Senin, 15 September 2014

RPP PAI SMA (X)




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : SMA JOSUA
Kelas/Semester           : X / I
Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam
Topik                           : Berperilaku Terpuji
Pertemuan ke-            : 2

A.        Kompetensi Inti
1.         Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.        Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.         Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.  Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.        Kompetensi Dasar
1.1      Berpegang teguh kepada Al-Quran, Hadits dan Ijtihad sebagai pedoman hidup
2.1      Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits yang terkait
3.1      Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan
4.1.1     Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49) : 10 dengan lancar.

C.        Indikator Pencapaian Kompetensi
  • Mendemonstrasikan hafalan membaca Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dengan lancar
  • Mendefinisikan arti perilaku husnuzhan
  • Mendiskusikan pengertian perilaku husnuzhan kepada Allah, diri sendiri dan sesama manusia
  • Mengidentifikasi perilaku husnuzhan kepada Allah, diri sendiri dan sesama manusia  dalam kehidupan sehari-hari
  • Mendiskusikan hikamah berperilaku husnuzhan kepada Allah, diri sendiri dan sesama manusia.
  • Mendiskusikan contoh perilaku husnuzhan kepada Allah, diri sendiri dan sesama manusia dalam kehidupan sehari-hari
  • Mendiskusikan cara pembiasaan perilaku husnuzhan  dalam kehidupan sehari-hari
D.        Tujuan Pembelajaran
Melalui diskusi, mengamati dan membaca referensi siswa dapat:
·                           Menunjukkan sikap berperilaku husnuzhan kepada Allah, diri sendiri dan sesama manusia

E.         Materi Ajar
A. Pengertian perilaku husnuzzan
1.       Husnuzzan kepada Allah
a.    Pengertian husnuzzan kepada Allah
b.    Contoh-contoh perilaku husnuzzan kepada Allah SWT.
1.    Syukur
2.    Sabar
c.    Cara mewujudkan Husnuzzan kepada Allah

2.       Husnuzzan terhadap diri sendiri
a.         Percaya diri
b.        Gigih
1.    Menuntut ilmu
2.    Bekerja mencari rizki yang halal
3.    Berinisiatif
4.    Rela berkorban

3.       Husnuzzan terhadap sesama manusia
a.         Contoh-contoh Perilaku husnuzzan Terhadap Sesama Manusia
b.        Praktik Perilaku husnuzzan Terhadap Sesama Manusia

4.       Sikap terpuji terhadap makhluk hidup selain manusia
a.         Sikap terpuji terhadap tumbuh-tumbuhan
b.        Sikap terpuji terhadap binatang (hewan)
c.         Sikap terpuji Terhadap Lingkungan Alam
d.        Sikap Terpuji terhadap Makhluk Gaib

F.         Alokasi Waktu
3 x 45 menit

G.       Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan       : Saintifik
Strategi                       : Cooperative Jigsaw
Metode                         : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan

H.       Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
  • Memberikan salam
  • Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
  • Menanyakan kehadiran siswa
  • Mempersilakan salah satu siswa memimpin do’a
  • Tanya jawab materi sebelumnya mengenai Iman kepada Allah SWT.
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point
10 menit
Inti
  • Siswa mendapatkan penjelasan tentang hal yang harus diamati saat menonton film dokumenter.
  • Menayangkan film tentang perilaku husnuzzan
  • Siswa mendapatkan pertanyaan tentang topik dari film yang ditayangkan.
  • Siswa mendapatkan penjelasan tentang proses pelaksanaan teknik Jigsaw
  • Siswa dibagi ke dalam 4 kelompok yang beranggotakan 6 orang (kelompok awal)
  • Setiap kelompok mendapatkan tugas:
1.       Husnuzzan kepada Allah
2.       Husnuzzan terhadap diri sendiri
3.       Husnuzzan terhadap sesama manusia
4.       Sikap terpuji terhadap makhluk hidup selain manusia
  • Masing-masing siswa yang memiliki wacana/tugas yangsama berkumpul dalam satu kelompok (Kelompok ahli)
  • Setiap siswa mencatat hasil diskusi dan kembali ke kelompok awal
  • Dalam kelompok awal dilaporkan hasil diskusi kelompok ahli dan semua anggota kelompok mencatat hasil kelompok ahli
  • Laporan hasil kerja kelompok dengan cara guru menunjuk secara acak untuk melaporkan hasil diskusi kelompok, sampai semua masalah selesai dibahas
  • Siswa yang lain menanggapi
60 menit
Penutup
  • Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan tentang Berperilaku husnuzzan
1.       Husnuzzan kepada Allah
2.       Husnuzzan terhadap diri sendiri
3.       Husnuzzan terhadap sesama manusia
4.       Sikap terpuji terhadap makhluk hidup selain manusia
  • Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
  • Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
  • Siswa membuat tugas tentang manfaat berperilaku husnuzzan dan sebaliknya jika berperilaku suuzhan kepada Allah, diri sendiri, sesama manusia dan sikap terpuji terhadap makhluk hidup selain manusia dalam bentuk makalah (tugas kelompok dikumpulkan 2 minggu yang akan datang)
  • Mengucapkan salam
20 menit

I.          Penilaian Hasil Belajar
a.    Tes
1.          Uraian (terlampir)
2.          Pilihan Ganda (terlampir)
b.    Non Tes
1.         Lembar pengamatan kerja kelompok (terlampir)
2.         Lembar pengamatan presentasi (terlampir)
3.   Membuat makalah tentang manfaat berperilaku husnuzzan dan sebaliknya jika berperilaku suuzhan kepada Allah, diri sendiri, sesama manusia dan sikap terpuji terhadap makhluk hidup selain manusia (kriteria penilaian terlampir)
Format penulisan makalah:
BAB I                                Pendahuluan
BAB II                               Isi
BAB III                              Penutup
a.        Kesimpulan
b.        Saran
Daftar Rujukan
Catatan:
Makalah diketik dengan menggunakan huruf Arial, 12, spasi 1,5, print-out kertas A4, maksimal 15 lembar.

J.          Sumber Belajar :
·                        Buku sumber Sejarah SMA X
1.      Al-Quran dan Terjemahnya oleh Kementerian Agama RI
2.      Modul Pendidikan Agama Islam untuk Siswa SMA Kelas X Smstr 1 oleh Syamsuri , diterbitkan oleh ……………….
3.      Sumber lain yang relevanWhite board/papan flanel
·                        Power point
·                         LCD
·                        Internet
Mengetahui,                                                                           Jakarta,
Kepala Sekolah,                                                                                   Guru Mapel,

(........................................)                                                                     (............................................)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman