Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : SMK JOSUA
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : X/1
Waktu : 2 x 45 menit
Aspek : Aqidah
A. Standar Kompetensi
3. Meningkatkan
keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna.
B. Kompetensi Dasar
3.1 Menyebutkan 10 sifat Allah dalam
Asmaul Husna.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
Mampu menyebutkan arti sifat Allah.
Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
Religius, jujur, santun, disiplin,
tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman,
patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban,
kerja keras, dan adil.
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
Patuh dalam melaksanakan ajaran
agama yang dianutnya.
Toleran terhadap
pelaksanaan ibadah agama lain
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan)
D. Materi Ajar (Materi Pokok)
Asmaul Husna :
- 10 Sifat Allah
dalam Asmaul Husna
Asmaul Husna :
- 10 Asmaul Husna dan artinya
Perilaku yang mencerminkan
keimanan terhadap 10 Asmaul Husna
E. Metode Pembelajaran:
Ceramah , tanya jawab dan
Praktek
F. Tujuan Pembelajaran
Siswa
diharapkan mampu untuk :
Mampu menyebutkan arti sifat Allah.
Mampu menyebutkan arti 10
sifat Allah dalam Asmaul Husna
G. Strategi Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Siswa mengamati buku sumber yang berkaitan pengertian sifat-sifat
Allah.
Bertanya jawab tentang arti 10 sifat Allah dalam asmaul husna.
|
Siswa menganalisis buku sumber yang berkaitan dengan 10 sifat Allah
dalam Asmaul Husna.
Menjabarkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
Mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam
kehidupan sehari-hari.
Menerapkan perilaku yang mencerminkan sifat-sifat Allah yang
sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa
memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa
menyiapkan kitab suci Al Qurán
- Secara bersama
membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
- Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar
yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru
dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk
mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran 10 Sifat
Allah dalam Asmaul Husna
-
Guru
mengawali
dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·
Pernahkah kalian mendengar orang lain membaca tentang 10
Sifat Allah dalam Asmaul Husna?
·
Pernahkah kalian membaca 10 Sifat Allah
dalam Asmaul Husna?
·
Siapakah diantara kalian yang sudah hafal 10 Sifat
Allah dalam Asmaul Husna?
Eksplorasi
- Selanjutnya
siswa menyebutkan sifat Allahyang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 163 dengan berpedoman kepada Al Qur’an dan
terjemahan-nya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan dari guru.
Konfirmasi
-
10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna banyak mengandung nilai-nilai sikap dan
perilaku yang utama, seperti manusia adalah makhluk Allah
yang mulia dan mampu melakukan segala sesuatu yang baru namun dibalik semua itu
Allahlah Yang Berkuasa dan Yang
Menentukan . Jika
direnungkan, betapa besar ketergantungan kita kepada-Nya.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para
siswa menghafalkan 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna sebagai penutup materi pembelajaran.
- Guru
menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
- Guru
mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa
menjawab salam.
H. Penilaian
Tes perbuatan (Performance
Individu)
Tes tertulis
I. Bahan/Sumber Belajar
Al Quran dan terjemahan
Departemen AgamaRI
Buku pelajaran PAI SMA
kelas I
J. Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
|
Butir –
butir Soal
|
Kunci
Jawaban
|
1.
|
Allah SWT memiliki Sifat Wahid,
arti Wahid adalah
|
Esa
|
2.
|
لا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ Arti penggalan ayat tersebut
adalah........
|
Tiada
sekutu bagin-Nya, dan demikian itulah…
|
3.
|
Perilaku
yang mencerminkan kepasrahan bahwa hanya Allahlah Tuhan yang wajib disembah
tanpa terkecuali. Adalah cerminan sifat Allah …..
|
Wahid
|
JAKARTA 15/8/2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar