Selasa, 21 April 2015

HUKUM BERTEMAN DENGAN JIN





PERSAHABATAN DENGAN JIN ?

إِنَّهُ يَرَاكُمْ هُوَ وَقَبِيلُهُ مِنْ حَيْثُ لاَ تَرَوْنَهُمْ
Artinya : “Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka.” (QS. Al A’raf : 27).
وَأَنَّهُ كَانَ رِجَالٌ مِّنَ الْإِنسِ يَعُوذُونَ بِرِجَالٍ مِّنَ الْجِنِّ فَزَادُوهُمْ رَهَقًا
Artinya : “Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, Maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan.” (QS. Al Jin : 6)
Muqaddimah
Adapun Nabi Sulaiman ‘alaihis salam, Allah taklukkan jin untuk tunduk di bawah kerajaan beliau. Allah halangi mereka, sehingga tidak bisa menyimpang atau melakukan kerusakan. Allah berfirman:
وَمِنَ الشَّيَاطِينِ مَن يَغُوصُونَ لَهُ وَيَعْمَلُونَ عَمَلًا دُونَ ذَٰلِكَ ۖ وَكُنَّا لَهُمْ حَافِظِينَ
Kami telah tundukkan (pula kepada Sulaiman) segolongan syaitan-syaitan yang menyelam (ke dalam laut) untuknya dan mengerjakan pekerjaan selain daripada itu, dan Kami yang menjaga mereka itu.” (QS. Al-Anbiya: 82)
Al-Hafidz Ibnu Katsir mengatakan:
“Maksud ayat, Allah lindungi Sulaiman sehingga tidak terkena tindakan jahat setan, bahkan sebaliknya, semua setan berada di bawah genggamannya dan kekuasaannya. Tidak ada satupun setan yang mampu mendekatinya. Beliau mengusai mereka, jika beliau mau, beliau bisa lepaskan setan atau sebaliknya, beliau bisa penjarakan setan. Allah berfirman,
وَآخَرِينَ مُقَرَّنِينَ فِي الأصْفَادِ
Setan yang lain yang terikat dalam belenggu.” (QS. Shad: 38)
(Tafsir Ibn Katsir, 5:359)
Status Jin dalam Al-Qur’an ?
a.  Jin diciptakan dari api dan diciptakan sebelum manusia
Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Dan Kami telah menciptakan jin sebelumnya dari api yang sangat panas. (Al-Hijr: 26-27).
خُلِقَتِ الْمَلاَئِكَةُ مِنْ نُورٍ، وَخُلِقَ الْجَانُّ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ، وَخُلِقَ آدَمُ مِمَّا وُصِفَ لَكُمْ. رواه مسلم
Malaikat telah diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari nyala api, dan Adam diciptakan dari tanah (yang telah dijelaskan kepada kalian). (Muslim)
b.  Jin adalah makhluk yang berkembang biak dan berketurunan
Dan (Ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam, maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turunan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah Iblis itu sebagai pengganti (dari Allah) bagi orang-orang yang zhalim. (Al-Kahfi: 50).
c. Jin dapat melihat manusia sedangkan manusia tidak dapat melihat jin
Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya ‘auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman. (Al-A’raf: 27).
d. Bahwa di antara bangsa jin ada yang beriman dan ada pula yang kafir, karena mereka diberikan iradah (kehendak) dan hak memilih seperti manusia.
Dan sesungguhnya di antara kami ada jin yang taat dan ada (pula) jin yang menyimpang dari kebenaran. Barangsiapa yang taat, maka mereka itu benar-benar telah memilih jalan yang lurus. Adapun jin yang menyimpang dari kebenaran, maka mereka menjadi kayu api bagi neraka Jahanam. (Al-Jin (72): 14-15).
Berhubungan dengan jin adalah salah satu pintu kerusakan dan berpotensi mendatangkan bahaya besar bagi pelakunya. Potensi bahaya ini dapat kita pahami dari hadits Qudsi di mana Rasulullah saw menyampaikan pesan Allah swt:
وَإِنِّي خَلَقْتُ عِبَادِي حُنَفَاءَ كُلَّهُمْ، وَإِنَّهُمْ أَتَتْهُمْ الشَّيَاطِينُ فَاجْتَالَتْهُمْ عَنْ دِينِهِمْ، وَحَرَّمَتْ عَلَيْهِمْ مَا أَحْلَلْتُ لَهُمْ، وَأَمَرَتْهُمْ أَنْ يُشْرِكُوا بِي مَا لَمْ أُنْزِلْ بِهِ سُلْطَانًا. رواه مسلم
Dan sesungguhnya Aku telah menciptakan hamba-hamba-Ku semua dalam keadaan hanif (lurus), dan sungguh mereka lalu didatangi oleh setan-setan yang menjauhkan mereka dari agama mereka, mengharamkan apa yang telah Aku halalkan, dan memerintahkan mereka untuk menyekutukan-Ku dengan hal-hal yang tidak pernah Aku wahyukan kepada mereka sedikit pun. (Muslim)
Hukum Bekerja sama dengan Jin ?

Jin menurut Al-Quran memiliki kesamaan dengan manusia dalam beberapa hal yaitu (a) sama-sama berakal; dan (b) sama-sama mukallaf atau kewajiban untuk menjalankan syariah Islam (
ومَا خَلَقْتُ الجِنَّ والإنسَ إلاَّ لِيَعْبُدُونِ), (أَلَمْ يَأْتِكُمْ رُسُلٌ مِّنكُمْ يَقُصُّونَ عَلَيْكُمْ آيَاتِي ويُنذِرُونَكُمْ لِقَاءَ يَوْمِكُمْ هَذَا قَالُوا شَهِدْنَا عَلَى أَنفُسِنَا); (c) memiliki aktivitas seperti manusia antara lain makan, minum, bangun, tidur, menikah, dll (أَفَتَتَّخِذُونَهُ وذُرِّيَّتَهُ أَوْلِيَاءَ مِن دُونِي وهُمْ لَكُمْ عَدُوٌّ)
Tidak ada ayat Quran atau hadits Nabi yang melarang atau membolehkan secara tegas pertemanan dengan jin. Itulah sebabnya ulama berbeda pendapat mengenai hukumnya. Yang membolehkan berpedoman pada pandangan Ibnu Taimiyah di atas. Namun perlu dicatat bahwa jin adalah makhluk halus yang dapat menampakkan diri pada manusia dalam berbagai bentuk seperi ular, anjing, dan hewan-hewan lain atau dalam bentuk manusia. Karena itu, ada baiknya tidak terlalu dekat dengan jin karena kalau pun kita dapat mengendalikannya, tidak menjamin kita dapat selamat dari tipu dayanya.
Syaikhul Islam dalam Majmu al-Fatawa, memberikan rincian yang sangat apik, terkait hukum bekerja sama dengan jin:
1. Manusia menyuruh jin untuk melakukan apa yang Allah dan rasul-Nya perintahkan, seperti beribadah kepada Allah semata, atau menaati Nabi-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan sebaliknya, jin menyuruh manusia untuk melakukan yang sama, maka jin dan manusia ini termasuk wali Allah yang mulia, di samping itu, dia merupakan penerus dakwah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
2. Manusia yang bekerja sama dengan jin dalam masalah yang mubah, sementara dia tetap berusaha menyuruh melakukan kewajiban syariat atau meninggalkan larangan syariat, dan dia meminta jin untuk melakukan sesuatu yang mubah, maka dalam kasus ini sama seperti penguasa yang menyuruh bawahannya untuk melakukan sesuatu.
3. Manusia memerintahkan jin untuk melakukan sesuatu yang dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam, baik untuk melakukan kesyirikan, membunuh orang yang tidak bersalah, mengganggu orang namun tidak sampai membunuh, misalnya mengirim penyakit, membuat gila, atau kezaliman lainnya, atau membantu dalam perbuatan maksiat yang diminta oleh manusia, berarti dia telah meminta tolong jin untuk melakukan perbuatan dosa dan melampaui batas. Jika dia minta tolong jin untuk melakukan kekafiran maka manusia itu kafir, dan jika dia meminta tolong jin untuk melakukan kemaksiatan maka dia orang fasik atau pelaku perbuatan dosa… (Majmu’ Fatawa, 11: 307 – 308)
Didalam al Mausu’ah al Fiqhiyah (14/18) : “Adapun meminta pertolongan kepada selain Allah swt, baik kepada manusia atau jin, apabila meminta pertolongan kepada jin maka hal ini terlarang, karena bisa mengakibatkan kemusyrikan dan kekufuran, sebagaimana firman Allah ta’ala :
Artinya : “Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, Maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan.” (QS. Al Jin : 6)
Syeikh al Albani didalam kitabnya “As Silsilah ash Shahihah” (pada hadits no. 2760) mengatakan,”Dan sisi ini, sebagian orang secara demonstratif mengobati manusia, yang umumnya mereka disebut dengan “Dokter Rohani” baik dengan cara-cara kuno berupa berhubungan dengan kawannya dari golongan jin—sebagaimana pernah dilakukan pada masa jahiliyah—atau dengan cara yang saat ini dikenal dengan menghadirkan arwah, dan sejensinya, menurutku, “Hipnotis”, maka sesungguhnya itu semua merupakan sarana yang tidak disyariatkan karena hal itu kembali kepada permintaan tolong kepada jin yang merupakan sebab kesesatan orang-orang musyrik.
Imam At-Thabari dalam tafsirnya menyebutkan: “Ada penduduk kampung dari bangsa Arab yang menuruni lembah dan menambah dosa mereka dengan meminta perlindungan kepada jin penghuni lembah tersebut, lalu jin itu bertambah berani mengganggu mereka.
Ikhtitam
قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ ثُمَّ لَآتِيَنَّهُم مِّن بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَن شَمَائِلِهِمْ ۖ وَلَا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ

Iblis berkata, “Karena Engkau (ya Allah) telah menghukumku untuk tersesat, maka sungguh aku akan menghalanghalangi manusia dari jalan Engkau yang lurus. Kemudian aku akan mendatangi (menggoda) mereka dari hadapan dan dari belakang mereka, dari kanan dan kiri mereka, dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat)”. [al-A`râf/7:16-17]
وَقُل رَّبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَن يَحْضُرُونِ

Dan katakanlah: “wahai Rabbi, aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan godaan setan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau Ya Rabbi, dari kedatangan mereka kepadaku”. [al-Mukminûn/23:97-98]
Sumber:1.http://www.dakwatuna.com 2.http://www.alkhoirot.net
3.http://www.eramuslim.com
4.http://www.konsultasisyariah.com
JAKARTA 21/4/2015

37 komentar:

  1. Boleh berteman dengan JIN apabila di manfaatkan untuk kebaikan dan taat kepada Allah SWT.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf baru tahu komentar anda. Terima kasih kunjungannya. Berteman dengan jin muslim dalam kebaikan dan ketaqwaan boleh jadi sebagaimana nabi Sulaiman as dimana beliau seorang nabi dan rasul tentu mendapat bimbingan dan ridha dariNya. Kita manusia biasa hati hati jika berteman dengan jin,takutnya kita yang kalah dan akhirnya berbuat dosa karenanya.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. minta tolong sama jin bisa membahayakan, bisa bikin mudharat diri dan keluarga kita.yg gratis tanpa ada udang dibalik batu sulit ditemukan. tipu daya jin agar kt tersesat masuk neraka begitu indah mereka tawarkan dan berikan dgn bantuan2 dan pertolongan2

      Hapus
    4. Bagus tetapi saran aq sih sebum jauh melangkah mendingan berhenti aj... Contoh nya qt pergi menyjenguk orang sakit dan qt mengobatinya niat qt sih bersih semata mata karenah Allah swt karena qt perantaran saja yg menyembukan tu Allah swt, tetapi takut nya orang yg qt bantu itu mengangap qt orang pintar bisah menyembuhkan orang sakit, dalam tidak sadar qt sudah menyjerumuskan mereka dalam kesirikan

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. Apakah boleh berteman dengan makhluk halus yang baik,tetapi non muslim

      Hapus
  2. Saya sering mengobati orang yang dikerjai jin yg diperintah manusia lain (santet, teluh, dll yg sejenis)dan setiap jin yang sy temui emang serem-serem dan kebanyakan non agama, kadang kala ketika buntu "gimana ngobatinnya", saya panggil raja jin-nya biar diangkut tuh jin yang ngeyel. cem-macem aja... Alhamdulillah santri sy dari golongan jin udah lumayan lah (lebih dari hitungan jari), mencoba mengajari praktek agama Islam yang benar, eit maaf ya sebelumnya sy juga punya santri beneran dr bangsa Wong (SD, SMP, SMA ampe pengangguran, termasuk preman-preman kampung yang bertato mau ngaji Alhamdulillah) walaupun Batik di badannya belum dihilangkan total.
    Kesimpulannya, yang pasti bangsa Jin itu ada, dan beragam suku bangsa pula. tapi ingat Sebaik-Baik se-ekor Jin = 1 Orang Jahat di bangsa manusia. (Maaf pakai se-ekor karena tidak tepat kalau pakai seorang,kan bukan orang). kenapa pakai se-ekor, ya yang saya lihat meskipun jd wujud Cantik bikin ngiler tetep aja ada buntutnya si Jin itu. gk tau lah. Sekian pengalaman dari saya, dan Alhamdulillah sy masih Manusia tidak akan berevolusi menjadi Jin mau Pakek Botol tetep gk ngaruh).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Andai kalo deket saya pasti mnjadi santri mas bayu

      Hapus
    2. Apakah jin itu tidak meninggal?

      Hapus
    3. Mengapa ada manusia yg diganggu oleh jin?

      Hapus
    4. Ya benar mas bayu..saya juga punya kawan seekor jin muslim yg lebih taat dr manusia..kamibsering mengaji dan berdialog maslah agama dan perilaku manusia2 yg maaf kurng taat dlm beragama..dan jin kwanku itu merupakan santri dari mbah kiyai jin di pesantren sumbing...spt di pondok2 mengaji berpuasa dan sholat..alhamdulillah sgl kesulitanku mrk bs bantu atas seijin Alloh..krn jin hny spt manusia seorng dokter yg bs mengobati dan perantara pertolongan Alloh..amin kami dah setahun sll dialog dab baik2 saja keluarga kami..amin ya robbi

      Hapus
    5. saya gk bs liat jin jadi sy gk punya temen dari bangsa jin. sy pikir sih intinya Allah itu Maha Pengasih dan Maha Penyayang, dan Allah ingin kita membuktikan kecintaan kita kepada-Nya dengan cara nyata yaitu Mencintai Seluuuruuhhh mahluk ciptaannya ... (tentu cara mencintainnya harus sesuai tuntunan agama-Nya).. Bagaimana sih cara yg sesuai itu ? ... Jawabnya adalah sebuah pertanyaan .. Berapa menit dalam 24 jam diriku belajar ilmu Agama ? ... jangan sia siakan umur kita ya ikhwan .. salam.

      Hapus
  3. Alhamdulillah... Bapak telah mengunjungi blog semesta bertasbih. Bapak banyak menolong orang yang diganggu bangsa jin dan itu merupakan kelebihan dan amal shalih bapak. Semoga kebaikan bapak dibalas olehNya dengan sebaik baik balasan. Aamiin. Terima kasih kunjungannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bbissmillahirrahmannirrahim.maaf ikhwan, apakah baginda nabi juga berdakwah kepada bangsa jin?

      Hapus
  4. Wah...aku mendapat berita bahwa ada orang yang disukai jin dan sedikit memaksa orang tersebut dan akhirnya orang tersebut berteman dengan jin. Sedangkan orang terebut aku lihat sholat, dan disaMping itu beliau melakukan pengobatan dengan bantuan jin tsb, lalu apakah ini terlarang baik yang mengobati atau yang berobat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memerintah kan hnya utk taat kpd Allah SWT dan bukan minta bantuannya..disurat alfateha sudh di jelaskan

      Hapus
  5. Wahai anak adam (termsuk saya) banyak banyaklah kalian memohon ampun dan sabar dalam segala hal
    Semoga kita semua dirahmati oleh Allah Swt. Amin

    BalasHapus
  6. Wahai anak adam (termsuk saya) banyak banyaklah kalian memohon ampun dan sabar dalam segala hal
    Semoga kita semua dirahmati oleh Allah Swt. Amin

    BalasHapus
  7. Alangkah baiknya kita memohon kepada Allah SWT dari pada berteman dengan jin, karena ILMU Allah diatas segalanya. Apabila kita termasuk orang yang mendapatkan petunjuknya niscaya akan ada cara lain selain berteman dengan jin. Karena kita tidak bisa melihat sifat asli dari jin, apakah dia benar benar taat atau tidak. Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatu.

    BalasHapus
  8. Assalamu'alaikum wr wb saya mau tanya jika belajar bahasa asing di pondok pesantren dengan waktu yang relatif singkat bisa membuat kita mahir dengan bahasa asing tersebut, dalam proses nya kita di suruh minum air dan membaca wirid apakah cara belajar seperti itu mengunakan jin atau tidak, kalaupun itu menggunakan jin apa hukumnya ?
    Trmksh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jelas salah hukumnya dan berdosa jika itu dengan bantuan jin

      Hapus
  9. Pengalaman saya pernah nganter om saya berobat keorang pintar emang orang pintar trsebut penganut islam kejawen orang pintar trsebut meminta bantuan jin untuk menyembuhkan om saya yg terkena santet... Alkhamdulilah dalam satu minggu om saya sembuh total... Lha pertanyaan saya apakah pengobatan trsebut diperbolehkan dalam islam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak di perbolehkan..karna meminta bantuan atau pertolongan selain Allah..

      Hapus
  10. Assalamualaikum wr wb.. Maaf saya telat komennya karna sya juga baru mencari artikel tentang ini,, karna saya juga menagalami hal" aneh setelah di ruqiah,,ada jin titipan kakek datuk saya yg ke 7 ngakunya tapi dia juga jelaskan tentang silsilah saya yang bapak saya juga ngak tau, trus saya diajari sholat,.maaf karna saya sebelumnya ngk trlalu mengeri sama islam cuma KTP aja, kelakuan saya juga hal hitam semua.dari mabuk perempuan semua hal tntang maksiat. Mkanya saya bingung harus kemana saya bertanya.sekarang saya ngk mimpi atau menhayal.,bisa melihat siapa aja yang datang kesaya termasuk sunan kalijaga. Dia yg membimbing saya mengajarkan sholat, puasa, amalan. Tata krama sesama manusia. Banyak hal lah yg saya alami klo saya critakan nanti saya dibilang gila. Yang saya mau tanyakan apakah yg datang kesaya itu beliau atau jelmaan atau bagaimana.. Terima kasih dan mohon jawabanya.. Karna saya dalam kebingungan wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut sy Itu jin yg menjelma atau mengaku2.. Karena sy jg pernah melihat ustad berbicara dengan sosok yg mengaku kh.ahmad dahlan, memang sosok itu mengajarkan kebaikan.. Tapi ustad itu kemudian bilang org yg sudah meninggal tidak bisa kembali ke dunia. Atau ( arwahnya berkeliaran ) akhirnya sosok itu mengaku adl santri sebangsa jin kh.ahmad dahlan semasa kyai hidup.. Meskipun jin itu mengajarkan kebaikan. Kita hrs tetap waspada kepada tipu daya mereka atau kebohongan mereka.. Krn sebaik2nya jin adl seburuk2nya manusia..
      Wallahualam semoga bermanfaat..

      Hapus
  11. thank nice infonya sangat menarik, silahkan kunjungi balik website kami http://bit.ly/2qix4Hb

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum,, ustad, sy termasuk orang yg sangat bodoh dan awam mengenai hukum n interaksi dg alam jin,,, sy ingin bertanya, bolehkah kita memberi makan kepada jin,, dan dari hadist yg sya baca makanan mereka adalah tulang n kotoran, akan tetapi sya diminta makanan oleh jin berupa bunga melati dan bawang merah,, bolehkah saya memberikanya ? terima kasih.. mhon penjelasannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Knp harus di umpani..berilah makanan sesama manusia kpd fakir atau yh TDK mampu..yg jelas2 nyata wujudnya

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. apakah boleh berteman dengan makhluk halus yang baik,tetapi non muslim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berteman dengan jin boleh dengan syarat dia adalah jin muslim yang jelas keislamannya dan memiliki perilaku yang salih. Ini sama dengan kewajiban kita untuk bergaul dengan manusia yang salih agar tidak membawa kita pada perilaku maksiat dan kemungkaran.

      Hapus
  15. Yg nyata wujudnya aja masih bisa bohongi...knp berteman yg TDK nyata wujudnya

    BalasHapus
  16. Aswkm wrbkth
    Di obati dengan metode baca ayat ayat suci Al quran an..lalu ada yang masuk ke dalam tubuh..setelah itu..pesan nya jangan lupa tinggal kan shalat ..setelah sehat..itu aja
    Gmn pendapat para leluhur ku..atau ustazdh tolong info nya

    BalasHapus
  17. Aswkm wrbkth
    Di obati dengan metode baca ayat ayat suci Al quran an..lalu ada yang masuk ke dalam tubuh..setelah itu..pesan nya jangan pernah tinggal kan shalat ..setelah sehat..itu aja
    Gmn pendapat para leluhur ku..atau ustazdh tolong info nya

    Balas

    BalasHapus
  18. Jin islam itu juga jahat? Karna sbaiak baik jin sejahat2 manusia,br arti jin baik sejahat fir'au d manusia..

    BalasHapus

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman