Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama Sekolah : SMA JOSUA
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XII / 1
Waktu : 6 x 45 menit
Aspek : Al-Qur’an
A. Standar
Kompetensi
2. memahami
ayat-ayat al-Qur’an tentang etos kerja..
B. Kompetensi Dasar
2.1 Membaca QS Al-Mujadalah: 11 dan QS Al-Jumuah: 9-10
2.2 Menjelaskan
arti QS Al-Mujadalah: 11 dan QS Al-Jumuah: 9-10
2.3 Membiasakan
beretos kerja seperti terkandung dalam QS Al-Mujadalah: 11, dan QS Al-Jumuah: 9-10
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Mampu membaca QS Al Mujadalah:
11 dan QS Al Jumuah : 9-10 dengan baik dan benar
Mampu mengidentifikasi tajwid
QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
Mampu mengartikan masing-masing
kata yang terdapat dalam QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
Mampu mengartikan ayat QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah :
9-10.
Mampu menterjemahkan QS Al
Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10
Mampu mengidentifikasi perilaku
etos kerja sesuai dengan QS Al
Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
Mampu mempraktikkan perilaku
etos kerja seperti yang terkandung dalam
QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
Mampu menunjukkan perilaku etos kerja sesuai dengan QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10
|
Religius, jujur, santun,
disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai
keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak
dan kewajiban, kerja keras, dan adil.
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Materi Ajar
(Materi Pokok)
Q.S. Al-Mujadalah : 11
Q.S. Al-Jumuah : 9-10
E. Metode
Pembelajaran:
Ceramah , tanya jawab dan Praktek
F. Tujuan
Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
Mampu membaca QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al
Jumuah : 9-10 dengan baik dan benar
Mampu mengidentifikasi tajwid QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah :
9-10.
Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam QS Al
Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
Mampu mengartikan ayat QS Al
Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
Mampu menterjemahkan QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10
Mampu mengidentifikasi perilaku etos kerja sesuai dengan QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
Mampu mempraktikkan perilaku etos kerja seperti yang terkandung dalam QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
Mampu menunjukkan perilaku etos kerja sesuai dengan QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Membaca Al-Qur’an surat Al
Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
Mengidentifikasi tajwid
Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
Mengidentifikasi perilaku etos kerja sesuai dengan Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al
Jumuah: 9-10.
|
Mengartikan perkata Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah
: 9-10.
Mengartikan per-ayat Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al
Jumuah : 9-10.
Mendiskusikan terjemah Al-Qur’an surat Al Mujadalah :11 dan Al Jumuah
: 9-10
|
Siswa membiasakan perilaku etos kerja seperti
yang terkandung dalam Al-Qur’an surat
Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
Menunjukkan perilaku etos kerja sesuai dengan Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al
Jumuah: 9-10
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan
mengucapkan basmalah dan kemudian
berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
- Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
- Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan
diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan
sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi
pembelajaran memahami ayat-ayat
al-Qur’an tentang etos kerja,
- guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan,
contohnya:
- Pernahkah kalian mendengar tentang etos kerja ?
- Pernahkah kalian membaca ayat-ayat al-Qur’an tentang
anjuran giat bekerja dan tidak bermalas-malasan ?
- Siapakah diantara kalian yang sudah hafal ayat-ayat al-Qur’an
tentang anjuran untuk semangat bekerja ?
- Guru menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca QS
Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10, untuk memimpin teman-temannya membaca
bersama-sama di bawah bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.
- Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru
menunjuk beberapa siswa untuk membaca QS Al Mujadilah
:11, yaitu sebagai berikut.
Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu:
"Berlapang-lapanglah dalam majelis", maka lapangkanlah, niscaya Allah
akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah
kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang
beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa
derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
|
|
-
Setelah para siswa
selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca QS Al Jumuah : 9-10, yaitu sebagai
berikut.
Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk
menunaikan sembahyang pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada
mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik
bagimu jika kamu mengetahui.
|
|
Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah
kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak
supaya kamu beruntung.
|
-
Guru meminta
beberapa siswa untuk menjelaskan hukum bacaan yang terdapat dalam QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
Eksplorasi
-
Selanjutnya siswa membaca arti QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10 dengan berpedoman kepada Al Qur’an dan
terjemahannya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan dari guru.
-
Selanjutnya, guru mengajukan beberapa
pertanyaan tentang arti QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10 kepada siswa.
- Setelah mengartikan ayat demi ayat, guru meminta siswa
agar menyalin QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10 berikut artinya dengan benar.
- Setelah selesai menyalin QS Al Mujadalah :11 dan QS Al
Jumuah : 9-10 berikut artinya, guru
menjelas hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada ayat tersebut.
- Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung
dalam QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
- Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang
proses awal kejadian manusia sebagaimana yang terkandung dalam isi QS Al
Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10
secara berkelompok.
- Selanjutnya guru menugaskan kepada siswa untuk berdiskusi
tentang hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10 secara
berkelompok.
- Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.
Konfirmasi
-
Dalam QS Al Mujadalah :11 dan QS Al
Jumuah : 9-10 banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang
utama, tentang semangat kerja karena Muslim dituntut menjadi kaya, karena
perjuangan menegakkan agama Islam masih panjang dan perlu pendanaan yang banyak
oleh sebab itu berjuanglah terus untuk menjadi kaya. Kaya karena Allah dan
Islam. Dan janganlah menjadi pemalas.
c. Kegiatan Akhir
(Penutup)
- Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca QS Al
Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10 sebagai penutup materi pembelajaran.
- Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan
hikmah isi kandungan QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
- Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah/doá.
- Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar
kelas dan siswa menjawab salam.
H. Penilaian
Tes perbuatan (Performance Individu)
Tes tertulis
I. Bahan/Sumber
Belajar
Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
Buku pelajaran PAI SMA kelas 3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar