Kamis, 07 Maret 2013

BERSELINGKUH atau Zina ?




                                  MENGAPA  Berselingkuh ?
QS. Al-'Isra' [17] : 32
وَلَا تَقْرَبُوا۟ ٱلزِّنَىٰٓ ۖ إِنَّهُۥ كَانَ فَٰحِشَةً وَسَآءَ سَبِيلًا   
Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk. QS. Al-'Isra' [17] : 32
Arti Selingkuh
Selingkuh,dari segi bahasa saja sudah mengandung makna negative. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, selingkuh mempunyai makna yang banyak :
1. tidak berterus terang
2. tidak jujur atau serong
3. suka menyembunyikan sesuatu
4. korup atau menggelapkan uang
5. memudah-mudahkan perceraian

Kelima-limanya dapat terjadi pada waktu, kondisi apapun dan dapat ditimbulkan oleh siapapun. Kelima-limanya tersebut tidak disukai oleh agama dan telah disebut dengan pelanggaran, melanggar perintah Allah.Jika kelima-limanya tersebut terjadi dalam keluarga maka telah terjadi perselingkuhan dalam keluarga.
Pengertian perselingkuhan
Perselingkuhan adalah hubungan pribadi di luar nikah, yang melibatkan sekurangnya satu orang yang berstatus nikah, dan didasari oleh tiga unsur:
(1) saling ketertarikan
(2) saling ketergantungan
(3) saling memenuhi secara emosional dan seksual.
Perselingkuhan tidak selalu berarti hubungan yang melibatkan kontak seksual. Sekalipun tidak ada kontak seksual, tetapi kalau sudah ada saling ketertarikan, saling ketergantungan, dan saling memenuhi di luar pernikahan, hubungan semacam itu sudah bisa kita kategorikan sebagai perselingkuhan.
Alasan Pria Berselingkuh
Berdasarkan data, ternyata 26-30 persen kasus perselingkuhan disebabkan kehidupan seksual yang tidak memuaskan.
Demikian diungkap ginekolog dan konsultan seks Boyke Dian Nugraha pada seminar bertema “Love, Sex and Harmony” di Jakarta, Kamis (19/3).
Kehidupan seksual yang tidak memuaskan bisa ditandai dengan pernyataan, “Aduh dok, istri saya itu solo. Datang-datang langsung buka baju, kayak kambing guling aja,” kata Boyke.
Kata Boyke, perlu bagi pasangan untuk tahu teknik-teknik berhubungan seks sehingga tidak langsung ‘tancap gas’.
Bila hal ini menjadi kebiasaan, akan menjadi bumerang bagi pasangan sendiri. Perselingkuhan pun bisa jadi solusi untuk itu. Sekurangnya ada 8 alasan kenapa pasangan Anda selingkuh:
  • Pelarian emosional dari pasangannya.
  • Rasa ingin tahu tentang seperti apa seks dengan orang lain yang bukan pasangannya. Semuanya itu bermula dari rasa penasaran akan apa yang ada di balik itu (maksudnya di balik celana dalam pria). “Bagaimana sih rasanya bercinta dengan pria kulit hitam karena suaminya berkulit putih,” Boyke mencontohkan.
  • Kemarahan atau permusuhan yang terpendam dengan pasangannya.
  • Keinginan untuk merasakan lebih banyak seks atau jenis seks yang berbeda dari yang didapat dari pasangannya.
  • Dorongan ego.
  • Ketidakmampuan membentuk komitmen yang dalam.
  • Menghindar dari masalah perkawinan atau pribadi.
  • Untuk menghilangkan rasa sakit akibat kehilangan, sebagai contohnya, kematian orang yang dicintai atau anak yang pergi sekolah ke tempat lain.
Ketika pasangan menyadari adanya persoalan di atas, sebaiknya menyadari secepatnya. Lalu apakah berani pasangan membuka diri dan menjalin komunikasi yang sehat untuk mengemukakan persoalan secara terbuka. Jika tidak, maka pintu gerbang perselingkuhan, yang adalah hubungan seksual di luar pernikahan resmi, akan terbuka lebar.
Menurut Dr. David Holmes, seorang psikolog dari Manchester Metropolitan University, persentase jumlah pria yang berselingkuh tak beda jauh dari wanita. Namun, wanita diketahui lebih pandai menutupi perselingkuhan daripada pria.

Dalam buku “Secret Regrets : What If You Had a Second Chance?” yang ditulis oleh Kevin Hansen, masalah perselingkuhan dibahas dengan gamblang. Di dalam buku tersebut segala alasan selingkuh tidak dapat dibenarkan di dalam rumah tangga. Perselingkuhan tetaplah perselingkuhan, tidak sedikit perselingkuhan yang berakhir dengan perceraian.

Berdasarkan penelitian termutakhir yang dilakukan di University of Guelph di Ontario, Kanada, pria dan wanita punya alasan yang berbeda untuk selingkuh. Kalangan pria ternyata berselingkuh karena alasan masalah seks, sedangkan alasan selingkuh wanita adalah karena ingin mendapatkan kepuasan dan kebahagiaan dalam pernikahan.

Alasan Perempuan Berselingkuh
* Merasakanbegitudicintai, diinginkan, dibutuhkan (CINTA)
* Begitu banyak kebahagian yang didapat oleh selingkuhannya (BAHAGIA)
* Ekonomi, ini buat perempuan-perempuan yang mungkin tidak bisa menghidupi diri sendiri, tidak bekerja misalnya. (MATERI)
* Sex Experiences , tidak puas dengan pasangan sehingga ketika media perselingkuhan ke arah ranjang jadi merasa punya solusi . (SEX)
* Ini kan tidak benar-benar, pada suatu saat pasti akan berakhir. (TOBAT)
* Ada tempat yang kosong, yang seharusnya tidak di isi oleh orang lain, tapi ketika orang itu datang, diterima sebagai anugrah . (KESEPIAN)
* Bersedia menjadi istri ke-2 (PRO POLIGAMI)
* Karena “gayung bersambut” jadi …. (PETUALANGAN)
* Coba-coba(ISENG)
Hukum Perselingkuhan
وَلَا تَقْرَبُوا۟ ٱلزِّنَىٰٓ ۖ إِنَّهُۥ كَانَ فَٰحِشَةً وَسَآءَ سَبِيلًا   
Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk. QS. Al-'Isra' [17] : 32
Pada hakikatnya perselingkuhan sama dengan perzinaan. Dalam pandangan Islam seorang yang berselingkuh/berzina mendapatkan hukuman yang sangat berat. Jika belum menikah, pelakunya harus dicambuk 100 kali, dan untuk yang sudah menikah harus dirajam sampai mati.
Hukuman yang berat ini akan menjadi pelajaran bagi pelakunya hingga menimbulkan jera sekaligus sebagai penebus dosa atas perbuatan yang dilakukan. Jika hukuman ini diterapkan, seseorang akan berpikir panjang sebelum melakukan perselingkuhan.
Mengahiri PerselingkuhanAisya's Avatar
Ada beberapa cara yang bisa disarankan kepada anda yang ingin mengatasi pasangan selingkuh:

• Biasanya, wanita akan dengan mudah meninggalkan pasangannya ketika ia mulai curiga bahwa pasangannya berselingkuh.
Namun, hal tersebut salah, jika anda merupakan salah satu wanita yang mengalami masalah itu, hindarilah cara meninggalkan pasangan sebagai solusi karena langkah tersebut akan semakin membuat anda jauh dari pasangan anda dan anda tidak bisa melacak kebenaran dari berita tersebut.

• Hal yang kedua yang harus anda perhatikan adalah jangan pernah menceritakan masalah seperti perselingkuhan ini pada banyak pihak.
Bolehlah jika anda membutuhkan seseorang untuk berbagi keluh kesah anda, namun hindari sering menceritakan masalah ini.
Anda harus menghindarinya karena tidak semua orang bisa dipercaya untuk cerita seperti ini, bisa saja dia akan lapor pada kekasih anda tentang kabar perselingkuhan ini.

• Selain itu, tidak baik jika anda berpura-pura tidak terjadi apa-apa pada kekasih anda. Tidak meninggalkannya bukan berarti anda tidak perlu membahasnya dengan kekasih anda. Jadi, bahaslah masalah ini, rumor perselingkuhan ini dengan kekasih anda dengan sikap dewasa.

• Tegas membahas namun dengan dewasa akan membuat anda bisa menemukan titik terang dalam mengatasi kekasih yang selingkuh itu.
Dengan itu, anda bisa mengetahui alasan kenapa kekasih selingkuh, misalnya karena kekasih anda merasa bosan dengan anda, jadi anda bisa menemukan titik temu yang terbaik.

• Namun, ketika anda membicarakan masalah ini, hindari kalimat yang menuduh kekasih anda selingkuh. Karena berita yang anda dengar belum tentu benar.
Jadi, sebelum anda tahu jelas tentang kebenaran berita tersebut, ada baiknya anda tidak menggunakan kalimat yang menuduh.

• Yang paling penting, adalah banyak sekali wanita-wanita yang memang sangat terobsesi dengan selingkuhan dari kekasih mereka. Hindarilah ini.
Sangat baik bagi anda untuk bisa bersikap biasa terhadap selingkuhan kekasih anda. Jangan terobsesi pada selingkuhan karena jika anda bersikap sangat labil pada selingkuhan anda, kekasih anda akan menjauhi anda.

Yang terpenting adalah, jika anda ingin mengatasi pasangan selingkuh, anda harus meneliti benarkah rumor selingkuh tersebut secara dewasa.
Cari tahu tapi tanpa bersikap seperti anak kecil yang terobsesi sehingga tetap bisa terselesaikan dengan kepala dingin.

Jadi, jika anda ingin menyelesaikan masalah dengan dewasa, tentunya mengatasi kekasih selingkuh tidak dapat diselesaikan dengan terburu-buru. Sabarlah dalam mengetahui rumor tersebut bertindak dengan kepala dingin.
Perselingkuhan bisa menimpa siapa saja, orang Muslim maupun non muslim. menangkal pernik-pernik perselingkuhan tidak semudah yang kita duga, karena godaan cukup besar. pernikahan sangat sacral tidak sepatutnya dinodai dengan perselingkuhan. Kita sebagai umat Islam harus secara tegas menghindari perselingkuhan yang jelas-jelas membawa dampak buruk pada hubungan pernikahan. Pada hakikatnya perselingkuhan sama dengan perzinahan yang secar jelas diharamkan dalam Islam, maka sudah sepatutnya kita tidak terjebak dalam perselingkuhan.Na’udzu Billah min Dzalik
Jakarta  7/3/2013



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman