Selasa, 10 Januari 2017

HIDUP SERAKAH


 5.Renungan Malam !!!

*Hidup Serakah*

Manusia banyak kemauan khususnya tentang dunia seperti sudah punya pekerjaan, jadi pns,berdagang,karyawan,sopir,guru,dokter,dpr,menteri dll masih ingin yang lain dengan harapan untuk mendapatkan rezki yang lebih banyak itu biasa dibanding urusan akhirat. Sedikit manusia yang pandai mensyukuri nikmat nikmat Allah swt seperti nikmat sehat,nikmat punya pekerjaan dll.
*Dengan harta atau jabatan atau keturunan umumnya manusia membanggakan dirinya* tetapi jika ia mendapat ujian dan cobaan hidup umpamanya kebakaran atau musibah lainnya sehingga saat itu merasa bahwa manusia itu lemah dan butuh pertolongan.
Allah swt maha mengetahui siapa yang bersyukur dan siapa yang kufur.*
*Orang beriman selalu berusaha mensyukuri karunia Allah swt dengan menyayangi dirinya dan keluarga serta sesama makhluk* sehingga hidupnya berkah,suka berdoa untuk diri agar diampuni,dirahmati,diberkahi dan dibimbing ke jalan yang diridhaiNya.
Sebagai muslim yang baik tentu rajin berdoa untuk diri dan sesama muslim lainnya sehingga Allah swt membalas atas kebaikan nya sesuai dengan tingkat keikhlasannya. Doa merupakan senjata yang paling ampuh bagi orang beriman dan penyejuk hati serta menguatkan keyakinan bahwa Allah swt maha mendengar dan maha bijaksana.
*Hikmah berdoa adalah menghidupkan sunnah Rasul* dan membangkitkan semangat berjihad di jalan Allah swt serta baik sangka bahwa Allah swt pasti mengabulkan doa hambaNya di dunia atau di akhirat atau diberikan yang lainnya atau meraih ampunanNya. Wal hasil doa orang beriman pasti dikabulkan.
Sungguh beruntunglah orang berbaik sangka kepada Allah swt bahwa doa untuk diri dan sesama muslim pasti didengar dan akan dikabulkan sesuai dengan kehendakNya.
Rabbana atina min ladunka rahmah wa haiyiklana min amrina rasyada... Aamiin.
[07:35, 9/2/2016] umar fauzi kasmudik: 6.Renungan Siang !!!
*Nasib berbeda*
Rezki masing2 orang sudah ditentukan oleh Allah swt. Boleh pekerjaan sama seperti sama2 karyawan,tukang bakso,jualan sembakau,sopir,guru,dosen,menteri dll nasibnya dan rezki berbeda.
Demikian juga cara mengambilnya ada dengan cara halal dan ada pula yang haram maka berkahlah hidupnya jika diambil dengan cara halal dan sebaliknya merugilah yang memakai cara haram seperti curang menimbangnya atau korupsi. Diantara manusia sebagian beriman dan kebanyakan tidak beriman sehingga untuk menjemput rezki tsb berbeda.
*Islam mengajarkan kepada umatnya agar makan dengan makanan yang halal*dan bergizi serta tidak berlebihan sehingga hidupnya berkah,suka berbagi dengan keluarga dan orang lain yang membutuhkannya,patuh beragama seperti mengeluarkan zakat,infaq dan rajin bersedekah.
Lain dengan orang yang pelit beribadah malas shalat berjamaah,malas bersilaturahim,malas membantu orang yang membutuhkannya padahal ia mampu.
*Salah satu penyebab seseorang tidak bahagia hidupnya adalah bakhil* menolong orang fakir miskin padahal ia mampu untuk melakukan hal itu.
Oleh karena itu,ingin hidup sukses dan berkah perbanyaklah bersyukur dan sabar serta banyak membantu kesulitan orang lain ! Bahagia dengan rasa syukur dan sabar serta qanaah dalam menerima karunia Allah swt.
Ya Allah jadikan kami orang yang pandai bersyukur dan bersabar...Aamiin.
 
7.Renungan Pagi !!!

*Memenuhi Panggilan*

*Panggilan adzan,panggilan haji/umrah dan panggilan kematian merupakan peringatan dan pembelajaran bagi manusia yang berakal.*
Panggilan tsb bagi orang beriman dapat dipastikan akan disambut dengan senang hati dan ikhkas.
Kebanyakan manusia enggan menjawab adzan dengan lafaz adzan dan segera menuju masjid/mushalla untuk shalat berjamaah kecuali orang2 beriman dan ridhallah.
*Memang tak mudah untuk menjawab adzan dengan ikhlas kecuali hamba yang mantap imannya dan istiqamah ibadah serta bersungguh sungguh memohon pertolongan Allah swt.*
Kalau saja malas atau enggan menjawabnya maka siapa saja dapat dipestikan imannya turun dan belum mendapat hidayahNya. Untuk itu perbanyaklah beristighfar dan berdoa terutama usai shalat.
*Sungguh beruntunglah hamba Allah yang bersegera menjawab adzan dengan istiqamah bisa shalat berjamaah* dalam waktu yang utama sehingga Allah swt memberikan kemudahan beribadah dan beramal shalih dalam hidup kesehariannya atas taufiq dan hidayahNya. Kita jangan menjadi orang2 merugi dengan mengabaikan panggilan adzan !
*Allah swt akan memberikan syafaat di hari kiamat bagi orang beriman dengan istiqamah menjawab adzan dan mendoakan baginda Rasul usai menjawabnya.*
Allahumma rabba hadzihid dakwatittammah....birahmatika ya arhamar rahimin.
[11:37, 9/2/2016] umar fauzi kasmudik: 8.Renungan Malam !!!
*Bershalawat untuk Nabi*
Perintah bershalawat bagi orang beriman merupakan rasa kasih sayang dan berterima kasih kepada Allah dan RasulNya. Karena penting dan besar fadhilahnya bagi umat Muhamnad saw maka Allah swt juga bershalawat untuk beliau dengan curahan rahmat dan ridhaNya.
Hukumnya sunnah jika nama beliu disebut dengan jawaban bershalawat kepadanya jika tidak maka ia termasuk manusia yang pelit/bakhil.
*Diantara keutamaan bershalawat adalah mendapat shalawatnya Allah swt dan terpenuhi hajatnya serta syafaat baginda Rasul di hari kiamat nanti.*
Termasuk orang2 yang tidak mendapat kebahgiaan,keberuntungan aliias merugi adalah mereka tidak bershalawat ketika nama nabi Muhamnad saw disebut dalam masjid,mushalla atau tempat lainnya.
Allahumma shalli ala Muhammad wa ala ali Muhammad.
Ya Allah ampuni kami dan golongkan kami orang orang yang mendapatkan  syafaan baginda Rasul saw di kelak hari pembalasan dengan rahmatMu... Aamin.
 
 9.Renungan Pagi !!!

*Antrian Kematian*

Kematian merupakan takdir yang harus dialami oleh setiap makhluk lambat laun pasti datang. Memang waktu,dimana dan dalam kadaan husnul khathimah atau sebaliknya masih mesterius bagi manusia kecuali hamba2 yang terpilin seperti para kekasih Allah swt.
*Ingin panjang umur dan berkah sambunglah sanak keluarga dengan doa dan silaturahim serta amal shalih.*
Allah swt sudah sering memperingatkan kepada manusia lebih2 kepada hambaNya yang beriman agar menjaga iman dan beramal shalih dalam menjalani hidup ini dengan syukur dan sabar.
Syukur menerima karunia Allah swt dengan mendirikan shalat dan berqurban. Sebelum terlambat bertaubat dari dosa2 yang pernah dilakukan dan kembali ke jalan yang benar.
*Bekal untuk kembali kepada Allah swt adalah dengan meningkatkan ketaqwaan kepadaNya*,mematuhi perintah2Nya dan menjahui laranganNya,mensyukuri nikmat2Nya dan banyak berdzikir kepadaNya.
Sungguh beruntung seseorang yang selalu meningkatkan amal ibadahnya dengan istiqamah dan ikhlas beramal shalih sehingga prediket taqwa disandangnya serta prilakunya berakhlakul karimah.
Jika demikian,maka dia akan kembali kepada Allah swt dengan khusnul khatimah seraya berikrar la ilaha illah... Allah swt akan memasukkanya surga dengan rahmatNya.
*Khalifah Abu Bakar pernah berucap"Barangsiapa memasuki alam kubur tanpa bekal maka sesungguhnya ia bagaikan menyeberang lautan tanpa perahu".*
Untuk itu persiapkan dengan bekal taqwa lahir mengikuti syariat Rasulullah saw dan taqwa bathin bersih hati dari syirik dan banyak dzikrullah !
Ya Allah matikan kami dalam kadaan muslim dan golongkan kami bersama orang orang yang shalih...Aamiin.
Semoga berguna. Aamiin.
 
 10. Renungan Malam !!!
*Pilihan Hidup*

Kehidupan manusia beragam ada yang miskin dan ada yang kaya.
Kaya dan miskin dalam islam merupakan ujian dan cobaan hidup yang pasti dilalui oleh setiap manusia. Oleh karena itu,bagi muslim yang baik tentu semua urusannya menjadi baik sebab tatkala banyak rezki dia bersyukur dan ketika tak dapat rezki ia bersabar.
*Syukur atau sabar merupakan kunci keberhasilan seseorang menuju gerbang ridha Allah swt dalam menjalani hidup di dunia ini.*
Ternyata ujian dan cobaan Allah swt berhitung membalas orang2 yang sabar atau bersyukur dunia akhirat. Memang harta merupakan ujian yang berat bagi orang beriman dan demikian juga beramal shalih merupakan cobaan berat bagi hamba yang mengharap ridha Allah swt.
*Kemuliaan dunia diukur dengan harta sedangkangkan akhirat dengan amal shalih (ungkapan Umar bin Khathab ra).:*
Ambilah rezki dengan cara yang halal agar hidup menjadi berkah dan perbanyaklah beramal shalih agar mulia dunia akhirat!
Ya Allah ampuni kami dan golongkan kami orang orang yang bersyukur dan bersabar ketika Engkau uji dengan kekayaan atau kekurangan... Aamiin.
Semoga berguna.Aamiin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Laman