SILABUS
Satuan Pendidikan :
Sekolah Menengah Atas (SMA)
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas :
XI (sebelas)
Kompetensi Inti :
(K1) : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
(K2) : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotong
royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-
aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
(K3) :Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
(K4) :Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Kitab-kitab Allah SWT
|
|||||
1.2
Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Rasul-rasul Allah SWT
|
|||||
1.3
Berperilaku
taat kepada aturan
|
|||||
1.4
Menerapkan
ketentuan syariat Islam dalam penyelenggaraan jenazah
|
|||||
1.5 Menerapkan ketentuan syariat
Islam dalam pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
|
|||||
2.1
Menunjukkanperilaku
jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. At
Taubah (9) : 119 dan hadits terkait
|
|||||
2.2
Menunjukkan perilaku
hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implentasi dari
pemahaman Q.S. Al Isra’ (17) : 23-24 dan hadits terkait
|
|||||
2.3
Menunjukkan perilaku
kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman
QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105
serta Hadits yang terkait
|
|||||
2.4
Menunjukkansikap toleran,
rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits
terkait
|
|||||
2.5
Menunjukkan sikap semangat menumbuh- kembangkan ilmu
pengetahuan dan kerja keras sebagai implementasi dari masa kejayaan Islam
|
|||||
2.6
Menunjukkan
perilaku kreatif, inovatif, dan produktif sebagai implementasi dari sejarah
peradaban Islam di era modern.
|
|||||
3.1 Menganalisis Q.S. Al-Maidah
(5) : 48; Q.S. Az-Zumar (39) : dan Q.S. At-Taubah (9) : 105, serta hadits
tentang taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
4.1 Membaca Q.S. An-Nisa (4) : 59; Q.S. Al-Maidah (5) : 48;
Q.S. At Taubah (9) : 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. An-Nisa (4)
: 59; Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. At-Taubah (9) : 105 dengan lancar
|
1. Perilaku
kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras
|
· Mengamati
-
Menyimak bacaan al-Qur’anQS. Al Maidah
(5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits
yang terkait secara
individu maupun kelompok.
· Menanya
-
Mengajukan pertanyaan tentang kaedah tajwid yang
terdapat dalam QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At
Taubah (9): 105
-
Mengajukan
pertanyaan tentang makna mufrodat yang terdapat dalam QS. Al Maidah
(5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta hadits
yang terkait
· Eksperimen/Eksplor
-
Menganalisa
kaedah tajwid yang terdapat QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At
Taubah (9): 105
-
Diskusi
tentang makna mufrodat dan ijmali yang terdapat dalam QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At
Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait
Diskusi
tentang kandungan makna QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At
Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait
· Assosiasi
- Menyimpulkan kaedah tajwid yang terdapat pada QS.
Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105
- Menyimpulkan makna mufrodat dan ijmali yang
terdapat dalam QS. Al Maidah (5):
48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait
-
Menyimpulkan
kandungan makna QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At
Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait.
· Komunikasi
- Menyajikan
kaedah tajwid yang terdapat QS. Al Maidah
(5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105
-
Menyajikan makna mufrodat
dan ijmali yang terdapat dalam QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At
Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait
- Menyajikan kandungan makna QS. Al Maidah (5):
48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits yang
terkait
-
Mendemonstrasikan
bacaan tartil dan hafalan QS. Al Maidah
(5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits
yang terkait
·
Refleksi
-
Menampilkansikap kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras, dalam
kehidupan sehari-hari sebagai refleksi dari pemahaman QS. Al Maidah
(5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits
yang terkait
|
·
Tugas
-
Melakukantelaahterhadapkaedah
tajwid dan kandungan makna yang terdapat dalam QS. Al Maidah (5): 48;Q.S.
Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait
·
Observasi
- Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasi yang memuat:
- Isi diskusi (kaedah tajwid, makna
mufrodat dan ijmali, dan kandungan makna ayat al-Qur’an)
kompetitif
dalam kebaikan dan kerja keras dalam kehidupan seha-hari sebagai implemantsi dari
pemahaman QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At
Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait
·
Portofolio
-
Membuatlaporantentangkaedah
tajwid, makna mufrodat dan ijmali, serta kandungan makna QS. Al Maidah
(5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits
yang terkait
·
Tes
-
Teskemampuankognitifdenganbentuktessoal –
soalpilihanganda dan uraian
|
4x3
Jam Pelajran
|
•Al Qur’an dan tarjamah
•Buku teks PAI
•CD, VCD, MP3 dan media lainnya yang relevan
•Refrensi lain yang relevan
|
3.2 Menganalisis Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan
Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang toleransi dan menghindarkan
diri dari tindak kekerasan.
4.3
Membaca Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan
Q.S. Al-Maidah (5) : 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.4
Mendemonstrasikan hafalanQ.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
dengan lancar
|
2. Sikap
toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
|
· Mengamati
-
Menyimak
bacaan Q.S. Yunus
(10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta
Hadits yang terkait secara individu maupun kelompok.
· Menanya
-
Mengajukan pertanyaan tentang kaedah tajwid yang terdapat dalam Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan
Q.S. Al-Maidah (5) : 32
-
Mengajukan pertanyaan tentang
makna mufrodat yang terdapat dalam Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan
Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta hadits yang
terkait
· Eksperimen/Eksplor
-
Menganalisa kaedah tajwid yang terdapat Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
-
Diskusi tentang
makna mufrodat dan ijmali yang terdapat dalam
Q.S. Yunus
(10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta
Hadits yang terkait
-
Diskusi tentang kandungan makna Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan
Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang
terkait
· Assosiasi
-
Menyimpulkan kaedah tajwid yang terdapat pada Q.S. Yunus (10) : 40-41
dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
-
Menyimpulkan
makna mufrodat dan ijmali yang terdapat dalam
Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang
terkait
-
Menyimpulkan
kandungan makna Q.S. Yunus
(10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta
Hadits yang terkait
· Komunikasi
-
Menyajikan
kaedah tajwid yang terdapat Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) :
32
-
Menyajikan
makna mufrodat dan ijmali yang terdapat dalam Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan
Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait
-
Menyajikan
kandungan makna Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait
-
Mendemonstrasikan bacaan tartil dan hafalan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S.
Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait
·
Refleksi
-
Menampilkansikap toleran,
rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan, dalam kehidupan sehari-hari sebagai
refleksi dari pemahaman Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5)
: 32 serta Hadits yang terkait
|
· Tugas
- Melakukan telaah terhadapkaedah tajwid dan kandungan makna
yang terdapat dalam Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
· Observasi
-
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-
Isi diskusi (kaedah tajwid,
makna mufrodat dan ijmali, dan kandungan makna ayat al-Qur’an)
-
Sikap toleran, rukun dan
menghindarkan diri dari tindak kekerasan dalam kehidupan sehari-hari sebagai implemantsi
dari pemahaman Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 dan hadis
terkait.
· Portofolio
-
Membuat laporan tentang kaedah tajwid, makna mufrodat dan ijmali, serta
kandungan makna Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, dan
hadis terkait.
· Tes
- Teskemampuankognitifdenganbentuktessoal – soalpilihanganda dan uraian
|
4x3
Jam
Pelajran
|
•Al-qur’an
dan tarjamah
•Buku
teks PAI
•CD,
VCD, MP3 dan media lainnya yang
relevan
•Refrensi
lain yang relevan
|
3.3
Memahami makna iman kepada Kitab-kitab Allah SWT.
4.5
Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Kitab-kitab Suci Allah SWT
|
3. Iman
kepada Kitab-kitab Allah swt
|
· Mengamati
-
Mencermati
teks bacaan tentang ketentuan beriman
kepada Kitab-kitab Allah SWTsecara
individu maupun kelompok.
· Menanya
-
Mengajukan
pertanyaan, misalnya tentang makna beriman
kepada Kitab-kitab Allah SWT?,
hikmah apa yang diperoleh dari beriman
kepada Kitab-kitab Allah SWT ?,
bagaimana sikap kita terhadap keimanan kepada Kitab-kitab Allah SWT? Bagaimana cara
mengimani Kitab-kitab Allah swt?
· Eksperimen/Eksplore
-
Diskusi
tentang makna bagaimana cara mengimani Kitab-kitab Allah SWT? dalam
persfektif Islam,
-
Diskusi
tentang cara beriman terhadap Kitab-kitab Allah SWT?
- Menganalisa hikmah beriman
kepada Kitab-kitab Allah SWT?
·
Assosiasi
-
Menyimpulkan
makna beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT?
- Menyimpulkanhikmah beriman
kepada Kitab-kitab Allah SWT?
·
Komunikasi
-
Menyajikan/melaporkan
hasil diskusi tentang tentang makna beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT?,
serta hikmahnya.
-
Menanggapi
hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
- Membuat resume pembelajaran di
bawah bimbingan guru.
· Refleksi
-
Menampilkan sikap gemar membaca dan mengamalkan al-Qur’an sebagai refleksi dari iman kepada
Kitab-kitab Allah SWT?
-
Menunjukkan
sikap aklaqul karimah dan ketauladanan
sebagai cerminan penghayatan terhadap iman kepada Kitab-kitab Allah SWT?
|
·
Tugas
-
Mencari
ayat-ayat al-qur’an dan hadis tentang iman kepada Kitab-kitab Allah SWT?
-
Mengumpulkan
bahan-bahan tulisan tentang berimanKitab-kitab Allah SWT?
·
Observasi
-
Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar
observasi yang memuat:
-
Isi
diskusi (makna beriman Kitab-kitab Allah SWT?, cara beriman kepada beriman
Kitab-kitab Allah SWT? dan hikmah beriman Kitab-kitab Allah SWT?
-
Memiliki gemar membaca al Qur’an
berakhlaqul karimah serta ketauladanan
sebagai implementasi dari iman Kitab-kitab Allah SWT?
·
Portofolio
-
Membuat laporan tentang makna Kitab-kitab Allah SWT?, cara beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT?, dan hikmah beriman kepada
Kitab-kitab Allah SWT?
·
Tes
-
Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal –
soal pilihan ganda tentang beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT?
|
3x3
Jam
Pelajran
|
· Al-qur’an
dan tarjamah
· Buku
teks PAI
· CD,
VCD, MP3 dan media lainnya yang
relevan
· Refrensi
lain yang relevan
|
3.4 Memahami makna iman kepada
Rasul-rasul Allah SWT.
4.6 Berperilaku yang mencerminkan
kesadaran beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT.
|
4.
Makna
iman kepada Rasul-rasul Allah SWT.
|
· Mengamati
-
Mencermati
teks bacaan tentang ketentuan beriman
kepada Rasul-rasul Allah SWTsecara
individu maupun kelompok.
· Menanya
-
Mengajukan
pertanyaan, misalnya tentang makna beriman
kepada Rasul-rasul Allah SWT?,
hikmah apa yang diperoleh dari beriman
kepada Rasul-rasul Allah SWT ?,
bagaimana sikap kita terhadap keimanan kepada Rasul-rasul Allah SWT? Bagaimana cara
mengimani Rasul-rasul Allah swt?
· Eksperimen/Eksplore
-
Diskusi
tentang makna bagaimana cara mengimani Rasul-rasul Allah SWT? dalam
persfektif Islam,
-
Diskusi
tentang cara beriman terhadap Rasul-rasul Allah SWT?
- Menganalisa hikmah beriman
kepada Rasul-rasul Allah SWT?
·
Assosiasi
-
Menyimpulkan
makna beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
- Menyimpulkanhikmah beriman
kepada Rasul-rasul Allah SWT?
·
Komunikasi
-
Menyajikan/melaporkan
hasil diskusi tentang tentang makna beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?,
serta hikmahnya.
- Menanggapi hasil presentasi
(melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
- Membuat resume pembelajaran di
bawah bimbingan guru.
· Refleksi
-
Menampilkan
sikap sidiq, amanah, tabligh dan fathonah
sebagai refleksi dari iman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
-
Menunjukkan
sikap ketauladanan sebagai cerminan penghayatan terhadap iman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
|
·
Tugas
-
Mencari
ayat-ayat al-qur’an dan hadis tentang iman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
-
Mengumpulkan
bahan-bahan tulisan tentang beriman Rasul-rasul Allah SWT?
·
Observasi
-
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-
Isi
diskusi (makna beriman Rasul-rasul Allah SWT?, cara beriman kepada beriman
Rasul-rasul Allah SWT? dan hikmah beriman Rasul-rasul Allah SWT?
-
Memiliki
sikap sidiq, amanah, tabligh dan fathonah serta ketauladanan sebagai
implementasi dari iman Rasul-rasul Allah SWT?
·
Portofolio
-
Membuat
laporan tentang makna Rasul-rasul Allah SWT?, cara beriman kepada Rasul-rasul
Allah SWT?, dan hikmah beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
·
Tes
-
Tes
kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda tentang
beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
|
3x3
Jam
Pelajran
|
•Al-Qur’an dan tarjamah
•Buku teks PAI
•CD, VCD, MP3 dan media
lainnya yang relevan
Refrensi lain yang relevan
|
3.5 Memahami makna taat kepada
aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras.
4.7 Menampilkan perilaku taat
kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras
|
5.
Makna
taat kepada aturan, kompetisi
dalam kebaikan, dan bekerja keras
|
·
Mengamati
-
Menyimak bacaan al-Qur’an yang terkait denganmakna taat kepada
aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras secara individu maupun
kelompok.
-
Mengamati
tayangan video Atau mengamati langsung bentuk perilaku taat kepada aturan, kompetisi
dalam kebaikan, dan bekerja keras
·
Menanya
-
Mengajukan pertanyaan tentang bentuk-bentuk perilaku
taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras dalam
kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat, Apakah
makna yang terkandung didalamnya?
· Eksperimen/eksplor
-
Menelaah bentuk perilaku taat kepada aturan, kompetisi
dalam kebaikan, dan bekerja kerasdalam
kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat
-
Diskusi
tentang hikmah taat kepada aturan, kompetisi dalam
kebaikan, dan bekerja keras, dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah,
sekolah maupun masyarakat
-
Melakukan simulasi bentuk makna taat kepada aturan,
kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah,
sekolah maupun masyarakat dengan baik dan benar
· Assosiasi
-
Menyimpulkan ketentuan dan dasar hukum tentang makna
taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja kerasdalam
kehidupan dengan baik dan benar,
berdasarkan al-Qur’an dan Hadits
-
Menyimpul bentuk perilaku makna taat kepada aturan,
kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja kerasdalam kehidupan dalam
kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat
-
Menyimpulkan
hikmah berperilaku taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja
keras dalam kehidupan sehari-hari baik
di rumah, sekolah maupun masyarakat
-
Menerapkan
bentuk perilakumakna taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan
bekerja kerasdalam kehidupan sehari-hari baik di rumah,
sekolah maupun masyarakat
· Komunikasi
-
Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang makna taat kepada aturan,
kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja kerasdalam kehidupan
-
Menanggapi
hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-
Membuat
resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
-
Menanggapi
simulasi bentuk perilaku makna taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan,
dan bekerja keras dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah,
sekolah maupun masyarakat
· Refleksi
-
Berprilaku taat kepada aturan, kompetisi dalam
kebaikan, dan bekerja keras baik di
sekolah, rumah, maupun masyarakat
|
·
Tugas
-
Mengumpulkan
bahan-bahan artikle/ tulisan sebagai data untuk pembuatan makalah dan laporan tentang makna taat kepada aturan, kompetisi dalam
kebaikan, dan bekerja keras dalam
kehidupan sehari-hari
-
Melakukan
obeservasi langsung terhadap perilaku taat kepada aturan, kompetisi dalam
kebaikan, dan bekerja keras baik disekolah, rumah dan masyarakat
·
Observasi
-
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-
Isi
diskusi: Makna taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja
keras
-
Prilaku
makna taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras dalam
kehidupan sehari-hari
·
Portofolio
-
Membuat
laporan tentang makna taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan
bekerja keras
·
Tes
-
Tes
kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian
|
3x3
Jam
Pelajran
|
•Al-Qur’an dan tarjamah
•Buku teks PAI
•CD, VCD, MP3 dan media
lainnya yang relevan
·
Refrensi
lain yang relevan
|
3.6 Memahami makna toleransi dan
kerukunan
|
6.
Toleransi
dan kerukunan
|
·
Mengamati
-
Menyimak bacaan al-Qur’an yang terkait dengansikap toleran
dan kerukunansecara individu maupun kelompok.
-
Mengamati tayangan video Atau mengamati langsung sikap toleran dan kerukunan
·
Menanya
-
Mengajukan pertanyaan tentang bentuk-bentuk
perilaku toleran dan kerukunan dalam
kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat, Apakah
hikmah yang terkandung didalamnya?
· Eksperimen/eksplor
-
Menelaah bentuk perilaku toleran dan kerukunandalam kehidupan sehari-hari baik di rumah,
sekolah maupun masyarakat
-
Diskusi tentang hikmah
berperilaku sikap toleran dan kerukunan, dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah,
sekolah maupun masyarakat
-
Melakukan simulasi bentuk perilaku sikap toleran dan
kerukunankehidupan dalam kehidupan
sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat dengan baik
dan benar
· Assosiasi
-
Menyimpulkan ketentuan dan dasar hukum tentang sikap
toleran dan kerukunandalam kehidupan dengan baik dan benar, berdasarkan
al-Qur’an dan Hadits
-
Menyimpul bentuk perilaku sikap
toleran dan kerukunandalam kehidupan
dalam kehidupan sehari-hari baik di
rumah, sekolah maupun masyarakat
-
Menyimpulkan hikmah berperilaku sikap toleran dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari
baik di rumah, sekolah maupun masyarakat
-
Menerapkan bentuk perilaku
sikap toleran dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah,
sekolah maupun masyarakat
· Komunikasi
- Menyajikan/melaporkan
hasil diskusi tentang sikap sikap toleran dan kerukunan dalam kehidupan
- Menanggapi
hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
- Membuat
resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
-
Menanggapi simulasi bentuk perilaku sikap toleran
dan kerukunan dalam kehidupan
sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat
· Refleksi
-
Berprilaku toleran dan kerukunan baik di sekolah, rumah, maupun
masyarakat
|
·
Tugas
-
Mengumpulkan bahan-bahan artikle/ tulisan
sebagai data untuk pembuatan makalah dan
laporan tentang perilaku toleran dan kerukunandalam kehidupan sehari-hari
-
Melakukan obeservasi langsung terhadap perilaku toleran dan kerukunanbaik
disekolah, rumah dan masyarakat
·
Observasi
-
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat:
- Isi
diskusihikmah berperilaku sikap toleran dan kerukunan
- Sikap tolerandan
kerukunandalam kehidupan sehari-hari
·
Portofolio
·
Membuat laporan tentang hikmah berperilaku sikap
toleran dan kerukunan
·
Tes
-
Teskemam-puankognitifdenganbentuktessoal –
soalpilihanganda dan uraian
|
2x3
Jam
Pelajran
|
•Al-Qur’an dan tarjamah
•Buku teks PAI
•CD, VCD, MP3 dan media
lainnya yang relevan
·
Refrensi
lain yang relevan
|
4.8 Menampilkan contoh perilaku
toleransi dan kerukunan.
|
|||||
3.7 Memahami bahaya perilaku tindak
kekerasan dalam kehidupan.
4.9 Medeskripsikan bahaya tindak kekerasan dalam kehidupan.
|
7.
Bahaya
perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan
|
·
Mengamati
-
Menyimak bacaan al-Qur’an yang terkait denganbahaya
perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan secara individu maupun kelompok.
-
Mengamati tayangan video Atau mengamati langsung bahaya perilaku tindak
kekerasan dalam kehidupan
·
Menanya
- Mengajukan
pertanyaan tentang bahaya perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan sehari-hari baik
di rumah, sekolah maupun masyarakat, Apakah hikmah yang terkandung
didalamnya?
· Eksperimen/eksplor
- Menelaah
bentuk, memahami bahaya
perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah,
sekolah maupun masyarakat
- Diskusi tentang memahami bahaya perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah,
sekolah maupun masyarakat
-
Melakukan simulasi bentuk
perilaku dalammemahami bahaya perilaku
tindak kekerasan
dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun
masyarakat dengan baik dan benar
· Assosiasi
- Menyimpulkan
ketentuan dan dasar hukum dalammemahami bahaya perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan
dengan baik dan benar, berdasarkan al-Qur’an dan Hadits
- Menyimpul bentuk perilaku dalammemahami
bahaya perilaku tindak kekerasan dalam
kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat
-
Menyimpulkan bahaya perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan dalam
kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat
· Komunikasi
- Menyajikan/melaporkan
hasil diskusi tentang memahami bahaya perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan
- Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi,
dan menyanggah).
- Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan
guru.
- Menanggapi simulasi bentuk memahami bahaya perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan
dalam kehidupan sehari-hari baik di
rumah, sekolah maupun masyarakat
· Refleksi
-
Menghindari prilakumemahami
bahaya perilaku tindak kekerasanbaik di sekolah, rumah, maupun masyarakat
|
·
Tugas
-
Mengumpulkan bahan-bahan artikle/ tulisan sebagai data
untuk pembuatan makalah dan laporan
tentang memahami bahaya perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan
-
Melakukan obeservasi langsung terhadap memahami bahaya perilaku tindak kekerasan baik disekolah, rumah
dan masyarakat
·
Observasi
- Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat:
- Isi diskusi: Sikap menghindarkan diri dari tindak kekerasan
dalam kehidupan sehari-hari
·
Portofolio
-
Membuat
laporan tentang bentuk, memahami
bahaya perilaku tindak kekerasan dalam
kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat
·
Tes
-
Teskemam-puankognitifdenganbentuktessoal – soalpilihanganda
dan uraian
|
2x3
Jam
Pelajran
|
·
Al-Qur’an
dan tarjamah
•Buku teks PAI
•CD, VCD, MP3 dan media
lainnya yang relevan
•Refrensi lain yang relevan
|
3.8 Menelaah prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam
Islam.
4.10 Mempresentasikan praktik-praktik
ekonomi Islam
|
8.
Prinsip-prinsip
dan praktik ekonomi dalam Islam
|
·
Mengamati
-
Menyimak bacaan al-Qur’an yang terkait dengan pelaksanaan praktik ekonomi dalam Islam di masyarakat dalam Islam secara individu maupun
kelompok.
-
Mencermati ketentuan dan tata cara pelaksanaan praktik ekonomi dalam Islam di masyarakat
·
Menanya
-
Mengajukan pertanyaan tentang ketentuan dan tata cara praktik
ekonomi dalam Islam di masyarakat
·
Eksperimen/Eksplor
- Diskusi
tentang ketentuan dan tata cara
pelaksanaan Praktik ekonomi dalam Islam
di masyarakat
-
Diskusi mengenai hikmah pelaksanaan Praktik
ekonomi dalam Islam di
masyarakat
· Assosiasi
- Menyimpulkan
ketentuan dan tata cara pelaksanaan Praktik ekonomi dalam Islam di masyarakat
- Menyimpulkan
hikmah ketentuan dan tata cara praktik
ekonomi dalam Islam di masyarakat
·
Komunikasi
-
Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang ketentuan
ketentuan dan tata cara praktik
ekonomi dalam Islam di masyarak
-
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi,
mengkonformasi, dan menyanggah).
-
Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan
guru.
-
Berlatih menerapkan ketentuan dan tata cara praktik
ekonomi dalam Islam di masyarakat
·
Refleksi
-
Menampilkan kemampuan
menerapkan atketentuan dan tata cara praktik
ekonomi dalam Islam di masyarakat
-
Menunjukkan sikap menghargai dan menghormati dan jujur serta terbuka sebagai hasil
refleksi pelaksanaan
praktik ekonomi dalam Islam
|
·
Tugas
- Mengumpulkan
bahan-bahan artikle/ tulisan tentang masalah prinsip-prinsip dan praktik
ekonomi dalam Islam
- Membuat
konsep prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
-
Membuat laporan tentang penerapanprinsip-prinsip dan
praktik ekonomi dalam Islam
·
Observasi
- Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasi yang memuat:
- Isi diskusi bagaimana menerapkankonsep prinsip-prinsip
dan praktik ekonomi dalam Islam
-
Memahami prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam
Islam di
masyarakat
·
Portofolio
-
Membuat makalah tentang praktik
ekonomi dalam Islam
-
Membuat laporan
tentang ketentuan syariat Islam dalam masalah ketentuan dan tata cara praktik
ekonomi dalam Islam di masyarakat
·
Tes
-
Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal –
soal pilihan ganda dan uraian
|
4x3
Jam
Pelajran
|
Al-Qur’an dan tarjamah
•Buku teks PAI
•CD, VCD, MP3 dan media
lainnya yang relevan
Refrensi lain yang relevan
|
3.9 Memahami pelaksanaan tatacara
penyelenggaraan jenazah.
4.11 Memperagakan tatacara
penyelenggaraan jenazah.
|
9.
Pelaksanaan
tatacara penyelenggaraan jenazah
|
·
Mengamati
- Menyimak
bacaan al-Qur’an yang terkait dengan pelaksanaan tatacara penyelenggaraan
jenazah,secara individu maupun kelompok.
-
Mencermati ketentuan dan tata cara pelaksanaan tatacara
penyelenggaraan
jenazah
· Menanya:
-
Mengajukan pertanyaan tentang ketentuan dan tata cara pelaksanaan tatacara
penyelenggaraan jenazah
·
Eksperimen/Eksplor
- Diskusi
tentang ketentuan dan tata cara
pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
-
Diskusi mengenai hikmah pelaksanaan tatacara penyelenggaraan
jenazah
· Assosiasi
-
Menyimpulkan ketentuan dan tata cara pelaksanaan tatacara
penyelenggaraan jenazah
-
Menyimpulkan hikmah ketentuan dan tata cara pelaksanaan tatacara
penyelenggaraan jenazah
·
Komunikasi
-
Menyajikan/melaporkan
hasil diskusi tentang ketentuan ketentuan
dan tata cara pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
-
Menanggapi
hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-
Membuat
resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
-
Berlatih
menerapkan ketentuan dan tata cara
pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
·
Refleksi
-
Menampilkan
kemampuan menerapkan ketentuan dan
tata cara pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
-
Menunjukkan
sikap menghargai dan menghormati
pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
|
·
Tugas
- Mengumpulkan bahan-bahan
artikle/ tulisan tentang masalah
pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
- Membuat konsep pelaksanaan tatacara penyelenggaraan
jenazah
-
Membuat laporan tentang memahami sikap menghormati
dan
menghargai pelaksanaan tatacara
penyelenggaraan jenazah
·
Observasi
- Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
- Isi
diskusi bagaimana melaksanakan pelaksanaan penyelenggaraan jenazah dengan
baik dan benar
-
Memahami sikap menghormati dan menghargai pelaksanaan tatacara
penyelenggaraan jenazah
·
Portofolio
-
Membuat
konsep pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah • Membuat laporan tentang
ketentuan syariat Islam dalam masalah ketentuan dan tata cara pelaksanaan tatacara
penyelenggaraan jenazah
·
Tes
-
Tes
kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian
|
4x3
Jam
Pelajran
|
·
Al-Qur’an
dan tarjamah
•Buku teks PAI
•CD, VCD, MP3 dan media
lainnya yang relevan
·
Refrensi
lain yang relevan
|
3.10 Memahami pelaksanaan khutbah,
tabligh dan dakwah.
4.12 Mempraktikkan khutbah, tabligh,
dan dakwah
|
10. Pelaksanaan khutbah, tabligh
dan dakwah di masyarakat
|
·
Mengamati
-
Menyimak bacaan
al-Qur’an yang terkait dengan pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di
masyarakat dalam Islam secara individu maupun kelompok.
-
Mencermati
ketentuan dan tata cara pelaksanaan
khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
· Menanya:
-
Mengajukan pertanyaan tentang ketentuan dan tata cara pelaksanaan khutbah,
tabligh dan dakwah di masyarakat
·
Eksperimen/Eksplor
- Diskusi
tentang ketentuan dan tata cara
pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
-
Diskusi mengenai hikmah pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di
masyarakat
· Assosiasi
- Menyimpulkan
ketentuan dan tata cara pelaksanaan
khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakatt
-
Menyimpulkan hikmah ketentuan dan tata cara pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di
masyarakat
·
Komunikasi
- Menyajikan/melaporkan
hasil diskusi tentang ketentuan ketentuan
dan tata cara pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
- Menanggapi
hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-
Membuat
resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
-
Berlatih menerapkan ketentuan dan tata cara pelaksanaan khutbah, tabligh
dan dakwah di masyarakat
·
Refleksi
- Menampilkan
kemampuan menerapkan atketentuan dan
tata cara pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
-
Menunjukkan sikap menghargai dan menghormati pelaksanaan
khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
|
·
Tugas
-
Mengumpulkan
bahan-bahan artikle/ tulisan tentang masalah khutbah, tabligh dan Dakwah
-
Membuat konsep khutbah, tabligh dan dakwah
-
Membuat
laporan tentang memahami sikap menghormati dan menghargai pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di
masyarakat
·
Observasi
- Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
- Isi
diskusi bagaimana membuat konsep
khutbah, tabligh dan dakwah
-
Memahami sikap menghormati dan menghargai pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
·
Portofolio
- Membuat
konsep khutbah, tabligh dan dakwah
-
Membuat
laporan tentang ketentuan syariat Islam dalam masalah ketentuan dan tata cara pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di
masyarakat
·
Tes
-
Tes
kemampuan kognitif dengan
bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian
|
4x3
Jam
Pelajran
|
·
Al-Qur’an
dan tarjamah
•Buku teks PAI
•CD, VCD, MP3 dan media
lainnya yang relevan
·
Refrensi
lain yang relevan
|
3.11 Menelaah perkembangan peradaban
Islam pada masa kejayaan.
4.13Mendiskripsikanperkembangan
peradaban Islam pada masa kejayaan
|
11. Perkembangan peradaban Islam
pada masa kejayaan
|
·
Mengamati
- Mengamati
tayangan video tentang perkembangan masa kejayaan Islam
-
Membaca artikel tentang perkembangan dan kemajuan
Islam pada masa kejayaan Islam
·
Menanya
-
Mengajukan
pertanyaan berkaitan dengan perkembangan dan kemajuan Islam pada masa kejayaan Islam seperti faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi kemajuan peradaban Islam
?
· Eksperimen/Eksplor
- Diskusi tentang perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan Islam
- Menelaah
faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan peradaban pada masa kejayaan Islam
-
Menelaah
hikmah kejayaan islam yang dapat
dijadikan contoh untuk keberhasilan dan kemajuan islam sekarang ini
·
Assosiasi
- Menyimpulkan perkembangan peradaban Islam pada masa
kejayaan Islam
- Menyimpulkan
faktor-faktor yang memepengaruhi kemajuan peradaban Islam pada masa kejayaan Islam
-
Menyimpulkan
faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan peradaban Islam yang dapat dijadikan
contoh untuk keberhasilan dan kemajuan islam sekarang ini
·
Komunikasi
- Menyajikan/melaporkan hasil
diskusi tentang faktor-faktor yang
mempengaruhi kemajuan peradaban Islam pada masa kejayaan Islam
- Menanggapi
hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-
Membuat
resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
·
Refleksi
-
Menampilkan
sikap semangat menumbuh- kembangkan ilmu pengetahuan dan kerja keras sebagai refleksi dari pemahaman
kemajuan peradaban Islam pada masa
kejayaan Islam
|
·
Tugas
- Mengumpulkan
artikel dan tulisan tentang perkembangan Islam pada masa kejayaan Islam
-
Mengumpulkan
data dan bentuk-bentuk visualisasi tentang perkembangan Islam pada masa
kejayaan Islam
·
Observasi
- Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat serta
mengumpulkan berbagai data :
- Isi
diskusi (perkembangan Islam, beserta
faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan peradaban Islam) pada masa kejayaan Islam
-
Sikap semangat menumbuh- kembangkan ilmu
pengetahuan dan kerja keras sebagai refleksi dari pemahaman kemajuan peradaban Islam pada masa kejayaan Islam
·
Portofolio
-
Membuat makalah
dan laporan perkembangan Islam dan
faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan
peradaban Islam pada masa kejayaan Islam
·
Tes
-
Tes
kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian
|
3x3
Jam
Pelajran
|
·
Al-qur’an
dan tarjamah
•Buku teks PAI
•CD, VCD, MP3 dan media
lainnya yang relevan
•Refrensi lain yang relevan
|
3.12 Menelaah perkembangan Islam
pada masa modern (1800- sekarang).
4.14 Mendiskripsikan
perkembangan Islam pada masa medern (1800-sekarang)
|
12. Masa kejayaan Islam
|
·
Mengamati
-
Mengamati
tayangan video tentang perkembangan masa kejayaan Islam
·
Menanya
-
Mengajukan
pertanyaan berkaitan dengan perkembangan dan kemajuan Islam pada masa kejayaan Islam seperti faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi kemajuan peradaban Islam
?
·
Eksperimen/Eksplor
-
Diskusi
tentang perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan Islam
-
Menelaah
faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan peradaban pada masa kejayaan Islam
-
Menelaah
hikmah kejayaan islam yang dapat
dijadikan contoh untuk keberhasilan dan kemajuan islam sekarang ini
·
Assosiasi
-
Menyimpulkan
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan Islam
-
Menyimpulkan
faktor-faktor yang memepengaruhi kemajuan peradaban Islam pada masa kejayaan Islam
-
Menyimpulkan
faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan peradaban Islam yang dapat dijadikan
contoh untuk keberhasilan dan kemajuan islam sekarang ini
·
Komunikasi
-
Menyajikan/melaporkan
hasil diskusi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan peradaban
Islam pada masa kejayaan Islam
-
Menanggapi
hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-
Membuat
resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
·
Refleksi
-
Menampilkan
sikap semangat menumbuh- kembangkan ilmu pengetahuan dan kerja keras sebagai refleksi dari pemahaman
kemajuan peradaban Islam pada masa
kejayaan Islam
|
·
Tugas
-
Mengumpulkan
artikel dan tulisan tentang perkembangan Islam pada masa kejayaan Islam
-
Mengumpulkan data dan bentuk-bentuk visualisasi tentang
perkembangan Islam pada masa kejayaan Islam
·
Observasi
-
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat serta
mengumpulkan berbagai data :
-
Isi
diskusi (perkembangan Islam, beserta
faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan peradaban Islam) pada masa kejayaan Islam
-
Sikap
semangat menumbuh- kembangkan ilmu pengetahuan dan kerja keras sebagai
refleksi dari pemahaman kemajuan
peradaban Islam pada masa kejayaan Islam
·
Portofolio
-
Membuat makalah dan laporan perkembangan Islam dan faktor-faktor yang mempengaruhi
kemajuan peradaban Islam pada masa
kejayaan Islam
·
Tes
-
Tes
kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian
|
3x3
Jam
Pelajran
|
•Al-Qur’an dan tarjamah
•Buku teks PAI
•CD, VCD, MP3 dan media
lainnya yang relevan
•Refrensi lain yang relevan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar