Kamis, 21 Agustus 2014

IPTEK (PAI)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )
Sekolah: SMK JOSUA
Mata Pelajaran: Pendidikan Agama Islam
Kelas/ Program: III / Semua Program Studi
Semester / Tapel : 6 / 2011-2012Alokasi
Waktu : 6 Jam pelajaran ( 3 X Pertemuan )
I.Standar Kompetensi
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Perkembangan IPTEK
II.Kompetensi Dasar
Membaca, menjelaskan arti QS.Yunus : 101 dan QS Al-Baqarah 164 sertamelakukan pengembangan IPTEK seperti terkandung dalam QS Yunus101 danASl-baqarah 164
III.Indikator
A.Mampu membaca Q.S Yunus : 101 dan Al-Baqarah164 dengan baik dan benar B.Mampu mengidentifikasi tajwid QS Yunus 101 dan Al-Baqarah 164C.Mampu mengartikan per-kata QS Yunus101 dan Al-Baqarah 164D.Mampu mengartikan per ayat QS Yunus 101 dan QS Al-Baqarah 164E.Mampu menterjemahkan QS Yunus : 101 dan Al-Baqarah 164F.Mampu menggali kandungan Al-Qur’an QS Yunus 101 dan Al-Baqarah 164.G.Mampu menerapkan Al-Qur’an Surat Yunus 101 dan Al-baqarah 164 tentang perkembangan IPTEK
IV.Pendidikan Karakter Budaya BangsaNilai rasa ingin tahu, dengan cara menumbuhkan sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yangdipelajarinya, dilihat dan didengar untuk mewujudkan sikap kreatif, menghasilkancara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki
V.Tujuan Pembelajaran
:A.Siswa mampu membaca dengan baik dan benar QS Yunus:101 dan QS Al baqarah 164B.Siswa mampu mengidentifikasi tajwid QS Yunus 101 dan ASl-Baqarah 164C.Siswa mampu mengartikan per-kata QS Yunus 101 dan Al-Baqarah 164D.Siswa mampu mengartikan per ayat QS Yunus 101 dan Al-Baqarah 164E.Siswa mampu menterjemahkan QS Yunus 101 da Al-baqarah 164F. Siswa mampu menggali kandungan Al-Qur’an tentang perkembanganIPTEK G. Siswa Mampu menerapkan Al-Qur’an surat Yunus : 101 dan ASl-Baqarah :164 tentang perkembangan IPTEK
VI.Materi Pembelajaran:A.QS Yunus :101
Katakanlah: "Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfaattanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yangtidak beriman".
B.QS Al-Baqarah 164
 Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yangAllah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati(kering) -nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin danawan yang dikendalikan antara langit dan bumi; Sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaandan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.
VII.Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :Pertemuan 1.
NOKegiatan PembelajaranWaktuMetode
1.Pendahuluana.Salam pembuka diteruskan berdo’a b.Tadarus ayat-ayat yang berhubungan dengan pengembangan IPTEK c.Appersepsi10MenitCeramah2.Kegiatan IntiEksplorasi:a.Guru menampilkan program Flash macro media Q.S b.Yunus 101 kemudian memberi contoh cara membacac.Peserta didik mendengarkan, menirukan dan menyimak d.Guru membagi kelas menjadi 4 Kelompok.e.Peserta didik bergabung sesuai dengan kelompoknyamasing-masing.
f.Guru mempersiapkan ayat-ayat yang harus dibahas
g.Guru menempelkan hukum tajwid di papan
h.Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan padasiswa untuk memperhatikan/menganalisa ayat sesuaitajwidElaborasi :
a.Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusidari analisa tajwid tersebut dicatat pada kertas
 b.Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasilc.diskusiKonfirmasi :Guru dan peserta didik menyimpulkan hasil diskusi isi kandunganQ.S. Yunus 10160MenitDemonstrasiPresentasidiskusi3.Penutupa.Menyimpulkan contoh perilaku pengembangan iptek yang20MenitTanya jawab
sesuai dengan kandungan ayat yang dikaji b.Pos tesc.Doa dan salam penutupAlokasi90Menit
Pertemuan 2
NOKegiatan PembelajaranWaktuMetode
1.Pendahuluana.Salam pembuka diteruskan berdo’a b.Tadarus ayat-ayat yang berhubungan dengan pengembanganIPTEK c. Appersepsi10MenitCeramah2.Kegiatan IntiEksplorasi:
a.Guru menampilkan program Flash macro mediaQS Al-Baqoroh 164kemudian memberi contoh cara membaca b.Peserta didik mendengarkan, menirukan dan menyimak c.Guru membagi kelas menjadi 4 Kelompok, masing-masingkelompok membaca ayat yang di kaji .
d.Guru mempersiapkan potongan ayat- ayat yang harusdiartikan dan di bahas sesuai tujuan pembelajaran
e.Guru menayangkan hukum tajwid di layar/papan
f.Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan padasiswa untuk memperhatikan/menganalisa ayat sesuai tajwidElaborasi :
a.Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusidari analisa tajwid tersebut dicatat pada kertas
 b.Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasildiskusinya
c.Melalui komentar/hasil diskusi siswa, guru mulaimenjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapaiKonfirmasi :Guru dan peserta didik menyimpulkan hasil diskusi isikandungan ayat tentang pengembangan IPTEK 70MenitDemonstrasiPresentasidiskusi3.Penutupa.Pos tes b.Doa dan salam penutup10MenitTanya jawabPenugasanAlokasi90Menit
VIII. Sumber BelajarA.Al- Qur’an dan tarjamah SyamilB.Buku TajwidC.Buku-buku PAI Kelas IIID.Internet
IX. Penilaian
1.Golongan manusia yang mampu mencerna peringatan dari para rasul menurut
QS Yunus : 101
adalah …a. mukmininc. muslimine. munafiqin b. muhsinind. mufsidin2.Peringatan dari Rasulullah SAW yang berupa berita gembira bagi orang-orang yang bertaqwa akan mendapat balasan surga disebut …a. wa'idc. nuzule. zikir  b. tazkird. wa'ad3.Peringatan dari Rasulullah SAW yang berupa ancaman siksa bagi orang-orangyang ingkar akan mendapat balasan neraka disebut …a. wa'idc. nuzule. zikir  b. tazkird. wa'ad4.Cara untuk mengetahui hikmah penciptaan alam semesta ini adalah dengan….a. beribadah kepada Allahc. meyakininyae. mempelajarinya b. memanfaatkannyad. berdzikir 5.Alif lam
pada ayat disebut ….a. alif lam jalalahc. alif lam syamsiahe. alif lam nakirah b. alif lam qomariyahd. alif lam idhar
 Mengetahui Kepala Sekolah                                                                 Guru Mata Pelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman