RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA
SEKOLAH :SMK JOSUA
MATA
PELAJARAN:PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER:XI/GASAL
Standar
Kompetensi:
Memahami
ayat-ayat Alquran tentang perintah menyantuni kaum dhu’afa
Kompetensi
Dasar:
1.Membaca QS
Al Israa’: 26–27 dan QS Al Baqarah: 1772.Menjelaskan arti QSAl Israa’:
2–27 dan QS
Al Baqarah: 177
3.Menampilkan perilaku
menyantuni kaum dhu’afa seperti terkandung dalam QS Al
Israa’: 26–27 dan QS Al Baqarah: 177
Indikator:
1.Membaca QS
Al Israa’: 26–27 dan QS Al Baqarah: 1772.Menjelaskan arti QSAl Israa’:
2–27 dan QS
Al Baqarah: 177
3.Menampilkan perilaku
menyantuni kaum dhu’afa seperti terkandung dalam QS Al
Israa’: 26–27 dan QS Al Baqarah: 177
A.Tujuan
Pembelajaran:
1.Siswa
mampu membaca QS Al Israa’: 26–27 dan QS Al Baqarah: 177
.2.Siswa
mampu menjelaskan arti QSAl Israa’: 26–27 dan QS Al Baqarah: 177.
3.Siswa
mampu menampilkan perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti terkandung dalam QS
Al Israa’: 26–27 dan QS Al Baqarah: 177.
B.Materi
Pembelajaran:
•QS Al
Israa’ ayat 26–27
•QS Al
Baqarah ayat 177
C.Metode
Pembelajaran:
•Tanya jawab
•Ceramah
bervariasi dan diskusi
•Tugas
individu/kerja kelompok
D.Langkah-langkah
Pembelajaran:
1.Kegiatan
awal
•Guru
memberi salam dan mengucap basmallah sebelum memulai pelajaran
•Tugas
kepada siswa untuk membaca modul Mentari
2.Kegiatan
inti
•Guru
menjelaskan secara singkat materi yang diajarkan
•Siswa
mencatat hal-hal penting dari modul
•Menanyakan
hal-hal yang kurang paham
•Guru
bertanya kepada siswa
•Tanya jawab
guru dan atau kelompok secara interaktif
•Siswa Uji
Kompetensi
2•Menyimpulkan
hasil pembelajaran
3.Kegiatan
akhir
•Remidi
•Guru
meminta siswa agar rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan QS Al
Israa’: 26–27 dan QS Al Baqarah: 177
•Guru
mengucap hamdallah setelah mengakhiri pelajaran
•Guru
mengucap salam kepada para siswa sebelum keluar kelas
E.Alat/Bahan/Sumber
Belajar:
1.Kitab suci
Alquran dan terjemahan
2.Buku
Standar Elektronik (BSE) PAI Kelas XI
3.Modul
Mentari SMK Pendidikan Agama Islam XI, Penerbit CV. Cahaya Mentari Solo
F.Penilaian:
1.Tes
perbuatan (performance)
2.Tes
tertulis
3.Penugasan
……………….., …………… 20….
Mengetahui Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
(..............................................)
(....................................)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar