Selasa, 08 Desember 2015

PENGHABUS PAHALA





AWAS PERUSAK PAHALA AMAL SHALIH ?

ولقد أوحي إليك وإلى الذين من قبلك لئن أشركت ليحبطن عملك ولتكونن من الخاسرين
"Dan Sesungguhnya Telah diwahyukan Kepadamu Dan Kepada (nabi-nabi) Yang sebelummu: 'Jika kamu mempersekutukan (Allah), niscaya akan hapuslah amalmu Dan tentulah kamu termasuk orang-orangutan Yang merugi." (Az Zumar: 65)
ستة أشياء تحبط الأعمال: الاشتغال بعيوب الخلق, وقسوة القلب, وحب الدنيا, وقلة الحياء, وطول الأمل, وظالم لا ينتهي (رواه عدي بن حاتم الطائي, نقله الألباني في السلسلة الضعيفة وحكم عنه بأنه: موضوع)
"Ada 6 perkara Yang Bisa Amalan menggugurkan; sibuk Mencari aib Manusia, kerasnya hati, Cinta Dunia, sedikit malu, Panjang angan-angan, Dan kezaliman Yang tiada habisnya ... "(AL-Hadits)
Muqaddimah
Rasulullah saw Muhammad SAW bersabda: “Terdapat enam perkara yang bisa melebur amal kebaikan yaitu: sibuk mencari keburukan/aib orang lain, keras hati, terlalu cinta dunia, sedikit rasa malu panjang lamunan/khayalan, dan kedhaliman yang tidak pernah berhenti”. Dalam hadis tersebut Rosullullah SAW, telam memperingatkan kita sebagai umatnya agar kita jangan sampai terjerumus kepada yang enam.
عن أبي موسى قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم المؤمن للمؤمن كالبنيان يشد بعضه بعضا
Dari Abu Musa dia Berkata; Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda: ". Orang mukmin Yang Satu DENGAN mukmin yang lain Bagaikan Satu Bangunan, Satu DENGAN Yang lainnya saling mengokohkan" (. Muslim HR)
Rasulullah bersabda JUGA:
مثل المؤمن في توادهم وتراحمهم وتعاطفهم مثل الجسد إذ اشتكى منه عضو تداعى له سائر الجسد بالسهر والحمى
"Perumpamaan kaum mukmin hearts kasih sayang Dan belas kasih Serta cinta adalah seperti Satu Tubuh. Jika Satu Bagian ANGGOTA Tubuh sakit Maka akan merasa sakit Seluruh Tubuh DENGAN TIDAK Bisa Tidur Dan merasa Demam. "(HR. Bukhari Dan Muslim)
Sibuk mencari keburukan/aib orang lain, Rasullullah saw melarang kepada kita untuk mencari-cari keburukan orang lain, karena hal itu secara tidak langsung telah membuka sesuatu yang seharusnya ditutupi, kecuali kalau memang tujuannya untuk menegakkan keadilan. Dalam Alquran (Qs. 49:11) Alloh SWT menyebutnya dengan “Tajasus”. Rasulullah SAW bersabda: ” Barang siapa menutupi aib seorang muaslim, maka Allah akan menutupi aibnya di hari kiamat.” Dalam hadis lain Rasulullah saw bersabda: “Betapa bahagianya orang yang tersibukkan mencari aib dan kekurangan dirinya jauh dari mencari aib dan kekurangan orang lain.”
Jauhilah Enam Perkara ini !
Pertama, Sibuk DENGAN aib orangutan lain.
Mereka Adalah Manusia Yang TIDAK pandai Menjaga lesannya, Manusia Yang hearts hidupnya disibukkan DENGAN Mencari aib orangutan berbaring, seperti ghibah, namimah (adu domba). Suami merupakan penyakit rohani Yang kelihatannya sepele Dan Kecil, namun dampaknya Bisa menghancurkan Seluruh Rangkaian amal Yang Telah kitd investasikan selama Hidup Ini. Pantaslah jika ADA ibarat "Beruntunglah orangutan Yang disibukkan DENGAN aibnya sehingga Menjaga lesannya daripada Mencari aib orangutan berbaring untuk review menggunjing ATAU mengadu domba ditunjukan kepada sesamanya. Mencari aib orangutan berbaring, tentu mempunyai tujuan Yang Sangat negatif, Ingin menghancurkan nāma Baik Dan sebagainya. Hal inisial Jelas merupakan Perilaku Yang mengikis Habis amal ibadah Seseorang.
Kedua, Kerasnya hati
14 Abad Silam, Islam turun-di Semenanjung Arabia Yang Terkenal DENGAN 'masyarakat Yang Gemar Mabuk, judi Dan zina. Sebagian gede Diantara mereka Punya Karakter hati yang keras. Karenanya Allah Ta'ala mengharamkan khamr DENGAN 3 Proses Tahapan.
Pertama DENGAN firman Allah:
يسألونك عن الخمر والميسر قل فيهما إثم كبير ومنافع للناس وإثمهما أكبر من نفعهما
"Mereka bertanya Kepadamu TENTANG (meminum) khamar Dan judi. . Katakanlah, "PADA keduanya ITU Terdapat dosa gede Dan beberapa Manfaat Bagi Manusia," tetapi dosa keduanya LEBIH gede Dari manfaatnya "(Al-Baqarah: 219)
Ketiga, Cinta Dunia
Mereka Adalah Manusia Yang Terlalu Cinta DENGAN halaman WordPress, Pergi pagi Pulang sakit Yang dituju Hanyalah kemewahan halaman WordPress, popularitas, kedudukan, Jabatan, materi Dan lainnya. Dia lupa DENGAN shalat lima Waktu berjama'ah, lupa DENGAN 2,5% Dari pendapatannya untuk review berzakat Dan bersedekah KARENA Yang Terdapat hearts benak pikirannya Adalah materi Dan Kehidupan halaman WordPress. Zaman sekarang TIDAK sedikit orangutan berlomba-lomba untuk review memperkaya Diri DENGAN kemampuan akal Yang dimilikinya.
Keempat, Manusia Yang Panjang Angan-Angannya
Ali bin Abi Thalib radhiallahu 'Anhu Berkata: "Yang Saya Sangat khuatirkan differences kamu doa macam Yaitu: Panjang angan-angan Dan * Menurut hawa nafsu. KARENA Panjang angan-angan ITU DAPAT melupakan akhirat Dan menurutkan hawa nafsu ITU menghalangi Dari Kebenaran (hak). "
Kelima, Kezaliman Yang Tiada Habisnya
Mereka Adalah Manusia Yang berbuat zalim, baik zalim Kepada Allah ataupun Makhluk-Nya, termasuk dzalim Terhadap Dirinya Sendiri. Allah Ta'ala berfirman:
"Dan (ingatlah JUGA), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu Bersyukur, Pasti Kami akan Menambah (nikmat) Kepadamu, Dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya Azab-Ku Sangat Pedih" (Ibrahim: 7).
Keenam, Manusia Yang Sedikit Rasa Malunya Terhadap Subhanahu Wa Ta'ala Allah
عن أبي مسعود عقبة بن عمرو الأنصاري البدري رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إن مما أدرك الناس من كلام النبوة الأولى, إذا لم تستح فاصنع ما شئت. [رواه البخاري]
Dari Abu Mas'ud Uqbah bin Amr Al Anshary Al Badry radhiallahu 'Anhu dia Berkata: Rasulullah Shallallahu' Alaihi wa Sallam bersabda: "Sesungguhnya Ungkapan Yang Telah dikenal orang-orangutan Dari ucapan Nabi-Nabi terdahulu Adalah: Jika Engkau Tidak Malu berbuatlah sekehendakmu. "(Riwayat Bukhari)
Perkara yang Menghabus Pahala ?
1. syirik Kepada Allah.
TIDAK Less Lagi bahwa syirik akan menghapuskan Seluruh amal shalih, sebagaimana firman-Nya hearts:
ولقد أوحي إليك وإلى الذين من قبلك لئن أشركت ليحبطن عملك ولتكونن من الخاسرين
"Dan Sesungguhnya Telah diwahyukan Kepadamu Dan Kepada (nabi-nabi) Yang sebelummu: 'Jika kamu mempersekutukan (Allah), niscaya akan hapuslah amalmu Dan tentulah kamu termasuk orang-orangutan Yang merugi." (Az Zumar: 65)
2. Riya '

TIDAK Less Lagi bahwa riya 'membatalkan Dan menghapuskan Amalan Seorang hamba. Dalam hadits qudsi SEBUAH, (Allah berfirman):
"Aku pagar kaya, TIDAK butuh tandingan Dan Barangsiapa Beramal Sekutu. Menyekutukan-Ku Kepada yang lain, Maka Aku Tinggalkan amalannya Dan tandingannya." [HR. Muslim (no. 2985)]
3. Menyebut-nyebut Amalan Shalihnya

TIDAK Less Lagi bahwa Menyebut-nyebut Amalan shalih DAPAT menghapuskan amal Seorang hamba. Firman Allah Ta'ala:
يا أيها الذين آمنوا لا تبطلوا صدقاتكم بالمن والأذى كالذي ينفق ماله رئاء الناس ولا يؤمن بالله واليوم الآخر فمثله كمثل صفوان عليه تراب فأصابه وابل فتركه صلدا لا يقدرون على شيء مما كسبوا والله لا يهدي القوم الكافرين
"Hai orang-orangutan Yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu Dengan Menyebut-nyebutnya Dan menyakiti (Perasaan si PENERIMA), seperti orangutan Yang menafkahkan hartanya KARENA riya 'Kepada Manusia dan dia TIDAK beriman Kepada Allah Dan hari kemudian. Maka perumpamaan orangutan seperti ITU Bagaikan Batu Licin Yang di atasnya ADA tanah, kemudian batu ITU ditimpa hujan Lebat, Lalu menjadilah dia bersih desa (TIDAK bertanah) Mereka TIDAK Menguasai Sesuatu pun Dari APA Yang mereka usahakan;. Dan Allah TIDAK Memberi Petunjuk Kepada orang-orangutan Yang kafir. " (Al-Baqarah: 264).
4. Mendahului Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam Dalam Perintahnya

Maksudnya Adalah, janganlah Seorang muslim Amalan melakukan Yang TIDAK diperintahkan Rasulullah shallallahu Diposkan 'alaihi wa sallam, sebab HAL ITU termasuk Perbuatan Lancang Terhadap beliau.
Sebab Syarat diterimanya amal Adalah Yang Sesuai DENGAN petunjuknya, Yaitu ADA contohnya Dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Allah Ta'ala berfirman:
"Hai orang-orangutan Yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah Dan Rasul-Nya, Dan bertaqwalah Kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui." (Al-Hujuraat: 1)

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
"Barangsiapa mengamalkan Suatu Amalan Yang TIDAK ADA Perintah Dari Kami Maka tertolak." [HR. Muslim (no. 1718)]
5. Membenci Sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam
Allah Ta'ala berfirman:
ذلك بأنهم كرهوا ما أنزل الله فأحبط أعمالهم
"Yang demikian Adalah ITU KARENA Sesungguhnya mereka benci Kepada APA Yang diturunkan Allah (Al-Qur'an) Lalu Allah menghapuskan (pahala-pahala) amal-amal mereka." (Muhammad: 9)

Yaitu KARENA mereka Membenci APA Yang Dibawa Diposkan Rasul-Nya Berupa Al-Qur'an Yang isi kandungannya Berupa tauhid Dan hari Kebangkitan, KARENA ITU Alasan Maka Allah menghapuskan amal-amal Kebajikan Yang PERNAH mereka kerjakan.
[Fathul Qadir (5/32)].
6. Akhlak Yang Buruk

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
"Dan Sesungguhnya akhlak Yang buruk merusak amal shalih sebagaimana Cuka Yang merusak madu."
[HR. Ath-Thabrani dalam al-Mu'jam al-Awshath (I / 259 no. 859) dan al-Mu'jam al-Kabir (X / 319 no. 10777). Diposkan Dihasankan Syaikh al-Albani hearts abu-Shahihah no. 907]
Sumber:1.http://alynugroho.blogspot.com
2.https://murtaqicomunity.wordpress.com
3.http://darussalam-online.com
Jakarta 8/1/2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Laman