Selasa, 15 Desember 2015

HIDUP SEHAT




SEHAT ITU MAHAL ?

نعمتان مغبون فيهما كثير من الناس الصحة والفرغ
Banyak Manusia merugi KARENA doa nikmat, Kesehatan dan Waktu luang (HR Bukhari)
الْمِقْدَامَ بْنَ مَعْدِيكَرِبَ رضي الله عنه يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ «مَا مَلأَ آدَمِىٌّ وِعَاءً شَرًّا مِنْ بَطْنٍ حَسْبُ الآدَمِىِّ لُقَيْمَاتٌ يُقِمْنَ صُلْبَهُ فَإِنْ غَلَبَتِ الآدَمِىَّ نَفْسُهُ فَثُلُثٌ لِلطَّعَامِ وَثُلُثٌ لِلشَّرَابِ وَثُلُثٌ لِلنَّفَسِ». ابن ماجه
“Al Miqdam bin Ma’dikarib radhiyallahu ‘anhu berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah seorang manusia mengisi sebuah tempat yang lebih buruk daripada perut, cukuplah bagi seorang manusia beberapa suapan yang menegakkan punggungngya, dan jika hawa nafsunya mengalahkan manusia, maka 1/3 untuk makan dan 1/3 untuk minum dan 1/3 untuk bernafas.” HR. Ibnu Majah dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam kitab Silsilat Al Ahadits Ash Shahihah, no. 2265.

Muqaddimah
“Sesungguhnya telah ada dalam diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (al-Ahzab [33]: 21).
Banyak yang mengatakan sehat itu mahal, padahal justru sehat itu murah, sakit lah yang mahal! Penting bagi kita untuk melakukan tindakan pencegahan sebelum sakit. Salah satunya adalah dengan mencontoh apa-apa yang dilakukan oleh Rasulullah.
“Dua nikmat yang sering kali manusia tertipu oleh keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang”. (HR. Bukhari no. 6412).
Ketika Kaisar romawi mengirimkan bantuan dokter ke Madinah, ternyata selama setahun dokter tersebut kesulitan menemukan orang yang sakit. Dokter tersebut bertanya kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam tentang rahasia kaum muslimin yang sangat jarang mengalami sakit.
Apa sajakah tips kesehatan Rasulullah?
1.Rasulullah SAW cepat tidur dan cepat bangun
Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam tidak menganjurkan umatnya untuk begadang. Hal itu yang melatari beliau tidak menyukai berbincang-bincang dan makan sesudah waktu isya.
Jika sudah waktunya tidur, maka Rasulullah SAW akan cepat tidur. Tidur yang tepat di malam hari kira-kira adalah seusai istirahat setelah shalat Isya, kurang lebih pukul 21.30. Kemudian kira-kira pukul 03.00 sudah bangun di pertiga malam untuk shalat malam.
Dengan demikian waktu yang digunakan untuk tidur adalah kurang dari delapan jam. Dalam konteks ini, penggunaan waktu 24 jam dalam satu hari satu malam, adalah sepertiga untuk bekerja, sepertiga untuk beribadah kepada Allah, dan sepertiga lagi adalah untuk tidur yang cukup. Tentu saja, perbandingan ini tidaklah kaku, melainkan dalam pengertian dalam keseimbangan.
2. Rasulullah sering berpuasa
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa… Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”
Puasa luar biasa ajaib karena dapat menyembuhkan ratusan jenis penyakit lainnya seperti:
- Tekanan darah tinggi
- Penyakit diabetes
- Penyakit asma dan saluran pernapasan
- Penyakit jantung dan pengerasan arteri
- Puasa menyembuhkan penyakit hati tanpa efek samping
- Menyembuhkan penyakit kulit khususnya alergi dan al-okzma kronis
- Puasa mencegah penyakit paru-paru
- Mencegah penyakit kanker
- Puasa dianggap sejata paling ampuh dalam dunia kedokteran
3. Tidak pemarah
Nasihat Rasulullah:”Jangan marah”, diulangi tiga kali. Ini menunjukkan hakikat kekuatan seseorang bukanlah terletak pada jasad, tetapi pada kebersihan jiwa. Tidak mudah marah juga terbukti menyehatkan tubuh.
4. Jaga kebersihan
Rasulullah SAW senantiasa tampak bersih dan rapi. Setiap kamis atau jumat, beliau mencukur rambut halus di pipi, memotong kuku, bersiwak, serta memakai minyak wangi . Rosul juga sangat menjaga kebersihan mulut dan gigi melalui sunah Beliau bersiwaq sampai sekarang dianut oleh umatnya.
5. Menjaga Pola Makan
6. Berolahraga
Rasulullah pun melakukan berbagai jenis olahraga yang menunjukkan bahwa tubuh beliau tidak hanya sehat tetapi juga kuat. Beliau pernah berlomba lari, bertanding gulat, juga memanah.
Rasulullah bersabda : “Ketahuilah bahwa yang dimaksud kekuatan itu adalah memanah, beliau mengucapkannya tiga kali.” (HR. Muslim). Di dalam hadits lain juga dijelaskan : “Kamu harus belajar memanah, karena memanah itu termasuk sebaik-baik permainanmu.” (HR. Bazzar dan Thabrani).
7. Bersosialisasi
Sebuah studi di Harvard School of Public Health menemukan bahwa pria berusia 70-an tahun yang memiliki hubungan sosial yang baik memiliki kemungkinan lebih kecil mengalami kerusakan atau penyakit jantung.
Kita semua mengetahui bahwa Rasulullah memiliki banyak sahabat dan senantiasa menjaga silaturahim dengan karib kerabat serta bertetangga dengan baik, bersosialisasi juga merupakan salah satu tips menjaga kesehatan ala Rasulullah yang patut kita tiru.
Tips Hidup Sehat ?
Berikut inisial hd Hidup Sehat untuk review mencegah Kematian dini:
  1. Selalu Aktif. Dalam HAL Suami usahakan untuk review TIDAK Sering Duduk terlalu lama Baik ITU di Depan Komputer ATAU menonton Acara Televisi Yang Andari sukai. Andari DAPAT memulainya DENGAN Mengurangi Waktu untuk review berlama-lama di Depan Komputer ATAU Televisi DENGAN melakukan Diagram melukiskan LC lainnya Yang MEMBUAT Andari Tetap Bergerak Dan Aktif.
  2. Sinar matahari pagi Sangat Baik untuk review kesehatan Tubuh Andari. Suami dikarenakan, with terpapar sinar matahari pagi, Maka Tubuh akan terpacu untuk review memproduksi vitamin D. Vitamin D PADA Tubuh memiliki fungsi fungsi untuk review menangkal penyakit Jantung, aneka JENIS Kanker Dan JUGA mencegah pengeroposan tulang dini.
  3. Menambah ATAU memperbanyak untuk review mengkonsumsi buah-buahan Dan sayur-sayuran Sangat Baik untuk review menutrisi Tubuh Andari. BERBAGAI buah-buahan seperti jeruk, semangka, pepaya, apel Dan Lain-lain Serta aneka sayuran seperti bayam, sawi Dan lain-berbaring merupakan buah-buahan Dan sayur-sayuran Yang dimaksud.
  4. Rutin berolahraga merupakan shalat Satu faktor Yang DAPAT MEMBUAT badan Andari LEBIH sehat Dan pas hari Sepanjang. Andari DAPAT memulainya, with menyisihkan Waktu pagi untuk review berolahraga pagi seperti Berjalan, Berlari maupun Bersepeda santai.
  5. Berhenti merokok. Suami merupakan shalat hd Hidup Sehat Yang Sulit di lakukan Bagi mereka Yang menjadikan Kebiasaan merokok SEBAGAI Kebutuhan. TAPI Tahukah Anda, Kandungan Rokok Sangat TIDAK bersahabat untuk review kesehatan Tubuh Andari.
  6. Mulai hari Andari DENGAN Tertawa ATAU Tersenyum. KARENA Diagram melukiskan LC Tersenyum maupun Tertawa berdampak Sangat Baik untuk review meningkatkan Daya tahan Tubuh Serta kesehatan Tubuh ITU Sendiri. Andari DAPAT memulainya DENGAN Sering bercanda DENGAN ATAU Teman menonton BERBAGAI Acara komedi di Televisi.
  7. Membatasi untuk review Usahakan, Mengurangi ATAU bahkan menghilangkan untuk review mengkonsumsi aneka MAKANAN Siap saji. Mencari Google Artikel Mulai memasak MAKANAN Sendiri, Andari akan LEBIH mengetahui, apakah MAKANAN Yang Andari masak Baik untuk review kesehatan Tubuh Andari ATAU Malah berdampak buruk Bagi kesehatan Tubuh Andari.
Ikhtitam
Di dalam kitab Zaad Al Ma’ad karya Ibnu Qayyim Al Jauziyyah rahimahullah banyak sekali disebut gaya makan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, seperti:
  • minum madu yang sudah dicampur dengan air dingin
  • makan manisan dicampur dengan madu
  • menyukai daging unta, kambing, ayam, keledai liar, kelinci, sea food.
  • menyukai daging bakar
  • mencampur antara ruthab (kurma matang yang segar) dengan tamr (kurma kering)
  • makan kurma dengan roti
  • minum susu murni atau yang sudah dicampur
  • makan semangka dicampur dengan kurma ruthab
  • makan roti dicampur dengan cuka
  • dan lain-lainnya.
Sumber:1.https://muslim.or.id
2.http://www.ummi-online.com
3.http://intips-kesehatan.blogspot.co.id
4.http://kajiantematik.blogspot.com
Jakarta 16/12/2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Laman