RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP
)
Sekolah:SMK JOSUA
Mata
Pelajaran:Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester:XI / 4 (Genap)
Standar
Kompetensi:
19Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang menjagakelestarian lingkungan hidup.
Kompetensi
Dasar:
1.Membacai
Q.S. Ar-Rum: 41-42, Al A’raf: 56-58, dan AshShad: 272. Menjelaskan arti Q.S.
Ar-Rum: 41-42, Al A’raf: 56-58, danAsh Shad: 273. Membiasakan perilaku menjaga
kelestarian lingkungan hidupseperti terkandung di dalam Q.S. Ar-Rum: 41-42, Al
A’raf: 56-58, dan Ash Shad: 27.
Pendidikan
Karakter Bangsa:
1.Peduli
Lingkungan, sikap dan tindakan yang selalu berupayamencegah kerusakan pada
lingkungan alam di sekitarnya danmengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki
kerusakanalam yang sudah terjadi.2.Cinta Tanah Air, cara berpikir, bersikap dan
berbuat yangmenunjukkan kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yangtinggi
terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya,ekonomi, dan politik bangsa.
Indikator:1.Mampu
membaca Q.S. Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58, danAsh-Shad: 27 dengan baik dan
benar.2.Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Ar-Rum: 41- 42, Al-A’raf: 56-58, dan
Ash Shad: 27.3.Mampu mengartikan per-kata Q.S. Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58,
dan Ash Shad: 27.4.Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf:
56-58, dan Ash-Shad: 27.5.Mampu menterjemahkan Q.S. Ar-Rum: 41-42,
Al-A’raf:56-58, dan Ash Shad: 27.6.Mampu mengidentifikasi perilaku menjaga
kelestarianlingkungan hidup sesuai Q.S. Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58, dan Ash
Shad: 27.7.Mampu mempraktekkan perilaku yang menunjukkanmenjaga kelestarian
lingkungan hidup.8.Mampu menunjukkan perilaku yang menunjukkan
menjagakelestarian lingkungan hidup.
Alokasi
Waktu:6 jam pelajaran (3 x pertemuan)
A.Tujuan
Pembelajaran:
1.Siswa
mampu membaca Q.S. Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58, dan Ash Shad: 27 dengan baik
dan benar.2.Siswa mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf:
56-58, dan Ash Shad:27.3.Siswa mampu mengartikan per-kata Q.S. Ar-Rum: 41-42,
Al-A’raf: 56-58, dan Ash Shad: 27.4.Siswa mampu mengartikan per-ayat Q.S.
Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58, dan Ash Shad: 27.5.Siswa mampu menterjemahkan
Q.S. Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58, dan Ash Shad: 27.6.Siswa mampu
mengidentifikasi perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup sesuai
Q.S.Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58, dan Ash Shad: 27.7.Siswa mampu
mempraktekkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian
lingkunganhidup.8.Siswa mampu menunjukkan perilaku yang menunjukkan menjaga
kelestarian lingkunganhidup.
B.Materi
Pembelajaran:
1.Q.S. Ar –
Rum : 41 – 42
Artinya:
Telah nampak
kerusakan di darat dam di laut disebabkan oleh karena perbuatan tanganmanusia,
upaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan
mereka,agar mereka kembali (ke jalan yang benar). Katakanlah,” Adakan
perjalanan di bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang terdahulu.
Kebanyakan dari mereka ituadalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah).”
(Q.S Ar-Rum: 41-42)
2.Q.S. Al –
A’raf : 56 – 58
Artinya:
Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi,
sesudah (Allah) memperbaikinya danberdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak
akan diterima) dan harapan (akandikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat
dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. Dan Dialah yang meniupkan angin
sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatanganrahmat-Nya (hujan), hingga
apabila angin itu telah membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang
tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu, maka Kami keluarkandengan sebab
hujan itu bebrbagai macam buah-buahan, seperti itulah Kami membangkitkanorang-orang
yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran.” Dan tanah yang baik,
tanam-tanamannya hanya tumbuh subur dengan seizin Allah, dantanah yang tidak
subur tanam-tanamannya tumbuh subur dengan seizin Allah, dan tanah yang tidak
subur tanam-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah Kami
mengulangitanda-tanda kebesaran (Kami) bagi orang-orang yang bersyukur.” (Q.S
Al A’raf ayat 56-58).
3.Q.S. Ash –
Shad : 27
Artinya:
Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan
apa yang ada diantara keduanya tanpahikmah. Yang demikian itu adalah anggapan
orang-orang kafir, maka celakalah orang-orang kafir itu karena mereka akan
masuk neraka. (Q.S Shad ayat 27)
C.Metode
Pembelajaran:DemontrasiTanya-jawab
Pemberian
tugas
D.Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan 1
No. Kegiatan
Pembelajaran
AlokasiwaktuTM/
TMT/TMTT
1.Pendahuluan10
menita.Motivasi presensi dan tadarus Q.S Ar-Rum: 41-42.TM b.Apersepsi:
menanyakan pemahaman awal siswa tentangmenjaga kelestarian lingkungan
hidup.2.Kegiatan Inti70 menita.Kegiatan Eksplorasi1)Mendemonstrasikan bacaan
Q.S Ar-Rum: 41-42.TM2)Mengidentifikasikan tajwid Q.S. Ar-Rum: 41-42,siswa untuk
check tugas mandiri.Sebelum pertemuan:-Mengartikan per kata Q.S Ar-Rum:
41-42-Penugasan individu mengartikan per kata dalamkolom.-Mengartikan per ayat
Q.S Ar-Rum: 41-42.-Menterjemahkan Q.S Ar-Rum: 41-42.-Mengidentifikasi Q.S
Ar-Rum: 41-42. b.Kegiatan Elaborasi1)Menyalin Q.S Ar-Rum:
41-42.TM2)Mengidentifikasi ilmu tajwid yang terdapat dalamQ.S Ar-Rum:
41-42.c.Kegiatan KonfirmasiMemberikan kesimpulan dari uraian materi
tentangmenjaga kelestarian lingkungan hidup.3.Penutup10 menitPemberian tugas
menulis Q.S Ar-Rum: 41-42 sertaidentifikasi tajwid Q.S Ar-Rum: 41-42.TMTT
Alokasi 90
menit
Pertemuan 2
No.Kegiatan
PembelajaranAlokasiwaktuTM/ TMT/TMTT
1.Pendahuluan10
menitMotivasi presensi dan tadarus Q.S Al A’raf: 56-58.TM2.Kegiatan Inti70
menita.Kegiatan Eksplorasi1)Mendemonstrasikan bacaan Q.S Al-A’raf:
56-58.TM2)Mengidentifikasi tajwid Q.S Al A’raf: 56-58.3)Mengartikan [er lata
Q.S Al-A’raf: 56-58.
No.Kegiatan
PembelajaranAlokasiwaktuTM/ TMT/TMTT
4)Penugasan
individu mengartikan per kata dalamkolom-kolom.5)Mengartikan per ayat Q.S Al
A’raf: 56-58.6)Menterjemah Q.S Al A’raf: 56-58.7)Mengidentifikasi perilaku
menjaga kelestarianlingkungan Q.S Al-A’raf: 56-58.
b.Kegiatan Elaborasi1)Menyalin Q.S Al-A’raf:
56-58.TMT2)Mengidentifikasi ilmu tajwid yang terdapat dalamQ.S Al-A’raf:
56-58.c.Kegiatan KonfirmasiSiswa bersama guru menyimpulkan uraian materitentang
menjaga kelestarian lingkungan hidup.3.Penutup10 menitTMMenyimpulkan materi dan
memotivasi siswa yang berperilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup
dalamkehidupan sehari-hari.Alokasi
90 menit
E.Sumber
Belajar:
Al Qur-an
dan terjemah
Buku Tajwid
Buku-Buku
PAI Kelas XI
Internet
F.Penilaian:
Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c,
d, atau e di depan jawaban yang benar!
1.Lafal yang
bergaris bawah dalam ilmu tajwid hukum bacaan ialah ….a.izhar khalqid.izhar
qamariyah b.idgam syamsiyahe.izhar syafawic.mad tabi’i2.Allah menciptakan bumi
dan semua isinya diperuntukan bagi ….a.Binatangd.para rasul-Nya b.para
malaikate.Allah SWT sendiric.umat manusia3.Menurut lughat atau bahasa, Ar-Rum
artinya ….a.Kerusakand.negeri Romawi b.Bumie.negeri Arabc.suatu negeri4.
Artinya ialah ….a.orang-orang sebelum kamud.orang-orang primitif b.orang-orang yang terdahulue.orang-orang
pada zaman ituc.orang-orang sesudahmu5.Manusia diperintahkan oleh Allah SWT
untuk mengadakan perjalanan di muka bumi iniadalah agar ia mau ….a.berdakwah
tentang Islam b.memperhatikan keadaan alamc.mengikuti perbuatan orang-orang
terdahulu
d.menjadi
pelaku sejarah untuk generasi berikutnyae.mencari kebaikan dan kemaslahatan
Kunci
Jawaban:
D2. C3. D4.
A5. B
MengetahuiKepala
Sekolah
MemeriksaWKS.
Kurikulum
Guru Mata
Pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar