Jumat, 15 Agustus 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN





1. Hakikat RPP
 
    Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari         suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus. RPP mencakup: (1) data sekolah,             matapelajaran, dan kelas/semester; (2) materi pokok; (3) alokasi waktu; (4) tujuan pembelajaran, KD           dan indikator pencapaian kompetensi; (5) materi pembelajaran; metode pembelajaran; (6) media, alat dan     sumber belajar; (6) langkah-langkah kegiatan pembelajaran; dan (7) penilaian.

2. Prinsip-Prinsip Pengembangan RPP
    Berbagai prinsip dalam mengembangkan atau menyusun RPP adalah sebagai berikut.

    a. RPP disusun guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan berdasarkan silabus yang telah                           dikembangkan di tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan         dalam pembelajaran.
    b. RPP dikembangkan guru dengan menyesuaikan apa yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi di             satuan pendidikan baik kemampuan awal peserta didik, minat, motivasi belajar, bakat, potensi,                     kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya,           norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
    c. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
    d. Sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan peserta didik sebagai manusia yang mandiri           dan tak berhenti belajar, proses pembelajaran dalam RPP dirancang dengan berpusat pada peserta               didik untuk mengembangkan motivasi, minat, rasa ingin tahu, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian,         semangat belajar, keterampilan belajar dan kebiasaan belajar.
    e. Mengembangkan budaya membaca dan menulis
    f. Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman          beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
    g. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut.
    h. RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
        Pemberian pembelajaran remedi dilakukan setiap saat setelah suatu ulangan atau ujian dilakukan,                   hasilnya dianalisis, dan kelemahan setiap peserta didik dapat teridentifikasi. Pemberian pembelajaran             diberikan sesuai dengan kelemahan peserta didik.
     i. Keterkaitan dan keterpaduan.
     j. RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi                         pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman           belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas                           matapelajaran untuk sikap dan keterampilan, dan keragaman budaya.
    k. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
    l. RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara                      terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

3. Komponen dan Sistematika RPP
 
    RPP paling sedikit memuat: (i) tujuan pembelajaran, (ii) materi pembelajaran, (iii) metode pembelajaran,         (iv) sumber belajar, dan (v) penilaian.

     Komponen-komponen tersebut secara operasional diwujudkan dalam bentuk format berikut ini.
   
     Sekolah :
     Matapelajaran :
     Kelas/Semester :
     Materi Pokok :
    Alokasi Waktu :

    A. Kompetensi Inti (KI)
    B. Kompetensi Dasar dan Indikator
        1. _____________ (KD pada KI-1)
        2. _____________ (KD pada KI-2)
        3. _____________ (KD pada KI-3)
           Indikator: __________________
        4. _____________ (KD pada KI-4)
            Indikator: __________________
            Catatan: KD-1 dan KD-2 dari KI-1 dan KI-2 tidak harus dikembangkan dalam indikator karena                  keduanya dicapai melalui proses pembelajaran yang tidak langsung. Indikator dikembangkan hanya              untuk KD-3 dan KD-4 yang dicapai melalui proses pembelajaran langsung.
   C. Tujuan Pembelajaran
   D. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
   E. Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
   F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
       1. Media
       2. Alat/Bahan
       3. Sumber Belajar
   G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
        1. Pertemuan Kesatu:
            a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (…menit)
            b. Kegiatan Inti (...menit)
            c. Penutup (…menit)
       2. Pertemuan Kedua:
            a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (…menit)
            b. Kegiatan Inti (...menit)
            c. Penutup (…menit), dan seterusnya.
   H. Penilaian
        1. Jenis/teknik penilaian
        2. Bentuk instrumen dan instrumen
        3. Pedoman penskoran
Jakarta 15/8/2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman