Rabu, 23 Januari 2019

SURGA DAN NERAKA

Kajian Qur'an dan Sunnah

*Antara Surga dan Neraka*

1.Kematian pasti dan perbuatan manusia diperhitungkan.

ﻗُﻞْ ﺇِﻥَّ ﺍْﻟﻤـَﻮْﺕَ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺗَﻔِﺮُّﻭﻥَ ﻣِﻨْﻪُ ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﻣُﻠَﺎﻗِﻴﻜُﻢْ ﺛُﻢَّ ﺗُﺮَﺩُّﻭﻥَ ﺇِﻟَﻰ ﻋَﺎﻟِﻢِ ﺍْﻟﻐَﻴْﺐِ ﻭَ ﺍﻟﺸَّﻬَﺎﺩَﺓِ ﻓَﻴُﻨَﺒِّﺌُﻜَﻢْ ﺑِﻤَﺎ ﻛُﻨﺘُﻢْ ﺗَﻌْﻠَﻤُﻮﻥَ

Katakanlah, Sesungguhnya kematian yang kalian lari darinya, sesungguhnya kematian itu akan menemui kalian, kemudian kalian akan dikembalikan kepada Allah, Yang mengetahui keghaiban dan yang nyata. Lalu Ia akan beritakan kepada kalian apa yang kalian telah kerjakan. 
[QS. Al-Jumu’ah/62: 8].
K
2.Dzikir dan doa yang utama.

ﺟَﺎﺑِﺮَ ﺑْﻦَ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻨْﻬُﻤَﺎ ﻳَﻘُﻮﻝُ ﺳَﻤِﻌْﺖُ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻳَﻘُﻮﻝُ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﺍﻟﺬِّﻛْﺮِ ﻟَﺎ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻟَّﺎ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻭَﺃَﻓْﻀَﻞُ ﺍﻟﺪُّﻋَﺎﺀِ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻟِﻠَّﻪِ

Jabir bin ‘Abdullah radhillahu ‘anhuma berkata; saya mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sebaik-baik dzikir adalah LAA ILAAHA ILLALLAAH (Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allâh) dan sebaik-baik doa adalah AL HAMDULILLAAHI (Segala puji bagi Allâh).” 
(HR Tarmidzi 3305, shahih)

3.Surga bagi yang beriman.

ﻋﻦ ﻣﻌﺎﺫ ﺑﻦ ﺟﺒﻞ ﻗَﺎﻝَ : ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭ ﺳﻠﻢ : ﻣَﻦْ ﻛَﺎﻥَ ﺁﺧِﺮُ ﻛَﻼَﻣِﻪِ ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﺩَﺧَﻞَ ﺍْﻟﺠَﻨَّﺔَ

Dari Mu’adz bin Jabal radliyallahu anhu berkata, telah bersabda Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam, “Barangsiapa yang akhir ucapannya “laa ilaaha illallah” maka dia akan masuk surga”. [HR Abu Dawud: 3116 dan Ahmad: V/ 233 dari Mu’adz bin Jabal radliyallahu anhu. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih]

4.Perintah ibadah dan larangan mempersekutukan Tuhan.

ﻭَﺍﻋْﺒُﺪُﻭﺍ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻭَﻟَﺎ ﺗُﺸْﺮِﻛُﻮﺍ ﺑِﻪِ ﺷَﻴْﺌًﺎ

“Sembahlah Allah dan janganlah kalian mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun” 
(An-Nisaa`: 36).

5.Perbuatan syirik neraka tempatnya.

ﺃُﻭﻟَٰﺌِﻚَ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻟَﻴْﺲَ ﻟَﻬُﻢْ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺂﺧِﺮَﺓِ ﺇِﻟَّﺎ ﺍﻟﻨَّﺎﺭُ ۖ ﻭَﺣَﺒِﻂَ ﻣَﺎ ﺻَﻨَﻌُﻮﺍ ﻓِﻴﻬَﺎ ﻭَﺑَﺎﻃِﻞٌ ﻣَﺎ ﻛَﺎﻧُﻮﺍ ﻳَﻌْﻤَﻠُﻮﻥَ

“Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan” 
( Huud: 15-16).

Al-Baghawi rahimahullah dalam kitab Tafsirnya 2/391,

ﻗﺎﻝ ﻣﺠﺎﻫﺪ ﻫﻢ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺮﻳﺎﺀ

“ Mujahid mengatakan, ‘Mereka adalah para pelaku riya`’ ”.

6.Merencanakan kejahatan pasti terbalas dan hancur.

ﻭَﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻳَﻤْﻜُﺮُﻭﻥَ ﺍﻟﺴَّﻴِّﺌَﺎﺕِ ﻟَﻬُﻢْ ﻋَﺬَﺍﺏٌ ﺷَﺪِﻳﺪٌ ۖ ﻭَﻣَﻜْﺮُ ﺃُﻭﻟَٰﺌِﻚَ ﻫُﻮَ ﻳَﺒُﻮﺭُ
“Dan orang-orang yang merencanakan kejahatan bagi mereka azab yang keras. Dan rencana jahat mereka akan hancur ” (Faathir: 10).

Ibnu Katsir rahimahullah
menyebutkan tafsir salafus salih dalam kitab tafsirnya, hal. 276, dengan mengatakan,
“Dan firman-Nya { ﻭﺍﻟﺬﻳﻦ ﻳﻤﻜﺮﻭﻥ ﺍﻟﺴﻴﺌﺎﺕ }, Mujahid, Sa’id bin Jubair dan Syahr bin Hausyab berkata (tentangnya), ‘ Mereka adalah para pelaku riya`(memamerkan ibadah agar dipuji manusia) amal-amal mereka, yaitu mereka berbuat tipu daya kepada manusia, menampakkan seolah-olah mereka berada dalam ketaatan kepada Allah, padahal sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang dibenci oleh Allah ‘”. Dan merupakan perkara yang telah diketahui bahwa riya` adalah salah satu bentuk kesyirikan kecil yang sangat besar.

7.Neraka bagi yang musyrik dan surga bagi yang mukmin.

ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻋُﻤَﺮُ ﺑْﻦُ ﺣَﻔْﺺٍ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺃَﺑِﻲ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺍﻟْﺄَﻋْﻤَﺶُ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺷَﻘِﻴﻖٌ ﻋَﻦْ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻨْﻪُ ﻗَﺎﻝَ ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻣَﻦْ ﻣَﺎﺕَ ﻳُﺸْﺮِﻙُ ﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ ﺷَﻴْﺌًﺎ ﺩَﺧَﻞَ ﺍﻟﻨَّﺎﺭَ ﻭَﻗُﻠْﺖُ ﺃَﻧَﺎ ﻣَﻦْ ﻣَﺎﺕَ ﻟَﺎ ﻳُﺸْﺮِﻙُ ﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ ﺷَﻴْﺌًﺎ ﺩَﺧَﻞَ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔَ

Telah menceritakan kepada kami 'Umar bin Hafsh telah menceritakan kepada kami bapakku telah menceritakan kepada kami Al A'masy telah menceritakan kepada kami Syaqiq dari 'Abdullah radliallahu 'anhu berkata; Telah bersabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam: "Barangsiapa yang mati dengan menyekutukan Allah dengan sesuatu maka dia pasti masuk neraka". Dan aku ('Abdullah) berkata, dariku sendiri: "Dan barangsiapa yang mati tidak menyekutukan Allah dengan suatu apapun maka dia pasti masuk surga". 
(H.R. Bukhari)

8.Larangan memoercayai dukun.

ﻋَﻦْ ﺻَﻔِﻴَّﺔَ ﻋَﻦْ ﺑَﻌْﺾِ ﺃَﺯْﻭَﺍﺝِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻋَﻦْ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗَﺎﻝَ ﻣَﻦْ ﺃَﺗَﻰ ﻋَﺮَّﺍﻓًﺎ ﻓَﺴَﺄَﻟَﻪُ ﻋَﻦْ ﺷَﻲْﺀٍ ﻟَﻢْ ﺗُﻘْﺒَﻞْ ﻟَﻪُ ﺻَﻠَﺎﺓٌ ﺃَﺭْﺑَﻌِﻴﻦَ ﻟَﻴْﻠَﺔً

1502- Dari Shafiyah, puteri Abu Ubaid dari salah seorang istri Rasulullah SAW, dari Nabi Muhammad, bahwasanya beliau telah bersabda, "Barang siapa mendatangi juru ramal {dukun}, kemudian ia bertanya sesuatu kepadanya, maka shalatnya tidak diterima selama empat puluh malam" {Muslim 7/37}

*Pesan Ayat dan Hadits*

1.Umur manusia terbatas dan jika ajalnya habis maka kematian akan menjemputnya baik usia muda atau tua.

2.Penyebab kematian seseorang berbeda-beda bisa dalam kaadaan sehat ataupun sakit.

3.Khusnul khatimah atau sebaliknya seseorang tergantung iman dan amal shalihnya.

4.Sesudah manusia mengalami kematian maka di alam barzah terdapat nikmat dan siksa kubur.

5.Pada hari kiamat hari perhitungan dan hari pembalasan semua perbuatan manusia sesuai perbuatan yang pernah dilakukan di dunia.

6.Agar selamat dari siksa kubur nabi Muhammad saw mengkabarkan bahwa dzikir yang paling utama adalah laa ilaaha illa Allah disamping bisa memperbarui keimanan seseorang.

7.Doa yang paling lengkap dan utama adalah baca surat al-Fatihah(nama lainnya alhamdu lillahi...dll)

8.Kalimat tauhid(tahlil) adalah kunci surga bagi para pengamalnya disamping amal shalihnya.

9.Perintah hanya beribadah kepada Allah swt semata dengan mengimaniNya,sesuai petunjuk rasulullah saw dan karenaNya.

10.Larangan berbuat syirik,mempersekutukan Allah swt dalam beribadah dengan selain Dia.

11.Surga dipersiapkan bagi orang-orang beriman yang bertaqwa,akhir hidupnya khusnul khatimah dengan mengucap atau beraqidah laa ilaaha illa Allah.

12.Orang-orang musyrikin tidak mendapat pahala kebaikan dunia di akhirat kecuali neraka karena semua perbuatan yang dianggap baik menjadi sia-sia akibat perbuatan syiriknya terhadap Tuhan.

13.Syirik terbagi dua macam yaitu syirik kecil seperti riya dan syirik besar memper-tuhan-kan selain Allah swt yang maha Esa.

14.Orang-orang yang merencanakan kejahatan baik terhadap Tuhan seperti mempersekutukanNya ataupun terhadap orang-orang beriman seperti menfitnah kalau tidak bertaubat maka bagi mereka azab yang keras nanti pada hari pembalasan.

15.Pada waktunya rencana jahat(makar) mereka akan hancur karena Allah swt juga punya makar yang lebih bijaksana.

16.Nabi Muhammad saw mempertegas bahwa orang-orang beriman yang bertaqwa dan meninggal dalam kaadaan bertaubat dan tidak mempersekutukan Allah swt dalam beribadah dengan selain Dia maka surga tempat kembalinya sedangkan orang-orang yang meninggal dalam kaadaan mempersekutukan Tuhan dan belum sempat bertaubat maka tempat kembalinya neraka.

17.Islam melarang pemeluknya agar tidak memintak bantuan kepada dukun atau para normal jika dilanggar maka terancam pahala shalatnya tertolak selama 40 hari.

18.Penghuni calon surga adalah mereka beriman dan beramal shalih serta terpuji perbuatannya sedangkan calon penghuni neraka adalah mereka tidak beriman,munafik dan jahat peranginya.

*Surga Dunia dan Akhirat*

1.Beramal shalih.

} ﻣَﻦْ ﻋَﻤِﻞَ ﺻَﺎﻟِﺤًﺎ ﻣِﻦْ ﺫَﻛَﺮٍ ﺃَﻭْ ﺃُﻧْﺜَﻰ ﻭَﻫُﻮَ ﻣُﺆْﻣِﻦٌ ﻓَﻠَﻨُﺤْﻴِﻴَﻨَّﻪُ ﺣَﻴَﺎﺓً ﻃَﻴِّﺒَﺔً ﻭَﻟَﻨَﺠْﺰِﻳَﻨَّﻬُﻢْ ﺃَﺟْﺮَﻫُﻢْ ﺑِﺄَﺣْﺴَﻦِ ﻣَﺎ ﻛَﺎﻧُﻮﺍ ﻳَﻌْﻤَﻠُﻮﻥَ ‏( 97 ‏) {

Barang siapa yang mengerjakan amal saleh —baik laki-laki maupun perempuan— dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik: dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik daripada apa yang telah mereka kerjakan.(an-Nahl:97)

Ad-Dahhak mengatakan, makna yang dimaksud ialah *rezeki yang halal dan kemampuan beribadah dalam kehidupan di dunia.* Ad-Dahhak mengatakan pula bahwa yang dimaksud ialah *mengamalkan ketaatan, dan hati merasa lega dalam mengerjakannya.*

Dari Ali ibnu Abu Talib, disebutkan bahwa dia menafsirkannya dengan *pengertian al-qana'ah*
(puas dengan apa yang diberikan kepadanya).

2.Bersegera memintak ampun.

ﻭَﺳَﺎﺭِﻋُﻮﺍ ﺇِﻟَﻰٰ ﻣَﻐْﻔِﺮَﺓٍ ﻣِﻦْ ﺭَﺑِّﻜُﻢْ ﻭَﺟَﻨَّﺔٍ ﻋَﺮْﺿُﻬَﺎ ﺍﻟﺴَّﻤَﺎﻭَﺍﺕُ ﻭَﺍﻟْﺄَﺭْﺽُ ﺃُﻋِﺪَّﺕْ ﻟِﻠْﻤُﺘَّﻘِﻴﻦَ

Dan bersegeralah (berlomba-lombalah) kamu untuk (meraih) pengampunan dari Rabbmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. 
[Ali ‘Imran/3:133].

3.Kenikmatan surga.

ﻭَﻟَﻜُﻢْ ﻓِﻴﻬَﺎ ﻣَﺎ ﺗَﺸْﺘَﻬِﻲ ﺃَﻧْﻔُﺴُﻜُﻢْ ﻭَﻟَﻜُﻢْ ﻓِﻴﻬَﺎ ﻣَﺎ ﺗَﺪَّﻋُﻮﻥَ﴿٣١﴾ﻧُﺰُﻟًﺎ ﻣِﻦْ ﻏَﻔُﻮﺭٍ ﺭَﺣِﻴﻢٍ

Di dalam surga kamu memperoleh apa (segala kenikmatan) yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa (segala kenikmatan) yang kamu minta. Sebagai hidangan (bagimu) dari (Rabb) Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. [Fushshilat/41:31-32].

4.Surga akhirat belum disentuh manusia dan jin.

ﺃَﻋْﺪَﺩْﺕُ ﻟِﻌِﺒَﺎﺩِﻱ ﺍﻟﺼَّﺎ ﻟﺤِﻴﻦَ ﻡَ ﻻَ ﻋَﻴْﻦٌ ﺭَﺃَﺕْ ﻭَﻻَ ﺃُﺫُﻥٌ ﺳَﻤِﻌَﺖْ ﻭَﻻَ ﺧَﻄَﺮَ ﻋَﻠَﻰ ﻗَﻠْﺐِ ﺑَﺸَﺮِ

Aku sediakan untuk hamba-hamba-Ku yang shalih kenikmatan (tinggi di surga) yang belum pernah dilihat oleh mata, didengar oleh telinga dan terlintas dalam hati manusia.
[HR al-Bukhari]

4.Khabar gembira bagi orang-orang beriman dan beramal shalih.

ﻭَﺑَﺸِّﺮِ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮﺍ ﻭَﻋَﻤِﻠُﻮﺍ ﺍﻟﺼَّﺎﻟِﺤَﺎﺕِ ﺃَﻥَّ ﻟَﻬُﻢْ ﺟَﻨَّﺎﺕٍ ﺗَﺠْﺮِﻱ ﻣِﻦْ ﺗَﺤْﺘِﻬَﺎ ﺍﻟْﺄَﻧْﻬَﺎﺭُ ۖ ﻛُﻠَّﻤَﺎ ﺭُﺯِﻗُﻮﺍ ﻣِﻨْﻬَﺎ ﻣِﻦْ ﺛَﻤَﺮَﺓٍ ﺭِﺯْﻗًﺎ ۙ ﻗَﺎﻟُﻮﺍ ﻫَٰﺬَﺍ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺭُﺯِﻗْﻨَﺎ ﻣِﻦْ ﻗَﺒْﻞُ ۖ ﻭَﺃُﺗُﻮﺍ ﺑِﻪِ ﻣُﺘَﺸَﺎﺑِﻬًﺎ ۖ ﻭَﻟَﻬُﻢْ ﻓِﻴﻬَﺎ ﺃَﺯْﻭَﺍﺝٌ ﻣُﻄَﻬَّﺮَﺓٌ ۖ ﻭَﻫُﻢْ ﻓِﻴﻬَﺎ ﺧَﺎﻟِﺪُﻭﻥَ

Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan beramal shalih, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap kali mereka diberi rizki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan,”Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu”. Mereka diberi buah-buahan yang serupa, dan untuk mereka, di dalamnya ada isteri-isteri yang suci, dan mereka kekal di dalamnya. 
[al-Baqarah/2:25].

Wallah a'lam bisshawab

*Surga dunia rezki halal dan ikhlas beragama*

Neraka dunia memakan harta haram dan mudah berbuat dosa !!!

Wassalam
Putra Bangsa
Muharram Syahrullah

Kajian Qur'an dan Sunnah

*Rahasia Musibah* 

1.Peringatan bencana.

ﻣَﺎ ﺃَﺻَﺎﺑَﻚَ ﻣِﻦْ ﺣَﺴَﻨَﺔٍ ﻓَﻤِﻦَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ۖ ﻭَﻣَﺎ ﺃَﺻَﺎﺑَﻚَ ﻣِﻦْ ﺳَﻴِّﺌَﺔٍ ﻓَﻤِﻦْ ﻧَﻔْﺴِﻚَ

Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allâh, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri. [an-Nisâ`/4:79].

Imam Qatâdah rahimahullah mengatakan, “Sebagai hukuman bagimu wahai anak Adam, disebabkan karena dosamu”. 
[Lihat Tafsir Ibnu Katsir].

2.Musibah akibat perbuatan dosa.

ﻭَﻣَﺎ ﺃَﺻَﺎﺑَﻜُﻢْ ﻣِﻦْ ﻣُﺼِﻴﺒَﺔٍ ﻓَﺒِﻤَﺎ ﻛَﺴَﺒَﺖْ ﺃَﻳْﺪِﻳﻜُﻢْ ﻭَﻳَﻌْﻔُﻮ ﻋَﻦْ ﻛَﺜِﻴﺮٍ

Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allâh memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu). [asy-Syûra/42:30].

Imam Ibnu Katsir rahimahullah tentang tafsir ayat ini, beliau mengatakan, “Musibah-musibah apa saja yang menimpa kamu wahai Adam, itu hanyalah karena keburukan-keburukan yang telah kamu lakukan. ‘Dan Allâh memaafkan sebagian besar’, dari kesalahan-kesalahan, sehingga Dia tidak membalas kesalahan-kesalahan kamu, bahkan Dia memaafkannya”.

3.Iman dan Taqwa pembuka keberkahan.

ﻭَﻟَﻮْ ﺃَﻥَّ ﺃَﻫْﻞَ ﺍﻟْﻘُﺮَﻯٰ ﺁﻣَﻨُﻮﺍ ﻭَﺍﺗَّﻘَﻮْﺍ ﻟَﻔَﺘَﺤْﻨَﺎ ﻋَﻠَﻴْﻬِﻢْ ﺑَﺮَﻛَﺎﺕٍ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺴَّﻤَﺎﺀِ ﻭَﺍﻟْﺄَﺭْﺽِ ﻭَﻟَٰﻜِﻦْ ﻛَﺬَّﺑُﻮﺍ ﻓَﺄَﺧَﺬْﻧَﺎﻫُﻢْ ﺑِﻤَﺎ ﻛَﺎﻧُﻮﺍ ﻳَﻜْﺴِﺒُﻮﻥَ

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya. 
[al-A’râf/7:96].

ﺍَﻟْﻤَﺼَﺎﺋِﺐُ ﻭَﺍﻟْﺄَﻣْﺮَﺍﺽُ ﻭَﺍﻟْﺄَﺣْﺰَﺍﻥُ ﻓِﻲ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﺟَﺰَﺍﺀٌ

Musibah-musibah, penyakit-penyakit, kesusahan-kesusahan di dunia merupakan balasan.[HR Abu Nu'eim]

4.Musibah menghapus dosa.

ﻣَﺎ ﻳُﺼِﻴْﺐُ ﺍﻟْﻤُﺴْﻠِﻢَ ﻣِﻦْ ﻧَﺼَﺐٍ ﻭَﻟَﺎ ﻭَﺻَﺐٍ ﻭَﻟَﺎ ﻫَﻢٍّ ﻭَﻟَﺎ ﺣُﺰْﻥٍ ﻭَﻟَﺎ ﺃَﺫًﻯ ﻭَﻟَﺎ ﻏَﻢٍّ ﺣَﺘَّﻰ ﺍﻟﺸَّﻮْﻛَﺔِ ﻳُﺸَﺎﻛُﻬَﺎ ﺇِﻟَّﺎ ﻛَﻔَّﺮَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺑِﻬَﺎ ﻣِﻦْ ﺧَﻄَﺎﻳَﺎﻩُ

“ Tidaklah seorang muslim tertimpa kecelakaan, kemiskinan, kegundahan, kesedihan, kesakitan maupun keduka-citaan bahkan tertusuk duri sekalipun, niscaya Allah akan menghapus dosa-dosanya dengan apa yang menimpanya itu. ” (HR. Bukhari)

5.Anjuran berlindung dari takdir yang tidak baik.

ﺗَﻌَﻮَّﺫُﻭْﺍ ﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ ﻣِﻦْ ﺟَﻬْﺪِ ﺍﻟْﺒَﻠَﺎﺀِ ﻭَﺩَﺭَﻙِ ﺍﻟﺸَّﻘَﺎﺀِ ﻭَﺳُﻮْﺀِ ﺍﻟْﻘَﻀَﺎﺀِ ﻭَﺷَﻤَﺎﺗَﺔِ ﺍﻟْﺄَﻋْﺪَﺍﺀِ

" Mintalah perlindungan kepada Allah dari cobaan yang menyulitkan, kesengsaraan yang menderitakan, takdir yang buruk dan cacian musuh. " (HR. Bukhari)

*Pesan Ayat dan Hadits*

1.Kenikmatan datangnya dari Allah swt sedangkan bencana dari kesalahan manusia itu sendiri.

2.Sebenarnya apapun bentuk musibah baik yang menyenangkan atau tidak adalah bahan ujian dan cobaan yang hakekatnya datang dariNya.

3.Ujian dan cobaan yang menyenangkan seperti naik jabatan, rezkinya lancar atau kesenangan yang lainnya adalah datang dariNya sedangkan jika ujian dan cobaan yang tidak menyenangkan datangnya dari manusia itu sendiri akibat perbuatan dosa-dosanya.

4.Allah swt menegaskan bahwa bencana yang menimpa kepada manusia adalah akibat perbuatannya sebagai bentuk teguran, kasih sayang dariNya disamping takdir dariNya.

5.Semua ujian dan cobaan hidup dariNya dan semua perbuatan manusia ada balasannya di dunia maupun di akhirat nanti.

6.Ujian hidup para nabi dan rasul sebagai bentuk pengangkatan derajat disisiNya bukan karena dosa dan juga sebagai contoh buat ummatnya.

7.Suatu daerah atau negara yang penduduknya beriman dan bertaqwa kepada Allah swt dengan istiqamah niscaya akan selamat dari musibah tertentu tetapi jika sebaliknya maka Dia akan menurunkan peringatan seperti bencana alam, gempa bumi dan bencana lainnya.

8.Apapun bentuk musibah yang datang dariNya menyenangkan atau sebaliknya punya hikmah bagi orang-orang beriman dan diantaranya terhabus dosa-dosanya yang kecil jika ikhlas dan sabar.

9.Rasulullah saw menganjurkan agar membiasakan berlindung kepada Allah swt dari musibah seperti hidup sulit,kesengsaraan,takdir yang buruk dan penguasaan musuh.

10.Bagi orang-orang beriman yang pandai mensyukuri nikmat dan sabar atas musibah dariNya merupakan sikap yang mempunyai nilai ibadah bahkan semua urusannya menjadi baik.

11.Apapun musibah baik menyenangkan ataupun sebaliknya adalah takdir dariNya dan manusia akan dimintak pertanggungjawaban atas perbuatannya.

*Hakekat Musibah*

1.Musibah adalah ujian dan cobaan hidup.

ﻛُﻞُّ ﻧَﻔْﺲٍ ﺫَﺍﺋِﻘَﺔُ ﺍﻟْﻤَﻮْﺕِ ﻭَﻧَﺒْﻠُﻮﻛُﻢْ ﺑِﺎﻟﺸَّﺮِّ ﻭَﺍﻟْﺨَﻴْﺮِ ﻓِﺘْﻨَﺔً ﻭَﺇِﻟَﻴْﻨَﺎ ﺗُﺮْﺟَﻌُﻮﻥَ

" Tiap-tiap yang berjiwa pasti akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan *keburukan dan kebaikan sebagai cobaan* (yang sebenar-benarnya). 
Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan “ (Al-Anbiya’ :35).

2.Ujian dan cobaan hidup baik yang menyenangkan atau menyedihkan bagi orang beriman semuanya baik-baik aja.

ﻋَﺠَﺒًﺎ ﻟِﺄَﻣْﺮِ ﺍﻟْﻤُﺆْﻣِﻦِ !! ﺇِﻥَّ ﺃَﻣْﺮَﻩُ ﻛُﻠَّﻪُ ﺧَﻴْﺮٌ ﻭَﻟَﻴْﺲَ ﺫَﺍﻙَ ﻟِﺄَﺣَﺪٍ ﺇِﻟَّﺎ ﻟِﻠْﻤُﺆْﻣِﻦِ ؛ ﺇِﻥْ ﺃَﺻَﺎﺑَﺘْﻪُ ﺳَﺮَّﺍﺀُ ﺷَﻜَﺮَ ﻓَﻜَﺎﻥَ ﺧَﻴْﺮًﺍ ﻟَﻪُ ، ﻭَﺇِﻥْ ﺃَﺻَﺎﺑَﺘْﻪُ ﺿَﺮَّﺍﺀُ ﺻَﺒَﺮَ ﻓَﻜَﺎﻥَ ﺧَﻴْﺮًﺍ ﻟَﻪُ

“ Sungguh menakjubkan perkaranya orang mukmin. Segala sesuatu yang terjadi padanya semua merupakan kebaikan. Ini terjadi hanya pada orang mukmin. Jika mendapat sesuatu yang menyenangkan dia bersyukur, maka itu kebaikan baginya. Jika mendapat keburukan dia bersabar, maka itu juga kebaikan baginya“ 
(H.R Muslim).

3.Semua musibah sudah tertulis dalam kitab lauh mahfudz.

ﻣَﺎ ﺃَﺻَﺎﺏَ ﻣِﻦْ ﻣُﺼِﻴﺒَﺔٍ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺄَﺭْﺽِ ﻭَﻟَﺎ ﻓِﻲ ﺃَﻧْﻔُﺴِﻜُﻢْ ﺇِﻟَّﺎ ﻓِﻲ ﻛِﺘَﺎﺏٍ ﻣِﻦْ ﻗَﺒْﻞِ ﺃَﻥْ ﻧَﺒْﺮَﺃَﻫَﺎ ﺇِﻥَّ ﺫَﻟِﻚَ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻳَﺴِﻴﺮٌ

“Tiada suatu bencana pun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfudzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Alloh.” 
(QS: Al Hadid: 22)

4.Anjuran bertawakal menghadapi musibah buat orang beriman.

ﻗُﻞْ ﻟَﻦْ ﻳُﺼِﻴﺒَﻨَﺎ ﺇِﻟَّﺎ ﻣَﺎ ﻛَﺘَﺐَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻟَﻨَﺎ ﻫُﻮَ ﻣَﻮْﻟَﺎﻧَﺎ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻓَﻠْﻴَﺘَﻮَﻛَّﻞِ ﺍﻟْﻤُﺆْﻣِﻨُﻮﻥَ

“Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Alloh untuk kami. Dialah Pelindung kami, dan hanya kepada Alloh orang-orang yang beriman harus bertawakal.” 
(QS: At-Taubah: 51)

Wallah a'lam bisshawab

*Musibah datang dari Tuhan yang maha Kuasa dan perbuatan manusia baik ataupun buruknya pasti mendapat balasan dariNya bisa di dunia dan juga bisa di akhirat*

Musibah rahasia Tuhan, untuk itu berlindung dan berdoalah kepadaNya, dan bertawakal kepadaNya agar mendapat pertolongan dariNya !

Menyikapi musibah bagi orang beriman adalah dengan bersyukur atas nikmat,sabar atas takdir dan bersegera bertaubat dari maksiat dan dosa dengan banyak istighfar dan hasbalah.

Wassalam
Anak bangsa
Muharram Syahrullah

*Da'wah Jum'ah*

Berserah Diri !

Apakah kita termasuk orang-orang beriman yang bertawakal kepada Allah swt dalam menghadapi ujian dan cobaan hidup ini ?

1.Balasan orang bertawakal.

 ﻭَﻣَﻦْ ﻳَﺘَﻮَﻛَّﻞْ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻓَﻬُﻮَ ﺣَﺴْﺒُﻪُ ۚ ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﺑَﺎﻟِﻎُ ﺃَﻣْﺮِﻩِ ۚ ﻗَﺪْ ﺟَﻌَﻞَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻟِﻜُﻞِّ ﺷَﻲْﺀٍ ﻗَﺪْﺭًﺍ

“Artinya : Dan barangsiapa 
bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki0Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu”. 
[Ath-Thalaq /65: 3]

Menafsirkan ayat tersebut, Ar-Rabi’ bin Khutsaim mengatakan : “(Mencukupkan) dari setiap yang membuat sempit manusia” 

2.Allah swt sebagai Penolong dan Pelindung.

ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻗَﺎﻝَ ﻟَﻬُﻢُ ﺍﻟﻨَّﺎﺱُ ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻨَّﺎﺱَ ﻗَﺪْ ﺟَﻤَﻌُﻮﺍ ﻟَﻜُﻢْ ﻓَﺎﺧْﺸَﻮْﻫُﻢْ
ﻓَﺰَﺍﺩَﻫُﻢْ ﺇِﻳﻤَﺎﻧًﺎ ﻭَﻗَﺎﻟُﻮﺍ ﺣَﺴْﺒُﻨَﺎ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻭَﻧِﻌْﻢَ ﺍﻟْﻮَﻛِﻴﻞُ

"(Yaitu) orang-orang (yang menta'ati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan:
"Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka", maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: "Hasbunallah Wani'mal-Wakîl", Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung". 
(QS. Ali-Imran 3:173)

3.Allah swt sebagai Pelindung dan Penolong.

ﻭَﺇِﻥْ ﺗَﻮَﻟَّﻮْﺍ ﻓَﺎﻋْﻠَﻤُﻮﺍ ﺃَﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻣَﻮْﻟَﺎﻛُﻢْ ﻧِﻌْﻢَ ﺍﻟْﻤَﻮْﻟَﻰ ﻭَﻧِﻌْﻢَ
ﺍﻟﻨَّﺼِﻴﺮُ ‏( ﺳﻮﺭﺓ ﺍﻷﻧﻔﺎﻝ

"Dan jika mereka berpaling, Maka ketahuilah bahwasanya Allah Pelindungmu. Dia adalah Sebaik-baik pelindung dan Sebaik-baik penolong." 
(QS. Al-Anfal: 40).

*Imam Abul Qasim Al-Qusyairi* :”Ketahuilah sesungguhnya tawakkal itu letaknya di dalam hati. Adapun gerak secara lahiriah maka hati itu tidak bertentangan dengan tawakkal yang ada di dalam hati setelah seorang hamba meyakini bahwa rizki itu datangnya dari Allah. Jika terdapat kesulitan, maka hal itu adalah karena takdirNya, dan terdapat kemudahan maka hal itu karena kemudahan dariNya”

Tatkala Nabi Ibrahim AS dilemparkan ke dalam lautan api oleh para pengikut Raja Namrud bin Kan'an, ia mengucapkan
*Hasbunallah wa ni'mal wakil* , dan api pun tiba-tiba menjadi dingin. Ini diberitakan oleh Rasulullah SAW, ''Akhir kalimat yang diucapkan oleh Ibrahim ketika dicampakkan ke dalam api ialah hasbunallah wani'mal wakil. '' 
(HR Bukhari).

*Pesan Ayat dan Hadits*

1.Allah swt akan membalas kepada orang-orang beriman yang bertawakal kepadaNya dengan memberi pertolongan apa yang dihajatkan.

2.Setiap perkara yang dikehendaki olehNya pasti terjadi lain dengan dengan manusia,terjadang terpenuhi atau sebaliknya karena kehendaknya terbatas dan pemberian dariNya.

3.Hidup di dunia adalah tempat ujian dan cobaan dan beramal sedangkan di akhirat tempat perhitungan dan balasan perbuatan manusia.

4.Hanya Allah swt sebaik-baik Perwakilan, Pelindung dan Penolong bagi hambaNya beriman yang bertaqwa.

5.Bertawakal kepada Allah setelah berusaha,berdzikir,
berlindung dan berdoa merupakan sikap bagi orang-orang beriman yang berilmu,beramal dan beradab.

*Bala Tentara Allah swt*

💦 AIR itu tentara Allah; yang menenggelamkan kaum nabi Nuh karena membully dan mencaci maki utusan-Nya. Mereka semua mati. [QS. Al-Ankabut : 14]
.
ANGIN itu tentara Allah; yang menghempaskan kaum 'Ad karena sombong dengan kemajuan teknologi arsitekturnya. Mereka semua mati [QS. Al-Haqqah : 6-8]
.
. ⚡ PETIR itu tentara Allah; yang menyambar kaum Tsamud karena sombong menantang adzab-Nya. Mereka semua mati [QS. Hud : 67-68]

TANAH itu tentara Allah; yang menelan kaum Sodom karena berprilaku bejat, homoseks dan lesbian. Mereka semua mati [QS. Al-Hijr : 73-76]

HAWA PANAS itu tentara Allah; yang menyengat kaum Madyan karena curang dalam bertransaksi. Mereka semua mati [QS. Al-Hajj : 44]

🌊 LAUT itu tentara Allah; yang menenggelamkan fir'aun dan bala tentaranya karena sombong mengaku diri sebagai tuhan. Mereka semua mati. 
[QS. Al-Baqarah : 50] .

Wallah a'lam bisshawab

Subhanallah astaghfirullah laa ilaaha illa Allah...

Hasbiyallah wa ni'mal wakiil ni'mal maulaa wa ni'man nashiir...

*Wassalam*
Anak bangsa
Muharaam Syahrullah

Kajian Qur'an dan Sunnah

*Mencintai Rasul saw*

1.Larangan menyelisihi perintah Allah dan rasulNya.

ﻳَﺎ ﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮﺍ ﻟَﺎ ﺗُﻘَﺪِّﻣُﻮﺍ ﺑَﻴْﻦَ ﻳَﺪَﻱِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭَﺭَﺳُﻮﻟِﻪِ ۖ ﻭَﺍﺗَّﻘُﻮﺍ ﺍﻟﻠَّﻪَ ۚ ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﺳَﻤِﻴﻊٌ ﻋَﻠِﻴﻢٌ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya dan bertaqwalah kepada Allah. Sesung-guhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” 
[Al-Hujuraat: 1]

2.Ucapan dan sabda Nabi adalah wahyu.

ﻭَﻣَﺎ ﻳَﻨْﻄِﻖُ ﻋَﻦِ ﺍﻟْﻬَﻮَﻯٰﺈِﻥْ ﻫُﻮَ ﺇِﻟَّﺎ ﻭَﺣْﻲٌ ﻳُﻮﺣَﻰٰ

“Dan tiadalah yang diucapkannya itu menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).” 
[An-Najm: 3-4]

3.Perintah menerima apa yang diperintahkan dan dilarang oleh rasul.

ﻭَﻣَﺎ ﺁﺗَﺎﻛُﻢُ ﺍﻟﺮَّﺳُﻮﻝُ ﻓَﺨُﺬُﻭﻩُ ﻭَﻣَﺎ ﻧَﻬَﺎﻛُﻢْ ﻋَﻨْﻪُ ﻓَﺎﻧْﺘَﻬُﻮﺍ ۚ ﻭَﺍﺗَّﻘُﻮﺍ ﺍﻟﻠَّﻪَ ۖ ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﺷَﺪِﻳﺪُ ﺍﻟْﻌِﻘَﺎﺏِ

“…Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah; dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah sangat keras hukuman-Nya.” 
[Al-Hasyr: 7]

4.Semua ummat Muhammad saw masuk surga kecuali yang menentangnya.

ﻛُﻞُّ ﺃُﻣَّﺘِﻲ ﻳَﺪْﺧُﻠُﻮﻥَ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔَ ﺇِﻟَّﺎ ﻣَﻦْ ﺃَﺑَﻰ . ﻗَﺎﻟُﻮﺍ : ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﻣَﻦْ ﻳَﺄْﺑَﻰ؟ ﻗَﺎﻝَ : ﻣَﻦْ ﺃَﻃَﺎﻋَﻨِﻲ ﺩَﺧَﻞَ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔَ ﻭَﻣَﻦْ ﻋَﺼَﺎﻧِﻲ ﻓَﻘَﺪْ ﺃَﺑَﻰ

“Seluruh umatku akan masuk jannah, kecuali yang enggan.”
Maka dikatakan:
“Wahai Rasulullah, siapa yang enggan?”
Beliau menjawab:
“Barangsiapa yang menaatiku maka dia pasti masuk jannah, sedangkan barangsiapa yang mendurhakaiku maka sungguh dia telah enggan (masuk jannah).”
(HR Al-Bukhari)

*Pelajaran Ayat dan Sunnah*

1.Allah swt melarang kepada orang-orang beriman agar tidak mendahului atau menyelisihi perintah dan larangan Allah swt dan rasulNya.

2.Perintah bertaqwa kepadaNya dengan mematuhi,mensyukuri dan banyak berdzikrullah.

3.Ucapan rasulullah itu bersumber dari wahyu Allah swt bukan datang dari hawa nafsunya.

4.Apa yang diperintahkan Rasulullah saw atau yang dilarangnya wajib atau sunnah dikerjakan bagi para pengikutnya,ummat muslim.

5.Ancaman keras buat orang-orang yang menentang Nabi saw dengan hukuman yang keras.

6.Semua ummat nabi Muhammad saw dijamin masuk surga kecuali yang enggan seperti orang-orang kafir,musyrikin dan kaum munafikin yang meninggal belum sempat  bertaubat.

7.Sebagai pertanda cinta kepada nabi 
Muhammad saw adalah dengan bershalawat,
menghidupkan sunnah-sunnahnya serta ikut andil mendakwahkan  sunnah rasul dengan ikhlas dan istiqamah.

*Mencintai Allah dan RasulNya*

1.Mengikuti sunnah-sunnah Nabi.

ﻗُﻞْ ﺇِﻥْ ﻛُﻨْﺘُﻢْ ﺗُﺤِﺒُّﻮﻥَ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻓَﺎﺗَّﺒِﻌُﻮﻧِﻲ ﻳُﺤْﺒِﺒْﻜُﻢُ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻭَﻳَﻐْﻔِﺮْ ﻟَﻜُﻢْ ﺫُﻧُﻮﺑَﻜُﻢْ ۗ ﻭَﺍﻟﻠَّﻪُ ﻏَﻔُﻮﺭٌ ﺭَﺣِﻴﻢٌ

“Katakanlah: ‘Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintai kamu dan mengampuni dosa-dosamu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.’” 
[Ali ‘Imran: 31]

Berkata Imam Ibnu Katsir rahimahullah (wafat th. 774 H): “Ayat ini adalah pemutus hukum bagi setiap orang yang mengaku mencintai Allah namun tidak mau menempuh jalan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka orang itu dusta dalam pengakuannya tersebut hingga ia mengikuti syari’at dan agama yang dibawa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam semua ucapan dan perbuatannya.”

2.Mematuhi perintah dan menjauhi larangan nabi.

ﻭَﺃَﻃِﻴﻌُﻮﺍ ﺍﻟﺮَّﺳُﻮﻝَ ﻟَﻌَﻠَّﻜُﻢْ ﺗُﺮْﺣَﻤُﻮﻥَ

“Dan taatlah kepada Rasul supaya kamu diberi rahmat.” [An-Nuur: 56]

3.Nabi Muhammad saw dijadikan panutan.

ﻟَﻘَﺪْ ﻛَﺎﻥَ ﻟَﻜُﻢْ ﻓِﻲ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺃُﺳْﻮَﺓٌ ﺣَﺴَﻨَﺔٌ ﻟِﻤَﻦْ ﻛَﺎﻥَ ﻳَﺮْﺟُﻮ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻭَﺍﻟْﻴَﻮْﻡَ ﺍﻟْﺂﺧِﺮَ ﻭَﺫَﻛَﺮَ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻛَﺜِﻴﺮًﺍ

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan kedatangan hari Kiamat dan dia banyak menyebut Nama Allah.” 
[Al-Ahzaab: 21]

Al-Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah berkata: “Ayat yang mulia ini adalah pokok yang agung tentang meneladani Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam berbagai perkataan, perbuatan dan perilakunya. Untuk itu, Allah ﺗَﺒَﺎﺭَﻙَ ﻭَﺗَﻌَﺎﻟَﻰ memerintahkan manusia untuk meneladani sifat sabar, keteguhan, kepahlawanan, perjuangan dan kesabaran Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam menanti pertolongan dari Rabb-nya k ketika perang Ahzaab. Semoga Allah senantiasa mencurahkan shalawat kepada beliau hingga hari Kiamat.”

Wallah a'lam bisshawab

*Cinta rasul dengan menghidupkan sunnah-sunnahnya dan ikut andil berdakwah dengan harta,jabatan,tenaga dan ilmu*

Wassalam
Anak bangsa
Muharram Syahrullah

Kajian Qur'an dan Sunnah

*Sabar dan Pemaaf*

1.Perintah bersabar dan shalat/doa/dzikir.

ﻭَﭐﺳۡﺘَﻌِﻴﻨُﻮﺍْ ﺑِﭑﻟﺼَّﺒۡﺮِ ﻭَﭐﻟﺼَّﻠَﻮٰﺓِۚ ﻭَﺇِﻧَّﻬَﺎ ﻟَﻜَﺒِﻴﺮَﺓٌ ﺇِﻟَّﺎ ﻋَﻠَﻰ ﭐﻟۡﺨَٰﺸِﻌِﻴﻦَ ٤٥

Artinya:Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu´. (Al-Baqarah : 45)

2.Keutamaan sabar.

ﻗُﻞۡ ﻳَٰﻌِﺒَﺎﺩِ ﭐﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺀَﺍﻣَﻨُﻮﺍْ ﭐﺗَّﻘُﻮﺍْ ﺭَﺑَّﻜُﻢۡۚ ﻟِﻠَّﺬِﻳﻦَ ﺃَﺣۡﺴَﻨُﻮﺍْ ﻓِﻲ ﻫَٰﺬِﻩِ ﭐﻟﺪُّﻧۡﻴَﺎ ﺣَﺴَﻨَﺔٞۗ ﻭَﺃَﺭۡﺽُ ﭐﻟﻠَّﻪِ ﻭَٰﺳِﻌَﺔٌۗ ﺇِﻧَّﻤَﺎ ﻳُﻮَﻓَّﻰ ﭐﻟﺼَّٰﺒِﺮُﻭﻥَ ﺃَﺟۡﺮَﻫُﻢ ﺑِﻐَﻴۡﺮِ ﺣِﺴَﺎﺏٖ ١٠

Artinya:Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu”. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. 
(QS Az Zummar:10)

3.Faedah syukur dan sabar.

ﻭﻋﻦ ﺍﺑﻰ ﻳﺤﻲ ﺻﻬﻴﺐ ﺑﻦ ﺳﻨﺎﻥ ﺭﺿﻰ ﺍﻟﻠّﻪ ﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ : ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠّﻪ ﻋﺠﺒﺎﻻﻣﺮﺍﻟﻤﺆﻣﻦ ﺍﻥّ ﺃﻣﺮﻩ ﻛﻠّﻪ ﻟﻪ ﺧﻴﺮﻭﻟﻴﺲ ﺫﻟﻚ ﻷﺣﺪﺍﻻّﻟﻠﻤﺆﻣﻦ ﺇﻥ ﺍﺻﺎﺑﺘﻪ ﺳﺮّﺀﺷﻜﺮﻓﻜﺎﻥ ﺧﻴﺮﺍﻟﻪ، ﻭﺇﻥ ﺍﺻﺎﺑﺘﻪ ﺿﺮّﺍﺀﺻﺒﺮﻓﻜﺎﻥ ﺧﻴﺮﺍﻟﻪ ‏( ﺭﻭﺍﻩ ﻣﺴﻠﻢ ‏) ٠

“Dari Abu Yahya Shuhaib bin Sinan ra., ia berkata : "Rasulullah saw. Bersabda : "Sangat menakjubkan bagi orang mukmin, apalagi segala urusannya sangat baik baginya, dan itu tidak akan terjadi bagi seseorang yang beriman, kecuali apabila mendapatkan kesenangan ia bersyukur, maka yang demikian itu sangat baik, dan apabila ia tertimpa kesusahan ia sabar maka yang demikian sangat baik baginya."
(HR. Muslim)

4.Balasab memaafkan dan mendamaikan.

ﻓﻤﻦ ﻋﻔﺎ ﻭﺃﺻﻠﺢ ﻓﺄﺟﺮﻩ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ

Artinya, “Barangsiapa yang memaafkan dan mendamaikan maka pahalanya dari Allah SWT” (QS: Asy-Syura: 40.

5.Keistinewaan sedekah dan pemaaf.

ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﻫُﺮَﻳْﺮَﺓَ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ، ﻋﻦ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻﻠّﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠّﻢ ﻗَﺎﻝَ : ﻣَﺎ ﻧَﻘَﺼَﺖْ ﺻَﺪَﻗَﺔٌ ﻣِﻦْ ﻣَﺎﻝٍ، ﻭَﻣَﺎ ﺯﺍﺩَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﺒْﺪﺍً ﺑﻌَﻔْﻮٍ ﺇِﻻَّ ﻋِﺰّﺍً، ﻭَﻣَﺎ ﺗَﻮَﺍﺿَﻊَ ﺃﺣَﺪٌ ﻟﻠﻪِ ﺇِﻻَّ ﺭَﻓَﻌَﻪُ ﺍﻟﻠﻪُ . ﺭﻭﺍﻩ ﻣﺴﻠﻢ ﻭﻏﻴﺮﻩ

“Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Tidaklah sedekah itu mengurangi harta, dan tidaklah Allah menambah bagi seorang hamba dengan pemberian maafnya (kepada saudaranya,) kecuali kemuliaan (di dunia dan akhirat), serta tidaklah seseorang merendahkan diri karena Allah kecuali Dia akan meninggikan (derajat)nya (di dunia dan akhirat).'” (HR. Muslim, no. 2588 dan imam-imam lainnya).

*Pesan Ayat dan Hadits*

1.Perintah memohon kepada Allah swt dengan kesabaran dan shalat/dzikir/doa.

2.Kesabaran merupakan kunci keberhasilan dan kemenangan bagi orabg-beriman yang menginginkan pertolongan Allah swt.

3.Sabar dalam melaksanakan peribtah,menjauhi larangan dan menerima takdir dari Tuhan yang maha Kuasa atas segala sesuatu.

4.Hamba-hamba Allah swt beriman yang sabar menghadapi ujian dan cobaan hidup akan mendapat pertolongan dan pahala besar tanpa hisab.

5.Semua perkara orang-orang beriman akan menjadi baik dan bernilai ibadah jika mensikapi hidup ini dengan syukur dan sabar.

6.Memberikan maaf kepada sesama akan bertambah mulia derajat seseorang disisiNya.

7.Allah swt akan memberikan balasan kepada orang-orang beriman yang memaafkan orang lain dan mendamaikan sesama dengan pahala disisiNya.

8.Sabar dan sifat memaafkan kesalahan orang lain merupakan sifat kemuliaan dalam ajaran Islam.

*Keutamaan Sabar*

1.Tergolong orang-orang yang bertaqwa.

ﻭَﺍﻟﺼَّﺎﺑِﺮِﻳﻦَ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺒَﺄْﺳَﺎﺀِ ﻭَﺍﻟﻀَّﺮَّﺍﺀِ ﻭَﺣِﻴﻦَ ﺍﻟْﺒَﺄْﺱِ ۗ ﺃُﻭﻟَٰﺌِﻚَ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺻَﺪَﻗُﻮﺍ ۖ ﻭَﺃُﻭﻟَٰﺌِﻚَ ﻫُﻢُ ﺍﻟْﻤُﺘَّﻘُﻮﻥَ

“Dan, orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan, mereka itulah orang-orang yang benar (imannya), dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa”. 
[Al-Baqarah : 177]

2.Mendapat cintanya Allah swt.

ﻭَﺍﻟﻠَّﻪُ ﻳُﺤِﺐُّ ﺍﻟﺼَّﺎﺑِﺮِﻳﻦَ

“Dan, Allah mencintai orang-orang yang sabar”. [Ali Imran : 146]

3.Mendapat pahala tanpa batas.

ﻧَّﻤَﺎ ﻳُﻮَﻓَّﻰ ﺍﻟﺼَّﺎﺑِﺮُﻭﻥَ ﺃَﺟْﺮَﻫُﻢ ﺑِﻐَﻴْﺮِ ﺣِﺴَﺎﺏٍ

“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas”. [Az-Zumar : 10]

Wallah a'lam busshawab

*Kesabaran dan memaafkan adalah ajaran Islam dan mulia disisi Tuhan yang maha Pengampun lagi Penyayang*

Wassalam
Anak bangsa
Muharram Syahrullah
7/10/2018

4 komentar:

  1. semoga tulisan ini menjadi amal baik bagi penulis dan menjadi amal jariyah, aamiin. salam kenal dari saya Bams Wijaya

    BalasHapus
  2. Dealing with our wellbeing and prosperity is an essential obligation we have. There sure are a ton of angles that add to a sound life. We might want to address a portion of these by assisting you with seeing the significance of visiting a sound residing focus consistently, where you will approach an assortment of regular wellbeing items. We would not pressure sufficient the significance of dealing with things be able to like your assimilation framework and leaving on a customary work-out routine combined with a sound WELLNessPitch regimen and dealing with your oral cleanliness.

    BalasHapus

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman