Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : SMK JOSUA
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : X/1
Waktu : 2 x 45
menit
Aspek : Akhlak
A. Standar Kompetensi
4. Membiasakan
perilaku terpuji.
B. Kompetensi Dasar
4.1 Menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap Allah.
Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap diri sendiri.
Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap sesama manusia.
|
Religius, jujur, santun,
disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai
keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak
dan kewajiban, kerja keras, dan adil.
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
Patuh dalam melaksanakan
ajaran agama yang dianutnya.
Toleran terhadap
pelaksanaan ibadah agama lain
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan)
D. Materi Ajar (Materi Pokok)
Husnuzhan
:
-
Pengertian Perilaku Husnuzhan
E. Metode Pembelajaran:
Ceramah , tanya jawab dan
Praktek
F. Tujuan Pembelajaran
Siswa
diharapkan mampu untuk :
Mampu menyebutkan
pengertian husnu zhan terhadap Allah.
Mampu menyebutkan
pengertian husnu zhan terhadap diri sendiri.
Mampu menyebutkan
pengertian husnu zhan terhadap sesama manusia.
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Bertanya jawab tentang pengertian perilaku
husnu zhan.
Bertanya jawab tentangprilaku-prilaku yang
berkaitan dengan husnuzhan.
|
Siswa menyebutkan contoh-contoh
perilaku husnu dzan terhadap Allah.
Siswa menyebutkan
contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.
Siswa menyebutkan
contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia.
|
Mempraktikkan
contoh-contoh perilaku husnu dzan terhadap
Allah.
Mempraktikkan
contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.
Mempraktikkan
contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa
memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa
menyiapkan kitab suci Al Qurán
- Secara
bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
- Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar
yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru
dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk
mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pengertian Perilaku
Husnuzhan
-
Guru
mengawali
dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·
Pernahkah kalian mendengar orang lain berbicara tentang perilaku husnuzhan?
·
Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang arti perilaku husnuzhan?
- Setelah
para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa
untuk menerangkanya kembali.
- Guru
menjelaskan tentang perilaku
husnuzhan baik terhadap Allah maupun terhadap diri sendiri.
Eksplorasi
- Selanjutnya
siswa menyebutkan perilaku husnuzhan dari
sumber bacaan dengan pengamatan dari guru.
-
Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti
perilaku husnuzhan kepada siswa.
- Setelah selesai
guru menjelaskan perilaku husnuzhan.
Konfirmasi
-
Perilaku
husnuzhan banyak mengandung nilai-nilai sikap dan
perilaku yang utama, seperti selalu berfikir positif
terhadap takdir Allah dan tidak berprasangka terhadap nikmat-Nya . Jika direnungkan, betapa Indah dan
mulianya bersikap positif tanpa prasangka .
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para
siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam perilaku husnuzhan sebagai penutup materi pembelajaran.
- Guru
meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam
perilaku husnuzhan .
- Guru
menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
- Guru
mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab
salam.
H. Penilaian
Tes perbuatan (Performance
Individu)
Tes tertulis
I. Bahan/Sumber Belajar
Al Quran dan terjemahan
Departemen AgamaRI
Buku pelajaran PAI SMA
kelas I
J. Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
|
Butir – butir
Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Apakah yang dimaksud dengan Husnuzhan itu.............
|
Berfikir dan bersikap yang baik. (Positif Thinking)
|
2.
|
Segala
musibah yang terjadi di Negeri ini merupakan azab karena kesalahan kolektif
dari pemimpin dan rakyat yang tidak menghendaki adanya syariat,dengan tanpa
menyalahkan Allah. Merupakan cerminan dari……
|
Husnuzhan terhadap Allah.
|
3.
|
Nanang
berghorim kepada Udin sebesar Rp. 50.000 dan belum juga terlunasi. Sikap Udin
membiarkan karena ia berpendapat bahwa Nanang sedang tidak ada uang dan
mungkin tertimpa kesulitan.
|
Husnuzhan terhadap sesama manusia.
|
JAKARTA 15/8/2014 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar