RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah: SMK JOSUA
Mata
Pelajaran: Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Program: XI / Semua
Program
StudiSemester / Tapel: Gasal / 2011 – 2012
Alokasi
Waktu: 6 X 45 menit (3 x pertemuan)
A. Standar
Kompetensi
(Al Qur’an )
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan
B.Kompetensi
Dasar
Al
Qur’an13.1 Membaca QS Al Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 32-33
C.Pendidikan
Budaya dan Karakter Bangsa
1.Religius:
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yangdianutnya,
toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk
agama lain2.Peduli Sosial: Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan
pada orang lain danmasyarakat yang membutuhkan3.Cinta Damai: Sikap, perkataan
dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senangdan aman atas kehadiran
dirinya
D.Indikator
1. QS Al
Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 32 dibaca dengan baik dan benar 2.Tajwid pada
QS Al Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 32 di identifikasi dengan baik dan benar
3.Contoh kata dibuat sesuai hukum tajwid4.Setiap kata yang terdapat dalam QS Al
Baqarah: 148 & QS Al Fatir: 32 diartikan dengan baik 5.QS Al Baqarah : 148
dan QS Al Fatir : 32 diterjemahkan dengan baik dan benar 6.Intisari QS Al
Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 32 disimpulkan dengan baik
E. Tujuan
Pembelajaran
1.Siswa
dapat membaca QS Al Baqarah ; 148 dan Al Fatir : 32 dengan fasih dan benar
2.Siswa dapat mengidentifikasi tajwid QS Al Baqarah ; 148 dan Al Fatir : 32
dengan baik dan benar 3.Siswa dapat membuat contoh kata tentang Idgham
bighunah, Mad tabi’I, Alim lamqamariah, Izhar, Ikhfa’, Mad ati arid lissukun,
Idgham bilaghunnah, qolqolah, Iqlab4.Siswa dapat mengartikan setiap kata yang
terdapat dalam QS Al Baqarah : 148 dan QS AlFatir : 32 dengan baik dan benar
5.Siswa dapat menterjemahkan ayat QS Al Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 32
dengan baik dan benar 6.Siswa dapat menyimpulkan intisari dari QS Al Baqarah :
148 dan QS Al Fatir : 32
F.Materi
Pokok Pembelajaran
1.- QS Al
Baqarah : 148
Artinya:"Dan bagi tiap-tiap umat ada
kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Makaberlomba-lombalah kamu
sekalian dalam berbuat kebaikan, di mana saja kamu berada
pasti Allah
akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha
Kuasa atas segala sesuatu". (QS. Al-Baqarah: 148)
- QS. Al Fatir : 32
Artinya:
Kemudian kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih
diantarahamba-hamba Kami, lalu diantara mereka ada yang menganiaya diri mereka
ada yang pertengahan dan diantara mereka
ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikandengan izin Allah. Yang demikian
itu adalah karunia yang amat besar".(Al-Fathir: 32)
2.Penerapan
Ilmu Tajwid QS A Baqarah: 148 dan QS Al Fathir: 32 NoLafalHukum BacaanSebabCara
Membaca1
Idgam bigunnahTanwin bertemuhuruf
ebur dengan
dengung2
Izhar khalqiTanwin bertemudengan ( )Dibaca
jelas3Mad thabi'iAda huruf
yangdidahului
harakatkasrahPanjang 2 harakatatau satu alif 4
Ihfa' haqiqiTanwin bertemu salahsatu huruf
Samar-samar 5GunnahMim tasydidMendengung6Izhar qamariahAlif lam bertemu huruf
qamariahAlif lam dibaca jelas7
Idgam bilaghunnahTanwin zammah bertemu
lamMelebur tidak mendengung8
IqlabTanwin bertemu ba'Membalik/mengubah
bunyiMad aridlissukunMad thabi'i diakhiriayat (waqaf)Berhenti panjang
4-6harakat
G.Strategi/Skenario
Pembelajaran
NO KEGIATAN WAKTU1
Pertemuan 1
Pendahuluana.
Salam pembuka diteruskan berdo’a b.Tadarus ayat-ayat yang berhubungan dengan
kompetisi dalam kebaikanc. Pre tes10'
20b.
Mengidentifikasi/mencari tajwid tentang Idgham bighunah, Idghambilaghunah,
Idzhar, Ikhfa’ , Qolqolah, Iqlab.- Konfirmasi :a. Konklusi hasil diskusi b.
Memfokuskan hasil diskusi dalam tajwid3Penutupa. Post test korcam untuk materi
pada pertemuan berikutnya b. Do’a penutup dilanjutkan salam10'Jumlah :90'
NOKEGIATANWAKTU1
Pertemuan: 2
Pendahuluana.
Salam pembuka dilanjutkan berdo’a b.Tadarus ayat-ayat yang berhubungan dengan
kompetisi dalam kebaikanc. Pre tes10'2Kegiatan Inti- Eksplorasi :a. Mengartikan
setiap kata yang terdapat pada QS Baqarah : 148 dan QSAl Fatir : 32b.
Mengartikan ayat QS Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 32c. Mendiskusikan
terjemahan QS Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 32d. Menyimpulkan inti sari QS
Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 32- Elaborasi :a. Tugas individu b. Tugas
kelompok - Konfirmasi :a. Konklusi hasil diskusi b. Tentang intisari kandungan
QS Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 3270'3Penutupa. Post test korcam untuk materi
pada pertemuan berikutnya b. Do’a penutup dilanjutkan salam10'Jumlah :90'
H.Metode
Pembelajaran
Demontrasi,
ceramah, tanya jawab, tugas , diskusi
I.Sumber dan
Media Pembelajaran
-Al Qur’an
dan terjemahannya-Buku Modul PAI Kelas II-LKS dan Buku-buku lain yang
menunjang-Internet
J.Penilaian
1.Tes
tertulis, (Pilihan Ganda)Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d atau e
di depan jawaban yang benar!\1. Perintah ta'awun adalah perintah untuk ….a.
saling mengingatkand. senantiasa dzikir
b. tolong menolonge. bermusyawarahc. selalu sabar 2. Salah satu bentuk
berbuat baik adalah ....a. meringankan penderitaan orang laind. penggusuran
daerah kumuh danmiskin b. membantu teman tawurane. Penggundulan hutan tanpa
izinc. membelikan rokok untuk teman3. Berbuat baik kepada manusia hukumnya
adalah ....
NOKEGIATANWAKTU2Kegiatan Inti- Eksplorasi :a.
Membaca bersama-sama dengan fasih dan benar b. Mengidentifikasi tajwid tentang Idgham
bighunah, Idgham bilaghunah,Izhar, Ikhfa’, Qolqolah, Iqlab, Mad Tobi’I, Mad
‘aridhissukun, Alif lamqomariah dan melafadzkannya dengan benar.- Elaborasi :a.
Menyalin QS Baqarah: 148 dan QS Al Fatir: 32 dengan fasih dan benar 70'
20b.
Mengidentifikasi/mencari tajwid tentang Idgham bighunah, Idghambilaghunah,
Idzhar, Ikhfa’ , Qolqolah, Iqlab.- Konfirmasi :a. Konklusi hasil diskusi b.
Memfokuskan hasil diskusi dalam tajwid3Penutupa. Post test korcam untuk materi
pada pertemuan berikutnya b. Do’a penutup dilanjutkan salam10'Jumlah :90'
NOKEGIATANWAKTU1
Pertemuan: 2
Pendahuluana.
Salam pembuka dilanjutkan berdo’a b.Tadarus ayat-ayat yang berhubungan dengan
kompetisi dalam kebaikanc. Pre tes10'2Kegiatan Inti- Eksplorasi :a. Mengartikan
setiap kata yang terdapat pada QS Baqarah : 148 dan QSAl Fatir : 32b.
Mengartikan ayat QS Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 32c. Mendiskusikan
terjemahan QS Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 32d. Menyimpulkan inti sari QS
Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 32- Elaborasi :a. Tugas individu b. Tugas
kelompok - Konfirmasi :a. Konklusi hasil diskusi b. Tentang intisari kandungan
QS Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 3270'3Penutupa. Post test korcam untuk
materi pada pertemuan berikutnya b. Do’a penutup dilanjutkan salam10'Jumlah
:90'
H.Metode Pembelajaran
Demontrasi,
ceramah, tanya jawab, tugas , diskusi
I.Sumber dan
Media Pembelajaran
-Al Qur’an
dan terjemahannya-Buku Modul PAI Kelas II-LKS dan Buku-buku lain yang
menunjang-Internet
J.Penilaian
1.Tes
tertulis, (Pilihan Ganda)Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d atau e
di depan jawaban yang benar!\1. Perintah ta'awun adalah perintah untuk ….a.
saling mengingatkand. senantiasa dzikir
b. tolong menolonge. bermusyawarahc. selalu sabar 2. Salah satu bentuk
berbuat baik adalah ....a. meringankan penderitaan orang laind. penggusuran
daerah kumuh danmiskin b. membantu teman tawurane. Penggundulan hutan tanpa
izinc. membelikan rokok untuk teman3. Berbuat baik kepada manusia hukumnya
adalah ....
20a.
makruhd. haram b. sunahe. mubahc. wajib4. Allah mempunyai sifat al-Qadir,
artinya adalah ....a. Maha mendengard. Maha Mengetahui b. Maha Muliae.
Mahakuasac. Maha Melihat5. Ilmu yang mempeajari tentang bagaimana membaca Al
Qur'an dengan benar disebutilmu ....a. qira'ahd. tajwid b. al qur'ane. nahwuc.
sharaf Kunci Jawaban : 1. B 2. A 3. C 4. E 5. D2.Penilaian mandiri dengan
menggunakan buku praktikum dan mentoring
MengetahuiKepala
Sekolah
MemeriksaWKS.
Kurikulum
Guru Mata
Pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar