Senin, 18 Agustus 2014

KOMPETISI DALAM KEBAIKAN (PAI)




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah: SMK JOSUA
Mata Pelajaran: Pendidikan Agama Islam
Kelas / Program: XI / Semua
Program StudiSemester / Tapel: Gasal / 2011 – 2012
Alokasi Waktu: 6 X 45 menit (3 x pertemuan)
A. Standar Kompetensi
(Al Qur’an ) Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan
B.Kompetensi Dasar
Al Qur’an13.1 Membaca QS Al Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 32-33
C.Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
1.Religius: Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yangdianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain2.Peduli Sosial: Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain danmasyarakat yang membutuhkan3.Cinta Damai: Sikap, perkataan dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senangdan aman atas kehadiran dirinya
D.Indikator
1. QS Al Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 32 dibaca dengan baik dan benar 2.Tajwid pada QS Al Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 32 di identifikasi dengan baik dan benar 3.Contoh kata dibuat sesuai hukum tajwid4.Setiap kata yang terdapat dalam QS Al Baqarah: 148 & QS Al Fatir: 32 diartikan dengan baik 5.QS Al Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 32 diterjemahkan dengan baik dan benar 6.Intisari QS Al Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 32 disimpulkan dengan baik
E. Tujuan Pembelajaran
1.Siswa dapat membaca QS Al Baqarah ; 148 dan Al Fatir : 32 dengan fasih dan benar 2.Siswa dapat mengidentifikasi tajwid QS Al Baqarah ; 148 dan Al Fatir : 32 dengan baik dan benar 3.Siswa dapat membuat contoh kata tentang Idgham bighunah, Mad tabi’I, Alim lamqamariah, Izhar, Ikhfa’, Mad ati arid lissukun, Idgham bilaghunnah, qolqolah, Iqlab4.Siswa dapat mengartikan setiap kata yang terdapat dalam QS Al Baqarah : 148 dan QS AlFatir : 32 dengan baik dan benar 5.Siswa dapat menterjemahkan ayat QS Al Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 32 dengan baik dan benar 6.Siswa dapat menyimpulkan intisari dari QS Al Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 32
F.Materi Pokok Pembelajaran
1.- QS Al Baqarah : 148
 Artinya:"Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Makaberlomba-lombalah kamu sekalian dalam berbuat kebaikan, di mana saja kamu berada
pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu". (QS. Al-Baqarah: 148)
 - QS. Al Fatir : 32
Artinya: Kemudian kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih diantarahamba-hamba Kami, lalu diantara mereka ada yang menganiaya diri mereka ada yang  pertengahan dan diantara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikandengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar".(Al-Fathir: 32)
2.Penerapan Ilmu Tajwid QS A Baqarah: 148 dan QS Al Fathir: 32 NoLafalHukum BacaanSebabCara Membaca1
 Idgam bigunnahTanwin bertemuhuruf
ebur dengan dengung2
 Izhar khalqiTanwin bertemudengan ( )Dibaca jelas3Mad thabi'iAda huruf
yangdidahului harakatkasrahPanjang 2 harakatatau satu alif 4
 Ihfa' haqiqiTanwin bertemu salahsatu huruf Samar-samar 5GunnahMim tasydidMendengung6Izhar qamariahAlif lam bertemu huruf qamariahAlif lam dibaca jelas7
 Idgam bilaghunnahTanwin zammah bertemu lamMelebur tidak mendengung8
 IqlabTanwin bertemu ba'Membalik/mengubah bunyiMad aridlissukunMad thabi'i diakhiriayat (waqaf)Berhenti panjang 4-6harakat
G.Strategi/Skenario Pembelajaran
 NO KEGIATAN WAKTU1
Pertemuan 1
Pendahuluana. Salam pembuka diteruskan berdo’a b.Tadarus ayat-ayat yang berhubungan dengan kompetisi dalam kebaikanc. Pre tes10'


20b. Mengidentifikasi/mencari tajwid tentang Idgham bighunah, Idghambilaghunah, Idzhar, Ikhfa’ , Qolqolah, Iqlab.- Konfirmasi :a. Konklusi hasil diskusi b. Memfokuskan hasil diskusi dalam tajwid3Penutupa. Post test korcam untuk materi pada pertemuan berikutnya b. Do’a penutup dilanjutkan salam10'Jumlah :90' NOKEGIATANWAKTU1
Pertemuan: 2
Pendahuluana. Salam pembuka dilanjutkan berdo’a b.Tadarus ayat-ayat yang berhubungan dengan kompetisi dalam kebaikanc. Pre tes10'2Kegiatan Inti- Eksplorasi :a. Mengartikan setiap kata yang terdapat pada QS Baqarah : 148 dan QSAl Fatir : 32b. Mengartikan ayat QS Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 32c. Mendiskusikan terjemahan QS Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 32d. Menyimpulkan inti sari QS Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 32- Elaborasi :a. Tugas individu b. Tugas kelompok - Konfirmasi :a. Konklusi hasil diskusi b. Tentang intisari kandungan QS Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 3270'3Penutupa. Post test korcam untuk materi pada pertemuan berikutnya b. Do’a penutup dilanjutkan salam10'Jumlah :90'
H.Metode Pembelajaran
Demontrasi, ceramah, tanya jawab, tugas , diskusi
I.Sumber dan Media Pembelajaran
-Al Qur’an dan terjemahannya-Buku Modul PAI Kelas II-LKS dan Buku-buku lain yang menunjang-Internet
J.Penilaian
1.Tes tertulis, (Pilihan Ganda)Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d atau e di depan jawaban yang benar!\1. Perintah ta'awun adalah perintah untuk ….a. saling mengingatkand. senantiasa dzikir  b. tolong menolonge. bermusyawarahc. selalu sabar 2. Salah satu bentuk berbuat baik adalah ....a. meringankan penderitaan orang laind. penggusuran daerah kumuh danmiskin b. membantu teman tawurane. Penggundulan hutan tanpa izinc. membelikan rokok untuk teman3. Berbuat baik kepada manusia hukumnya adalah ....
 NOKEGIATANWAKTU2Kegiatan Inti- Eksplorasi :a. Membaca bersama-sama dengan fasih dan benar b. Mengidentifikasi tajwid tentang Idgham bighunah, Idgham bilaghunah,Izhar, Ikhfa’, Qolqolah, Iqlab, Mad Tobi’I, Mad ‘aridhissukun, Alif lamqomariah dan melafadzkannya dengan benar.- Elaborasi :a. Menyalin QS Baqarah: 148 dan QS Al Fatir: 32 dengan fasih dan benar 70'
20b. Mengidentifikasi/mencari tajwid tentang Idgham bighunah, Idghambilaghunah, Idzhar, Ikhfa’ , Qolqolah, Iqlab.- Konfirmasi :a. Konklusi hasil diskusi b. Memfokuskan hasil diskusi dalam tajwid3Penutupa. Post test korcam untuk materi pada pertemuan berikutnya b. Do’a penutup dilanjutkan salam10'Jumlah :90' NOKEGIATANWAKTU1
Pertemuan: 2
Pendahuluana. Salam pembuka dilanjutkan berdo’a b.Tadarus ayat-ayat yang berhubungan dengan kompetisi dalam kebaikanc. Pre tes10'2Kegiatan Inti- Eksplorasi :a. Mengartikan setiap kata yang terdapat pada QS Baqarah : 148 dan QSAl Fatir : 32b. Mengartikan ayat QS Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 32c. Mendiskusikan terjemahan QS Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 32d. Menyimpulkan inti sari QS Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 32- Elaborasi :a. Tugas individu b. Tugas kelompok - Konfirmasi :a. Konklusi hasil diskusi b. Tentang intisari kandungan QS Baqarah : 148 dan QS Al Fatir : 3270'3Penutupa. Post test korcam untuk materi pada pertemuan berikutnya b. Do’a penutup dilanjutkan salam10'Jumlah :90'
H.Metode Pembelajaran
Demontrasi, ceramah, tanya jawab, tugas , diskusi
I.Sumber dan Media Pembelajaran
-Al Qur’an dan terjemahannya-Buku Modul PAI Kelas II-LKS dan Buku-buku lain yang menunjang-Internet
J.Penilaian
1.Tes tertulis, (Pilihan Ganda)Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d atau e di depan jawaban yang benar!\1. Perintah ta'awun adalah perintah untuk ….a. saling mengingatkand. senantiasa dzikir  b. tolong menolonge. bermusyawarahc. selalu sabar 2. Salah satu bentuk berbuat baik adalah ....a. meringankan penderitaan orang laind. penggusuran daerah kumuh danmiskin b. membantu teman tawurane. Penggundulan hutan tanpa izinc. membelikan rokok untuk teman3. Berbuat baik kepada manusia hukumnya adalah ....
20a. makruhd. haram b. sunahe. mubahc. wajib4. Allah mempunyai sifat al-Qadir, artinya adalah ....a. Maha mendengard. Maha Mengetahui b. Maha Muliae. Mahakuasac. Maha Melihat5. Ilmu yang mempeajari tentang bagaimana membaca Al Qur'an dengan benar disebutilmu ....a. qira'ahd. tajwid b. al qur'ane. nahwuc. sharaf Kunci Jawaban : 1. B 2. A 3. C 4. E 5. D2.Penilaian mandiri dengan menggunakan buku praktikum dan mentoring
MengetahuiKepala Sekolah
MemeriksaWKS. Kurikulum
Guru Mata Pelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman