Rabu, 23 Januari 2019

BERHIJRAH

Kajian Qur'an dan Sunnah

*Agungnya Berhijrah*

1.Balasan berhijrah.

ﻭَﻣَﻦْ ﻳُﻬَﺎﺟِﺮْ ﻓِﻲ ﺳَﺒِﻴﻞِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻳَﺠِﺪْ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺄَﺭْﺽِ ﻣُﺮَﺍﻏَﻤًﺎ ﻛَﺜِﻴﺮًﺍ ﻭَﺳَﻌَﺔً

“Barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rizki yang banyak” 
[An-Nisaa/4 : 100]

Qatadah berkata : “Maknanya, keluasan dari kesesatan kepada petunjuk dan dari kemiskinan kepada banyaknya kekayaan”

Imam Ar-Razi menjelaskan kesimpulan tafsir ayat yang mulia ini berkata : “Walhasil, seakan-akan dikatakan, ‘Wahai manusia ! Jika kamu membenci hiijrah dan tanah airmu hanya karena takut mendapatkan kesusahan dan ujian dalam perjalananmu, maka sekali-kali jangan takut ! Karena sesungguhnya Allah Ta’ala akan memberimu berbagai nikmat yang agung dan pahala yang besar dalam hijrahmu. Hal yang kemudian menyebabkan kehinaan musuh-musuhmu dan menjadi sebab bagi kelapangan hidupmu” 

2.Perintah memintak ampun.

ﻭَﺳَﺎﺭِﻋُﻮﺍ ﺇِﻟَﻰ ﻣَﻐْﻔِﺮَﺓٍ ﻣِﻦْ ﺭَﺑِّﻜُﻢْ ﻭَﺟَﻨَّﺔٍ ﻋَﺮْﺿُﻬَﺎ ﺍﻟﺴَّﻤَﻮَﺍﺕُ ﻭَﺍﻟْﺄَﺭْﺽُ ﺃُﻋِﺪَّﺕْ ﻟِﻠْﻤُﺘَّﻘِﻴﻦَ

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. ” 
(QS. Ali Imran: 133)

Imam Asy-Syaukani dalam Fath Al-Qadir menyatakan,

ﺳﺎﺭﻋﻮﺍ ﺇﻟﻰ ﻣﺎ ﻳﻮﺟﺐ ﺍﻟﻤﻐﻔﺮﺓ ﻣﻦ ﺍﻟﻄﺎﻋﺎﺕ

“Bersegeralah meraih ampunan Allah dengan melakukan ketaatan.”

3.keutamaan berhijrah.

ﺇِﻥَّ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺀَﺍﻣَﻨُﻮﺍ ﻭَﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻫَﺎﺟَﺮُﻭﺍ ﻭَﺟَﺎﻫَﺪُﻭﺍ ﻓِﻲ ﺳَﺒِﻴﻞِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺃُﻭﻟَﺌِﻚَ ﻳَﺮْﺟُﻮﻥَ ﺭَﺣْﻤَﺔَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭَﺍﻟﻠَّﻪُ ﻏَﻔُﻮﺭٌ ﺭَﺣِﻴﻢٌ

Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang . (Qs.2:218)

4.Berhijrah dengan patuh beragama.

ﺍﻟُﻤﻬَﺎﺟِﺮُﻣَﻦْ ﻫَﺎﺟَﺮَ ﻣَﺎ ﻧَﻬَﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋَﻨْﻪُ

Orang hijrah adalah yang meninggalkan segala yang dilarang Allah SWT. HR. Ahmad (164-241H), Ibn Hibban (w.354 H) 

5.Berhijrah dengan jihad dan niat.

ﻋَﻦْ ﺍﺑْﻦِ ﻋَﺒَّﺎﺱٍ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻨْﻬُﻤَﺎ ﻗَﺎﻝَ ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻟَﺎ ﻫِﺠْﺮَﺓَ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟْﻔَﺘْﺢِ ﻭَﻟَﻜِﻦْ ﺟِﻬَﺎﺩٌ ﻭَﻧِﻴَّﺔٌ ﻭَﺇِﺫَﺍ ﺍﺳْﺘُﻨْﻔِﺮْﺗُﻢْ ﻓَﺎﻧْﻔِﺮُﻭﺍ

Ibn Abbas menerangkan bahwa Rasul SAW bersabda: Tidak ada kewajiban hijrah setelah Futuh Mekah, melainkan jihad dan niat, maka jika diseru perang segeralah penuhi panggilan tersebut. HR. al-Bukhari
(194-256H). 

*Pesan Berhijrah*

1.Niat yang benar, hanya karena Allah swt semata.

2.Berhijrah baik secara fisik ataupun berjihad di jalan Allah swt Allah beriksn balasan dengan rezki berkah dan ampunan dariNya.

3.Perintah bersegera agan memintak ampun dengan banyak beristighfar dan patuh kepada Allah swt dan rasulNya.

4.Orang-orang berhijrah dengan ikhlas mereka itulah hamba-hamba yang mengharap rahmat dan ampunan dari 
Allah swt.

5.Berhijrah dengan jihad dan niat mencari ridhallah seperti menuntut ilmu, mengajarkan,
mengamalkan dan berdakwah bilhikmah.

6.Termasuk berhijrah dengan berperang jika dibutuhkan.

7.Hijrah kita sekarang dengan meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah swt dan rasulNya.

8.Besar balasan hamba-hamba Allah yang terpilih berhijrah dari suatu tempat ketempat yang lain dengan mengharap rahmat dan ampunan dariNya disamping giat beribadah dan khususnya bertaubat menuju ridhaNya.

*Memaknai Berhijrah*

Makna Hihrah
sebagaima
dikatakan oleh Imam Ar-Raghib Al-Asfahani  adalah keluar dari negeri kafir kepada negeri iman, sebagaimana para sahabat yang berhijrah dari Makkah ke Madinah.

Ibn al-Arabi, berpendapat bahwa hijrah fisik diperlukan sepanjang masa hingga hari kiamat apabila berlatar belakang sebagai berikut: 
(1) Melepaskan diri dari desakan perang yang merugikan muslimin, menuju ke tempat yang menguntungkan Islam dan muslimin, seperti perpindahan dari Dar al-Harbi ke Dar al-Islam. (2) Menghindarkan diri dari perbuatan bid’ah demi menyelamatkan al-Sunnah . 
(3) Perpindahan dari suatu tempat yang penuh maksiat dan perbuatan haram, ke tempat bersih supaya tidak terbawa arus orang durhaka. 
(4) Melepaskan diri dan ancaman penyakit yang apabila tidak berpindah akan membahayakan badan. (5)Menyelamatkan diri dari ancaman orang jahat karena berada di tempat yang kurang aman. 
(6) Menyelamatkan kekayaan yang sangat berguna bagi perjuangan Islam.

Wahbah al-Zuhayli , berpendapat bahwa hijrah fisik yang dilakukan Rasul dan para shahabatnya, cukup banyak hikmah dan fungsinya. Hikmah dan fungsi hijrah yang paling penting antara lain: 
(1) Tegaknya syi’ar Islam dan menghindarkan konflik keagamaan. 
(2) Mencari dan mendapatkan kemungkinan tersebarnya ajaran Islam. Jika kaum muslimin yang tidak memiliki peluang untuk mendapat bimbingan Islam dan memahami hukumnya di suatu tempat, maka sebaiknya hijrah ke tempat lain untuk mendapatkannya. 
(3) Persiapan program untuk terwujudnya pemerintahan Islami dan penyebarluasan syari’at Islam ke seluruh penjuru dunia. Semua itu nampak sekali dapat diwujudkan melalui hijrah dari Mekah ke Madinah.

*BERHIJRAH DENGAN TIDAK MENEBAR UJARAN KEBENCIAN SESAMA MUSLIM DAN SEBANGSA BISA DILAKUKAN SEORANG HAMBA BERIMAN YANG BERTAQWA*

TINGGALKAN YANG HARAM ITULAH BERHIJRAH MAKNAWI !

Wassalam
Anak bangsa
Muharram Syahrullah

Kajian Qur'an dan Sunnah 

*Puasa Sunnah Muharram*

1.Empat bulan yang dimuliakan.

ﺇِﻥَّ ﻋِﺪَّﺓَ ﺍﻟﺸُّﻬُﻮﺭِ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺍﺛْﻨَﺎ ﻋَﺸَﺮَ ﺷَﻬْﺮًﺍ ﻓِﻲ ﻛِﺘَﺎﺏِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻳَﻮْﻡَ ﺧَﻠَﻖَ ﺍﻟﺴَّﻤَﻮَﺍﺕِ ﻭَﺍﻟْﺄَﺭْﺽَ ﻣِﻨْﻬَﺎ ﺃَﺭْﺑَﻌَﺔٌ ﺣُﺮُﻡٌ ﺫَﻟِﻚَ ﺍﻟﺪِّﻳﻦُ ﺍﻟْﻘَﻴِّﻢُ ﻓَﻠَﺎ ﺗَﻈْﻠِﻤُﻮﺍ ﻓِﻴﻬِﻦَّ ﺃَﻧْﻔُﺴَﻜُﻢْ ﻭَﻗَﺎﺗِﻠُﻮﺍ ﺍﻟْﻤُﺸْﺮِﻛِﻴﻦَ ﻛَﺎﻓَّﺔً ﻛَﻤَﺎ ﻳُﻘَﺎﺗِﻠُﻮﻧَﻜُﻢْ ﻛَﺎﻓَّﺔً ﻭَﺍﻋْﻠَﻤُﻮﺍ ﺃَﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻣَﻊَ ﺍﻟْﻤُﺘَّﻘِﻴﻦَ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” 
(Q.S. at Taubah :36).

Salah seorang ahli tafsir dari kalangan tabi’in yang bernama Qatadah bin Di’amah Sadusi rahimahulloh menyatakan, “Amal sholeh lebih besar pahalanya jika dikerjakan di bulan-bulan haram sebagaimana kezholiman di bulan-bulan haram lebih besar dosanya dibandingkan dengan kezholiman yang dikerjakan di bulan-bulan lain meskipun secara umum kezholiman adalah dosa yang besar ”

2.Nama empat bulan yang dimuliakan.

ﺇِﻥَّ ﺍﻟﺰَّﻣَﺎﻥَ ﻗَﺪْ ﺍﺳْﺘَﺪَﺍﺭَ ﻛَﻬَﻴْﺌَﺘِﻪِ ﻳَﻮْﻡَ ﺧَﻠَﻖَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺍﻟﺴَّﻤَﻮَﺍﺕِ ﻭَﺍﻟْﺄَﺭْﺽَ ﺍﻟﺴَّﻨَﺔُ ﺍﺛْﻨَﺎ ﻋَﺸَﺮَ ﺷَﻬْﺮًﺍ ﻣِﻨْﻬَﺎ ﺃَﺭْﺑَﻌَﺔٌ ﺣُﺮُﻡٌ ﺛَﻠَﺎﺙٌ ﻣُﺘَﻮَﺍﻟِﻴَﺎﺕٌ ﺫُﻭ ﺍﻟْﻘَﻌْﺪَﺓِ ﻭَﺫُﻭ ﺍﻟْﺤِﺠَّﺔِ ﻭَﺍﻟْﻤُﺤَﺮَّﻡُ ﻭَﺭَﺟَﺐُ ﻣُﻀَﺮَ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺑَﻴْﻦَ ﺟُﻤَﺎﺩَﻯ ﻭَﺷَﻌْﺒَﺎﻥَ

“Sesungguhnya zaman itu berputar sebagaimana bentuknya semula di waktu Allah menciptakan langit dan bumi. Setahun itu ada dua belas bulan diantaranya terdapat empat bulan yang dihormati : 3 bulan berturut-turut; Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Muharram serta satu
bulan yang terpisah yaitu Rajab Mudhar, yang terdapat diantara bulan Jumada Akhiroh dan Sya’ban.” 
[ HR. Bukhari (3197) dan Muslim(1679) ]

3.Muharran bulan yang paling utama.

ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﺍﻟﺼِّﻴَﺎﻡِ ﺑَﻌْﺪَ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ﺷَﻬْﺮُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺍﻟْﻤُﺤَﺮَّﻡُ ﻭَﺃَﻓْﻀَﻞُ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟْﻔَﺮِﻳﻀَﺔِ ﺻَﻠَﺎﺓُ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞِ

“Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah (yaitu) Muharram dan shalat yang paling utama setelah puasa wajib adalah sholat lail” 
[HR. Muslim(11630) ]

*Pesan Ayat dan Hadits tsb:*

1.Allah swt memilih empat bulan yang dimuliakan yaitu dzul qa'dah,dzul hijjah,muharram dan rajab.

2.Larangan berbuat kezhaliman dan dosa pada bulan tsb.

3.Berbuat kezhaliman di bulan tsb besar dosanya tetapi juga berbuat kebaika besar pahalanya.

4.Bulan Muharram adalah bulannya Allah swt dan puasa sunnah sangat dianjurkan di bulan tsb serta paling utama sesudah puasa ramadhan.

5.Boleh memperbanyak puasa sunnah di bulan muharram dan besar pahalanya.

6.Bisa ikutin jadwal puasa sunnah muharaam dibawah ini:

*Jadwal Puasa SUNNAH MUHARRAM 1440 H*
🗒🍴🗒🍴🗒

*_Puasa Senin-Kamis_:*
1⃣Kamis, 3 Muharram 1440 H/ 13 September 2018 M
2⃣Senin, 7 Muharram 1440 H/ 17 September 2018 M
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

*_Puasa Asyura'_:*
1⃣Rabu, 9 Muharram 1440 H/ 19 September 2018 M (Sehari *sebelum* Puasa Asyura)

2⃣Kamis, 10 Muharram 1440 H/ 20 September 2018 M (Puasa Asyura')

3⃣Jumat, 11 Muharram 1440 H/ 21 September 2018 M (Sehari *setelah* Puasa Asyura')
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

*_Puasa Ayyamul Bidh_:* 
1⃣Ahad, 13 Muharram 1440 H/ 23 September 2018 M
2⃣Senin, 14 Muharram 1440 H/ 24 September 2018 M
3⃣Selasa, 15 Muharram 1440 H/ 25 September 2018 M
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

*_Puasa Senin-Kamis_:*
1⃣Kamis, 17 Muharram 1440 H/ 27 September 2018 M

2⃣Senin, 21 Muharram 1440 H/ 1 Oktober 2018 M

3⃣Kamis, 24 Muharram 1440 H/ 4 Oktober 2018 M

4⃣Senin, 28 Muharram 1440 H/ 8 Oktober 2018 M

🔖 *Keterangan:*

🗞Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
*_“Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.”_ *
(HR. Tirmidzi no. 747. Shahih dilihat dari jalur lainnya).

🗞Para shahabat berkata: 
*_"Ya Rasulullah, sesungguhnya hari itu diagungkan oleh Yahudi."_ Maka beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:*
*_"Di tahun depan Insya Allah kita akan berpuasa pada tanggal 9."_ Tetapi sebelum datang tahun depan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah wafat.* (HR. Muslim, Abu Daud, Thabary dalam Tahdzibul Atsar, Baihaqi dalam Al-Kubra dan As-Shugra, serta Syu’abul Iman dan Thabrabi dalam Al-Kabir)

Berdasarkan hadits Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dengan lafadz sebagaimana telah disebutkan oleh Ibnul Qayyim dalam al-Huda dan al-Majd Ibnu Taimiyyah dalam al-Muntaqa:
*_"Selisihilah orang Yahudi dan berpuasalah sehari sebelum dan setelahnya."_*

Al-Hafidz berkata (Fathul Baari): 
*_"Puasa Asyura mempunyai 3 tingkatan, yang terendah berpuasa sehari saja, tingkatan diatasnya ditambah puasa pada tanggal 9, dan tingkatan diatasnya ditambah puasa pada tanggal 9 dan 11."_*

🗞Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 
*_“Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun."_* (HR. Bukhari, no.1979)

*BESAR PAHALA BAGI YANG BERPUASA SUNNAH DI BULAN MUHARRAM*

Wassalam
Anak bangsa
Muharram Syahrullah
Kajian Qur'an dan Sunnah

*Akhir Kematian Seseorang*

ﻭَﻟِﻜُﻞِّ ﺃُﻣَّﺔٍ ﺃَﺟَﻞٌ ﻓَﺈِﺫَﺍ ﺟَﺎﺀَ ﺃَﺟَﻠُﻬُﻢْ ﻻ ﻳَﺴْﺘَﺄْﺧِﺮُﻭﻥَ ﺳَﺎﻋَﺔً ﻭَﻻ ﻳَﺴْﺘَﻘْﺪِﻣُﻮﻥَ

“Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu. Maka apabila telah datang waktunya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak dapat (pula) memajukannya.” 
[Al-A'raf:34]

ﺛﻢ ﻳﺮﺳﻞ ﺇﻟﻴﻪ ﺍﻟﻤﻠﻚ ﻓﻴﻨﻔﺦ ﻓﻴﻪ ﺍﻟﺮﻭﺡ ﻭﻳﺆﻣﺮ ﺑﺄﺭﺑﻊ ﻛﻠﻤﺎﺕ ﺑﻜﺘﺐ ﺭﺯﻗﻪ ﻭﺃﺟﻠﻪ ﻭﻋﻤﻠﻪ ﻭﺷﻘﻲ ﺃﻭ ﺳﻌﻴﺪ
“Kemudian diutuslah Malaikat kepadanya (janin) lalu ditiupkanlah ruh padanya. Kemudian Malaikat itu diperintahkan untuk menulis empat perkara, menulis rizkinya, ajalnya, amalannya, dan apakah ia akan sengsara atau bahagia.”
[HR al-Bukhari-Muslim]

ﺇِﻥَّ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞَ ﻟَﻴَﻌْﻤَﻞُ ﻋَﻤَﻞَ ﺃَﻫْﻞِ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ ﻓِﻴﻤَﺎ ﻳَﺒْﺪُﻭ ﻟِﻠﻨَّﺎﺱِ ﻭَﻫْﻮَ ﻣِﻦْ ﺃَﻫْﻞِ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ ﻭَﺇِﻥَّ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞَ ﻟَﻴَﻌْﻤَﻞُ ﻋَﻤَﻞَ ﺃَﻫْﻞِ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ ﻓِﻴﻤَﺎ ﻳَﺒْﺪُﻭ ﻟِﻠﻨَّﺎﺱِ ﻭَﻩَﻭْ ﻣِﻦْ ﺃَﻫْﻞِ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ .

Sesungguhnya ada seseorang yang beramal dengan amalan penghuni surga yang nampak dalam pandangan manusia, padahal ia adalah seorang penghuni neraka. Dan sesungguhnya ada seseorang yang beramal dengan amalan penghuni neraka yang tampak dalam pandangan manusia, padahal ia adalah seorang penghuni surga. (HR. Bukhari dan Muslim)


ﺇِﻥَّ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞَ ﻟَﻴَﻌْﻤَﻞُ ﺍﻟﺰَّﻣَﻦَ ﺍﻟﻄَّﻮِﻳﻞَ ﺑِﻌَﻤَﻞِ ﺃَﻫْﻞِ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ ﺛُﻢَّ ﻳُﺨْﺘَﻢُ ﻟَﻪُ ﻋَﻤَﻠُﻪُ ﺑِﻌَﻤَﻞِ ﺃَﻫْﻞِ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ ﻭَﺇِﻥَّ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞَ ﻟَﻴَﻌْﻤَﻞُ ﺍﻟﺰَّﻣَﻦَ ﺍﻟﻄَّﻮِﻳﻞَ ﺑِﻌَﻤَﻞِ ﺃَﻫْﻞِ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ ﺛُﻢَّ ﻳُﺨْﺘَﻢُ ﻟَﻪُ ﻋَﻤَﻠُﻪُ ﺑِﻌَﻤَﻞِ ﺃَﻫْﻞِ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ

Sesungguhnya ada seseorang yang beramal dengan amalan penghuni surga dalam jangka waktu yang sangat panjang, kemudian ia menutup akhir hayatnya dengan amalan penghuni neraka. Dan sesungguhnya ada seseorang yang beramal dengan amalan penduduk neraka dalam jangka waktu yang sangat panjang, kemudian ia menutup akhir hayatnya dengan amalan penduduk surga.” (HR. Muslim)


ﻳُﺒﻌَﺚُ ﻛُﻞُّ ﻋَﺒْﺪٍ ﻋَﻠَﻰ ﻣَﺎ ﻣَﺎﺕَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ

“Setiap orang akan dibangkitkan sesuai kematiannya.” 
(HR. Muslim)

Imam al-Hafizh Zainuddin Abdurrauf al-Munaawy rahimahullah berakata:

ﺃﻱ ﻳﻤﻮﺕ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﻋﺎﺵ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﻳﺒﻌﺚ ﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ

Maksudnya adalah ia mati karena sesuai dengan kebiasaannya dan karena sesuai dengan kebiasaannya dan dibangkitkan sesuai itu. (at-Taisir Bi Syarhi al-Jami’ ash-Shaghir: 2/859)

*Pesan Dzikrul Maut*

1.Umur manusia sudah ditetapkan Allah swt dan jika ajalnya tiba maka maut akan menjemputnya dengan tepat waktu.

2.Kematian seseorang bisa dalam kaadaan sehat ataupun sakit.

3.Ada empat perkara yang sudah ditetapkan bagi setiap manusia di perut kandungan ibu yaitu tentang rezkinya,ajarnya,
amalannya, dan sengsara atau bahagianya.

4.Kematian batas umur seseorang sudah dikontrak tepat waktu dan kaadaan kematiannya tergantung iman dan amal perbuatannya.

5.Kematian akhir seseorang sesuai kebiasaan hidupnya jika beriman dan patuh beragama maka Allah swt memberinya khusnul khatimah atau sebaliknya.

6.Ada orang kelihatannya berbuat seperti calon penghuni surga tapi akhir hidupnya mati dalam kaadaan suu'ul khatimah itulah takdir atau sebaliknya.

7.Niat hati seseorang ikhlas dan tidaknya Allah swt maha mengetahui dan semua perbuatan manusia akan terbalas bisa di dunia atau di akhirat.

8.Akhir hidup manusia tergantung iman dan amal shalih seseorang bisa khusnul khatimah atau sebaliknya disamping kebiasaan gaya hidupnya.

9.Sungguhpun demikian,Luruskan niat dalam beribadah dan sesuai petunjuk rasulullah saw disamping berlindung dan berdoa kepadaNya dengan istiqamah.

10.Semoga kita mati dalam kaadaan beriman,bertaubat dan khusnul khatimah. Aamiin...

*Rahasia Kematian*

PARA dokter ahli jantung menegaskan bahwa fenomena kematian mendadak tersebar banyak di tahun-tahun terakhir ini, dan bahwa terlepas dari perkembangan ilmu kedokteran, namun jumlah manusia yang mati tiba-tiba juga meningkat. Dan melalui statistik yang akurat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang menegaskan bahwa fenomena kematian mendadak, tidak muncul kecuali saat ini yang terus meningkat meskipun semua tindakan pencegahan dan antisipasi meningkat.
Ada fenomena yang menakjubkan mencerminkan keajaiban medis yang tidak terbantahkan, Nabi, saw:


ﻦْ ﺃَﻣَﺎﺭَﺍﺕِ ﺍﻟﺴَّﺎﻋَﺔِ ﺃَﻥْ ﻳُﻈْﻬِﺮَ ﻣَﻮْﺕِ ﺍﻟْﻔَﺠْﺄَﺓِ

“Bahwa di antara tanda-tanda yang dekatnya hari kiamat adalah merebaknya kematian mendadak” 
(At-Thabrani).

Sebagaimana Imam Al- Ghazali yang diriwayatkan telah mengetahui tanda -tanda akan datangnya kematian sehingga beliaupun mempersiapkan diri dalam menghadapi sakaratul maut .
Termasuk dengan mandi , berwudlu dan mengenakan kain kafan hingga sebatas tubuhnya karena untuk bagian kepala beliau meminta bantuan kakaknya , yaitu Imam Ahmad . Hingga akhirnya beliau wafat ketika sang kakak mengkafani bagian wajahnya . 

“Demi Allah, seandainya jenazah yang sedang
kalian tangisi bisa berbicara sekejab, lalu
menceritakan (pengalaman sakaratul mautnya)
pada kalian, niscaya kalian akan melupakan
jenazah tersebut, dan mulai menangisi diri
kalian sendiri”. (Imam Ghozali mengutip atsar
Al-Hasan).


ﻣَﻦْ ﻛﺎَﻥَ ﺃَﺧِﺮ ﻛَﻼﻣِﻪِ ﻻﺇِﻟَﻪَ ﺇﻻَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﺩَﺧَﻞَ ﺍﻟْﺠَﻨّﺔَ

“Barangsiapa yang akhir ucapannya adalah laa ilaaha illallaah ( idak ada
ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah), maka ia akan masuk surga.” (Shahih, HR Abu dawud ( no. 3116 ) Al-Hakim ( 1/351) dari sahabat Muadz bin Jabal. Syaikh Al-Albani menyatakan: sanadnya hasan shahih, lihat shahih Sunnan Abi Dawud (VIII / 439, No. 2729)

ﻣَﻦْ ﺷَﻬِﺪَ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇٍﻟَﻪَ ﺍٍﻻَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻣُﺨْﻠِﺼًﺎ ﻣِﻦْ ﻗَﻠْﺒِﻪِ ﺩَﺧَﻞَ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔ

“Barangsiapa yang bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah dengan ikhlas dari hatinya, maka ia (dijamin) masuk surga.” (HR. Ibnu Hibban no. 4 dan 7, Mawaariduzh Zham’an ) dan lainnya dari shahabat Mu’adz bin Jabal. dinilai shahih oleh Syaikh Al Albani di dalam Silsilah Al-Ahadits As- Shahihah ( No : 2355 ).

Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di rahimahullah berkata,
“Barangsiapa yang merealisasikan tauhid, ditandai dengan hati yang penuh dengan iman, tauhid, ikhlas dan dibenarkan dengan amalan, dia tunduk kepada perintah-perintah Allah ‘azza wa jalla dan tidak mengotorinya dengan terus-menerus melakukan perbuatan maksiat, maka dia akan masuk surga tanpa hisab, bahkan termasuk orang-orang yang pertama memasuki dan menempatinya.” 
( Al-Qoulus Sadiid Fii Maqaashidit Tauhid , hlm: 28 – 29)

*SAKARATUL MAUT AKAN MENGHAMPIRI SESEORANG JIKA AJAL TIBA WAKTUNYA BAIK MUDA ATAU TUA*

KHUSNUL KHATIMAH SEORANG HAMBA TERGANTUNG IMAN DAN AMAL SHALIH DISAMOING TAKDIR TUHAN 

*Wassalam*
Anak bangsa
Muharram Syahrullah

Kajian Qur'an dan Sunnah

*Antara Doa dan Air*

1.Perintah berdoa.

ﻭَﻗَﺎﻝَ ﺭَﺑُّﻜُﻢُ ﺍﺩْﻋُﻮﻧِﻲ ﺃَﺳْﺘَﺠِﺐْ ﻟَﻜُﻢْ ﺇِﻥَّ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻳَﺴْﺘَﻜْﺒِﺮُﻭﻥَ ﻋَﻦْ ﻋِﺒَﺎﺩَﺗِﻲ ﺳَﻴَﺪْﺧُﻠُﻮﻥَ ﺟَﻬَﻨَّﻢَ ﺩَﺍﺧِﺮِﻳﻦَ

“Dan Tuhanmu berfirman: “Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. (QS. Ghafir: 60).

2.Persyarat doa dikabul.

ﻭَﺇِﺫَﺍ ﺳَﺄَﻟَﻚَ ﻋِﺒَﺎﺩِﻱ ﻋَﻨِّﻲ ﻓَﺈِﻧِّﻲ ﻗَﺮِﻳﺐٌ ﺃُﺟِﻴﺐُ ﺩَﻋْﻮَﺓَ ﺍﻟﺪَّﺍﻉِ ﺇِﺫَﺍ ﺩَﻋَﺎﻥِ
“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) bahwasanya Aku adalah dekat, Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku”. (QS. Al Baqarah: 186).

3.Pentingnya doa.

ﺍﻟﺪُّﻋَﺎﺀُ ﻫُﻮَ ﺍﻟْﻌِﺒَﺎﺩَﺓُ

“Do’a itu adalah ibadah. (HR. empat Ashhabus sunan dengan sanad yang shahih).

4.Perintah berdzikir.

ﻓَﺈِﺫَﺍ ﻗُﻀِﻴَﺖِ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓُ ﻓَﺎﻧﺘَﺸِﺮُﻭﺍ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺄَﺭْﺽِ ﻭَﺍﺑْﺘَﻐُﻮﺍ ﻣِﻦ ﻓَﻀْﻞِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭَﺍﺫْﻛُﺮُﻭﺍ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻛَﺜِﻴﺮﺍً ﻟَّﻌَﻠَّﻜُﻢْ ﺗُﻔْﻠِﺤُﻮﻥَ

“Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi, dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung”. 
(QS. Al Jumu’ah: 10).

5.Keutamaan air zam- zam.

ﻋَﻦْ ﺟَﺎﺑِﺮٍ ﻗَﺎﻝَ : ﺳَﻤِﻌْﺖُ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻳَﻘُﻮْﻝُ : ﻣَﺎﺀُ ﺯَﻣْﺰَﻡَ ﻟﻤِﺎَ ﺷُﺮِﺏَ ﻟَﻪُ

Dari Jabir berkata, “ Saya mendengar Rasulullah bersabda, ‘Air zamzam itu tergantung niat orang yang meminumnya ”.
(HR Ahmad)

Telah masyhur dari Imam Syafi’i bahwa beliau minum air zamzam dengan niat untuk pandai memanah sehingga dalam sepuluh kali memanah beliau tepat sebanyak sembilan kali mengenai sasaran. Dalam riwayat lain, beliau berkata, “Saya minum air zamzam untuk tiga hal:

(1) pintar memanah maka dalam sepuluh kali saya tepat semua mengenai sasaran, 

(2) pandai dalam agama maka sebagaimana kalian lihat sendiri sekarang, 

(3) untuk masuk surga maka saya berharap untuk mendapatkannya kelak”.

5.keistimewaan air zam-zam.

ﺧَﻴْﺮُ ﺍﻟْﻤَﺎﺀِ ﻋَﻠَﻰ ﻭَﺟْﻪِ ﺍﻟْﺄَﺭْﺽِ ﻣَﺎﺀُ ﺯَﻣْﺰَﻡَ، ﻓِﻴْﻪِ ﻃَﻌَﺎﻡُ ﺍﻟﻄُّﻌْﻢِ، ﻭَﺷِﻔَﺎ ﺍﻟْﺴُّﻘْﻢِ .

“Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zamzam. Di dalamnya terdapat makanan yang diinginkan dan obat bagi penyakit” . 
(HR.At-Thabrani)

6.Manfaat air.

ﻭَﻣَﺎﺀٍ ﻣَﺴْﻜُﻮﺏٍ

dan air yang tercurah,
(Al-Waqi'ah:31)

(Dan air yang tercurah) maksudnya air yang mengalir terus selama-lamanya.
(tafsir jalalayn)

Keistimewaan air memang sangat dirasakan oleh seluruh makhluk Allah terutama manusia. 

ﻭَﻫُﻮَ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺃَﺭْﺳَﻞَ ﺍﻟﺮِّﻳَﺎﺡَ ﺑُﺸْﺮًﺍ ﺑَﻴْﻦَ ﻳَﺪَﻱْ ﺭَﺣْﻤَﺘِﻪِ ﻭَﺃَﻧْﺰَﻟْﻨَﺎ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺴَّﻤَﺎﺀِ ﻣَﺎﺀً ﻃَﻬُﻮﺭًﺍ ‏( 48 ‏) ﻟِﻨُﺤْﻴِﻲَ ﺑِﻪِ ﺑَﻠْﺪَﺓً ﻣَﻴْﺘًﺎ ﻭَﻧُﺴْﻘِﻴَﻪُ ﻣِﻤَّﺎ ﺧَﻠَﻘْﻨَﺎ ﺃَﻧْﻌَﺎﻣًﺎ ﻭَﺃَﻧَﺎﺳِﻲَّ ﻛَﺜِﻴﺮًﺍ ‏( 49 ‏) ﻭَﻟَﻘَﺪْ ﺻَﺮَّﻓْﻨَﺎﻩُ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻢْ ﻟِﻴَﺬَّﻛَّﺮُﻭﺍ ﻓَﺄَﺑَﻰ ﺃَﻛْﺜَﺮُ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﺇِﻟَّﺎ ﻛُﻔُﻮﺭًﺍ ‏( 50 ‏)

“…dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih, agar Kami menghidupkan dengan air itu negeri (tanah) yang mati, dan agar Kami memberi minum dengan air itu sebagian besar dari makhluk Kami, binatang-binatang ternak dan manusia yang banyak. …” 
(QS. al-Furqan: 48-50).

Pesan Ayat dan Hadits tsb:

1.Allah swt memerintahkan orang-orang beriman agar berdoa kepadaNya dengan ikhlas dan istiqamah.

2.Neraka jahannam tempat kembali orang-orang yang sombong dalam beribadah,mereka tidak beriman,
mempersekutukan Tuhan,orang-orang munafik dalam kaadaan hina dina.

3.Persyarat doa dikabul diantaranya mematuhi perintah Allah swt dan yakin dengan doanya.

4.Doa adalah senjatanya orang beriman disamping punya nilai ibadah.

5.Allah swt akan mengabulkan doa bisa di dunia atau dan di akhirat.

6.Doa pasti dikabul dariNya bisa mintak a dikasih a atau bisa dikasih b di dunia atau di kasih di akhirat atau diampuni kecuali yang berputus asa dari rshmatNya atau buruk sangka,tidak diterima doanya.

7.Jadi doa seseorang mutlaq dikabul atau tidak  berada dalam kehendak dan kekuasaan Allah swt bukan kehebatan manusia.

8.Memakai sarana air atau lainnya bisa saja yang penting dibenarkan Agama dan dengan doa-doa yang ma'tsur atau dzikiran/wiridan dari Nabi atau para shalihiin serta dimengerti lafadz artinya.

8.Perintah berdzikir kepada Allah swt dengan kalimat-kalimat thaiyibat baik dari al-quranul karim atau dari sunnah nabi,baca al-quran,bershalawat,
tasbih/tahmid/tahlil/takbir/hauqalah,
hasbalah,asma alhusna, atau debgan ismu dzat  Allah...Allah...Allah maka Allah swt memberikan pertolongan dan kemenangan.

9.Dikabul suatu hajat bukan karena lafadz-lafadz tsb dan bukan pula yang berdoa tetapi Allah swt yang berkehendak dan berkuasa.

10.Khusus keutamaan air zam-zam buat berobat lebih masyhur disamping tergantung hajat dan doa seseorang.

11.Air zam-zam adalah sebaik-baik air yang ada di muka bumi, didalamnya terdapat makanan dan obat bagi penyakit.

12.Selain air zam-zam juga punya manfaat bagi kesehatan tubuh manusia yang diakui oleh para dokter disamping didzikirin dab didoain maka Allah swt juga akan memberi manfaat air tsb bahkan kesembuhakan penyakit seseorang.

12.Doa punya fungsi tertentu dan juga air punya manfaat tersendiri jika dipadukan maka Allah swt akan mengabulkan hajat seorang hamba.

13.Sungguh beruntung orang-orang beriman yang berdoa dengan ikhlas,sabar dan yakin sehingga terkabul hajatnya dan berbahagia.

*Fardah Air Bagi Tubuh*

“Demi air yang tercurah…” 
(QS. al-Waqiah: 31).

Menurut para ahli tafsir, apabila Allah sudah bersumpah dengan nama sesuatu berarti Allah menghendaki kita untuk memperhatikannya dengan seksama, seperti yang terdapat dalam beberapa ayat-Nya; wal ashr (demi waktu), wattinii wazzaituun (demi buah tin dan zaitun), wadh dhuhaa (demi watu dhuha), wallail idza yaghsyaa (demi malam), wasy syamsi wadh dhuhaha (demi matahari dan cahayanya dipagi hari), dan wal qalami wama yasturuun (demi pena dan apa yang mereka tulis). Begitu juga dengan ayat di atas, wamaaim maskuub (demi air yang tercurah), berarti ada sesuatu yang istimewa dalam diri air ini, yang mana harus kita perhatikan dengan seksama.

Diantara manfaat air yaitu:

1. Fakta menyebutkan bahwa sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Kalau kita kekurangan air, tentu semua organ itu tidak akan berfungsi dengan baik atau bahkan menyebabkan kematian.

2. Sebagai media yang mengantarkan vitamin dan mineral ke seluruh sel dan organ tubuh. Jika kita kekurangan air, vitamin dan nutrisi yang sudah kita konsumsi akan terhambat. Akibatnya daya tahan tubuh akan melemah.

3. Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.

4. Air putih membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati. Minum air putih akan membuat tubuh lebih berenergi.

5. Air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit. 

*DOA DAN AIR PUNYA FAEDAH MASING MASING SEHINGGA JIKA DIPADUKAN MENJADI ISTIMEWA DAN MENDAPAT BERKAH DARI ALLAH SWT*

BUKAN LAFADZ DAN KEHEBATAN SESEORANG TETAPI HANYA DIA SANG PENYEMBUH MUTLAK

*Wassalam*
Anak bangsa
Muharram Syahrullah

Kajian Qur'an dan Sunnah

*Meraih Taqwallah*

1.Beribadah dengan ikhlas.

ﻳَﺎ ﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟﻨَّﺎﺱُ ﺍﻋْﺒُﺪُﻭﺍ ﺭَﺑَّﻜُﻢُ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺧَﻠَﻘَﻜُﻢْ ﻭَﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻣِﻦْ ﻗَﺒْﻠِﻜُﻢْ ﻟَﻌَﻠَّﻜُﻢْ ﺗَﺘَّﻘُﻮﻥَ

[2:21] Wahai manusia! Sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dan orang-orang yang sebelum kamu, agar kamu ber takwa.
(Al-Baqrah:21)

2.Menerima rukun iman,suka memberi...

ﻟَﻴْﺲَ ﺍﻟْﺒِﺮَّ ﺃَﻥْ ﺗُﻮَﻟُّﻮﺍ ﻭُﺟُﻮﻫَﻜُﻢْ ﻗِﺒَﻞَ ﺍﻟْﻤَﺸْﺮِﻕِ ﻭَﺍﻟْﻤَﻐْﺮِﺏِ ﻭَﻟَٰﻜِﻦَّ ﺍﻟْﺒِﺮَّ ﻣَﻦْ ﺁﻣَﻦَ ﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ ﻭَﺍﻟْﻴَﻮْﻡِ ﺍﻟْﺂﺧِﺮِ ﻭَﺍﻟْﻤَﻠَﺎﺋِﻜَﺔِ ﻭَﺍﻟْﻜِﺘَﺎﺏِ ﻭَﺍﻟﻨَّﺒِﻴِّﻴﻦَ ﻭَﺁﺗَﻰ ﺍﻟْﻤَﺎﻝَ ﻋَﻠَﻰٰ ﺣُﺒِّﻪِ ﺫَﻭِﻱ ﺍﻟْﻘُﺮْﺑَﻰٰ ﻭَﺍﻟْﻴَﺘَﺎﻣَﻰٰ ﻭَﺍﻟْﻤَﺴَﺎﻛِﻴﻦَ ﻭَﺍﺑْﻦَ ﺍﻟﺴَّﺒِﻴﻞِ ﻭَﺍﻟﺴَّﺎﺋِﻠِﻴﻦَ ﻭَﻓِﻲ ﺍﻟﺮِّﻗَﺎﺏِ ﻭَﺃَﻗَﺎﻡَ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓَ ﻭَﺁﺗَﻰ ﺍﻟﺰَّﻛَﺎﺓَ ﻭَﺍﻟْﻤُﻮﻓُﻮﻥَ ﺑِﻌَﻬْﺪِﻫِﻢْ ﺇِﺫَﺍ ﻋَﺎﻫَﺪُﻭﺍ ۖ ﻭَﺍﻟﺼَّﺎﺑِﺮِﻳﻦَ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺒَﺄْﺳَﺎﺀِ ﻭَﺍﻟﻀَّﺮَّﺍﺀِ ﻭَﺣِﻴﻦَ ﺍﻟْﺒَﺄْﺱِ ۗ ﺃُﻭﻟَٰﺌِﻚَ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺻَﺪَﻗُﻮﺍ ۖ ﻭَﺃُﻭﻟَٰﺌِﻚَ ﻫُﻢُ ﺍﻟْﻤُﺘَّﻘُﻮﻥَ

[2:177] Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan ke barat, tetapi kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, dan nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak yatim, orang-orang miskin, orang-orang yang dalam perjalanan (musafir), peminta-minta, dan untuk memerdekakan hamba sahaya, yang melaksanakan salat dan menunaikan zakat, orang-orang yang menepati janji apabila berjanji, dan orang yang sabar dalam kemelaratan, penderitaan dan pada masa peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar, dan mereka itulah orang-orang yang ber takwa .(Al-Baqarah:177)

3.Berpuasa wajib dan sunnah.

ﻳَﺎ ﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮﺍ ﻛُﺘِﺐَ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢُ ﺍﻟﺼِّﻴَﺎﻡُ ﻛَﻤَﺎ ﻛُﺘِﺐَ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻣِﻦْ ﻗَﺒْﻠِﻜُﻢْ ﻟَﻌَﻠَّﻜُﻢْ ﺗَﺘَّﻘُﻮﻥَ

[2:183] Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu ber takwa ,
(Al-Baqarah:183)

4.Meninggalkan makan ribaa.

ﻳَﺎ ﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮﺍ ﺍﺗَّﻘُﻮﺍ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻭَﺫَﺭُﻭﺍ ﻣَﺎ ﺑَﻘِﻲَ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺮِّﺑَﺎ ﺇِﻥْ ﻛُﻨْﺘُﻢْ ﻣُﺆْﻣِﻨِﻴﻦَ

[2:278] Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwa lah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang beriman.
(Al-Baqarah:278)

5.Menepati janji.

ﻟَﻰٰ ﻣَﻦْ ﺃَﻭْﻓَﻰٰ ﺑِﻌَﻬْﺪِﻩِ ﻭَﺍﺗَّﻘَﻰٰ ﻓَﺈِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻳُﺤِﺐُّ ﺍﻟْﻤُﺘَّﻘِﻴﻦَ

[3:76] Sebenarnya barangsiapa menepati janji dan ber takwa , maka sungguh, Allah mencintai orang-orang yang ber takwa .
(Ali Imran:76)

6.Perintah takut kepada Allah swt.

ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﺫَﺭّ ﺟُﻨْﺪُﺏْ ﺑْﻦِ ﺟُﻨَﺎﺩَﺓَ ﻭَﺃَﺑِﻲ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﻣُﻌَﺎﺫ ﺑْﻦ ﺟَﺒَﻞٍ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨْﻬُﻤَﺎ ﻋَﻦْ ﺭَﺳُﻮْﻝِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗَﺎﻝَ : ﺍِﺗَّﻖِ ﺍﻟﻠﻪَ ﺣَﻴْﺜُﻤَﺎ ﻛُﻨْﺖَ، ﻭَﺃَﺗْﺒِﻊِ ﺍﻟﺴَّﻴِّﺌَﺔَ ﺍﻟْﺤَﺴَﻨَﺔَ ﺗَﻤْﺤُﻬَﺎ، ﻭَﺧَﺎﻟِﻖِ ﺍﻟﻨَّﺎﺱَ ﺑِﺨُﻠُﻖٍ ﺣَﺴَﻦٍ “‏[ ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺘﺮﻣﺬﻱ ﻭﻗﺎﻝ ﺣﺪﻳﺚ ﺣﺴﻦ ﻭﻓﻲ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﻨﺴﺦ ﺣﺴﻦ ﺻﺤﻴﺢ ]

Dari Abu Dzar bin Junadah dan Abu Abdurrahman Muadz bin Jabal radhiyallahu’anhuma, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda, “Bertakwalah kepada Allah di mana pun engkau berada. Iringilah kejelakan dengan kebaikan, niscaya kebaikan tersebut akan menghapuskannya. Dan bergaullah dengan manusia dengan akhlak yang baik.” (HR. Tirmidzi, dan dia berkata: Hadits Hasan Shahih. Hasan dikeluarkan oleh At Tirmidzi di dalam 
[Al Bir Wash Shilah/1987] dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam Al Misykat [5083])

*Pesan Ayat dan Sunnah*

1.Semua perintah ibadah dalam Islam tidak lain kecuali menjadi hamba-hamba Allah yang bertaqwa.

2.Pertanda bertaqwa bertambah takut kepadaNya bukan berbuat dosa,bertambah pandai mensyukuri nikmat bukan kufur,dan bertambak banyak mengingat Allah bukan melalaikan.

3.Agar taqwa meningkat maka perlu rajin beribadah dan beramal shalih dengan ikhlas dan istiqamah.

4.Karakter orang bertaqwa adalah mereka yang beriman,rajin beribadah dan berbagi kepada keluarga dan orang lain yang membutuhkan sebagaimana ayat tsb.

5.Berpuasa yang wajib dan sunnah adalah sarana peningkatan taqwa.

6.Meninggalkan makanan haram dan perkara ribaa.

7.Menepati janji kepada diri,keluarga,orang lain dan kepada Allah swt.

8.Bertaqwa dimanapun berada dengan patuh beragama,banyak berbuat kebaikan,meninggalkan berbuat keburukan dan bergaul sesama manusia dengan akhlak mulia.

9.Besar balasan orang-orang bertaqwa dengan rezki cukup dan berkah,hajatnya terpenuhi dan hidup hasanah dunia,hasanah akhirat,selamat dari siksa api neraka serta Allah swt siapkan surga tempat kembalinya.

*Hakekat Taqwa*

Imam Ar-Raghib Al-Asfahani mendenifisikan : “Taqwa yaitu menjaga jiwa dari perbuatan yang membuatnya berdosa, dan itu dengan meninggalkan apa yang dilarang, dan menjadi sempurna dengan meninggalkan sebagian yang dihalalkan” 

Imam An-Nawawi mendenifisikan taqwa dengan “Menta’ati perintah dan laranganNya”. Maksudnya menjaga diri dari kemurkaan dan adzab Allah Subhanahu wa Ta’ala.

ﻭَﻣَﻦْ ﻳَﺘَّﻖِ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻳَﺠْﻌَﻞْ ﻟَﻪُ ﻣَﺨْﺮَﺟًﺎ ﴿٢﴾ﻭَﻳَﺮْﺯُﻗْﻪُ ﻣِﻦْ ﺣَﻴْﺚُ ﻟَﺎ ﻳَﺤْﺘَﺴِﺐُ

“Barangsiapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya dan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangka” 
[At-Thalaq/65 : 2-3]

Al-Hafidz Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan :”Maknanya, barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah dengan melakukan apa yang diperintahkanNya dan meninggalkan apa yang dilarangNya, niscaya Allah akan memberinya jalan keluar serta rizki dari arah yang tidak disangka-sangka, yakni dari arah yang tidak pernah terlintas dalam benaknya”

*IBADAH YANG DITERIMA OLEHNYA ADALAH MEREKA YANG BERIMAN DAN BERTAWA*

SURGA HANYA DIPERSIAPKAN UNTUK ORANG ORANG BERTAQWA SANGAT BESAR TAKUTNYA KEPADA ALLAH SWT SEMATA

*Wassalam*
Anak bangsa
Muharram Syahrullah
15/9/2018

1 komentar:

  1. Do you realize there is a 12 word phrase you can say to your partner... that will induce intense emotions of love and instinctual appeal for you buried within his chest?

    Because deep inside these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's instinct to love, cherish and care for you with his entire heart...

    ===> 12 Words That Fuel A Man's Love Instinct

    This instinct is so hardwired into a man's mind that it will make him try harder than before to make your relationship the best part of both of your lives.

    In fact, fueling this all-powerful instinct is absolutely mandatory to having the best possible relationship with your man that once you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You will soon find him expose his mind and soul for you in such a way he haven't expressed before and he will identify you as the only woman in the universe who has ever truly understood him.

    BalasHapus

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman