Senin, 20 April 2015

TOKOH SUFI (2)




Tokoh Sufi dan Ajarannya ?



كُنْتُ كَنْزًا مَخْفِيًا فَأَحْبَبْتُ أَنْ أُعْرَفَ فَخَلَقْتُ الْخَلْقَ فَبِي عَرَفُوْنِي
Artinya:
“Aku adalah perbendaharaan yang tersembunyi maka aku menjadikan makhluk agar mereka mengenalKu”.

5.       Al-Hallaj
Al-hallaj adalah seorang tokoh sufi yang mengembangkan paham al-hulul. Nama lengkapnya adalah Husein Bin Mansyur al-Hallaj. Dia dilahirkan pada tahun 244 H/858 M di negeri Baidha, salah satu kota kecil yang terletak di Persia. Dia tinggal sampai dewasa di Waisith, dekat Baghdad, dan dalam usia 16 tahun dia pergi belajar pada seorang sufi yang terbesar dan terkenal bernama Sahl bin Abdullah al-Tustur di negeri Ahwaz. Selanjutnya, ia berangkat ke Bashrah dan belajar pada seorang sufi bernama Amr al-Makki. Pada tahun 264 H, ia masuk kota Baghdad dan belajar pada Junaid yang juga seorang sufi. Al-Hallaj pernah menunaikan ibadah haji di Makkah selama tiga hari. Dengan riwayat hidup singkat ini jelas bahwa ia memiliki dasar pengetahuan tentang tasawuf yang cukup mendalam dan kuat.
Hulul merupakan salah satu konsep didalam tasawuf falsafi yang meyakini terjadinya kesatuan antara kholiq dengan makhluk. Hulul berimplikasi kepada bersemayamnya sifat-sifat ke-Tuhanan kedalam diri manusia atau masuk suatu dzat kedalam dzat yang lainnya. Hulul adalah doktrin yang sangat menyimpang. Hulul ini telah disalah artikan oleh manusia yang telah mengaku bersatu dengan Tuhan. Sehingga dikatakan bahwa seorang budak tetaplah seorang budak dan seorang raja tetaplah seorang raja. Tidak ada hubungan yang satu dengan yang lainnya sehingga yang terjadi adalah hanyalah Allah yang mengetahui Allah dan hanya Allah yang dapat melihat Allah dan hanya Allah yang menyembah Allah.
6.       Al-Muhasibi
al-muhasibi (w. 243 H/ 875 M) dilahirkan di basrah dan mengabiskan sebagain besar usianya di Baghdad, nama lengkapnya adalah abu Abdullah al-harist at-muhasibi. ia mengambangkan psiokologi moral yang paling ketat dan paling berpengaruh di tradisi tasawuf. psikologi al-muhasibi bias ditemukan dalam karya-karya abu tholib al-makki, yang mempengaruhi pemikiran abu hamdi al-ghozali. hingga saat ini karya utama dari al-muhasibi adalah kitab al-ar’ayat lilhukukillah yang mendalami berbagai bentuk idealisime tentang berbagai bentuk egeolisme.
Pandangan Al-Muhasibi tentang Ma’rifat
Al-muhasibi mengatakan,ma’rifat harus ditempuh melalui jalan tasawuf yang berdasar pada kitab dan sunah.
Al-muhasibi menjelaskan tahapan – tahapan maa’rifat sebagai berikut :
a.       Taat, yaitu, wujud konkret ketaatan hamba kepada Allah.
b.      Aktivitas anggota tubuh yang telah disinari oleh cahaya yang memenuhi hati
c.       manusia akan menyaksikan berbagai rahasia yang selama ini di simpan Allah
d.      Apa yang dikatakan oleh sementara sufi dengan fana yang menyebabkan baka’
4.    Pandangan Al-Muhasibi tentang Khauf dan Raja’
khauf dan raja’, menurut Al-Muhasibi, dapat dilakukan dengan sempurna, bila berpegang pada Al-Qur’an dan Assunah. dalam hal ini, ia mengaitkan kedua sifat itu dengan ibadah dan janji serta ancaman Allah. Al-Muhasibi lebih lanjut mengatakan bahwa Al-Qur’an jelas berbicara tentang pembalasan (pahala) dan siksaan. Al-Qur’an jelas pula berbicara tentang surga dan Negara.
ia kemudian mengutip ayat-ayat berikut :
Artinya :
“Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman (syurga) dan dimata air-mata air,Sambil mengambil apa-apa yang dierikan kepada mereka oleh Tuhan mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam, dan diakhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah).” (QS. Adz-Dzariyat 15-17).
7.      Ibn ‘Arabi
Nama lengkapnya adalah Muhammad bin Ali bin Ahmad bin Abdullah Ath-Tha’I Al-Haitami. Lahir di mercia, Andalusia Tenggara, spanyol, tahun 560 H. Di Seville(Spanyol), ia mempelajari Al-Qur’an, hadis, serta fiqh pada sejumlah murid seorang faqih Andalusia terkenal, yaitu Ibn Hazm Azh-Zhahiri.
Usia 30 tahun, ia mulai berkelana ke berbagai kawasan Andalusia dan kawasan islam di bagian barat, di antara deretan guru-gurunya adalah Abu Madyan Al-Ghauts At-Thalimsari dan Yasmin Musyaniyah.
Di antara karya monumentalnya adalah Al-Futuhat Al-Makiyyah yang ditulis pada tahun 1201 pada saat menaikkan ibadah haji. Karya lainnya adalah Masyahid Al-Asrar, Mathali Al-Anwar AL-Illahiyah al-Isra ila Maqam Al-Atsana.
Adapun ajaran-ajarannya adalah:
a.    wahdat al-wujud
Wahdat Al-Wujud merupakan ajaran sentralnya. Namun, istilah tersebut bukan berasal dari dia, tetapi dari ibn Taimiyah, tokoh yang paling keras dalam mengecam dan mengkritik ajaran sentralnya tersebut. Menurut Ibn Taimiyah, wahdat al-wujud adalah penyamaan Tuhan dengan alam. Menurutnya orang-orang yang mempunyai paham tersebut mengatakan bahwa wujud itu sesungguhnya hanya satu dan wajib al-wujud yang dimiliki oleh khalik adalah juga mungkin al-wujud yang dimiliki oleh makhluk. Selain itu, orang-orang yang mempunyai paham ini juga mengatakan bahwa wujud alam sama dengan wujud Tuhan, tidak ada perbedaan.
Dari pengertian tersebut, Ibn Taimiyah menilai ajaran sentral Ibn Arabi dari aspek tyasbihnya (penyerupaan khalik dan makhluk) saja, tetapi belum menilainya dari aspek tanzihnya (penyucian khalik). Sebab, kedua aspek tersebut terdapat dalam ajaran Ibn Arabi.
Menurut Ibn Arabi, wujud yang ada semua ini hanya satu dan wujud makhluk pada hakikatnya wujud khalik pula. Tidak ada perbedaan antara keduanya dari segi hakikat.adapun jika ada yang mengira  bahwa antara keduanya ada perbedaan , hal itu dilihat dari sudut pandang panca indra lahir dan akal yang terbatas kemampuannya dalam menangkap hakikat  yang ada pada Dzat-Nya dari kesatuan dzatiyah yang segala sesuatu berhimpun padanya. Hal ini tersimpul dalam ucapan ibn Arabi berikut:
سُبْحَانَ مَنْ اَظْهَرَ الاَشْيَاءَ وَهُوَ عَيْنُهَا
Artinya: “ Maha suci Tuhan yang telah menjadikan segala sesuatu  dan Dia sendiri adalah hakikat segala sesuatu itu.”
Menurut Ibn Arabi, wujud alam pada hakikatnya adalah wujud allah dan Allah adalah hakikat alam. Tidak ada perbedaan antara abid (menyembah) dengan ma’bud (yang disembah). Perbedaan itu hanya pada rupa dan ragam hakikat yang satu.
b.    Haqiqah Muhammadiyah
Dari konsep wahdat al-wujud di atas, muncul lagi dua konsep, yaitu konsep al-hakikat al-Muhammadiyah dan konsep wahdat al-adyan(kesamaan agama).
Menurut Ibn Arabi, Tuhan adalah pencipta alam semesta. Adapun proses penciptaannya adalah sebagai berikut:
·         Tajjalii Dzat Tuhan dalam bentuk a’yan tsabitah,
·         Tanazul Dzat Tuhan dari alam ma’ani ke alam (ta’ayyunat) realitas-realitas                                                                      rohaniah, yaitu alam arwah yang mujarrad.
·         Tanazul  pada realitas-realitas nafsiyah, yaitu alam nafsiyah berpikir.
·         Tanazul Tuhan dalam bentuk ide materi yang bukan msiteri, yaitu alam mitsal(ide) atau khayal.
·         Alam materi, yaitu alam indrawi.
Ibn Arabi menjelaskan pula bahwa terjadinya alam ini tidak dapat dipisahkan dari ajaran hakikat Muhammadiyah atau Nur Muhammad. Menurutnya tahapan-tahapan proses penciptaan alam dan hubungannya dengan kedua ajaran tersebut dapat di jelaskan sebagai berikut:
a.    Wujud Tuhan sebagai wujud mutlak, yaitu dzat yang mandiri dan tidak berhajat pada sesuatu apapun.
b.    Wujud hakikat Muhammadiyah sebagai emanasi (pelimpahan) pertama dari wujud Tuhan , lalu muncul semua yang wujud dengan proses tahapan-tahapannya.
Dengan demikian ibn arabi menolak ajaran yang mengatakan bahwa alam semesta ini diciptakan dari tiada(cretio ex nihilio). Ia mengatakan bahwa Nur Muhammad itu qadim dan merupakan sumber emanasi dengan berbagai kesempurnaan ilmiah danamaliah yang terealisasikan pada diri para nabi semenjak adam sampai Muhammad  dan terealisasikan dari Muhammad pada diri para pengikutnya, kalangan para wali, dan insan  kamil (manusia sempurna). Kadang-kadang ia menyebut hakikat Muhammadiyah dengan Quthb dan terkadang dengan ruh Al-Khatam
c.         Wahdatul adyan
Adapun yang dimaksud dengan konsepnya, wahdat al-adyan (kesamaan agama) Ibn Arabi mamandabg bahwa sumber agama adalah satu, yaitu hakikat Muhammadiyah. Maka semua agama adalah tunggal dan semuanya itu kepunyaan Allah.
k.      Ibn Sab’in
Nama lengkapnya adalah Ibn Sab’in Abdul Haqq ibn Ibrahim Muhammad Ibn Nashr. Di lahirkan tahun 614 H di Murcia. Ibn Sab’in mempunyai asal usul Arab dan juga mempelajari ilmu-ilmu agama dari mazhab maliki, ilmu-ilmu logika, dan filsafat. Di antara guru-gurunya adalah Ibn dhihaq, yang terkenal dengan Ibn Al-Mir’ah (meninggal tahun 611 M), pensyarah karya al-irsyad. Karena Al-mir’ah wafat sebelum Ibn Sab’in lahir, maka jelas Ibn Sab’in menjadi muridnya hanya melalui kajiannnya pada karya-karya ibn mir’ah.
Tahun 640 H, Ibn Sab’in dengan sebagian muridnya meninggalkan Murcia menuju Afrika Utara.pertama-tama, Ibn Sab’in menjejakkan kakinya di Ceuta. Di kota Ceuta ini, Ibn Sab’in banyak menelaah kitab-kitab tasawuf serta memberiikan pengajaran. Pada tahun 6480 H Ibn Sab’in sampai di kairo. Namun para fuqaha dunia islam mengutus seorang utusan ke mesir untuk memperingatkan penduduk itu bahwa Ibn Sab’in adalah seorang atheis yang menyatakan kesatuan khalik dengan makhluk. Kemudian dia pergi ke Mekah untuk menyiarkan kembali ajarannya.
Ibn Sab’in meninggalkan karya sebanyak 41 buah, yang menguraikan tasawufnya secara teoritis maupun praktis. Sebagian risalahnya telah disunting Abdurrahman Badawi dengan judul Rasa’il Ibn Sab’in(1965 M), Jawab shahih Shiqilliyah, telah disunting oleh Syaripuddin Yaltaqiya.
Adapun ajaran-ajaran Tasawufnya adalah :
a.         Kesatuan mutlak
Ibn Sab’in adalah seorang penggagas sebuah faham dalam kalangan tasawuf filosofis, yang dikenal dengan faham kesatuan mutlak. Disebut paham kesatuan mutlak karena paham ini berbeda dari paham-paham tasawuf  yang memberi ruang lingkup pada pendapat-pendapat tentang hal yang mungkin dalam suatu bentuk.
Dalam paham ini Ibn Sab’in menempatkan keTuhanan pada tempat pertama. Wujud allah, menurutnya adalah asal segala yang ada pada masa lalu, masa kini maupun masa depan. Sementara wujud materi yang tampak justru dia rujukkan pada wujud mutlak yang rohaniyah. Ibn Sab’in terkadang menyerupakan wujud dengan lingkaran, porosnya adalah wujud yang mutlak, sementara wujud yang nisbi alias sempit berada dalam lingkaran.
Pemikiran-pemikiran Ibn Sab’in ini dia rujukkan dengan dalil-dalil al-qur’an, yang diinterpretasikan secara filosofis ataupun khusus. Misalnya dalam Q.S. Al-Hadid:13, Q.S. Al-Qhasas:88.  
Artinya: pada hari ketika orang-orang munafik laki-laki dan perempuan berkata kepada orang-orang yang beriman: "Tunggulah Kami supaya Kami dapat mengambil sebahagian dari cahayamu". dikatakan (kepada mereka): "Kembalilah kamu ke belakang dan carilah sendiri cahaya (untukmu)". lalu diadakan di antara mereka dinding yang mempunyai pintu. di sebelah dalamnya ada rahmat dan di sebelah luarnya dari situ ada siksa.(QS. Al-Hadid: 13) 
Artinya: janganlah kamu sembah di samping (menyembah) Allah, Tuhan apapun yang lain. tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. tiap-tiap sesuatu pasti binasa, kecuali Allah. bagi-Nyalah segala penentuan, dan hanya kepada-Nyalah kamu dikembalikan.(QS.Al-Qashash)
pendapatnya tentang kesatuan mutlak tersebut, merupakan dasar dari paham khususnya tentang para pencapai kesatuan mutlak ataupun pengakraban Allah. Inilah pribadi yang  melebihi mereka semua dengan pengetahuannya yang khusus, yaitu ilmu pencapaian yang menjadi pintu gerbang kenabian. Sosok pribadi yang dari segi hakikat rohaniahnya justru bersatu dengan nabi, yang mengendalikan semesta, dan segala sesuatu pun didasarkan padanya.
Orientalis filsafat Ibn Sab’in terletak pada perbandingan yang ia buat, antara lain alirannya tentang kesatuan wujud dengan aliran-aliran fuqaha, teolog, filosof maupun sufi.
b.      Penolakan terhadap logika Aristotelian
Pahamnya tentang kesatuan mutlak, telah membuatnya menolak logika Aristotelian. Oleh karenanya, dalam karyanya BuddAl-Arif, ia berusaha menyusun suatu logika baru yang bercorak iluminatif, sebagai pengganti logika yang berdasarkan pada konsepsi jamak.
Diantara kesimpulan-kesimpulan penting Ibn Sab’in dengan logikanya adalah realitas-realitas logika itu alamiah adanya dalam jiwa manusia, dan keenam kata logika ( genus, species, difference, proper, sccident, person) yang memberi kesan adanya wujud yang jamak, hanya sekedar ilusi semata. Ibn Sab’in juga mengembangkan pahamnya tentang kesatuan mutlak ke berbagai bidang bahasaan filosofis. Misalnya, menurutnya jiwa dan akal budi  tidak mempunyai wujudnya sendiri. Dan moral menurutnya  di tandai corak kesatuan mutlak.
Yang menarik perhatian dari pendapat Ibn Sab’in ialah bahwa latihan-latihan rohaniah praktis, yang bisa mengantar pada moral luhur, tunduk pada konsepsinya tentang wujud seperti zikir seorang pencapai kesatuan mutlak adalah ungkapan “tidak ada yang wujud selain Allah,” sebagai ganti “ tidak ada Tuhan selain Allah”. Si pendzikir dalam dzikir ini sendiri adalah yang dzikir. Sementara tingkatan dan keadaan, yang merupakan buah dari dzikir, juga tidak keluar dari ruang lingkup kesatuan  mutlak tersebut.
8.      Al-Jili
Nama lengkapnya adalah abdul karim bin Ibrahim Al Jilli. Lahir pada tahun 1365 M, di jillan (Gilan) wafat pada tahun 1417 M. ia adalah seorang sufi terkenal dari Baghdad. Riwayat hidupnya tidak banyak diketahui oleh para ahli sejarah. Tetapi sebuah sumber mengatakan bahwa ia pernah melakukan perjalanan ke india tahin 1378 M. lalu belajar tasawuf di bawah bimbingan Abdul Qadir Al-Jailani. Di samping itu, berguru pula pada Syeh Syarif Isma’il Bin Ibrahim  Al-Zabarti di Zabid (Yaman) tahun1393-1403 M.
Adapun ajaran-ajaran tasawufnya adalah sebagai berikut:
a.      Insan kamil
Ajaran tasawuf yang terpentingnya adalah paham insan kamil (manusia sempurna). Menurutnya, insane kamil adalah nuskhah atau copy Tuhan, seperti yang disebutkan dalam hadis yang artinya:
“Alllah menciptakan adam dalam bentuk yang Maha Rahman.”
Al-Jilli berpendapat bahwa nama dan sifat Ilahiah pada dasarnya merupakan milik insane kamil sebagai suatu kemestian yang inheren dengan esensinya.  Lebih lanjut al-jilli mengemukakan bahwa perumpamaan hubungan Tuhan dengan insane kamil bagaikan cermin. Insane kamil tidak dapat melihat dirinya, kecuali dengan cermin nama Tuhan, sebagaimana Tuhan tidak dapat melihat diri-Nya, kecuali melalui cermin insane kamil.
Kemudian al-jilli berkata bahwa duplikasi al-kamal (kesempurnaan)pada dasarnya dimiliki oleh semua manusia. Intensitas al-kamal yang paling tinggi terdapat dalam diri Nabi Muhammad SAW.  Manusia lain, baik nabi ataupun wali bila dibandingkan dengan nabi Muhammad bagaikan al-kamil(yang sempurna) dengan al-akmal(yang paling sempurna) atau al-fadil(yang utama) dengan al-afdhal(yang paling utama).
Menurut Al-berry, konsep insane kamil al-jilli dekat dengan konsep al-hulul al-hallaj dan knsep ittihad ibn arabi, yaitu integrasi sifat lahut dan nasut dalam suatu pribadi sebagai pancaran dari Nur Muhammad.
b.      Maqamat (Al-Martabah)
Berhubungan dengan insan kamil, Al-Jilli merumuskan beberapa maqam yang harus di lalui seorang sufi. Dalam istilahnya, maqam itu disebut Al-Martabah (jenjang/tingkatan), di antaranya adalah :
·         Islam
Islam yang didasarkan pada lima rukun dalam pemahaman kaum sufi tidak hanya dilakukan secara ritual, tetapi harus dipahami dan dirasakan lebih dalam. Misalnya puasa, menurutnya puasa merupakan isyarat untuk menghindari tuntutan jemanusiaan agar orang yang berpuasa memiliki sifat-sifat ketuhanan, yaitu dengan cara mengosongkan jiwanya dari tuntutan-tuntutan kemanusiaan dan mengisinya dengan sifat-sifat ketuhanan.
·         Iman
Yakni membenarkan dengan sepenuh keyakinan akan rukun iman dan melaksanakan dasar-dasar islam. Iman merupakan tangga pertama untuk mengungkap tabir alam ghaib dan alat yang membantu seseorang mencapai maqam yang lebih tinggi.
·         Ash-shalah
Pada tingkatan ini, sorang sufi mencapai tingkatan ibadah yang terus-menerus kepada Allah dengan perasaan khauf dan raja. Bertujuan untuk mencapai nuqtah ilaihah pada lubuk hati sehingga sehingga menaati syariat dengan baik.
·         Ihsan
Menunjukan bahwa seorang sufi mencapai tingkat menyaksikan efek (atsar) nama dari sifat Tuhan, sehingga dalam ibadahnya merasa seakan-akan berada di hadapan-Nya.dengan syarat-syarat harus bersikap istiqamah dalam tobat, inabah, zuhud, tawakal, tafwidh, rida, dan ikhlas.
·         Syahadah
Pada tingkatan ini, seorang sufi iradah yang bercirikan mahabbah kepada Tuhan tanpa pamrih. Mengungat-Nya terus-menerus, dan meninggalkan hal-hal yang menjadi keinginan pribadi.
·         Shiddiqiyah
Istilah ini menggambarkan mencapai tingkat hakikat ma’rifat  yang diperoleh secara bertahap dari ilmu al-yaqin, ‘ain al-yaqin, dan haqq al-yaqin. Jadi, menurutnya seorang sufi yang telah mencapai derajat shiddiq mampu menyaksikan hal-hal yang ghaib kemudian melihat rahasia-rahasia Tuhan sehingga mengetahui hakikat-Nya. Setelah mengalami fana ia memperoleh baqa ilaih. Inilah batas pencapaian ilmu al-yaqin
Selanjutnya , ketikapenampakan sifat-sifat terjadi, maka akan diperoleh ma’rifat dzat dari segi sifat. Hal ini berlangsung terus hingga mencapai ma’rifat dzat dengan dzat. Namun, karena tidak merasa puas dengan ma’rifat dzat dengan dzat, ia mencoba melepaskan sifat-sifat rububiyah sehingga pada akhirnya terhiasi dengan sifat-sifat dan nama Tuhan. Tingkat semacam inilah yang dinamakn haqq al-yaqin.
·         Qurbah
Merupakan maqam yang memungkinkan seorang sufi dapat menampakan diri dalam sifat dan nama yang mendekati sifat dan nama Tuhan.
Demikianlah maqomat menurut pandangan al-jili. Dia berpandangan bahwa mengetahui dzat yang maha tinggi itu secara kasyf ilahi, yaitu kamu dihadapan-Nya dan Dia di hadapanmu tanpa hulul dan ittihad. Sebab hamba adalah hamba dan Tuhan adalah Tuhan, tidak bisa disamakan. Oleh karenanya hamba tidak mungkin jadi Tuhan dan tidak mungkin pula sebaliknya.
9.      Ibn Masarah
Nama lengkapnya adalah Muhammad Bin Abdullah Bin Masarrah (269-319 H. ia merupakan salah seorang sufi sekaligus filosof dari Andalusia. Ia memberiikan pengaruh yang besar  terhadap madzhab Al-Mariyyah. Bersamaan dengan ibn masarrah, di Andalusia telah muncul tasawuf filosofi. Ia lebih banyak disebut-sebut  sebagai filosof dari pada sufi.  Pada mulanya ia merupakan penganut sejati aliran mu’tazilah, lalu berpalingpada mazhab neoplatonisme. Oleh karena itu, ia di anggap mencoba menghidupkan kembali filsafat yunani kuno.
Di antara ajaran-ajaran Ibn Masarrah adalah sebagai berikut:
1.    Jalan menuju keselamatan jiwa adalah menyucikan jiwa,  zuhud dan mahabbah yang merupakan asal dari semua kejadian.
Di antara pemikiran ibn masarrah adalah bahwa jalan keselamatan adalah penyucian diri, kezuhudan, tindakan mempriotaskan akal atas panca indera dan berusaha kembali kepada cinta merupakan pokok utama kehadiran manusia di alam semesta. Sebab, dengan cara itu, berbagai unsure kejadiannya akan bersatu satu sama lainnya, sehingga terbentuklah suatu kesatuan(al-wahdah) atau seluruh maujud akan berkumpul dalam kecintaan, kebencian, kasih saying, dan keterpaksaan seperti asalnya. Namun ibn masarrah menganut pemikiran Plotinus yaitu pemikiran tentang teori emanasi.
Konsep teori emanasi (al-faidh) ibn masarrah terdiri atas lima unsure, unsure utama adalah unsur ruhani(anasir ruhaniyyah) berdasarkan konsep hierarkis menurun yang dimulai dengan unsure pertama tau materi pertam, yakni hakikat mental(al-haqqa’iq adz-dzihniyyah) pertama atau materi pertama pembentuk planet-planet di alam semesta. Urutan berikutnya adalah akal, jiwa dan tabiat.
2.      Penakwilan ala phylum atau aliran ismailiyyah terhadap ayat-ayat al-qur’an
Di antara pemikiran yang di anggap ciri khas ibn masarrah adalah berpegang teguh pada prinsip penakwilan (ta’wil) sejalan dengan pemikiran philon  iskandar atau sekte ismailiyyah. Ibn masarrah sangat banyak melakukan penakwilan atas ayat-ayat al-qur’an dengan corak penakwilan sekte kebatinan. Ia menolak kebangkitan jasmani di akhirat, menafikan pengetahuan Allah SWT tentang hal-hal particular kecuali bila sudah terjadi.
3.      Siksa neraka bukanlah dalam bentuk yang hakikat.
Selain dari ketiga ajaran di atas, menurut ibnhazm, kebanyakan pengikut ibn masarrah menyebutkan bahwa ibn masarrah berpendapat kenabian adalah sebuah maqam yang bisa dicapai dengan usaha. Orang yang telah mencapai puncak kesalihan dan kesucian jiwa, bisa mendapatkan maqam kenabian. Menurutnya, kenabian pada dasarnya bukanlah sesuatu yang istimewa.

Sumber:1Al-Qur'an Hadits 2..http://fauzunnaimhukum.blogspot.com

3..http://anitapartupeker.blogspot.com
JAKARTA 19/4/2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman