Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMK JOSUA
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : X/1
Waktu : 2 x 45 menit
Aspek : Tarikh dan Kebudayaan Islam
A. Standar Kompetensi
6. Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah.
B. Kompetensi Dasar
6.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
Mampu menceritakan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Mekkah.
Mampu menjelaskan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat.
|
Religius, jujur, santun,
disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai
keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak
dan kewajiban, kerja keras, dan adil.
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
Patuh dalam melaksanakan
ajaran agama yang dianutnya.
Toleran terhadap
pelaksanaan ibadah agama lain
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan)
D. Materi Ajar (Materi Pokok)
Keteladanan Rasulullah SAW :
Dakwah
Rasulullah SAW pada periode Mekkah.
Substansi dan strategi
dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
E. Metode Pembelajaran:
Ceramah , tanya jawab dan
Praktek
F. Tujuan Pembelajaran
Siswa
diharapkan mampu untuk :
Mampu menceritakan sejarah
dakwah Rasulullah pada periode Mekkah.
Mampu menjelaskan pengaruh
dakwah Rasulullah SAW terhadap umat.
G. Strategi Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Mendiskusikan dalam kelompok tentang sejarah dakwah Rasulullah SAW
periode Makkah
Mendiskusikan dalam kelompok tentang substansi dan strategi dakwah
Rasulullah SAW periode Makkah
|
Presentasi hasil diskusi kelompok tentang substansi dan strategi
dakwah Rasulullah periode Makkah.
Presentasi hasil diskusi kelompok tentang dakwah Rasulullah periode
Makkah
|
Mengumpulkan kisah-kisah dakwah Rasulullah pada periode Makkah
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa
memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa
menyiapkan kitab suci Al Qurán
- Secara
bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
- Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar
yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru
dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang
materi keteladanan Rasulullah SAW.
-
Guru
mengawali dengan mengajukan beberapa
pertanyaan, contohnya:
·
Pernahkah kalian mendengar orang lain berbicara tentang
Keteladanan Rasulullah SAW?
·
Pernahkah kalian membaca tentang kisah Keteladanan
Rasulullah SAW?
·
Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang Keteladanan
Rasulullah SAW?
- Setelah
para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa
untuk menerangkanya kembali.
- Guru
menjelaskan tentang Keteladanan Rasulullah SAW.
Eksplorasi
- Selanjutnya
siswa menyebutkan kisah tentang Keteladanan Rasulullah SAW dari sumber bacaan
dengan pengamatan dari guru.
- Selanjutnya,
guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang apakah yang harus diteladani dari
Rasulullah SAW kepada siswa.
- Setelah selesai guru menjelaskan
tentang kisah Keteladanan Rasulullah SAW, dengan ringkasan sebagai
berikut :
·
Berdakwah
secara terang-terangan
Perintah
berdakwah secara terang-terangan
Kekhawatiran
Nabi saw. terhadap kaumnya
Dakwah
Nabi saw. kepada kaum kerabatnya
Masyarakat
Mekah berpaling dari Nabi saw.
Allah
memantapkan (hati) RasulNya
Pembuktian
kerasulan Nabi saw.
·
Penghinaan
kaum Quraisy
Pendustaan
Quraisy terhadap Nabi saw
Cobaan
kaum muslimin dari kaum Quraisy
Orang
musyrik mengejekan kaum muslimin
Kaum
Quraisy meminta mukjizat
Kaum
Quraisy bersekutu untuk kufur
Abu
Jahal menyakiti Nabi saw.
§ Permusuhan Abu Jahal:
Permusuhan
Abu Lahab
Penyiksaan
terhadap orang mukmin yang lemahOrang-orang musyrik mendustai Al Quran
Orang-orang
musyrik menuduh Nabi saw. menutup-nutupi wahyu
Orang-orang
musyrik menuduh Nabi saw. mengetahui hal ghaib
Kaum
Quraisy menuduh kaum Yahudi mengajari Nabi saw.
Nabi
saw. dituduh sebagai penyihir
Nabi
saw. dituduh sebagai orang gila
Nabi
saw. dituduh sebagai pembohong
Nabi
saw. dituduh sebagai penyair
·
Peristiwa
Isra' dan Mi'raj
Malaikat
naik ke langit bersama Nabi saw
Dada
Nabi saw. dibelah dan dikeluarkan hatinya
Nabi
saw. melihat Jibril as. dalam bentuk aslinya,
Nabi
saw. melihat surga
Kaum
Quraisy mendustai peristiwa isra' dan mi'raj
·
Perjanjian
Aqabah kedua
Janji
setia untuk beriman dan meninggalkan syirik
Janji
setia kaum wanita pada malam 'Aqabah
- Guru
menjelaskan kepada siswa akan hikmah keteladanan Rasulullah SAW.
- Guru
menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang keteladanan Rasulullah SAW
secara berkelompok.
- Siswa
diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.
Konfirmasi
-
Rasullullah SAW adalah suri tauladan utama yang mengajarkan umat
tentang akhlakul karimah kepada umat. Oleh sebab itu dengan akhlakul karimah
kita menjadi rahmatan lilngalamin.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru
meminta agar para siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam
keteladanan Rasulullah SAW sebagai
penutup materi pembelajaran.
- Guru meminta
agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam
keteladanan Rasulullah SAW.
- Guru
menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
- Guru
mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab
salam.
H. Penilaian
Tes perbuatan (Performance
Individu)
Tes tertulis
I. Bahan/Sumber Belajar
Al Quran dan terjemahan
Departemen AgamaRI
Buku pelajaran PAI SMA
kelas I
J. Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
|
Butir –
butir Soal
|
Kunci
Jawaban
|
1.
|
Maka (apakah)
barangkali kamu akan membunuh dirimu karena bersedih hati setelah mereka
berpaling, sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini
(Al-Quran).Siapakah yang dimaksud kamu dalam ayat tersebut….
|
Nabi Muhammad SAW
|
2.
|
Sebutkanlah macam-macam sumber hukum Islam……
|
Al-Qur’an,
Al-Hadist, Ijma dan Qiyas
|
3.
|
Sebutkan
contoh-contoh keteladanan Rasullullah dalam periode Makkah
|
Contoh dalam syariat :
tidak ada lagi beban-beban yang berat yang dipikulkan kepada Bani Israil.
Umpamanya: mensyari'atkan membunuh diri untuk sahnya taubat, mewajibkan kisas
pada pembunuhan baik yang disengaja atau tidak tanpa membolehkan membayar
diat, memotong anggota badan yang melakukan kesalahan, membuang atau
menggunting kain yang kena najis
|
II. Tes Sikap
No.
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1.
|
Rasullullah SAW, memiliki strategi dalam berdakwah
|
|
|
|
|
2.
|
Dakwah
yang dilakukan Rasullullah SAW di Mekkah menggunakan cara-cara yang baik.
|
|
|
|
|
3.
|
Akhlakul-Karimah adalah strategi dakwah Rasullullah
SAW.
|
|
|
|
|
dst
|
……………………………………………….
|
|
|
|
|
Keterangan
: Skor
Tes Sikap:
SS = Sangat Setuju = 50
S = Setuju = 40
TS = Tidak Setuju = 10
STS = Sangat Tidak Setuju = 0
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
|
Jakarta,
Guru Bidang Studi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar