SILABUS
Satuan Pendidikan :
Sekolah Menengah Atas (SMA)
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas :
XII (dua belas)
Kompetensi Inti :
(K1) : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
(K2) : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotong
royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-
aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
(K3) :Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
(K4) :Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1
Menghayati
nilai-nilai keimanan
kepada hari akhir
|
|||||
1.2
Menghayati
nilai-nilai keimanan
kepada qada dan qadar
|
|||||
1.3
Menerapkan
ketentuan syariat Islam dalam melaksanakan pernikahan
|
|||||
1.4
Menerapkan
ketentuan syariat Islam dalam melakukan pembagian
harta warisan
|
|||||
2.1
Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. At-Taubah (9) : 119 dan Q.S. Lukman (31): 14 serta hadits terkait
|
|||||
2.2
Menunjukkan perilaku hormat dan berbakti kepada orangtua dan guru Q.S. Al-Isra (17): 23 dan hadits terkait
|
|||||
2.3
Menunjukkan
sikap kritis
dan demokratis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ali Imran (3) :
190-191 dan 159, serta hadits terkait.
|
|||||
2.4
Menunjukkan perilaku
saling menasihati dan berbuat baik (ihsan) sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Luqman (31) : 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2):
83, serta hadits terkait.
|
|||||
2.5
Menunjukkan sikap mawas
diri dan taat beribadah sebagai cerminan dari kesadaran beriman kepada hari
akhir
|
|||||
2.6
Menunjukkan sikap optimis, berikhtiar dan bertawakal sebagasi cerminan dari kesadaran beriman kepada Qadha dan Qadar Allah
SWT.
|
|||||
2.7
Menunjukkan sikap semangat melakukan penelitian di bidang ilmu pengetahuan sebagai
implementasi dari pemahaman dan perkembangan Islam di dunia
|
|||||
3.1 Menganalisis Q.S. Ali
Imran (3): 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3): 159, serta hadits tentang
berpikir kritis dan bersikap demokratis.
4.1.1 Membaca
Q.S. Ali Imran (3): 190-191 dan Q.S. Ali Imran (3): 159; sesuai dengan kaidah
tajwid dan makhrajul huruf.
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran
(3): 190-191 dan Q.S. Ali Imran (3): 159 dengan lancar.
|
1.
Q.S. Ali-Imran (3) :
190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159
|
·
Mengamati
-
Menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum
bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan
Q.S. Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3): 159, serta hadits
tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
·
Menanya
-
Menanyakan cara membaca Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159.
-
Mengajukan pertanyaan terkait
hukum tajwid, asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159,
serta hadits terkait.
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Mendiskusikan cara membaca Q.S.
Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159 sesuai dengan
hukum bacaan tajwid;
-
Menterjemahkan Q.S.
Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159 serta hadits
terkait;
-
Menganalisis asbabun nuzul/wurud dan kandungan Q.S.
Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159 serta hadits terkait.
· Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan dari kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali
Imran (3) : 159 serta hadits terkait.
·
Mengkomunikasikan:
-
Mendemonstrasikan bacaan (hafalan), menyampaikan
hasil diskusi tentang Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali
Imran (3) : 159 serta hadits terkait secara individu maupun kelompok
|
·
Tugas
-
Menghafal Q.S.
Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159 serta hadits
terkait dengan cara mengisi lis
(lembar tugas hafalan).
·
Observasi
- Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang
memuat:
§ isi diskusi (kandungan ayat dan hukum bacaan)
§ sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait dengan tentang berpikir kritis dan bersikap
demokratis.
·
Portofolio
-
Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang kandungan Q.S.
Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159 serta hadits
terkait;
-
Membuat paparan analisis
dan identifikasi hukum bacaan yang ada pada Q.S.
Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159;
-
Membuat laporan perkembangan hafalan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali
Imran (3) : 159 serta hadis terkait.
·
Tes tulis
-
Menyalin Q.S.
Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159 serta
mengidentifikasi hukum bacaan tajwidnya;
-
Menjawab soal-soal tentang isi kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali
Imran (3) : 159 serta hadis
terkait.
·
Tes lisan
Membaca dan
menghafal Q.S. Ali Imran (3) :
190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159
serta hadits terkait
|
4x3
Jam pelajaran
|
· Buku PAI Kls X
Kemdikbud
· Al-Quran dan
Al-Hadits
· Buku tajwid
· Kitab tafsir
Al-Qur’an
· Buku lain yang
menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
|
3.2
Menganalisis Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S.
Al-Baqarah (2): 83, serta hadits tentang saling menasihati dan berbuat baik
(ihsan).
4.2.1
Membaca Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 sesuai dengan
kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2.2 Mendemonstrasikan
hafalan Q.S.
Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 denagn lancar.
|
2.
Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2):
83.
|
·
Mengamati
-
Menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum
bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan
Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 serta hadits
terkait.
·
Menanya
-
Menanyakan cara membaca Q.S. Luqman (31): 13-14
dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 .
-
Mengajukan pertanyaan terkait
hukum tajwid, asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. Luqman (31): 13-14 dan
Q.S. Al-Baqarah (2): 83, serta hadits terkait.
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Mendiskusikan cara membaca Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah
(2): 83 sesuai dengan hukum bacaan
tajwid;
-
Menterjemahkan
Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 serta hadits
terkait;
-
Menganalisis asbabun nuzul/wurud dan Q.S. Luqman
(31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 serta hadits terkait.
· Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan dari kandungan Q.S. Luqman
(31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83
serta hadits terkait.
·
Mengkomunikasikan:
-
Mendemonstrasikan bacaan (hafalan), menyampaikan
hasil diskusi tentang Q.S. Luqman
(31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 serta hadits terkait secara individu
maupun kelompok
|
·
Tugas
-
Menghafal Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S.
Al-Baqarah (2): 83 serta hadits terkait dengan cara mengisi lis (lembar tugas hafalan).
·
Observasi
- Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang
memuat:
§ isi diskusi (kandungan ayat dan hukum bacaan)
§ sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait tentang saling
menasihati dan berbuat baik (ihsan).
·
Portofolio
-
Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang kandungan Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah
(2): 83 serta hadits terkait;
-
Membuat paparan analisis
dan identifikasi hukum bacaan yang ada pada Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah
(2): 83;
-
Membuat laporan perkembangan hafalan Q.S. Luqman
(31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83
serta hadis terkait.
·
Tes tulis
-
Menyalin Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat
(49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10 serta mengidentifikasi hukum bacaan
tajwidnya;
-
Menjawab soal-soal tentang isi kandungan Q.S.
Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 serta hadis terkait.
·
Tes lisan
-
Membaca dan
menghafal Q.S. Luqman (31): 13-14 dan
Q.S. Al-Baqarah (2): 83 serta hadits
terkait
|
4x3
Jam pelajaran
|
· Buku PAI Kls X
Kemdikbud
· Al-Quran dan
Al-Hadits
· Buku tajwid
· Kitab tafsir
Al-Qur’an
· Buku lain yang
menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
|
3.3
Memahami makna iman kepada hari akhir.
4.3 Berperilaku yang mencerminkan kesadaran
beriman kepada Hari Akhir.
|
3. Beriman kepada hari akhir
|
·
Mengamati
-
Menyimak bacaan al-qur’an yang terkait dengan iman
kepada hari akhir secara individu maupun kelompok.
-
Mengamati tayangan video tentang ilustrasi
peristiwa kiamat (Hari Akhir)
·
Menanya
-
Mengajukan pertanyaan, misalnya tentang makna Hari
Akhir, peristiwa terjadinya kiamat, bagaimana menusia mempertanggung jawabkan
perbuatannya, dan balasan bagi orang-orang atas amal perbuatannya.
·
Eksperimen/Eksplore
-
Diskusi tentang prosesnya terjadinya kiamat dalam
persfektif al-Qur’an,
-
Diskusi tentang bagaimana menusia mempertanggung
jawabkan perbuatannya di hari akhirat, dan balasan bagi orang-orang atas amal
perbuatannya.
· Assosiasi
-
Menyimpulkan makna Hari Akhir dan bagaimana
terjadinya peristiwa kiamat,
-
Menyimpulkan bagaimana menusia mempertanggung
jawabkan perbuatannya, dan balasan bagi orang-orang atas amal perbuatannya.
· Komunikasi
-
Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang
tentang makna Hari Akhir, peristiwa terjadinya kiamat, bagaimana menusia
mempertanggung jawabkan perbuatannya, dan balasan bagi orang-orang atas amal
perbuatannya.
-
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi,
mengkonformasi, dan menyanggah).
-
Membuat
resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
|
· Tugas
-
Mencari ayat-ayat
al-qur’an dan hadis tentang iman kepada hari Akhir berdasarkan tuntunan guru
-
Mengumpulkangambar-gambar
tentang tsunami dan
musibah alam
· Observasi
-
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-
Isi diskusi
(gambaran tentang peristiwa kiamat dan pertanggung jawaban manusia di
akhirat)
-
Sikap gairah dalam
beribadah yang ditunjukkan siswa sebagai implementasi dari iman kepada
hari Akhir)
· Portofolio
-
Membuatlaporantentangmakna hari Akhir,
peristiwa terjadinya kiamat, dan pertanggung bjawaban
manusia di akhirat
· Tes
-
Tes kemampuan kognitif
dengan bentuk
tes soal-
soal pilihan ganda dan uraian tentang beriman kepada hari akhir.
|
3x3
Jam pelajaran
|
· Buku PAI Kls X
Kemdikbud
· Buku lain yang
menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
|
3.4 Memahami
makna iman kepada Qadha dan Qadar
4.4 Berperilaku
yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Qadha dan Qadar Allah SWT.
|
4.
Iman kepada
Qadha dan Qadar
|
·
Mengamati
-
Menyimak bacaan al-qur’an yang terkait dengan iman kepada Qadha dan Qadar secara individu
maupun kelompok.
-
Mengamati tayangan video tentang iman kepada Qadha dan Qadar
·
Menanya
-
Mengajukan pertanyaan, misalnya tentang makna iman kepada Qadha dan Qadar.
·
Eksperimen/Eksplore
-
Diskusi tentang iman kepada Qadha dan Qadar dalam persfektif al-Qur’an,
-
Diskusi tentang iman kepada Qadha dan Qadar
· Assosiasi
-
Menyimpulkan makna iman kepada Qadha dan Qadar
· Komunikasi
-
Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang
tentang makna iman kepada Qadha dan
Qadar
-
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi,
mengkonformasi, dan menyanggah).
-
Membuat
resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
|
· Tugas
- Mencari ayat-ayat al-qur’an dan hadis tentang iman kepada Qadha dan Qadar
- Mengumpulkangambar-gambar tentang iman kepada Qadha dan Qadar
· Observasi
-
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-
Isi diskusi (gambaran
tentang iman kepada Qadha dan Qadar)
- Sikap gairah dalam beribadah yang ditunjukkan siswa sebagai implementasi dari iman kepada Qadha dan Qadar
· Portofolio
- Membuat laporan tentang makna
iman kepada Qadha dan Qadar
· Tes
- Tes kemampuan
kognitif dengan
bentuk tes
soal- soal pilihan ganda dan uraian tentang iman kepada Qadha dan Qadar
|
3x3
Jam pelajaran
|
· Buku PAI Kls X
Kemdikbud
· Buku lain yang
menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
|
3.5
Memahami hikmah dan manfaat saling menasihati
dan berbuat baik (ihsan) dalam kehidupan.
4.5
Menyajikan hikmah dan manfaat saling menasihati dan
berbuat baik (ihsan) dalam kehidupan
|
5.
Saling menasihati dan berbuat baik (ihsan) dalam
kehidupan
|
·
Mengamati
-
Menyimak bacaan al-Qur’an yang terkait hikmah dan
manfaat saling menasihati dan berbuat baik (ihsan.
·
Mengamati tayangan video tentang hikmah dan manfaat saling menasihati dan
berbuat baik (ihsan
·
Menanya
-
Mengajukan pertanyaan
tentang bagaimana kedudukan wanita dalam keluarga?
·
Eksperimen/eksplor
- Menelaah hikmah
dan manfaat saling menasihati dan berbuat baik (ihsan Assosiasi
-
Menyimpulkan hikmah dan manfaat saling menasihati dan berbuat baik (ihsan ).
·
Menyimpulkan hikmah dan
manfaat saling menasihati dan berbuat baik (ihsan
·
Komunikasi
- Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang hikmah dan
manfaat saling menasihati dan berbuat baik (ihsan).
- Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan
menyanggah).
-
Membuat resume
pembelajaran di bawah bimbingan guru.
|
· Tugas
-
Mengumpulkan
bahan-bahan artikle/ tulisan tentang hikmah dan manfaat saling menasihati
dan berbuat baik (ihsan).
· Observasi
-
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-
Isi diskusi (hikmah dan
manfaat saling menasihati dan berbuat baik (ihsan)
-
Sikap senang terhadap perilaku
saling menasihati dan berbuat baik (ihsan) yang ditunjukkan siswa.
· Portofolio
-
Membuat laporan tentang hikmah dan manfaat saling menasihati
dan berbuat baik (ihsan).
· Tes
- Tes kemampuan
kognitif dengan
bentuk tes
soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang hikmah dan manfaat saling menasihati dan berbuat baik
(ihsan).
|
3x3
Jam pelajaran
|
·
Al-qur’an dan tarjamah
·
Buku teks PAI
·
VCD tentang pernikahan
secara Islami
·
Literatur lain yang relevan
|
3.6 Memahami
ketentuan pernikahan dalam Islam.
4.6 Memperagakan tata cara pernikahan
dalam Islam.
|
6. Pernikahan dalam Islam
|
·
Mengamati
-
Menyimak bacaan al-Qur’an yang terkait dengan
pernikahan dalam Islam secara individu maupun kelompok.
-
Mengamati tayangan video pernikahan dalam Islam. atau mengamati langsung proses pernikahan.
·
Menanya
-
Mengajukan pertanyaan
tentang pernikahan dalam Islam, misalnya; apa syarat dan rukun nikah, apa hikmah pernikahan dalam
Islam, dan bagaimana kedudukan wanita dalam keluarga
·
Eksperimen/eksplor
-
Menelaah ketentuan
pernikahan dalam Islam
(syarat dan rukun nikah)
-
Diskusi tentang hikmah pernikan dalam Islam
·
Assosiasi
-
Menyimpulkan ketentuan pernikahan dalam Islam
(syarat dan rukun nikah)
-
Menyimpulkan hikmah
pernikhaan dalam Islam
·
Komunikasi
- Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang ketentuan pernikahan dalam
Islam.
- Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan
menyanggah).
-
Membuat resume
pembelajaran di bawah bimbingan guru.
-
Mengadakan simulasi prosesi penikahan.
|
· Tugas
-
Mengumpulkan
bahan-bahan artikle/ tulisan tentang pernikahan dalam Islam
-
Melakukan
obeservasi langsung terhadap pelaksanaan pernikahan di KUA atau masyarakat.
· Observasi
-
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-
Isi diskusi (ketentuan
pernikahan, hikamh pernikahan, dan kedudukan wanita dalam keluarga)
-
Sikap senang terhadap
pelaksanaan pernikahan secara islamiyang ditunjukkan siswa)
· Portofolio
-
Membuatlaporantentangpelaksanaan pernikahan dalam Islam (syarat dan rukun, hakmah penikahan,
kedudukan wanita dalam keluarga)
· Tes
- Tes kemampuan
kognitif dengan
bentuk tes
soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang ketentuan pernikahan dalam Islam.
|
4x3
Jam pelajaran
|
·
Al-qur’an dan tarjamah
·
Buku teks PAI
·
VCD tentang pernikahan
secara Islami
·
Literatur lain yang relevan
|
3.7 Memhami hak dan kedudukan wanita dalam keluarga
berdasarkan hukum Islam.
4.7 Menyajikan
hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan
hukum Islam.
|
7.
Hak dan
kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam
|
·
Mengamati
-
Menyimak bacaan al-Qur’an yang terkait dengan hak dan kedudukan
wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam.
-
Mengamati
tayangan video tentang hak dan
kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam.
·
Menanya
-
Mengajukan pertanyaan
tentang apa dan bagaimana hak dan
kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam.
·
Eksperimen/eksplor
-
Menelaah ketentuan hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan
hukum Islam.
·
Assosiasi
-
Menyimpulkan hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan
hukum Islam.
·
Komunikasi
-
Menyajikan/melaporkan
hasil diskusi tentang hak dan
kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam.
- Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan
menyanggah).
-
Membuat resume
pembelajaran di bawah bimbingan guru.
-
Mengadakan simulasi prosesi penikahan.
|
· Tugas
-
Mengumpulkan
bahan-bahan artikle/ tulisan tentang hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam.
· Observasi
-
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-
Isi diskusi (hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan
hukum Islam)
· Portofolio
-
Membuatlaporantentangpelaksanaan pernikahan dalam Islam (syarat dan rukun, hakmah penikahan,
kedudukan wanita dalam keluarga)
· Tes
- Tes kemampuan
kognitif dengan
bentuk tes
soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan
hukum Islam..
|
3x3
Jam pelajaran
|
·
Al-qur’an dan tarjamah
·
Buku teks PAI
·
VCD tentang pernikahan
secara Islami
·
Literatur lain yang relevan
|
3.8 Memahami ketentuan waris
dalam Islam.
4.8 Mempraktikkan
pelaksanaan pembagian waris dalam Islam
|
8.
Ketentuan waris
dalam Islam.
|
·
Mengamati
-
Menyimak bacaan al-Qur’an yang terkait dengan ketentuan waris dalam Islam.
-
Mengamati
tayangan video tentang ketentuan
waris dalam Islam..
·
Menanya
- Mengajukan pertanyaan tentang ketentuan waris dalam Islam.
·
Eksperimen/eksplor
-
Menelaah ketentuan waris dalam Islam..
·
Assosiasi
- Menyimpulkan ketentuan
waris dalam Islam.
·
Komunikasi
- Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang ketentuan waris dalam Islam.
- Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan
menyanggah).
-
Membuat resume
pembelajaran di bawah bimbingan guru.
-
Mengadakan simulasi prosesi penikahan.
|
· Tugas
-
Mengumpulkan
bahan-bahan artikle/ tulisan tentang ketentuan waris dalam Islam..
· Observasi
-
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-
Isi diskusi (ketentuan waris dalam Islam.)
· Portofolio
-
Membuat laporan tentang
ketentuan waris dalam Islam.
· Tes
- Tes kemampuan
kognitif dengan
bentuk tes
soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang ketentuan waris dalam Islam.
|
4x3
Jam pelajaran
|
·
Al-qur’an dan tarjamah
·
Buku teks PAI
·
VCD tentang pernikahan
secara Islami
·
Literatur lain yang relevan
|
3.9 Memahami
strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
4.9 Mendeskripsikan
strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
|
9.
Strategi dakwah dan perkembangan Islam di
Indonesia
|
· Mengamati
- Mengamati tayangan video tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
- Membaca artikel tentang strategi dakwah dan perkembangan
Islam di Indonesia
· Menanya
-
Mengajukan pertanyaan
berkaitan dengan strategi dakwah dan perkembangan Islam
di Indonesia?
· Eksperimen/Eksplor
-
Diskusi tentang strategi dakwah dan perkembangan
Islam di Indonesia.
-
Menelaah faktor-faktor yang memepengaruhi strategi
dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
· Assosiasi
-
Menyimpulkan strategi dakwah dan perkembangan
Islam di Indonesia
·
Komunikasi
-
Menyajikan/melaporkan
hasil diskusi tentang strategi
dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
-
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi,
mengkonformasi, dan menyanggah).
-
Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan
guru.
|
· Tugas
-
Mengumpulkan artikel dan tulisan tentang strategi
dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
- Mengumpulkanvisualisasi
tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia .
· Observasi
-
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat:
-
Isi diskusi (strategi dakwah dan perkembangan
Islam di Indonesia)
-
Sikap semangat melakukan penelitian di bidang ilmu
pengetahuan sebagai refleksi dari pemahaman
strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
· Portofolio
-
Membuat laporan strategi dakwah dan perkembangan
Islam di Indonesia
· Tes
- Tes kemampuan kognitif
dengan bentuk tes soal- soal pilihan ganda dan uraian tentang strategi dakwah dan perkembangan
Islam di Indonesia.
|
4 x 3
Jam Pelajaran
|
· Buku PAI Kls XII
Kemdikbud
· Buku lain yang
menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
|
3.10 Menganalisis faktor-faktor kemajuan dan
kemunduran peradaban Islam di dunia.
4.10
Mendeskripsikan faktor-faktor kemajuan dan
kemunduran peradaban Islam di dunia.
|
10. Kemajuan dan kemunduran Islam di dunia
|
· Mengamati
-
Mengamati tayangan video
tentang perkembangan Islam
di dunia
-
Membaca artikel tentang kemajuan dan kemunduran
peradaban Islam di dunia
· Menanya
-
Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan perkembangan
Islam di dunia, seperti faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemajuan dan
kemunduran peradaban Islam?
· Eksperimen/Eksplor
-
Diskusi tentang perkembangan peradaban Islam di
dunia
-
Menelaah faktor-faktor yang memepengaruhi kemajuan
peradaban Islam di dunia
-
Menelaah faktor-faktor yang memepengaruhi
kemunduran peradaban Islam di dunia
· Assosiasi
-
Menyimpulkan perkembangan peradaban Islam di dunia
-
Menyimpulkan faktor-faktor yang memepengaruhi
kemajuan dan kemunduran peradaban Islam di dunia
·
Komunikasi
-
Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang
faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan dan kemunduran peradaban Islam di
dunia
-
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi,
mengkonformasi, dan menyanggah).
-
Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan
guru.
|
· Tugas
-
Mengumpulkan artikel dan tulisan tentang perkembangan Islam di dunia
-
Mengumpulkan visualisasi tentang perkembangan
Islam di dunia
· Observasi
-
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-
isi diskusi (perkembangan Islam di dunia,
faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan dan kemunduran peradaban Islam)
-
sikap semangatmelakukanpenelitian di bidangilmupengetahuansebagairefleksi
daripemahamankemajuan dan kemunduran peradaban Islam di dunia.
· Portofolio
-
Membuatlaporanperkembangan Islam di dunia dan
faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan dan kemunduran peradaban Islam di dunia.
· Tes
- Tes kemampuan
kognitif dengan bentuk tes soal soal pilihan ganda dan uraian kemajuan dan kemunduran Islam di dunia.
|
4 x 3
Jam Pelajaran
|
· Buku PAI Kls X
Kemdikbud
· Buku lain yang
menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar