قل هذه سبيلي ادعواإلى الله على بصيرة أنا و من اتبعني و
سبحن الله وما أنا من المشركين (يوسوف : 108)
Artinya : “katakanlah (Muhammad)
: “Inilah jalanku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada
Allah dengan yakin, Maha Suci Allah, dan aku tidak termasuk orang-orang musyrik”.
(Yusuf [12] : 108)
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA—Rancangan Undang-Undang
Perlindungan Umat Beragama (RUU PUB) yang di dalamnya terdapat upaya untuk
mengatur materi dakwah dinilai kurang tepat.
Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia
(MUI) Pusat Amirsyah Tambunan mengaku tidak sepakat dengan istilah dakwah
provokatif. Bila ada aktivitas yang menyeru atau menghasut pada hal-hal tidak
terpuji, menurutnya itu bukanlah dakwah.
“Dakwah itu ajakan kepada ajaran Islam. Untuk memberi
pencerahan dan pencerdasan umat beragama. Tidak ada istilah dakwah provokatif,
perlu diluruskan itu,” kata Amirsyah saat dihubungi ROL, Selasa (23/12).
Muqaddimah
Tujuan dakwah sebagai komunikasi adalah memberi informasi tentang agama
Islam, tujuan ini bukanlah tujuan final. Perkembangan antara tabligh dan dakwah
tidaklah berakhir dengan wafatnya Nabi Muhammad SAW. Tabligh dan dakwah itu
terus berlangsung selama masih berdiri langit dan bumi, untuk menyampaikan
informasi mengenai agama Islam, agar semua orang memperoleh pengetahuan tentang
agama Islam dan mengerti tentang Islam.
Sebagai bukti mengerti tidaknya umat ini dengan Islam adalah akan terlihat mereka melakukan kebaikan dan meninggalkan perbuatan tercela. Tidak hanya sebatas itu, akan tetapi kebaikan itu juga akan berimbas kepada keluarga dan masyarakat. Adapun tujuan final dari dakwah tersebut untuk mencapai keselamatan dan kesentosaan manusia di dunia ini dan di akhirat nanti. - See more at: http://anacarlya.blogspot.com/2013/04/media-dakwah-dalam-perspektif-al-quran.html#sthash.7D3A9ugM.dpuf
Sebagai bukti mengerti tidaknya umat ini dengan Islam adalah akan terlihat mereka melakukan kebaikan dan meninggalkan perbuatan tercela. Tidak hanya sebatas itu, akan tetapi kebaikan itu juga akan berimbas kepada keluarga dan masyarakat. Adapun tujuan final dari dakwah tersebut untuk mencapai keselamatan dan kesentosaan manusia di dunia ini dan di akhirat nanti. - See more at: http://anacarlya.blogspot.com/2013/04/media-dakwah-dalam-perspektif-al-quran.html#sthash.7D3A9ugM.dpuf
Secara tekstual di dalam Al Quran dan hadits memang tidak ditemukan ayat
atau hadits yang membicarakan media dakwah, namun demikian, media dakwah tetap
menjadi salah satu komponen penting untuk mencapai tujuan dakwah.
Secara filosofi, media dakwah tidak dapat dipisahkan dengan pribadi juru dakwah dan komponen lainnya. Apabila salah satu tidak mendukung, maka proses dakwah tidak akan diproses dan dipahami dari penyelenggaraan dakwah. Kepiawaian juru dakwah dalam memilih media yang tepat akan mendukung proses dakwah terlaksana dengan baik. Secara umum ada beberapa media dakwah yang terinspirasi dari Al Quran dan hadits, di antaranya:
1. Lisan seperti melalui ceramah, khutbah dan lain sebagainya.
2. Tulisan, seperti melalui buku,artikel, karya ilmiah, surat, surat kabar, majalah, dan lain-lain,
3. Lukisan, seperti seni lukis, foto dan lain sebagainya,
4. Audio visual, seperti melalui radio, telivisi, internet, musik dan lain-lain,
5. Akhlak, dan
6. Seni atau budaya
Dari model-model media ini, bila dimanfaatkan secara maksimal oleh seorang da’i, maka isya Allah pelaksana dakwah akan lebih mudah diterima masyarakat atau objek dakwah, tentunya dengan kecermatan da’i dalam menyesuaikannya dengan situasi dan kondisi.
Secara filosofi, media dakwah tidak dapat dipisahkan dengan pribadi juru dakwah dan komponen lainnya. Apabila salah satu tidak mendukung, maka proses dakwah tidak akan diproses dan dipahami dari penyelenggaraan dakwah. Kepiawaian juru dakwah dalam memilih media yang tepat akan mendukung proses dakwah terlaksana dengan baik. Secara umum ada beberapa media dakwah yang terinspirasi dari Al Quran dan hadits, di antaranya:
1. Lisan seperti melalui ceramah, khutbah dan lain sebagainya.
2. Tulisan, seperti melalui buku,artikel, karya ilmiah, surat, surat kabar, majalah, dan lain-lain,
3. Lukisan, seperti seni lukis, foto dan lain sebagainya,
4. Audio visual, seperti melalui radio, telivisi, internet, musik dan lain-lain,
5. Akhlak, dan
6. Seni atau budaya
Dari model-model media ini, bila dimanfaatkan secara maksimal oleh seorang da’i, maka isya Allah pelaksana dakwah akan lebih mudah diterima masyarakat atau objek dakwah, tentunya dengan kecermatan da’i dalam menyesuaikannya dengan situasi dan kondisi.
Tujuan Da’wah
Da’wah Secara lughawi berasal dari bahasa Arab, da’wah yang artinya
seruan, panggilan, undangan. Secara istilah, kata da’wah berarti menyeru atau
mengajak manusia untuk melakukan kebaikan dan menuruti petunjuk, menyuruh
berbuat kebajikan dan melarang perbuatan munkar yang dilarang oleh Allah Swt.
dan rasul-Nya agar manusia mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.
Da’wah adalah usaha penyebaran pemerataan ajaran agama di samping amar
ma’ruf dan nahi munkar. Terhadap umat Islam yang telah melaksanakan
risalah Nabi lewat tiga macam metode yang paling pokok yakni da’wah, amar
ma’ruf, dan nahi munkar. Allah memberi mereka predikat sebagai umat
yang berbahagia atau umat yang menang .
Adapun mengenai tujuan da’wah,
yaitu: pertama, mengubah pandangan hidup. Sepert yang tersirat dalam QS. Al Anfal:
24 :
ياَيّهَا الَّذِيْنَ امَنُوْااسْتَجِيْبُوْا للهِ
وَلِلرَّسُوْلِ اِذَا دَعَاكُمْ لِمَا يُجِيْبُكُمْ ، وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهَ
يَحُوْلُ بَيْنَ الْمَرْءِ وَقَلْبِهِ وَاَنَّهُ اِلَيْهِ تُحْشَرُوْنَ
Wahai orang-orang yang beriman penuhilah seruan allah
dan rasul apabila dia menyerumu kepada sesuatu yang memberimu kehidupan
kepadamu, dan ketahuilah bahwa sesungguhnya allah membatasi antara manusia dan
hatinya dan seseungguhnya kepada-Nya-lah kamu akan dikumpulkan.
Dalam ayat diatas di siratkan bahwa yang menjadi maksud dari da’wah adalah
menyadarkan manusia akan arti hidup yang sebenarnya. Hidup bukanlah makan,
minum dan tidur saja. Manusia dituntut untuk mampu memaknai hidup yang
dijalaninya.
Kedua, mengeluarkan
manusia dari gelap-gulita menuju terang-benderang. Ini diterangkan dalam firman
Allah dalam surat Ibrahim:1 :
الر, كِتابٌ اَنْزَلْنَهُ اِلَيْكَلِتُخْرِجَ النّاسَ
مِنَ الظُّلُمَتِ اِلىَ النُّوْرِ, بِاِذْنِ رَبِّهِمْ اِلىَ صِرَاطِ
الْعِزِيْزِالْحَمِيْدِ.
Alif Lam Ra, ini adalah kitab yang kami turunkan kepadamu (Muhammad) agar
engkau mengeluarkan manusia dari kegelapan kepada cahaya terang menderang
dengan izin tuhan,(yaitu) menuju jalan tuhan yang maha perkasa, maha terpuji.
Islam memang adalah agama dakwah artinya agama yang selalu mendorong
umatnya untuk senantiasa aktif melakukan kegiatan dakwah. Kemajuan dan
kemunduran umat islam sangat berkaitan erat dengan dakwah yang dilakukuannya.
Karena itu al-quran menyebut kegiatan dakwah dengan ahsanu qaula (ucapan dan
perbuatan yang paling baik): QS.fushilat : 33, predikat khairu ummah, hanya
diberikan kepada umat yang aktif dalam kegiatan dakwah (QS. Al-baqarah 143),
dan pertolongan allah bagi aktivis dakwah (Qs. Al-Hajj : 40-41) serta
mendapatkan jaminan rahmatnya Allah (Qs. At-Taubah: 71). Demikian pula
sebaliknya azab Allah akan diturunkan kepada siapapun yang enggan melakukan
kegiatan dakwah (Qs. Al-maidah: 79)
Hukum Da’wah
1) اَنْفِذْ عَلَى رَسُلِكَ حَتَّى تَنْزِلَ بِسَاحَتِهِمْ ثُمَّ اُدْعُهُمْ إِلَى الإِسْلاَمِ وَأَخْبِرْهُمْ بـِمَا يَجِبُ عَلَيْهِمْ مِنْ حَقِّ اللهِ فِيْهِ فَوَاللهِ لِأَنْ يَهْدِيَ اللهُ بِكَ رَجُلاً وَاحِداً خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ يَكُوْنَ لَكَ حُمْرُ النَّعَمِ ) (رواه البخارى)
“Ajaklah
mereka memeluk Islam dan beritahu mereka apa-apa yang diwajibkan atas mereka yang
berupa hak Allah di dalamnya. Demi Allah, Allah memberi petunjuk kepada
seseorang lantaran engkau, adalah lebih baik bagimu daripada engkau memiliki
unta merah”
Da’wah Rasulullah saw
1) أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال يا عائشة: إِنَّ اللهَ رَفِيْقٌ يُحِبُّ الرِّفْقَ وَيُعْطِي عَلَى الرِّفْقِ ماَ لاَ يُعْطِي عَلَى العُنْفِ وَماَ لاَ يُعْطِي عَلَى مَا سِوَاهُ. (رواه مسلم)
“Sesungguhnya Allah Maha lembut, mencintai kelembutan, dia memberikan kepada yang lembut apa yang tidak diberikan kepada yang kasar”
“Sesungguhnya Allah Maha lembut, mencintai kelembutan, dia memberikan kepada yang lembut apa yang tidak diberikan kepada yang kasar”
2) إِنَّ الرِّفْقَ لاَ يَكُوْنُ فيِ شَيْءٍ إِلاَّ زَانَهُ وَلاَ يُنْزَعُ مِنْ شَيءٍ إِلاَّ شَانَهُ (رواه مسلم)
“Sesungguhnya, tidaklah kelembutan itu ada pada sesuatu kecuali ia akan membaguskannya, dan tidaklah (kelembutan) itu tercabut dari sesuatu, kecuali akan memburukkannya”
3) مَنْ يُحْرَمُ الرِّفْقُ يُحْرَمُ الْخَيْرُ (رواه مسلم)
“Barang siapa yang tidak terdapat kelembutan padanya, maka tidak ada kebaikan padanya”
4) وقال النبي صلى الله عليه وعلى آله وسلم وهو يبعث الناس: (يَسُرُّوا وَلاَ تُعَسِّرُوْا، وَبَشِّرُوْا وَلاَ تُنَفِّرُوْا، فَإِنَّمَا بُعِثْتُمْ مُيَسِّرِيْنَ وَلَمْ تُبْعَثُوْا مَعَسِّرِيْنَ) (رواه مسلم)
“Sesungguhnya, tidaklah kelembutan itu ada pada sesuatu kecuali ia akan membaguskannya, dan tidaklah (kelembutan) itu tercabut dari sesuatu, kecuali akan memburukkannya”
3) مَنْ يُحْرَمُ الرِّفْقُ يُحْرَمُ الْخَيْرُ (رواه مسلم)
“Barang siapa yang tidak terdapat kelembutan padanya, maka tidak ada kebaikan padanya”
4) وقال النبي صلى الله عليه وعلى آله وسلم وهو يبعث الناس: (يَسُرُّوا وَلاَ تُعَسِّرُوْا، وَبَشِّرُوْا وَلاَ تُنَفِّرُوْا، فَإِنَّمَا بُعِثْتُمْ مُيَسِّرِيْنَ وَلَمْ تُبْعَثُوْا مَعَسِّرِيْنَ) (رواه مسلم)
“Hendaklah
kalian bersikap memudahkan dan jangan menyulitkan. Hendaklah kalian
menyampaikan kabar gembira dan jangan membuat mereka lari, karena sesungguhnya
kalian diutus untuk memudahkan dan bukan untuk menyulitkan.”
Ayat-Ayat Da’wah
Kumpulan Ayat-Ayat Dakwah oleh ZA-EdotCOM ;
وَلْتَكُن مِّنكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَأُوْلَـئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ
“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar ; merekalah orang-orang yang beruntung.” (Q.S. Ali Imran [3]: 104)
كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللّهِ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْراً لَّهُم مِّنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ
“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.” (Q.S. Ali Imran [3]: 110)
ادْعُ إِلِى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُم بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَن ضَلَّ عَن سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ
“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” (Q.S. An-Nahl [16]:125)
وَلَا يَصُدُّنَّكَ عَنْ آيَاتِ اللَّهِ بَعْدَ إِذْ أُنزِلَتْ إِلَيْكَ وَادْعُ إِلَى رَبِّكَ وَلَا تَكُونَنَّ مِنَ الْمُشْرِكِينَ
“Dan janganlah sekali-kali mereka dapat menghalangimu dari (menyampaikan) ayat-ayat Allah, sesudah ayat-ayat itu diturunkan kepadamu, dan serulah mereka kepada (jalan) Tuhanmu, dan janganlah sekali-sekali kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.” (Q.S. Al-Qashash [28]: 87)
إِنَّكَ لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَن يَشَاءُ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ
“Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk.” (Q.S. Al-Qashash [28]: 56)
قُلْ هَـذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللّهِ عَلَى بَصِيرَةٍ أَنَاْ وَمَنِ اتَّبَعَنِي وَسُبْحَانَ اللّهِ وَمَا أَنَاْ مِنَ الْمُشْرِكِينَ
“Katakanlah: “Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik”.” (Q.S. Yusuf [12]: 108)
نَفَرَ مِن كُلِّ فِرْقَةٍ مِّنْهُمْ طَآئِفَةٌ لِّيَتَفَقَّهُواْ فِي الدِّينِ وَلِيُنذِرُواْ قَوْمَهُمْ إِذَا رَجَعُواْ إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُونَ
“Tidak sepatutnya bagi mu’minin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya.” (Q.S. At-Taubah [9]: 122)
وَإِنَّكَ لَتَدْعُوهُمْ إِلَى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ
“Dan sesungguhnya kamu benar-benar menyeru mereka kepada jalan yang lurus.” (Q.S. Al-Mu’minun [23]: 73)
وَالْمُؤْمِنُونَ وَالْمُؤْمِنَاتُ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاء بَعْضٍ يَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَيُقِيمُونَ الصَّلاَةَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَيُطِيعُونَ اللّهَ وَرَسُولَهُ أُوْلَـئِكَ سَيَرْحَمُهُمُ اللّهُ إِنَّ اللّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ
“Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka ta’at pada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (Q.S. At-Taubah [9]: 71)
يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ إِنَّا أَرْسَلْنَاكَ شَاهِداً وَمُبَشِّراً وَنَذِيراً
“Hai Nabi, sesungguhnya Kami mengutusmu untuk jadi saksi, dan pembawa kabar gemgira dan pemberi peringatan.” (Q.S. Al-Ahzab [33]: 45)
وَدَاعِياً إِلَى اللَّهِ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجاً مُّنِيراً
“dan untuk jadi penyeru kepada Agama Allah dengan izin-Nya dan untuk jadi cahaya yang menerangi.” (Q.S. Al-Ahzab [33]: 46)
Kumpulan Ayat-Ayat Dakwah oleh ZA-EdotCOM ;
وَلْتَكُن مِّنكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَأُوْلَـئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ
“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar ; merekalah orang-orang yang beruntung.” (Q.S. Ali Imran [3]: 104)
كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللّهِ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْراً لَّهُم مِّنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ
“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.” (Q.S. Ali Imran [3]: 110)
ادْعُ إِلِى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُم بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَن ضَلَّ عَن سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ
“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” (Q.S. An-Nahl [16]:125)
وَلَا يَصُدُّنَّكَ عَنْ آيَاتِ اللَّهِ بَعْدَ إِذْ أُنزِلَتْ إِلَيْكَ وَادْعُ إِلَى رَبِّكَ وَلَا تَكُونَنَّ مِنَ الْمُشْرِكِينَ
“Dan janganlah sekali-kali mereka dapat menghalangimu dari (menyampaikan) ayat-ayat Allah, sesudah ayat-ayat itu diturunkan kepadamu, dan serulah mereka kepada (jalan) Tuhanmu, dan janganlah sekali-sekali kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.” (Q.S. Al-Qashash [28]: 87)
إِنَّكَ لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَن يَشَاءُ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ
“Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk.” (Q.S. Al-Qashash [28]: 56)
قُلْ هَـذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللّهِ عَلَى بَصِيرَةٍ أَنَاْ وَمَنِ اتَّبَعَنِي وَسُبْحَانَ اللّهِ وَمَا أَنَاْ مِنَ الْمُشْرِكِينَ
“Katakanlah: “Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik”.” (Q.S. Yusuf [12]: 108)
نَفَرَ مِن كُلِّ فِرْقَةٍ مِّنْهُمْ طَآئِفَةٌ لِّيَتَفَقَّهُواْ فِي الدِّينِ وَلِيُنذِرُواْ قَوْمَهُمْ إِذَا رَجَعُواْ إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُونَ
“Tidak sepatutnya bagi mu’minin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya.” (Q.S. At-Taubah [9]: 122)
وَإِنَّكَ لَتَدْعُوهُمْ إِلَى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ
“Dan sesungguhnya kamu benar-benar menyeru mereka kepada jalan yang lurus.” (Q.S. Al-Mu’minun [23]: 73)
وَالْمُؤْمِنُونَ وَالْمُؤْمِنَاتُ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاء بَعْضٍ يَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَيُقِيمُونَ الصَّلاَةَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَيُطِيعُونَ اللّهَ وَرَسُولَهُ أُوْلَـئِكَ سَيَرْحَمُهُمُ اللّهُ إِنَّ اللّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ
“Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka ta’at pada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (Q.S. At-Taubah [9]: 71)
يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ إِنَّا أَرْسَلْنَاكَ شَاهِداً وَمُبَشِّراً وَنَذِيراً
“Hai Nabi, sesungguhnya Kami mengutusmu untuk jadi saksi, dan pembawa kabar gemgira dan pemberi peringatan.” (Q.S. Al-Ahzab [33]: 45)
وَدَاعِياً إِلَى اللَّهِ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجاً مُّنِيراً
“dan untuk jadi penyeru kepada Agama Allah dengan izin-Nya dan untuk jadi cahaya yang menerangi.” (Q.S. Al-Ahzab [33]: 46)
Keutamaan Da’wah
1. Dakwah
Adalah Muhimmatur Rusul (Tugas Utama Para Rasul ‘Aliahimussalam)
Para Rasul
‘alaihimussalam adalah orang yang diutus oleh Allah SWT untuk melakukan tugas
utama mereka yakni berdakwah. Keutamaan dakwah terletak pada disandarkannya
kerja dakwah ini pada manusia yang paling utama dan mulia yaitu Rasulullah SAW
dan saudara-saudara beliau para nabi dan rasul ‘alaihimussalam.
قل
هذه سبيلي ادعواإلى الله على بصيرة أنا و من اتبعني و سبحن الله وما أنا من
المشركين (يوسوف : 108)
Artinya : “katakanlah (Muhammad) : “Inilah jalanku, aku
dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan yakin,
Maha Suci Allah, dan aku tidak termasuk orang-orang musyrik”.
(Yusuf [12] : 108)
2. Dakwah
adalah Ahsanul A’mal (Amal yang terbaik)
Dakwah
adalah amal yang terbaik, karena dakwah memelihara amal islami dalam pribadi
dan masyarakat. Membangun potensi dan memelihara amal shalih adalah amal
dakwah, sehingga dakwah merupakan aktivitas dan amal yang mempunyai peranan
penting di dalam menegakkan Islam. Tanpa dakwah ini maka amal shalih tidak akan
berlangsung.
ومن
أحسن قولا ممن دعا إلى الله وعمل صالحا وقال إنني من المسلمين (فصلت : 33)
Artinya : “Dan siapakah yang lebih baik perkataannya
daripada orang yang menyeru kepada Allah dan mengerjakan kebajikan dan
berkata “sungguh aku termasuk orang-orang muslim (yang berserah diri)”.
(Fushshilat [41] : 33)
3. Para Da’i
Akan Memperoleh Balasan Yang Besar Dan Berlipat Ganda (Al-Hushulu ‘Ala Al-Ajri
Al-‘Adzim)
Sabda
Rasulullah SAW kepada Ali bin Abi Thalib : “Demi Allah, sesungguhnya Allah SWT
menunjuki seseorang dengan (dakwah)mu, maka itu lebih baik bagimu dari unta
merah”. (Bukhari, Muslim & Ahmad)
Metode Hikmah
Hikmah secara bahasa memiliki beberapa artinya
yaitu: Al-adl, al-Ilm, al-Hlm, al-Nubuwah, al-Injil, al-Shunnah dan lain
sebagainya. Hikmah juga diartikan al-Ilah, atau alasan suatu hukum, atau
al-Kalam atau ungkapan singkat yang padat isinya.Paraulama mendefinisikan kata
hikmah secara istilahi yang di ambil dari pengertian bahasa tersebut antara
lain:
- Al-Hikmah; mencapai kebenaran dengan ilmu dan akal.” Al-hikmah dari Allah mengetahui sesuatu dan menciptakan secara sempurna. Dan hikmah bagi manusia adalah mengetahui sesuatu apa-apa yang diciptakan dan berbuat baik.
- Hikmah adalah mengetahui sesuatu yang terbaik dengan pengethuan yang paling baik.
- Meletakan sesuatu pada tempatnya.
- Ketepatan ucapan dan perbuatan secara bersamaan.
Ibnu katsir menafsirkan kata Hakim, maksudnya hakim dalam perbuatan dan
ucapan, hingga dapat meletakan sesuatu pada tempatnya. dengan demikian ini
mencakup semua tehnik dakwah yang diharapkan umat dakwah yang kita seru dengan
metode bisa dapat tercapai dengan apayang kita cita-citakan dan berhasil
dengan sempurna.
Kata Mauidzah Hasanah dala istilah dakwah berarti
sinonim dari nasehat yang memiliki format yang banyak, di antaranya:
- Perkataan yang jelas, dan dengan lemah lembut. Firman Allah: “dan berkatalah kepada manusia dengan perkataan yang baik.
- Isyarat lembut atau halus yang dapat difahami.
- Ta’riid, Kinayah dan Tauriyah (semua berarti cara menjelaskan dengan indah).
- Cerita khutbah yang mengesankan, anekdot.
- Mengingatkan akan nikmat Allah dengan respon yang diharapkannya adalah syukur kepada-Nya.
- Reward danpunisment.
- Persuatif dan preventif.
- Janji akan kemenangan.
- Tabah dan sabar.
Dalam Islam qudwah hasanah dapat dibedakan dlam dua
bagian:
1. Qudwah hasanah yang bersifat mutlak, yaitu suatu teladan atau contoh
baik sama sekali tidak tercampuri oleh keburukan karena setatusnya benar-benar
baik; sebagai mana teladan yang diberikan Rasulullah saw kepada umatnya. Status
Rasulullah yang ma’shum terbebas dari dosa, membuat beliau menjadi teladan bagi
umatnya, demikian juga teladan para Nabi terdahulu.
2. Qudwah hasanah nisbi yaitu teladan yang terikat dengan apa yang
disyari’atkan oleh Allah SWT. Karena status teladan itu dari manusia bukan dari
Rasul atau Nabi. Keteladanan dari mereka, seperti para ulama dan pemoimpin
ummat lainnya, hanay sebatas jika tidakbertentangan dengan syari’at Allah SWT.
Tidak ada keteladanan atau keteladanan dari mereka yang mengajak atau menyeru
untuk menentang Allah SWT. Keteladanan pada diri sellain Rasul sering kali
bersifat terbatas; artinya hanya tindakan saja yang bisa diikuti, dan sebagian
yang lain tidak. Hal ini karena keterbatasan manusia dalam menerapkan dan
menyerap ajaran yang diterimannya.
Jakarta 23/12/2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar