MENITI AJARAN
AL-QUSYAIRI ?
Muqaddimah
Nama Lengkap
Al-Qusyairi Adalah "Abdul Karim bin Hawazin", lahir Tahun 376 di
istiwa. Al-Qusyairi merupakan tokoh sufi Utama Dari Abad KE lima hijriyah. Di
Kawasan Nishafur di sinilah besarbesaran Bertemu DENGAN gurunya Abu Ali
Ad-Daqqaq, Seorang sufi Terkenal. Kemudian Al-Qusyairi mempelajari ilmu fiqih
PADA Seorang faqih, Abu Bakr Muhammad bin Abu Bakr ath-Thusi (wafat Tahun 405)
Dan beliau mempelajari ilmu kalam Serta ushul fiqih PADA Abu Bakar bin Farauk
(wafat 406 H Tahun). Dan beliau pun Menjadi murid Abu ishaq Al-isfarayini
(wafat 418 H Tahun) dari situlah Al-Qusyairi Menguasai Doktrin Ahlussunah wal
jamaah Yang dikembangkan Al-Asari Dan muridnya.
Ajaran
- Ajaran Tasawuf Al - Qusyairi
Jelas Tampak akan
bagaimana Al-Qusyairi cenderung mengembalikan tasawuf KE differences Landasan
Doktrin akhlu sunnah SEBAGAI pernyataannya:
"Ketahuilah! Para tokoh Aliran Suami membina Prinsip-Prinsip tasawuf
differences Landasan tauhid yang Benar. Sehingga Doktrin mereka
terpelihara Dari penyimpangan, selain ITU mereka Lebih Dekat DENGAN tauhid kaum
salaf maupun ahlu sunah Yang tak tertandingi Dan tak Mengenal macet, merekapun
industri tahu hak Yang lama Dan Bisa mewujudkan Sifat Sesuatu Yang diadakan Dan
ketidakadaannya. Al-Junaidi mengatakan bahwa tauhid pemisal HAL Yang
lama DENGAN HAL Yang baru. Landasan Doktrin merekapun didasarkan PADA
dalil Dan Bukti Yang KUAT Serta perjudian. Abu Muhammad Al-Jariri
mengatakan bahwa Barang siapa TIDAK mendasarkan ilmu tauhid PADA shalat Satu
pengokohnya, niscaya kakinya tergelincir KE hearts Jurang kehancuran
Selain ITU
Al-Qusyairi menekankan bahwa kesehatan bathin DENGAN berpegang teguh PADA
Al-Qur'an Dan As Sunnah SEBAGAI mana perkataannya:
"Duhai
saudaraku! Janganlah kamu
terpesona Diposkan pakaian lahiriah maupun sebutan Yang Kau lihat (PADA sufi
sejamannya) sebab ketika reutas ITU tersingkapkan, niscaya Tampak keburukan
para sufi Yang mengada-ada hearts berpakaian ... .. SETIAP tasawuf Yang TIDAK
dibarengi DENGAN Kebersihan Kota maupun SIKAP menjauhkan Diri Dari maksiat
Adalah tasawuf Palsu Serta memberatkan Diri Dan SETIAP bathin Yang bertentangan
DENGAN lahir Adalah Keliru Dan bukannya Yang bathin, ...... Dan SETIAP tauhid
Yang dibenarkan Al-Qur'an maupun as-sunnah Adalah pengingkaran Terhadap Tuhan
Dan Bukan tauhid; Dan SETIAP Terhadap Pengenalan Allah Yang TIDAK
dibarengi Kerendahan maupun ketulusan jiwa Adalah Palsu Dan Bukan Pengenalan
Terhadap Allah.
Ajaran-Ajaran Tasawuf
al-Qusyairi
1. Mengembalikan
Tasawuf KE Landasan Ahlussunnah
Apabila al-Risalah
al-Qusyairiyyah karya al-Qusyairi dikaji SECARA Mendalam, akan Tampak Jelas
bagaimana al-Qusyairi cenderung mengembalikan tasawuf PADA Landasan Doktrin
ahlus sunnah. SECARA implisit hearts ungkapannya al-Qusyairi terkandung
penolakan Terhadap para sufi syathahi, Yang mengucapkan Ungkapan-Ungkapan Penuh
Kesan terjadinya perpaduan ANTARA Sifat-Sifat Ketuhanan DENGAN Sifat-Sifat
Kemanusiaan. pernyataan inisial JUGA terkandung hearts perkataannya berikut ini
Label,
"Sesungguhnya
Seorang hamba TIDAK boleh menyandang Sifat-Sifat Allah sebagaimana anggapan
sebagian sufi bahwa Seorang hamba Bisa Menjadi Kekal sebagaimana kekalnya
Allah, Bisa mendengar sebagaimana pendegaran Allah Serta Bisa Melihat hal
sebagaimana penglihatan Allah. Suami Sudah Keluar Dari Agama dan menanggalkan
islam Serta bid'ah Yang LEBIH buruk daripada ucapan orang-orangutan Nashrani
bahwa kalimat qadimah bersatu DENGAN Isa sebagai ".
Kesehatan
Batin ?
Selain ITU,
al-Qusyairi pun mengecam keras para sufi PADA masanya KARENA kegemaran mereka
mempergunakan pakaian orang-orangutan Miskin, SEMENTARA tindakan mereka PADA
Saat Yang sama bertentangan DENGAN DENGAN pakaian mereka. Ia menekankan bahwa
kesehatan batin DENGAN berpegang PADA al-Qur'an Dan as-Sunnah LEBIH Penting
PADA Dari lahiriah pakaian. Sebagaimana perkataannya,
Penyimpangan
Para Sufi ?
Dalam Konteks Yang BERBEDA, with Ungkapan Yang pedas,
al-Qusyairi penyimpangan mengemukakan berbaring Dari para sufi Abad Kelima
hijriyah, Pendapat al-Qusyairi barangkali Terlalu Berlebihan. Namun, apapun masalahnya, pagar TIDAK HAL ITU menunjukkan
bahwa tasawuf PADA masanya Mulai menyimpang Dari Perkembangan Yang Pertama,
baik Dari Segi akidah ATAU Dari Segi moral yang Dan laku tingkah.
Beberapa pandangan
Yang Diposkan dikemukakan al-Qusyairi berkaitan DENGAN tasawuf ANTARA berbaring
Adalah: Pertama, menolak Terhadap para sufi Syatahi, Yang mengucapkan
Ungkapan-Ungkapan Yang mengesankan terjadinya persatuan ANTARA Sifat-Sifat
Ketuhanan DENGAN Sifat-Sifat Kemanusiaan. Kedua, mengemukakan ketidaksetujuan
Terhadap para sufi PADA masanya Yang mempunyai kegemaran untuk review
mempergunakan pakaian-pakaian orang-orangutan Miskin, tetapi perilakunya
bertolak Belakang DENGAN pakaian Yang mereka kenakan.
Pendapat
al-Qusyairi memberikan Gambaran Kepada kitd bahwa tasawuf PADA masanya dianggap
Telah menyimpang Dari perkembangannya Yang Pertama, baik Dari Segi akidah,
maupun Dari Segi moral yang Dan laku tingkah. Al-Qusyairi Ingin mengembalikan
Arah tasawuf PADA Doktrin ahl al-sunnah wa al-jamaah, Yaitu DENGAN mengikuti
para sufi Sunni PADA Abad Ketiga Dan keempat hijriyah. Usaha Yang dilakukannya
merupakan Pembuka jalan Bagi al-Ghazali Yang berafiliasi PADA Aliran Yang sama
Yaitu al-Asy'ariyah
Dalam konsepnya TENTANG Tauhid,
Al-Qusyairi membagi Tauhid hearts Tiga kategori: Pertama, tauhid Allah untuk
review Allah, yakni mengetahui bahwa Allah ITU Esa. Kedua, mengesakan Allah
untuk review Makhluk, Yaitu Keputusan Allah bahwa Seorang hamba Adalah Yang
mengesakan-Nya Dan Allah menciptakannya SEBAGAI hamba Yang mempunyai tauhid. Ketiga,
tauhid Makhluk untuk review Allah, Yaitu Seorang hamba Yang mengetahui bahwa
Allah Adalah Esa. Dia memutuskan Sekaligus menyampaikan bahwa Allah ITU Esa. Uraian
Suami merupakan Penjelasan Singkat TENTANG Makna tauhid.
Menurutnya Seorang hamba Allah Yang Telah bertauhid Maka
besarbesaran akan merasakan nikmatnya Betapa Bisa Mengenal Tuhan. Mencari
Google Artikel BeGiTu Manusia Bisa mencapai marifatullah SEBAGAI marifat
sejati. Namun tauhid Yang demikian Hanya Bisa dicapai melalui itikad Yang
Bersih Tanpa ADA Lagi rasa ketergantungan Dirinya DENGAN selain Allah. Esensi
(inti) Tauhid Adalah Penyerahan Diri SECARA Mutlak Kepada Khalik DENGAN
Keyakinan Tinggi Terhadap keberadaan zat Yang Tak Bisa diserupakan DENGAN
Makhluk. Tauhid seperti inisial akan menimbulkan gairah Bagi Seorang hamba
untuk review Berbakti Terhadap Segala Perintah Dan larangan Allah. Masalahnya,
APA Yang Menjadi Alasan Imam al-Qusyairi Berkata seperti ITU? Selain mengkaji
Persoalan Tadi Yang termasuk hearts pembahasan ma'rifatullah
al-Qusyairiyah JUGA memasuki pembahasan Sifat-Sifat Tuhan, iman, kufur, ars,
Allah Yang Hak.
Maqamat Menurut
al-Qusyairi ?
1) Tobat Adalah Awal Tempat pendakian
orang-orangutan Yang Mendaki Dan maqam Pertama Bagi sufi Pemula. Kata tobat *
Menurut bahasa Berarti "Kembali", Maka tobat artinya Kembali Dari
Sesuatu Yang di cela hearts syari'at Menuju Sesuatu Yang dipuji hearts
syari'at.
2) Wara 'Adalah Meninggalkan HAL-HAL
Yang subhat.
3) Khalwah Dan uzlah, khaliyah
merupakan Sifat Ahli sufi, sedangkan uzlah merupakan Bagian Dari Tanda bahwa
Seseorang bersambung DENGAN Allah SWT.
Sumber:1.http://perahujagad.blogspot.co.id
2.makalah-ibnu.blogspot.com
3.santri-ppmu.blogspot.com 4.http://delsajoesafira.blogspot.co.id
Jakarta 27/11/2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar