RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP
)
Sekolah: SMK
JOSUA
Mata
Pelajaran: Pendidikan Agama Islam
Kelas/
Program: III / Semua Program Studi
Semester /
Tapel : 6 / 2011-2012Alokasi
Waktu : 6
Jam pelajaran ( 3 X Pertemuan )
I.Standar
Kompetensi
Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang Perkembangan IPTEK
II.Kompetensi
Dasar
Membaca,
menjelaskan arti QS.Yunus : 101 dan QS Al-Baqarah 164 sertamelakukan
pengembangan IPTEK seperti terkandung dalam QS Yunus101 danASl-baqarah 164
III.Indikator
A.Mampu
membaca Q.S Yunus : 101 dan Al-Baqarah164 dengan baik dan benar B.Mampu
mengidentifikasi tajwid QS Yunus 101 dan Al-Baqarah 164C.Mampu mengartikan
per-kata QS Yunus101 dan Al-Baqarah 164D.Mampu mengartikan per ayat QS Yunus
101 dan QS Al-Baqarah 164E.Mampu menterjemahkan QS Yunus : 101 dan Al-Baqarah
164F.Mampu menggali kandungan Al-Qur’an QS Yunus 101 dan Al-Baqarah 164.G.Mampu
menerapkan Al-Qur’an Surat Yunus 101 dan Al-baqarah 164 tentang perkembangan
IPTEK
IV.Pendidikan
Karakter Budaya BangsaNilai rasa ingin tahu, dengan cara menumbuhkan sikap dan
tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari
sesuatu yangdipelajarinya, dilihat dan didengar untuk mewujudkan sikap kreatif,
menghasilkancara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki
V.Tujuan
Pembelajaran
:A.Siswa
mampu membaca dengan baik dan benar QS Yunus:101 dan QS Al baqarah 164B.Siswa
mampu mengidentifikasi tajwid QS Yunus 101 dan ASl-Baqarah 164C.Siswa mampu
mengartikan per-kata QS Yunus 101 dan Al-Baqarah 164D.Siswa mampu mengartikan
per ayat QS Yunus 101 dan Al-Baqarah 164E.Siswa mampu menterjemahkan QS Yunus
101 da Al-baqarah 164F. Siswa mampu menggali kandungan Al-Qur’an tentang
perkembanganIPTEK G. Siswa Mampu menerapkan Al-Qur’an surat Yunus : 101 dan
ASl-Baqarah :164 tentang perkembangan IPTEK
VI.Materi
Pembelajaran:A.QS Yunus :101
Katakanlah:
"Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi. Tidaklah
bermanfaattanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi
orang-orang yangtidak beriman".
B.QS Al-Baqarah
164
Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi,
silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa
yang berguna bagi manusia, dan apa yangAllah turunkan dari langit berupa air,
lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati(kering) -nya dan Dia
sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin danawan yang
dikendalikan antara langit dan bumi; Sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaandan
kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.
VII.Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :Pertemuan 1.
NOKegiatan
PembelajaranWaktuMetode
1.Pendahuluana.Salam
pembuka diteruskan berdo’a b.Tadarus ayat-ayat yang berhubungan dengan
pengembangan IPTEK c.Appersepsi10MenitCeramah2.Kegiatan IntiEksplorasi:a.Guru
menampilkan program Flash macro media Q.S b.Yunus 101 kemudian memberi contoh
cara membacac.Peserta didik mendengarkan, menirukan dan menyimak d.Guru membagi
kelas menjadi 4 Kelompok.e.Peserta didik bergabung sesuai dengan
kelompoknyamasing-masing.
f.Guru
mempersiapkan ayat-ayat yang harus dibahas
g.Guru
menempelkan hukum tajwid di papan
h.Guru
memberi petunjuk dan memberi kesempatan padasiswa untuk
memperhatikan/menganalisa ayat sesuaitajwidElaborasi :
a.Melalui
diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusidari analisa tajwid tersebut
dicatat pada kertas
b.Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan
hasilc.diskusiKonfirmasi :Guru dan peserta didik menyimpulkan hasil diskusi isi
kandunganQ.S. Yunus
10160MenitDemonstrasiPresentasidiskusi3.Penutupa.Menyimpulkan contoh perilaku
pengembangan iptek yang20MenitTanya jawab
sesuai
dengan kandungan ayat yang dikaji b.Pos tesc.Doa dan salam
penutupAlokasi90Menit
Pertemuan 2
NOKegiatan
PembelajaranWaktuMetode
1.Pendahuluana.Salam
pembuka diteruskan berdo’a b.Tadarus ayat-ayat yang berhubungan dengan
pengembanganIPTEK c. Appersepsi10MenitCeramah2.Kegiatan IntiEksplorasi:
a.Guru
menampilkan program Flash macro mediaQS Al-Baqoroh 164kemudian memberi contoh
cara membaca b.Peserta didik mendengarkan, menirukan dan menyimak c.Guru
membagi kelas menjadi 4 Kelompok, masing-masingkelompok membaca ayat yang di
kaji .
d.Guru
mempersiapkan potongan ayat- ayat yang harusdiartikan dan di bahas sesuai
tujuan pembelajaran
e.Guru
menayangkan hukum tajwid di layar/papan
f.Guru
memberi petunjuk dan memberi kesempatan padasiswa untuk
memperhatikan/menganalisa ayat sesuai tajwidElaborasi :
a.Melalui
diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusidari analisa tajwid tersebut
dicatat pada kertas
b.Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan
hasildiskusinya
c.Melalui
komentar/hasil diskusi siswa, guru mulaimenjelaskan materi sesuai tujuan yang
ingin dicapaiKonfirmasi :Guru dan peserta didik menyimpulkan hasil diskusi
isikandungan ayat tentang pengembangan IPTEK
70MenitDemonstrasiPresentasidiskusi3.Penutupa.Pos tes b.Doa dan salam
penutup10MenitTanya jawabPenugasanAlokasi90Menit
VIII. Sumber
BelajarA.Al- Qur’an dan tarjamah SyamilB.Buku TajwidC.Buku-buku PAI Kelas
IIID.Internet
IX.
Penilaian
1.Golongan
manusia yang mampu mencerna peringatan dari para rasul menurut
QS Yunus :
101
adalah …a.
mukmininc. muslimine. munafiqin b. muhsinind. mufsidin2.Peringatan dari
Rasulullah SAW yang berupa berita gembira bagi orang-orang yang bertaqwa akan
mendapat balasan surga disebut …a. wa'idc. nuzule. zikir b. tazkird. wa'ad3.Peringatan dari Rasulullah
SAW yang berupa ancaman siksa bagi orang-orangyang ingkar akan mendapat balasan
neraka disebut …a. wa'idc. nuzule. zikir
b. tazkird. wa'ad4.Cara untuk mengetahui hikmah penciptaan alam semesta
ini adalah dengan….a. beribadah kepada Allahc. meyakininyae. mempelajarinya b.
memanfaatkannyad. berdzikir 5.Alif lam
pada ayat
disebut ….a. alif lam jalalahc. alif lam syamsiahe. alif lam nakirah b. alif
lam qomariyahd. alif lam idhar
Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar