SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK JOSUA
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : X
/ 2
Aspek : Akhlak
Standar Kometensi : 10.
Menghindari Perilaku Tercela
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
10.1
Menjelaskan pengertian hasad, riya,
aniaya dan diskriminasi
|
Perilaku
Tercela :
§ Pengertian Hasad
§ Pengertian Riya
§ Pengertian Aniaya
§ Pengertian Diskriminasi.
|
§ Religius,
jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya
diri (keteguhan hati,
optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,
bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
|
§ Mendiskusikan
pengertian hasad.
§ Mendiskusikan pengertian riya.
§ Mendiskusikan pengertian aniaya.
§ Mendiskusikan pengertian diskriminasi.
|
§ Mampu
menjelaskan pengertian hasad
§ Mampu menjelaskan pengertian riya.
§ Menjelaskan pengertian riya.
§ Menjelaskan pengertian diskriminasi
|
Jenis
Tagihan:
Tugas
Individu
Tugas
kelompok
Ulangan
harian
Bentuk
instrumen:
Uraian
singkat
|
2
jam
|
-
Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk
SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,
2007, Hlm. 127-137.
-
Buku2 yg relevan.
|
10.2 Menyebut-kan contoh perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi.
|
Contoh-contoh
perilaku tercela :
§ Hasad
§ Riya
§ Aniaya
§ diskriminasi
|
§ Religius,
jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai,
gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya
diri (keteguhan hati,
optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,
bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
|
§ Mendiskusikan contoh-contoh perilaku hasad.
·
Mendiskusikan
contoh-contoh perilaku riya.
· Mendiskusikan contoh-contoh perilaku aniaya.
·
Mendiskusikan
contoh-contoh perilaku diskriminasi.
|
§ Mampu
menyebutkan
contoh perilaku hasad
· Mampu
menyebutkan contoh perilaku riya
· Mampu
menyebutkan contoh perilaku aniaya
· Mampu
menyebutkan contoh perilaku diskriminasi
|
Jenis
Tagihan:
Tugas
Individu
Tugas
kelompok
Bentuk
instrumen:
Lembar
pengamatan
|
2
jam
|
-
Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk
SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,
2007, Hlm. 127-137.
-
Buku2 yg relevan.
|
10.3
Menghindari perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menghindari
perilaku:
§ Hasad
§ Riya
§ Aniaya
§ diskriminasi
|
§ Religius,
jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai,
gemar membaca, peduli sosial, tanggung
jawab
|
§ Percaya
diri (keteguhan hati,
optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,
bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
|
§ Mendiskusikan cara-cara menghindari perilaku hasad.
§ Mendiskusikan cara-cara menghindari perilaku riya.
§ Mendiskusikan cara-cara menghindari perilaku aniaya.
§ Mendiskusikan cara-cara menghindari perilaku
diskriminasi.
|
§ Mampu
menghindari perilaku hasad.
§ Mampu menghindari perilaku riya.
§ Mampu menghindari perilaku aniaya.
§ Mampu menghindari perilaku
diskriminasi.
|
Jenis
Tagihan:
Tugas
Individu
Bentuk
instrumen:
Uraian
bebas
|
2
jam
|
-
Al-Qur’an
dan terjemah.
- Buku PAI untuk
SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,
2007, Hlm. 127-137.
-
Buku-buku
yang
relevan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar