RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Unit 1
Kontrol Diri, Prasangka Baik, dan Persaudaraan
Satuan
Pendidikan : SMK JOSUA
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 9 x 45 menit (3 minggu)
PERTEMUAN I:
A.
Tujuan
1. Membaca
Q.S. Al-Anfal (8) : 72 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
2. Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72) dengan lancar.
3. Menganalisis Q.S. Al-Anfal (8) : 72) dan hadits tentang
kontrol diri (mujahadah an-nafs).
4. Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri
(mujahadah an-nafs) dan menerapkannya dalam kehidupan.
5. Menunjukkan perilaku kontrol diri
(mujahadah an-nafs) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal (8): 72
dan hadits terkait.
B.
Materi Pembelajaran
Surah al-Anfal (8) : 72
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum : Deduktif-Induktif
Metode : Diskusi,
Tanya-jawab
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Powerpoint
Unit 1 Facil Advance Learning Islamic Education
and Moral Values 1 for Grade X
2. Alat : Papan tulis, penghapus, infocus, komputer
3. Sumber Pembelajaran:
a)
Al-Quran
b)
Buku Facil Advance Learning Islamic
Education and Moral Values 1 for Grade X
c)
Sumber lain yang relevan
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan siswa untuk belajar dan membaca doa sebelum belajar
b. memotivasi
siswa terkait sifat kontrol diri (mujahadah an-nafs)
c.
Apersepsi: bertanya jawab tentang perilaku kontrol diri dalam
kehidupan sehari-hari.
d. Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini
2.
Inti
a) Membimbing
siswa secara berkelompok untuk:
Mengamati (Observing)
1) Menyimak bacaan Q.S. Al-Anfal (8) : 72
2) Mengidentifikasi hukum bacaan
(tajwid) Q.S. Al-Anfal (8) : 72
3) Mencermati kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 72 serta hadits terkait.
Menanya (Questioning)
1) Menanyakan cara membaca hukum tajwid dalam
Q.S. Al-Anfal (8) : 72
2) Menanyakan asbabun nuzul Q.S. Al-Anfal (8)
: 72
3) Menanyakan isi kandungan Q.S. Al-Anfal (8)
: 72
4) Menanyakan asbabul wurud hadits terkait
5) Menanyakan isi kandungan hadis terkait
Pengumpulan Data (Experimenting)
1) Mendiskusikan cara membaca sesuai dengan
tajwid Q.S. Al-Anfal (8): 72
2) Menganalisis asbabun nuzul/wurud dan
kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 72
dan hadits
terkait
Mengasosiasi (Associating)
Membuat kesimpulan dari kandungan
Q.S. Al-Anfal (8): 72 dan hadits terkait
Mengkomunikasikan (Communicating)
1) Mendemonstrasikan bacaan (hafalan) Q.S.
Al-Anfal (8): 72
2) Menyampaikan hasil diskusi tentang Q.S. Al-Anfal (8): 72 dan hadits terkait
secara individu maupun kelompok.
b) Mendiskusikan
hasil laporan dan menyimpulkan cara membiasakan perilaku kontrol diri (mujahadah
an-nafs) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal (8): 72 dan hadits
terkait dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan
menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari pembelajaran Q.S. Al-Anfal (8): 72 dan hadits terkait dalam kehidupan
sehari-hari hari ini.
JAKARTA 15/8/2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar