Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : SMK JOSUA
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : X/1
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
Aspek : Al-Qur’an
A. Standar Kompetensi
1. Memahami ayat-ayat
Al-Qur’an tentang manusia dan tugas-nya
sebagai khalifah di bumi.
B. Kompetensi Dasar
1.2 Menyebutkan arti QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14,
Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam Q.S.
Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An-Nahl: 78 dengan benar
Mampu mengartikan ayat Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan
An-Nahl: 78
Mampu menjelaskan kandungan QS Al Baqarah: 30, Al Mukminun : 12-14,
Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78.
|
Religius, jujur, santun,
disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai
keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak
dan kewajiban, kerja keras, dan adil.
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
Patuh dalam melaksanakan
ajaran agama yang dianutnya.
Toleran terhadap
pelaksanaan ibadah agama lain
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan (punya
perspektif untuk masa depan)
D. Materi Ajar (Materi Pokok)
Q.S. Al-Baqarah; 30
Q.S. Al-Mukminun; 12-14
Q.S. Az-Zariyat; 56
Q.S. An Nahl: 78
E. Metode Pembelajaran:
Ceramah , tanya jawab dan
Praktek
F. Tujuan Pembelajaran
Siswa
diharapkan mampu untuk :
Mengartikan masing-masing
kata yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah: 30, Al Mukminun; 12-14, Az-Zariyat;
56. dan An Nahl: 78
Mengartikan ayat Q.S.
Al-Baqarah: 30, Al Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
G. Strategi Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Siswa mengamati Membaca dengan fasih
Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56,
dan An Nahl: 78
Siswa mengamati tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56.
Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
|
Mengartikan perkata Q.S.
Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
Mengartikan per-ayat Q.S.
Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
Menterjemahkan Q.S.
Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
Mendiskusikan arti dan kandungan Q.S.
Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
|
Siswa membiasakan perilaku Khalifah yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az
Zariyah;56, dan An Nahl;78
Mempraktikkan perilaku sebagai khalifah di bumi sesuai Q.S.
Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
Menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa
memberi salam dan
memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah
dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa
menyiapkan kitab suci Al Qurán
- Secara
bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
- Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi
dasar yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru
dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
- Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan
siswa tentang materi pembelajaran Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14,
Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78,
- guru mengawali dengan
mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
- Pernahkah kalian
mendengar orang lain membaca surat tersebut diatas?
- Pernahkah kalian membaca
surat tersebut diatas ?
Eksplorasi
-
Selanjutnya siswa membaca arti Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun:
12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78 dengan berpedoman kepada Al Qur’an
dan terjemahannya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan dari guru.
- Selanjutnya, guru mengajukan beberapa
pertanyaan tentang arti Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat :
56, dan An-Nahl: 78 kepada siswa.
- Setelah
mengartikan ayat demi ayat, guru meminta siswa agar menyalin Q.S Al-Baqarah;
30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78 berikut artinya dengan benar.
- Guru menjelaskan kepada
siswa akan hikmah yang terkandung dalam Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun:
12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78.
-
Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang
proses awal kejadian manusia sebagaimana yang terkandung dalam isi Q.S
Al-Baqarah;
30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78 secara
berkelompok.
- Siswadiminta untuk
menyampaikan hasil diskusi kelompok.
Konfirmasi
-
Dalam
Q.S Al-Baqarah;
30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78 banyak
mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, seperti penciptaan
manusia dan penguasaannya di bumi, perkembangan kejadian manusia dan
kehidupannya di akhirat, serta
tugas jin dan manusia melainkan supaya
mereka mengabdi kepada Alloh SWT.
Jika direnungkan, betapa tingginya derajat orang-orang yang beriman karena
memiliki suatu amanah sebagai kholifah dimuka bumi ini.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru
meminta agar para siswa sekali lagi membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S.
Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78 sebagai penutup
materi pembelajaran.
- Guru
meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan Q.S
Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78.
- Guru
menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
- Guru
mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
H. Penilaian
Tes perbuatan (Performance)
Tes tertulis
I. Bahan/Sumber Belajar
Al Quran dan terjemahan
Departemen AgamaRI
Buku pelajaran PAI SMA
kelas I
JAKARTA 15/8/2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar