit
Aspek : Akhlak
A. Standar
Kompetensi
4. Membiasakan
perilaku terpuji.
B. Kompetensi Dasar
4.1 Menjelaskan pengertian adil, ridha, dan amal shaleh
4.2. Menampilkan contoh perilaku adil, ridha, dan
amal shaleh
4.3 Membiasakan perilaku adil,
ridha, dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Mampu menjelaskan pengertian
adil
Mampu menjelaskan pengertian
ridha
Mampu menjelaskan pengertian
amal saleh.
Menampilkan contoh perilaku
adil.
Menampilkan contoh perilaku
ridha.
Menampilkan contoh perilaku
amal saleh.
Menunjukkan perilaku adil.
Menunjukkan perilaku ridha.
Menunjukkan perilaku amal shaleh.
|
Religius, jujur, santun,
disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai
keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak
dan kewajiban, kerja keras, dan adil.
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Materi Ajar
(Materi Pokok)
Adil, Ridha dan amal saleh
E. Metode
Pembelajaran:
Ceramah , tanya jawab dan Praktek
F. Tujuan
Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
Mampu menjelaskan pengertian adil
Mampu menjelaskan pengertian ridha
Mampu menjelaskan pengertian amal saleh.
Menampilkan contoh perilaku adil.
Menampilkan contoh perilaku ridha.
Menampilkan contoh perilaku amal saleh.
Menunjukkan perilaku adil.
Menunjukkan perilaku ridha.
Menunjukkan perilaku amal shaleh.
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Mendiskusikan pengertian adil.
Mendiskusikan pengertian rida.
Mendiskusikan pengertian amal
saleh.
|
Berlatih berperilaku adil.
Berlatih berperilaku rida.
Berlatih berperilaku amal
saleh.
|
Siswa membiasakan perilaku
adil.
Siswa membiasakan perilaku
rida.
Siswa membiasakan perilaku amal
saleh.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan
mengucapkan basmalah dan kemudian
berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
- Secara bersama membaca Al Qurán
selama 5 – 10 menit
- Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan
diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan
sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi
pembelajaran adil, ridha, dan amal shaleh,
- guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan,
contohnya:
- Pernahkah kalian mendengar tentang adil, ridha, dan amal
shaleh ?
- Pernahkah kalian membaca ayat-ayat al-Qur’an tentang
adil, ridha, dan amal shaleh?
- Siapakah diantara kalian yang sudah mengerti dan faham
tentang adil, ridha, dan amal shaleh ?.
-
- Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan
pandangannya tentang adil, ridha, dan amal shaleh.
Eksplorasi
- Mendiskusikan pengertian adil.
- Mendiskusikan pengertian
ridha.
- Mendiskusikan pengertian amal shaleh.
- Mempraktikkan contoh perilaku adil.
- Mempraktikkan contoh perilaku ridha.
- Mempraktikkan contoh perilaku amal shaleh.
- Berlatih berperilaku adil.
- Berlatih berperilaku ridha.
-
Berlatih berperilaku amal shaleh.
Konfirmasi
-
Dalam materi adil, ridha, dan amal shaleh banyak mengandung nilai-nilai sikap dan
perilaku yang utama, yaitu berbuat adillah karena adil mendekatkan diri kepada
takwa, dan ikhlaslah karena kunci kemurnian jiwa terlatak pada keikhlasan hati
c. Kegiatan Akhir
(Penutup)
-
Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca
kesimpulan tentang materi adil, ridha, dan
amal shaleh sebagai penutup materi pembelajaran.
- Guru meminta agar para
siswa rajin mempelajari arti dan hikmah adil, ridha, dan amal shaleh.
- Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah/doá.
- Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar
kelas dan siswa menjawab salam.
H. Penilaian
Tes perbuatan (Performance Individu)
Tes tertulis
I. Bahan/Sumber
Belajar
Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
Buku pelajaran PAI SMA kelas 3
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP/NIK:
|
|
.............. , ...............................
Guru Bidang Studi
_________________________
NIP/NIK:
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar