SILABUS
Satuan Pendidikan :
Sekolah Menengah Atas (SMA)
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas :
X (sepuluh)
Kompetensi Inti :
(K1) : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
(K2) : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotong
royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-
aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
(K3) :Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
(K4) :Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menghayati
nilai-nilai keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
|
|||||
1.2 Berpegang teguh kepada Al-Qur’an, Hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
|
|||||
1.3 Meyakini
kebenaran hukum Islam
|
|||||
1.4 Berpakaian
sesuai dengan syari’at Islam dalam kehidupan sehari-hari
|
|||||
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implemantasi dari
pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 8, Q.S. At-Taubah (9): 119 dan hadits terkait.
|
|||||
2.2 Menunjukkan
perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 23 dan hadits terkait
|
|||||
2.3 Menunjukkan perilaku kontrol
diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan
(ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal
(8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits
terkait
|
|||||
2.4
Menunjukkan perilaku menghindarkan diri dari pergaulan
bebas dan perbuatan zina sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits terkait
|
|||||
2.5
Menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu dan
menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
At-Taubah (9): 122 dan hadits terkait
|
|||||
2.6
Menunjukkan sikap keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi
rasa aman, tawakkal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman
Asmaul Husna (al-Kariim, al-
Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin,
al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
|
|||||
2.7 Menunjukkan sikap tangguh dan
semangat menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman strategi
dakwah Rasulullah
SAW di Mekah
|
|||||
2.8
Menunjukkan sikap semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman
strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah
|
|||||
3.1 Menganalisis Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat
(49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri
(mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah).
3.2 Memahami manfaat dan hikmah
kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan
persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan.
4.1.1 Membaca Q.S. Al-Anfal (8) :
72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 sesuai dengan
kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.1.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S.
Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49) : 10, dengan lancar.
|
1.
Q.S. Al-Anfal
(8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
|
·
Mengamati
-
Menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum
bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan
Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat
(49):10 serta hadits terkait.
-
Mencermati manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan)
dan persaudaraan (ukhuwah) melalui tayangan video atau media lainnya.
·
Menanya
-
Menanyakan cara membaca Q.S. Al-Anfal (8): 72;
Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10,
-
Mengajukan pertanyaan terkait
hukum tajwid, asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan Q.S. Al-Hujurat
(49) : 10,
serta hadits terkait.
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Mendiskusikan cara membaca Q.S. Al-Anfal
(8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 sesuai dengan hukum bacaan tajwid;
-
Menterjemahkan Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S.
Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait;
-
Menganalisis asbabun nuzul/wurud dan kandungan
Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat
(49):10 serta hadits terkait.
· Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan dari kandungan Q.S. Al-Anfal
(8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10 serta hadits terkait.
·
Mengkomunikasikan:
-
Mendemonstrasikan bacaan (hafalan), menyampaikan
hasil diskusi tentang Q.S. Al-Anfal
(8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait secara individu
maupun kelompok
|
·
Tugas
-
Menghafal Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat
(49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10 serta hadits terkait dengan cara mengisi
lis (lembar tugas hafalan).
·
Observasi
- Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang
memuat:
§ isi diskusi (hukum bacaan, kandungan ayat), manfaat dan hikmah perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzhan),
dan persaudaraan (ukhuwah)
§ sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait dengan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzhan), dan
persaudaraan (ukhuwah)
·
Portofolio
-
Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang kandungan Q.S. Al-Anfal
(8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait;
-
Membuat paparan analisis
dan identifikasi hukum bacaan yang ada pada Q.S. Al-Anfal
(8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10;
-
Membuat laporan perkembangan hafalan Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadis
terkait.
·
Tes tulis
-
Menyalin Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat
(49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10 serta mengidentifikasi hukum bacaan
tajwidnya;
-
Menjawab soal-soal tentang isi kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadis
terkait.
·
Tes lisan
Membaca dan
menghafal Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S.
Al-Hujurat (49):10 serta hadits
terkait
|
4x3
Jam pelajaran
|
· Buku PAI Kls X
Kemdikbud
· Al-Quran dan
Al-Hadits
· Buku tajwid
· Kitab tafsir
Al-Qur’an
· Buku lain yang
menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
|
3.3
Menganalisis
Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2, serta hadits
tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3.4
Memahami manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas
dan perbuatan zina.
4.2.1 Membaca Q.S. Al-Isra’ (17) :
32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan
Q.S. An-Nur (24) : 2 dengan lancar.
|
2.
Perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan
zina.
|
·
Mengamati
- Menyimak
bacaan, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits terkait.
-
Mencermati manfaat dan hikmah larangan
pergaulan bebas dan perbuatan zina melalui tayangan video atau media lainnya.
·
Menanya
·
Menanyakan cara membaca hukum tajwid, asbabun nuzul,
dan isi kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan
Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits
terkait
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
Mendiskusikan
cara membaca sesuai dengan tajwid,
menganalisis asbabun nuzul/wurud dan kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits terkait
· Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan dari kandungan Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits terkait
·
Mengkomunikasikan:
Mendemonstrasikan
bacaan (hafalan), menyampaikan hasil diskusi tentang Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits terkait
secara individu maupun kelompok
|
·
Tugas
-
Menghafal Q.S.
Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):
2, serta hadits terkait dengan cara mengisi lis (lembar tugas hafalan).
·
Observasi
- Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang
memuat:
§ isi diskusi (kandungan ayat dan hukum bacaan)
§ sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait dengan perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan
perbuatan zina.
·
Portofolio
-
Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang kandungan Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits terkait;
-
Membuat paparan analisis
dan identifikasi hukum bacaan yang ada pada Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2;
-
Membuat laporan perkembangan hafalan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits terkait.
·
Tes tulis
-
Menyalin Q.S.
Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):
2, serta
mengidentifikasi hukum bacaan tajwidnya;
-
Menjawab soal-soal tentang isi kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits terkait.
·
Tes lisan
Membaca dan
menghafal Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits terkait serta hadits terkait
|
4x3
Jam pelajaran
|
· Buku PAI Kls X
Kemdikbud
· Al-Quran dan
Al-Hadits
· Buku tajwid
· Kitab tafsir
Al-Qur’an
· Buku lain yang
menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
|
3.5 Memahami makna Asmaul Husna:
(al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir).
4.3 Berperilaku yang mencontohkan
keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil
sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna (al-Kariim,
al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
|
3.
Iman kepada
Allah SWT (Asmaul Husn: al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
|
·
Mengamati:
- Mencermati
bacaan teks tentang Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’,
al-‘Adl, dan al-Akhiir)
- Meyimak
penjelasan materi di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·
Menanya (memberi stimulus agar peserta didik
bertanya) :
-
Mengapa Allah memiliki nama yang begitu banyak?
-
Apa yang harus dilakukan oleh umat Islam terkait
nama-nama Allah yang indah itu?
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh
perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman,
tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul
Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan
al-Akhiir)
- Guru mengamati
perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman,
tawakal dan perilaku adil melalui lembar pengamatan di sekolah.
-
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk
mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh
pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil di rumah.
· Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan materi di atas.
·
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan
/menyampaikan hasil diskusi tentang materi di atas.
|
·
Tugas
- Mengumpulkan
data (gambar, berita, artikel tentang perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku
adil).
·
Observasi
- Mengamati
teman sejawat tentang perilaku keluhuran budi,
kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil di lingkungan sekolah,
rumah maupun masyarakat melalui lembar pengamatan.
- Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang
memuat:
§ isi diskusi
§ sikap yg ditunjukkan saat pelaksanaan diskusi dan kerja kelompok
·
Portofolio
-
Membuat paparan analisis
dari hasil observasi tentang perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman,
tawakal dan perilaku adil.
·
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal
pilihan ganda dan uraian tentang Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin,
al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
·
Tes lisan
-
Menjelaskan hasil pengamatan tentang perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman,
tawakal dan perilaku adil sebagai
implemantasi dari Asmaul Husna (al-Kariim,
al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
|
3x3
Jam pelajaran
|
· Buku PAI Kls X
Kemdikbud
· Buku lain yang
menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
|
3.6 Memahami
makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
4.4 Berperilaku
yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT
|
4.
Iman kepada Malaikat
|
·
Mengamati
- Mencermati
bacaan teks tentang makna dan contoh perilaku beriman kepada
malaikat-malaikat Allah SWT
- Meyimak
penjelasan materi di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·
Menanya (memberi stimulus agar peserta didik
bertanya)
-
Mengapa
kita harus beriman kepada
malaikat?
-
Apa yang harus dilakukan oleh orang yang beriman
kepada malaikat?
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh
perilaku beriman kepada Malaikat.
-
Guru mengamati perilaku beriman kepada Malaikat melalui lembar
pengamatan di sekolah.
-
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk
mengamati perilaku beriman kepada
Malaikat di rumah.
· Mengasosiasi
Membuat kesimpulan
tentang makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
·
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan
/menyampaikan hasil diskusi tentang beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
|
·
Tugas
Mengumpulkan
data (gambar, berita, artikel tentang perilaku yang
mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT)
·
Observasi
- Peserta didik
melakukan pengamatan terhadap perilaku
menghayati nilai-nilai keimanan kepada
Malaikat-malaikat Allah SWT melalui lembar pengamatan di lingkungan
sekolah, rumah maupun masyarakat.
·
Portofolio
-
Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang makna beriman kepada malaikat;
-
Membuat paparan analisis
tentang perilaku orang-orang yang beriman kepada malaikat.
·
Tes tulis
- Tes kemampuan kognitif
dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang iman kepada malaikat.
· Tes lisan
-
Memaparkan hasil pengamatan tentang perilaku
orang-orang yang beriman kepada
malaikat.
|
3x3
Jam pelajaran
|
· Buku PAI Kls X
Kemdikbud
· Buku lain yang
menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
|
3.7
Memahami Q.S. At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait
tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama.
4.5 Menceritakan tokoh-tokoh teladan dalam semangat mencari
ilmu
|
5.
Semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
|
·
Mengamati
- Mencermati
bacaan teks tentang Q.S. At-Taubah (9) : 122 dan
hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan
nya kepada sesama
- Meyimak penjelasan
materi di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·
Menanya (memberi stimulus agar peserta didik
bertanya)
-
Mengapa
harus menuntut ilmu?
-
Bagaimana cara menyampaikan ilmu kepada sesama?
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan
menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi pemahaman kandungan Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait.
-
Guru mengamati perilaku contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyaampaikannya kepada sesama
melalui lembar pengamatan di sekolah.
-
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk
mengamati perilaku semangat menuntut ilmu,
menerapkan dan
menyaampaikannya kepada sesama di rumah.
· Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan tentang semangat menuntut ilmu dan
menyampaikannya kepada sesama.
·
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan
/menyampaikan hasil diskusi tentang semangat
menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
|
·
Tugas
Mengumpulkan
data (gambar, berita, artikel tentang semangat
menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama)
·
Observasi
- Peserta didik
melakukan pengamatan terhadap perilaku
semangat menuntut ilmu, menerapkan dan
menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi pemahaman kandungan Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait melalui
lembar pengamatan di lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat.
·
Portofolio
-
Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang makna dan contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama;
-
Membuat paparan analisis
tentang makna
dan contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan
menyampaikannya kepada sesama.
·
Tes tulis
- Tes kemampuan
kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang semangat
menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
· Tes lisan
-
Memaparkan hasil pengamatan tentang perilaku
orang-orang yang semangat menuntut
ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
|
3x3
Jam pelajaran
|
· Buku PAI Kls X
Kemdikbud
· Al-Quran dan
Al-Hadits
· Kitab tafsir
Al-Qur’an
· Buku lain yang
menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
|
3.8 Memahami
kedudukan Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
4.6 Menyajikan
macam-macam sumber hukum Islam.
|
6. Sumber Hukum Islam
|
·
Mengamati
- Mencermati
bacaan teks tentang kedudukan al-Quran, al-Hadits, dan Ijtihad sebagai
sumber hukum Islam
- Meyimak
penjelasan materi tersebut di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·
Menanya (memberi stimulus agar peserta didik
bertanya)
- Mengapa Al-Quran,
Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
?
-
Apa yang anda pahami tenang Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad ?
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
- Peserta didik
mendiskusikan makna Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum
Islam
- Guru mengamati
perilaku berpegang teguh kepada Al-Quran,
Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
-
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk
mengamati perilaku berpegang teguh kepada Al-Quran,
Hadits, dan Ijtihad di
rumah.
· Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan tentang sumber hukum Islam.
·
Mengkomunikasikan:
-
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi
tentang sumber hukum Islam.
|
·
Tugas
- Mengumpulkan
data (gambar, berita, artikel tentang perilaku berpegang
teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad).
·
Observasi
- Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
- Mengamati
perilaku orang-orang yang berpegang teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits dan
Ijtihad
·
Portofolio
-
Membuat paparan tentang kedudukan dan fungsi
al-Qur’an, al-Hadits, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
·
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal
pilihan ganda dan uraian tentang kedudukan dan fungsi al-Qur’an, al-Hadits,
dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
· Tes lisan
-
Memaparkan hasil pengamatan perilaku berpegang
teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad serta menganalisis dan
menanggapinya.
|
4x3
jam pelajaran
|
· Buku PAI Kls X
Kemdikbud
· Al-Quran dan
Al-Hadits
· Buku lain yang
menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
|
3.9 Memahami
pengelolaan wakaf.
4.7.1 Menyajikan
dalil tentang ketentuan waqaf.
4.7.2 Menyajikan
pengelolaan wakaf.
|
7.
Pengelolaan
wakaf
|
·
Mengamati
-
Mencermati bacaan teks tentang pengertian, ketentuan
dan hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan wakaf.
-
Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan
vidio atau media lainnya.
· Menanya (memberi
stimulus agar peserta didik bertanya)
-
Mengapa waqaf haarus dikelola?
-
Bagaimana cara mengelola wakaf?
· Mengumpulkan
data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan makna dan ketentuan
wakaf serta pengeloalaannya.
·
Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan materi pengelolaan wakaf.
·
Mengkomunikasikan
-
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi
tentang materi pengelolaan wakaf.
|
·
Tugas
-
Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang
pengelolaan wakaf).
·
Observasi
-
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
-
Mengamati pengelolaan wakaf.
·
Portofolio
-
Membuat paparan dan menganalisis tentang
pengelolaan wakaf.
·
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal
pilihan ganda dan uraian tentang
ketentuan dan pengelolaan
wakaf.
·
Tes lisan
-
Memaparkan hasil pengamatan tentang
pengelolaan wakaf.
|
2x3
Jam pelajaran
|
· Buku PAI Kls X
Kemdikbud
· Buku lain yang
menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
|
3.10.1 Memahami
substansi dan strategi dakwah Rasullullah
SAW di Mekah.
4.8.1 Mendeskripsikan substansi dan
strategi dakwah Rasullullah SAW di Mekah.
|
8.
Meneladani Perjuangan Rasulullah SAW di Mekah
|
·
Mengamati
- Mencermati
bacaan teks tentang substansi dan strategi
dakwah Rasullullah SAW
- Meyimak
penjelasan materi tersebut di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·
Menanya (memberi stimulus agar peserta didik
bertanya)
-
Apa substansi dakwah Rasulullah di Mekah?
-
Apa strategi dakwah Rasulullah di Mekah?
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
- Peserta didik
mendiskusikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Mekah.
- Guru mengamati
perilaku tangguh dan semangat menegakkan kebenaran dalam kehidupan
sehari-hari.
-
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk
mengamati perilaku tangguh dan semangat menegakkan kebenaran dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
· Mengasosiasi
- Membuat
kesimpulan tentang substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di Mekah.
·
Mengkomunikasikan
- Mempresentasikan
/menyampaikan hasil diskusi tentang substansi
dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Mekah.
|
·
Tugas
- Mengumpulkan
data (gambar, berita, artikel tentang substansi
dan strategi dakwah Rasullullah SAW ).
·
Observasi
- Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
-
Mengamati perilaku orang-orang yang memiliki sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran sebagai
implementasi dari pemahaman tentang strategi
dakwah Rasulullah
SAW di Mekah.
·
Portofolio
- Membuat
paparan tentang substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di Mekah.
- Membuat
paparan tentang perilaku orang-orang yang memiliki sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran.
·
Tes tulis
- Tes kemampuan
kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang substansi dan
strategi dakwah Rasullullah SAW di Mekah.
· Tes lisan
-
Memaparkan hasil pengamatan tentang perilaku
orang-orang yang memiliki sikap tangguh dan
semangat menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman tentang strategi dakwah Rasulullah SAW di Mekah.
|
4x3
Jam pelajaran
|
· Buku PAI Kls X
Kemdikbud
· Buku lain yang
menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
|
3-9 Memahami
substansi dan strategi dakwah Rasullullah
SAW di Madinah.
4-5
Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Madinah.
|
9.
Meneladani Perjuangan Rasulullah SAW di Madinah
|
·
Mengamati
- Mencermati
bacaan teks tentang substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di Madinah
- Meyimak
penjelasan materi tersebut di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·
Menanya (memberi stimulus agar peserta didik
bertanya)
-
Apa substansi dakwah Rasulullah di Madinah?
-
Apa strategi dakwah Rasulullah di Madinah?
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
- Peserta didik
mendiskusikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Madinah.
- Guru mengamati
perilaku semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah
Rasulullah SAW di Madinah.
-
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk
mengamati perilaku semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman
strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah.
· Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan materi substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Madinah.
·
Mengkomunikasikan
-
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi
tentang materi substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Madinah.JAKARTA 13/8/2014
|
·
Tugas
- Mengumpulkan
data (gambar, berita, artikel tentang substansi
dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Madinah ).
·
Observasi
- Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
-
Mengamati perilaku orang-orang yang memiliki
semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Rasulullah
SAW di Madinah.
·
Portofolio
- Membuat
paparan tentang substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di Madinah;
- Membuat
paparan tentang perilaku orang-orang yang memiliki sikap semangat
ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di
Madinah.
·
Tes tulis
- Tes kemampuan
kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang substansi dan
strategi dakwah Rasullullah SAW di Madinah.
· Tes lisan
-
Memaparkan hasil pengamatan tentang perilaku orang-orang
yang memiliki sikap semangat ukhuwah sebagai implementasi dari
pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah.
|
4x3
Jam pelajaran
|
· Buku PAI Kls X
Kemdikbud
· Buku lain yang
menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar