Rumusan KI dan KD
Penyempurnaan 03 Mei 2013 Hotel
Allson
Kelas X
Kompetensi Inti Kompetensi Dasar Penyempurnaan 03 Mei
2013 (Hotel Allson)
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1 Menghayati
nilai-nilai keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT
1.2 Berpegang
teguh kepada Al-Quran, Hadits dan Ijtihad sebagai pedoman hidup
1.3 Meyakini
kebenaran hukum Islam
1.4 Berpakaian
sesuai dengan ketentuan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari
2. Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman
Q.S. Al-Maidah (5): 8, dan Q.S. At-Taubah (9): 119 dan hadits terkait
2.2 Menunjukkan
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 23 dan hadits terkait
2.3 Menunjukkan
perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan
persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal (8):
72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits yang terkait
2.4 Menunjukkan
perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits yang terkait
2.5 Menunjukkan
sikap semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. At-Taubah (9): 122 dan hadits terkait
2.6 Menunjukkan
sikap keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakkal dan perilaku
adil sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul Husna al-Kariim, al-Mu’min,
al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir
2.7 Menunjukkan
sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari
pemahaman strategi dakwah Nabi di Mekah
2.8 Menunjukkan
sikap semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Nabi
di Madinah
3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 3.1 Menganalisis Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49)
: 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
3.2 Memahami
manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan
3.3 Menganalisis Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24)
: 2, serta hadits tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3.4 Memahami
manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3.5 Memahami
makna Asmaul Husna: al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’,
al-‘Adl, dan al-Akhiir;
3.6 Memahami
makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
3.7 Memahami
Q.S. At-Taubah (9): 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu,
menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama;
3.8 Memahami
kedudukan Alquran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
3.9 Memahami
pengelolaan wakaf
3.10.1. Memahami substansi dan strategi dakwah Rasullullah saw. di Mekah
3.10.2. Memahami substansi dan strategi dakwah Rasulullah saw. di Madinah
4 Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan. 4.1.1 Membaca Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S.
Al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10, sesuai dengan kaidah tajwid
dan makhrajul huruf.
4.1.2 Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49)
: 10 dengan lancar.
4.2.1 Membaca
Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan
makhrajul huruf.
4.2.2 Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2 dengan lancar.
4.3 Berperilaku
yang mencontohkan keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal
dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna
al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir
4.4 Berperilaku
yang mencerminkan kesadaran beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
4.5 Menceritakan
tokoh-tokoh teladan dalam semangat mencari ilmu
4.6 Menyajikan
macam-macam sumber hukum Islam
4.7.1 Menyajikan
dalil tentang ketentuan wakaf
4.7.2 Menyajikan
pengelolaan wakaf
4.8.1 Mendeskripsikan
substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Mekah
4.8.2 Mendeskripsikan
substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah
Kelas XI
Kompetensi Inti Kompetensi Dasar Penyempurnaan 03 Mei
2013 (Hotel Allson)
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1 Menghayati
nilai-nilai keimanan kepada Kitab-kitab Allah SWT
1.2 Menghayati
nilai-nilai keimanan kepada Rasul-rasul Allah SWT
1.3 Berperilaku
taat kepada aturan
1.4 Menerapkan
ketentuan syariat Islam dalam penyelenggaraan jenazah
1.5 Menerapkan
ketentuan syariat Islam dalam pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di
masyarakat
2. Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 2.1 Menunjukkan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implentasi dari pemahaman
Q.S. At Taubah (9) : 119 dan hadits terkait
2.2 Menunjukkan
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implentasi dari
pemahaman Q.S. Al Isra’ (17) : 23-24 dan hadits terkait
2.3 Menunjukkan
perilaku kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementasi dari
pemahaman QS. Al Maidah (5): 48; Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah
(9): 105 serta Hadits yang terkait
2.4 Menunjukkan
sikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) :
32, serta hadits terkait
2.5 Menunjukkan
sikap semangat menumbuh- kembangkan ilmu pengetahuan dan kerja keras sebagai
implementasi dari masa kejayaan Islam
2.6 Menunjukkan
perilaku kreatif, inovatif, dan produktif sebagai implementasi dari sejarah
peradaban Islam di era modern
3 Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
3.1 Menganalisis
Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. Az-Zumar (39) : dan Q.S. At-Taubah (9) : 105,
serta hadits tentang taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
3.2 Menganalisis
Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang
toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.
3.3 Memahami
makna iman kepada Kitab-kitab Allah SWT
3.4 Memahami
makna iman kepada Rasul-rasul Allah SWT
3.5 Memahami
makna taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras
3.6 Memahami
makna toleransi dan kerukunan
3.7 Memahami
bahaya perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan
3.8 Menelaah
prinsip-prinsip dan praktik ekonomi
dalam Islam
3.9 Memahami
pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
3.10
Memahami pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah
3.11 Menelaah
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan
3.12
Menelaah perkembangan Islam pada masa modern (1800- sekarang)
4 Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan 4.1 Membaca Q.S. An-Nisa (4) : 59; Q.S.
Al-Maidah (5) : 48; Q.S. At Taubah (9) : 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan
makhrajul huruf.
4.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. An-Nisa (4) : 59; Q.S. Al-Maidah
(5) : 48; Q.S. At-Taubah (9) : 105 dengan lancar
4.3 Membaca
Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 sesuai dengan kaidah tajwid
dan makhrajul huruf.
4.4 Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 dengan lancar
4.5 Berperilaku
yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Kitab-kitab Suci Allah swt
4.6 Berperilaku
yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT
4.7 Menampilkan
perilaku taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras
4.8 Menampilkan
contoh perilaku toleransi dan kerukunan
4.9 Mendeskripsikan
bahaya perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan
4.10 Mempresentasikan
praktik-praktik ekonomi Islam
4.11 Memperagakan
tatacara penyelenggaraan jenazah
4.12 Mempraktikkan
khutbah, tabligh, dan dakwah
4.13 Mendiskripsikan
perkembangan Islam pada masa kejayaan
4.14 MMendiskripsikan
perkembangan Islam pada masa medern (1800-sekarang) (3)
Kelas XII
Kompetensi Inti Kompetensi Dasar Penyempurnaan 03 Mei
2013 (Hotel Allson)
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1 Menghayati
nilai-nilai keimanan kepada hari akhir
1.2 Menghayati
nilai-nilai keimanan kepada qada dan qadar
1.3 Menerapkan
ketentuan syariat Islam dalam melaksanakan pernikahan
1.4 Menerapkan
ketentuan syariat Islam dalam melakukan pembagian harta warisan
2. Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif), menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa, serta
memosisikan diri sebagai agen transformasi masyarakat dalam membangun peradaban
bangsa dan dunia. 2.1 Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At-Taubah (9) : 119 dan Q.S. Lukman
(31): 14 serta hadits terkait
2.2 Menunjukkan
perilaku hormat dan berbakti kepada orangtua dan guru Q.S. Al-Isra (17): 23 dan
hadits terkait
2.3 Menunjukkan
sikap kritis dan demokratis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ali Imran
(3) : 190-191 dan 159, serta hadits terkait.
2.4 Menunjukkan
perilaku saling menasihati dan berbuat baik (ihsan) sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Luqman (31) : 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83, serta hadits
terkait.
2.5 Menunjukkan
sikap mawas diri dan taat beribadah sebagai cerminan dari kesadaran beriman
kepada hari akhir
2.6 Menunjukkan
sikap optimis, berikhtiar dan bertawakal sebagasi cerminan dari kesadaran
beriman kepada Qadha dan Qadar Allah SWT
2.7 Menunjukkan
sika semangat melakukan penelitian di bidang ilmu pengetahuan sebagai
implementasi dari pemahaman dan perkembangan Islam di dunia
3 Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah. 3.1 Menganalisis Q.S. Ali Imran (3): 190-191,
dan Q.S. Ali Imran (3): 159, serta hadits tentang berpikir kritis dan bersikap
demokratis,
3.2 Menganalisis
Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83, serta hadits tentang
saling menasihati dan berbuat baik (ihsan).
3.3 Memahami
makna iman kepada hari akhir.
3.4 Memahami
makna iman kepada Qadha dan Qadar.
3.5 Memahami
hikmah dan manfaat saling menasihati dan berbuat baik (ihsan) dalam kehidupan.
3.6 Memahami
ketentuan pernikahan dalam Islam
3.7 Memahami
hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam
3.8 Memahami
ketentuan waris dalam Islam
3.9 Memahami
strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
3.10 Menganalisis
faktor-faktor kemajuan dan kemunduran peradaban Islam di dunia
4 Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan 4.1.1 Membaca Q.S. Ali Imran (3): 190-191 dan Q.S.
Ali Imran (3): 159; sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.1.2 Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Ali Imran (3): 190-191 dan Q.S. Ali Imran (3): 159 dengan lancar
4.2.1. Membaca Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 sesuai
dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2.2. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S.
Al-Baqarah (2): 83 denagn lancar
4.3. Berperilaku
yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Hari Akhir
4.4. Berperilaku
yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Qadha dan Qadar Allah SWT
4.5. Menyajikan
hikmah dan manfaat saling menasihati dan berbuat baik (ihsan) dalam kehidupan
4.6. Memperagakan
tata cara pernikahan dalam Islam
4.7. Menyajikan
hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam
4.8. Mempraktikkan
pelaksanaan pembagian waris dalam Islam
4.9. Mendeskripsikan
strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
4.10. Mendeskripsikan
faktor-faktor kemajuan dan kemunduran peradaban Islam di dunia
JAKARTA 28/8/2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar