SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK JOSUA
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : X
/ 2
Aspek : Al-Qur’an
Standar Kometensi : 7. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an
tentang Demokrasi
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
|
|
|||||||||
7.1 Membaca Q.S. Ali Imran: 159 dan Q.S. Asy
Syura: 38
|
· Ali
Imran : 159
· Asy-Syura
: 38
|
· Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli
sosial, tanggung jawab
|
· Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi
ke masa depan
|
§ Membaca dengan fasih Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura:
38
§ Mengidentifikasi Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38
|
§ Mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38
dengan baik dan benar.
§ Mampu mengidentifikasi Q.S. Ali Imran : 159 dan
Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
|
§
Jenis
Tagihan:
Tugas Individu
Bentuk instrumen:
Lembar
pengamatan
|
2
jam
|
|
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk
SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,
2007, Hlm. 95-105.
§ Buku-buku yang
relevan.
|
|
7.2 Menyebut-kan
arti Q.S. Ali Imran 159: dan Q.S. Asy Syura: 38
|
§ Q.S..
Ali Imran: 159
§ Q.S..
Asy-Syura; 38
|
· Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli
sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya
diri (keteguhan hati,
optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,
bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
|
§ Menyebutkan arti per-kata Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy
Syura: 38.
§ Menyebutkan per-ayat Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy
Syura: 38.
§ Mendiskusikan terjemah
Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy Syura: 38.
|
§ Mampu menyebutkan arti Q.S. Ali Imran: 159 dan
Asy-Syura: 38
§ Mampu menyimpulkan kandungan isi Q.S. Ali Imran: 159
dan Asy-Syura: 38
§ Mampu mengidentifikasi ciri-ciri orang yang bersifat
demokratis.
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian singkat
|
2
jam
|
|
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk
SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,
2007, Hlm. 95-105.
§ Buku2
yg relevan.
|
|
7.3 Menampil-kan
perilaku hidup demokratis seperti terkandung dalam Q.S. Ali Imran;159, dan Q.S.
Asy Syura: 38 dalam kehidupan sehari-hari
|
§ Q.S.
Ali Imran ayat 159.
§ Q.S.
Asy-Syura: 38
|
· Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli
sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya
diri (keteguhan hati,
optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,
bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
|
§ Mengidentifikasi perilaku demokra-tis yang terdapat
dalam Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38
§ Mempraktikkan perilaku demokra-tis yang terdapat dalam
Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38
§ Menunjukkan perilaku demokra-tis yang terdapat dalam
Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38
|
§ Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang
terkandung Ali Imran;159
§ Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang
terkandung dalam Q.S. Asyura; 38
|
Jenis Tagihan:
Perilaku Individu
Bentuk instrumen:
Lembar
pengamatan
|
2
jam
|
|
§ Al-Qur’an dan
terjemah.
§ Buku PAI untuk
SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,
2007, Hlm. 95-105.
§ Buku-buku yang
relevan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar