Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : SMK JOSUA
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : X/1
Waktu : 2 x 45 menit
Aspek : Al-Qur’an
A. Standar Kompetensi
2. Memahami ayat-ayat Al-Quran tentang
keikhlasan dalam beribadah.
B. Kompetensi Dasar
2.1 Membaca
QS Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
Mampu membaca
Q.S Al-An’am: 162-163 dengan baik dan benar
Mampu membaca
Q.S Al-Bayyinah: 5 dengan baik dan benar
Mampu
mengidentifikasi tajwid Q.S Al-An’am: 162-163
Mampu
mengidentifikasi tajwid Q.S Al Bayyinah: 5
|
Religius, jujur, santun,
disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman,
patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban,
kerja keras, dan adil.
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
Patuh dalam
melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
Toleran terhadap
pelaksanaan ibadah agama lain
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
Berorientasi pada
tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko
(suka tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa
depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Materi Ajar (Materi Pokok)
Q.S. Al-An’am;
162-163
Q.S. Al-Bayyinah:
5
E. Metode Pembelajaran:
Ceramah , tanya jawab dan
Praktek
F. Tujuan Pembelajaran
Siswa
diharapkan mampu untuk :
membaca Q.S Al-An’am: 162-163 dengan baik dan
benar
membaca Q.S Al-Bayyinah: 5 dengan baik dan benar
mengidentifikasi tajwid Q.S Al-An’am: 162-163
mengidentifikasi tajwid Q.S Al Bayyinah: 5
G. Strategi Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Siswa mengamati fasih Q.S Al-An’am: 162-163
Siswa mengamati tajwid Q.S Al-An’am: 162-163
|
Mengartikan perkata Q.S
Al-An’am: 162-163
Mengartikan per-ayat Q.S
Al-An’am: 162-163
Mendiskusikan terjemah Q.S Al-An’am: 162-163
|
Siswa membiasakan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S
Al-An’am: 162-163
Mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S
Al-An’am: 162-163
Menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am:
162-163
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa
memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa
menyiapkan kitab suci Al Qurán
- Secara
bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
- Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar
yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru
dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk
mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran Q.S.
Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5
-
Guru
mengawali
dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·
Pernahkah kalian mendengar orang lain membaca surat
tersebut diatas?
·
Pernahkah kalian membaca surat tersebut diatas ?
·
Siapakah diantara kalian yang sudah hafal surat Q.S. Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al -
Bayyinah : 5 ?
- Guru
menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca surat Q.S. Al-An’am; 162-163
dan Q.S Al - Bayyinah : 5, untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama
di bawah bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.
- Setelah
para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk
membaca surat Q.S.
Al-An’am; 162-163 yaitu sebagai berikut:
ö@è%¨bÎ)ÎAx|¹Å5Ý¡èSury$uøtxCurÎA$yJtBur¬!Éb>utûüÏHs>»yèø9$#ÇÊÏËÈwy7ΰ¼çms9(y7Ï9ºxÎ/urßNöÏBé&O$tRr&urãA¨rr&tûüÏHÍ>ó¡çRùQ$#ÇÊÏÌÈ
- Setelah para
siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk
membaca surat Q.S Al - Bayyinah : 5, yaitu sebagai
berikut:
!$tBur(#ÿrâÉDé&wÎ)(#rßç6÷èuÏ9©!$#tûüÅÁÎ=øèCã&s!tûïÏe$!$#uä!$xÿuZãm(#qßJÉ)ãurno4qn=¢Á9$#(#qè?÷sãurno4qx.¨9$#4y7Ï9ºsurß`ÏÏpyJÍhs)ø9$#ÇÎÈ
-
Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum
bacaan yang terdapat dalam Q.S.
Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5
Eksplorasi
-
Setelah
selesai menyalin Q.S. Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah
: 5 berikut artinya, guru menjelaskan hukum
bacaan (tajwid) yang terdapat pada ayat tersebut.
- Selanjutnya
guru menugaskan kepada siswa untuk berdiskusi tentang hukum bacaan (tajwid)
yang terdapat pada Q.S. Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5 secara berkelompok.
- Siswa
diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.
Konfirmasi
-
Dalam
Q.S. Al-An’am;
162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5
banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, seperti keikhlasan dalam beribadah dan menerapkan perilaku ikhlas dalam
beribadah. Jika
direnungkan, betapa indah manisnya ibadah yang diikuti sifat ikhlas.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para
siswa sekali lagi membaca Q.S. Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5 sebagai penutup materi pembelajaran.
- Guru
meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan Q.S.
Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5 .
- Guru
menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
- Guru
mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa
menjawab salam.
H. Penilaian
Tes perbuatan (Performance
Individu)
Tes tertulis
JAKARTA 15/8/2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar