Kamis, 30 Agustus 2018

INGAT AMANAT !


*DZUL QADAH BULAN MULIA*

INGAT AMANAT !

1.Manusia menerima amanat dari Tuhan.

إِنَّا عَرَضْنَا الْأَمَانَةَ عَلَى السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالْجِبَالِ فَأَبَيْنَ أَنْ يَحْمِلْنَهَا وَأَشْفَقْنَ مِنْهَا وَحَمَلَهَا الْإِنْسَانُ إِنَّهُ كَانَ ظَلُومًا جَهُولًا

“Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh.” 
(QS. Al-Ahzab: 72)

2.Larangan melanggar amanat.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَخُونُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُوا أَمَانَاتِكُمْ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.” 
(QS. Al-Anfal: 27)

3.Pahala tidak terputus dengan bermal shalih.

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ إِلَّا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Apabila seorang anak Adam mati maka terputuslah seluruh amalnya kecuali dari tiga perkara: Sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak yang shalih yang selalu mendoakannya. 
[HR Muslim]

4.Allah swt tidak membebani...

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ (286)

“Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Rabbnya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorang pun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat.” (Mereka berdoa): “Ampunilah kami ya Rabb kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.”
(Al Baqarah:846)

*Pelajaran Ayat dan Hadits*

1.Allah swt menawarkan amanat kepada langit2 dan bumi dan gunung2 semua enggan menerimanya dan takut mengkhianatinya.

2.Manusia dengan zalim dan kebodohannya mau menerima amanat tsb.

3.Sungguh menjadi mulia seseorang jika menerima amanat dengan cara yang benar dan sanggup melaksanakannya karena Allah swt semata.

3.Amanat bisa datang dari Allah swt dan rasulNya dan juga amanat diri setiap manusia mempunyai takdir dariNya wajib dilaksanakannya dengan sebaik-baiknya dengan berlindung dan berdoa kepadaNya disamping berusaha.

4.Sungguh Allah swt melarang orang-orang beriman mengkhianati amanat yang datang dariNya dan rasulNya serta dari diri sendiri.

5.Setiap amanat yang diterima manusia adalah ladang ibadah dan amal shalih,tinggal mereka bersyukur,sabar dan istiqamah menjalaninya.

6.Allah swt menitipkan kepada diri manusia masing-masing agar dapat dilakukannya dengan penuh kesabaran dan ikhlas beragama sehingga hidup menjadi berkah.

7.Setiap orang beriman yang bertaqwa bisa menerima ujian dan cobaan hidup dari Allah swt dengan syukur,sabar dan yakin atas pertolongan dariNya disamping tetap berusaha.

8.Amal jariyah,ilmu yang diajarkan dan doa anak shalih/shalihah pahalanya mengalir terus walaupun sudah meninggal.

*Amamat Diri*

Al Imam Ibnu al Atsir rahimahullah berkata, amanah bisa bermakna ketaatan, ibadah, titipan, kepercayaan, dan jaminan keamanan.

Amanah adalah sifat mulia. Sehingga amat disayangkan jika kaum Muslimin kehilangan sifat mulia ini. Padahal Allah Subhanahu wa Ta’ala dan RasulNya Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memerintahkan kepada setiap muslim untuk menunaikan amanah, menjelaskan akibat buruk mengabaikan dan melalaikan amanah. Penyebab utama seseorang terjerumus ke dalam kemaksiatan ini adalah karena kejahilan (kebodohan).

ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻳَﺄْﻣُﺮُﻛُﻢْ ﺃَﻥْ ﺗُﺆَﺩُّﻭﺍ ﺍﻟْﺄَﻣَﺎﻧَﺎﺕِ ﺇِﻟَﻰٰ ﺃَﻫْﻠِﻬَﺎ

“Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya…”
Al Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah di dalam Tafsir al Qur’an al ‘Azhim (2/338-339) berkata : Allah Subhanahu wa Ta’ala telah mengabarkan bahwa sesungguhnya Ia memerintahkan (kepada kita) untuk menunaikan amanah kepada pemiliknya. Dalam sebuah hadits dari al Hasan, dari Samurah, sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ﺃَﺩِّ ﺍﻷَﻣَﺎﻧَﺔَ ﺇِﻟَﻰ ﻣَﻦِ ﺍﺋْـﺘَﻤَﻨَﻚَ، ﻭَﻻَ ﺗَﺨُﻦْ ﻣَﻦْ ﺧَﺎﻧَﻚَ

“Tunaikanlah amanah kepada orang yang engkau dipercaya (untuk menunaikan amanah kepadanya), dan jangan khianati orang yang telah mengkhianatimu”. [Diriwayatkan oleh al Imam Ahmad dan Ahlus Sunan].

*AMANAT DIBERIKAN KEPADA SETIAP ORANG AGAR DILAKSANAKAN DENGAN SEBAIK- BAIKNYANYA DAN BISA SEBAGAI LADANG IBADAH DAN BERAMAL SHALIH*

*ALLAH SWT MEMBERIKAN AMANAT TEPAT KEPADA HAMBANYA YANG DIPERCAYA DAN MAMPU MAKA BERSABARLAH DAN MEMOHON KEPADANYA NISCAYA DIKABULKAN !*

*Wassalam*
Anak bangsa

DZUL QADAH BULAN MULIA

*Ruhani Manusia*

1.Semua anak cucu Adam sudah bertauhid.

ﻭَﺇِﺫْ ﺃَﺧَﺬَ ﺭَﺑُّﻚَ ﻣِﻦ ﺑَﻨِﻲ ﺁﺩَﻡَ ﻣِﻦ ﻇُﻬُﻮﺭِﻫِﻢْ ﺫُﺭِّﻳَّﺘَﻬُﻢْ ﻭَﺃَﺷْﻬَﺪَﻫُﻢْ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﻧﻔُﺴِﻬِﻢْ ﺃَﻟَﺴْﺖَ ﺑِﺮَﺑِّﻜُﻢْ ﻗَﺎﻟُﻮﺍْ ﺑَﻠَﻰ ﺷَﻬِﺪْﻧَﺎ ﺃَﻥ ﺗَﻘُﻮﻟُﻮﺍْ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ ﺇِﻧَّﺎ ﻛُﻨَّﺎ ﻋَﻦْ ﻫَﺬَﺍ ﻏَﺎﻓِﻠِﻴﻦَ

“Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah
mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman) “Bukankah Aku ini Tuhanmu?” mereka menjawab, “Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi”. (Kami lakukan yang demikian itu) agar pada hari kiamat kamu tidak mengatakan, “Sesungguhnya kami (Bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keEsaan Tuhan)”. 
[QS. Al A’raaf : 172]

2.Perintah ibadah sepanjang hidup.

ﻭَﺍﻋْﺒُﺪْ ﺭَﺑَّﻚَ ﺣَﺘَّﻰٰ ﻳَﺄْﺗِﻴَﻚَ ﺍﻟْﻴَﻘِﻴﻦُ

Dan beribadahlah kepada Rabb-mu (Penguasamu) sampai al yaqin (kematian) datang kepadamu. [al Hijr/15:99]

Para ulama ahli tafsir bersepakat, makna al yaqin dalam ayat ini adalah kematian. Hal ini, sebagaimana tersebut dalam firman Allah pada ayat lain, yang memberitakan pertanyaan penduduk surga kepada penduduk neraka:

ﻣَﺎ ﺳَﻠَﻜَﻜُﻢْ ﻓِﻲ ﺳَﻘَﺮَ ﻗَﺎﻟُﻮﺍ ﻟَﻢْ ﻧَﻚُ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻤُﺼَﻠِّﻴﻦَ ﻭَﻟَﻢْ ﻧَﻚُ ﻧُﻄْﻌِﻢُ ﺍﻟْﻤِﺴْﻜِﻴﻦَ ﻭَﻛُﻨَّﺎ ﻧَﺨُﻮﺽُ ﻣَﻊَ ﺍﻟْﺨَﺎﺋِﻀِﻴﻦَ ﻭَﻛُﻨَّﺎ ﻧُﻜَﺬِّﺏُ ﺑِﻴَﻮْﻡِ ﺍﻟﺪِّﻳﻦِ ﺣَﺘَّﻰٰ ﺃَﺗَﺎﻧَﺎ ﺍﻟْﻴَﻘِﻴﻦُ

“Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?” Mereka (penduduk neraka) menjawab: “Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat, dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, dan adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, dan adalah kami mendustakan hari pembalasan, hingga datang kepada kami al yaqin (kematian)”. 
[al Muddatstsir/74: 42-47].

3.Pahala dan kemuliaan berjihad buat pelakunya.

ﻭَﻣَﻦْ ﺟَﺎﻫَﺪَ ﻓَﺈِﻧَّﻤَﺎ ﻳُﺠَﺎﻫِﺪُ ﻟِﻨَﻔْﺴِﻪِ ۚ ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻟَﻐَﻨِﻲٌّ ﻋَﻦِ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻤِﻴﻦَ

Dan Barangsiapa yang berjihad, Maka Sesungguhnya jihadnya itu adalah untuk dirinya sendiri. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam (seluruh makhluk). [al ‘Ankabut/29 : 6].

Imam Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan di dalam tafsir beliau tentang ayat ini: “Yaitu, barangsiapa melakukan amal shalih, maka sesungguhnya manfaat amal shalihnya akan kembali kepada dirinya sendiri, karena sesungguhnya Allah Ta’ala Maha Cukup (yakni tidak membutuhkan) dari perbuatan-perbuatan hamba. Walaupun mereka semua berada pada hati hambaNya yang paling bertakwa, hal litu tidaklah menambah sesuatupun dalam karajaanNya”

4.Kehidupan dunia sebentar dan menipu.

ﻭَﻣَﺎ ﺍﻟْﺤَﻴَﺎﺓُ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﺇِﻟَّﺎ ﻣَﺘَﺎﻉُ ﺍﻟْﻐُﺮُﻭﺭِ

Dan kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan 
[Ali ‘Imrân/3:85]

5.Rasulullah saw teladan terbaik.

ﻟَﻘَﺪْ ﻛَﺎﻥَ ﻟَﻜُﻢْ ﻓِﻲ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺃُﺳْﻮَﺓٌ ﺣَﺴَﻨَﺔٌ ﻟِﻤَﻦْ ﻛَﺎﻥَ ﻳَﺮْﺟُﻮ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻭَﺍﻟْﻴَﻮْﻡَ ﺍﻟْﺂﺧِﺮَ ﻭَﺫَﻛَﺮَ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻛَﺜِﻴﺮًﺍ

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagi kamu (umat Islam, yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (pahala) hari Kiamat, dan dia banyak menyebut Allah. 
[al Ahzab/33 : 21].

6.Semua pemimpin.

ﻛُﻠُّﻜُﻢْ ﺭَﺍﻉٍ ﻭَﻛُﻠُّﻜُﻢْ ﻣَﺴْﺌُﻮْﻝٌ ﻋَﻦْ ﺭَﻋِﻴَّﺘِﻪِ ‏( ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻯ ‏)

Artinya : “ Kamu semua adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya tentang kepemimpinannya .” 
(HR. Bukhari)

*Pelajaran Ayat dan Hadits*

1.Allah swt memberitahukan kepada ummat manusia bahwa semua anak cucu Adam sudah berikrar atau bertauhid,Allah swt adalah Tuhan mereka waktu di alam ruh.

2.Ketika ruh bersatu dengan jasad tubuh maka annafs(jiwa) telah dimiliki oleh setiap orang.

3.Setiap jiwa manusia punya dua potensi yaitu kebaikan dan atau keburukan. Potensi tsb akan mempengaruhi perbuatannya tergantung manusianya.

4.Sungguh beruntunglah orang-orang beriman yang bertaqwa menggunakan jiwanya untuk rajin ibadah dan banyak beramal shalih sedangkan sangat merugi jika potensi fujur yang diikutinya.

5.Pada hari pembalasan nanti tidak ada alasan bagi manusia yang tidak beriman,orang musyrik dan orang munafik guna membela diri,mengapa ?

6.Allah swt memerintahkan kepada hambaNya agar ibadah hanya kepadaNya sampai ajal tiba.

7.Ibadah dalam Islam luas cakupannya khususnya ibadah shalat,memberi makan orang miskin,berbicara dan iman kepada hari pembalasan disamping ibadah lainnya.

8.Diantara sebab masuknya orang-orang ke neraka adalah tidak mengerjakan shalat,tidak memberi makan orang miskin,suka bicara bathil dan tidak percaya hari pembalasan.

9.Allah swt akan membalas orang-orang beriman yang berjihad dan bersungguh-sungguh dalam beragama sesuai dengan keikhlasannya.

10.Kehidupan dunia waktunya sebentar dan menipu sedangkan akhirat lebih baik dan abadi.

11.Setiap orang adalah pemimpin dan nanti pada hati kiamat,hari pembalasan akan dimintak pertanggungjawaban.

*Ruh dan Jasad*

ﻭَﻳَﺴْﺄَﻟُﻮﻧَﻚَ ﻋَﻦِ ﺍﻟﺮُّﻭﺡِ ﻗُﻞِ ﺍﻟﺮُّﻭﺡُ ﻣِﻦْ ﺃَﻣْﺮِ ﺭَﺑِّﻲ ﻭَﻣَﺎ ﺃُﻭﺗِﻴﺘُﻢْ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻌِﻠْﻢِ ﺇِﻟَّﺎ ﻗَﻠِﻴﻠًﺎ

Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah: "Roh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit". 
(QS. Al-Isra': 85)

ﺛُﻢَّ ﺳَﻮَّﺍﻩُ ﻭَﻧَﻔَﺦَ ﻓِﻴﻪِ ﻣِﻦ ﺭُّﻭﺣِﻪِ ﻭَﺟَﻌَﻞَ ﻟَﻜُﻢُ ﺍﻟﺴَّﻤْﻊَ ﻭَﺍﻟْﺄَﺑْﺼَﺎﺭَ ﻭَﺍﻟْﺄَﻓْﺌِﺪَﺓَ ﻗَﻠِﻴﻼً ﻣَّﺎ ﺗَﺸْﻜُﺮُﻭﻥَ

Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalam (tubuh) nya (manusia) roh (ciptaan) -Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan
dan hati ; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur. (As-Sajdah:9)

Jiwa insani (al-nafs al-insaniyah) , yaitu kesempurnaan awal bagi benda yang hidupdari segi melakukan perbuatan dengan potensi akal dan pikiran serta dari segi mengetahui hal-hal yang bersifat umum. 

Jiwa insani inilah, menurut *al-Ghazali* di sebut sebagai ruh (sebagian lain menyebutnya al-nafs al-natiqah /jiwa manusia). Ia sebelum masuk dan berhubungan dengan tubuh disebut ruh, sedangkan setelah masuk ke dealam tubuh dinamakan nafs yang mempunyai daya (al-'aql) , yaitu daya praktik yang berhubungan dengan badan daya teori yang berhubungan dengan hal-hal yang abstrak. Selanjutnya al-Ghazali menjelaskan bahwa kalb, ruh dan al-nafs al mutmainnah merupakan nama-nama lain dari al-nafs al-natiqah yang bersifat hidup, aktif dan bisa mengetahui.

*Ibn Qayyim* menjelaskan bahwa sebenarnya jiwa manusia itu satu, tetapi memiliki tiga sifat dan dinamakan dengan sifat yang mendominasinya. Ada jiwa yang disebut mutmainnah (jiwa yang tenang) karena ketenangannya dalam beribadah, ber-mahabbah, ber-inabah, ber-tawakal, serta keridhaannya dan kedamaiannya kepada Allah. Ada jiwa yang bernama nafs lawwamah, karena tidak selalu berada pada satu keadaan dan ia selalu mencela; atau dengan kata lain selalu ragu-ragu, menerima dan mencela secara bergantian. Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa nafs lawwamah dinamakan demikian karena orangnya sering mencela. Sedangkan nafs ammarah adalah nafsu yang menyuruh kepada keburukan.

*HIDUP DI DUNIA SEBENTAR DAN MENIPU SEDANGKAN AKHIRAT LEBIH BAIK DAN ABADI*

UJIAN DAN COBAAN HIDUP ADALAH LADANG BERIBADAH DAN BERAMAL SHALIH

KESADARAN RUH 
TETAP BERIMAN DAN BERAMAL SHALIH

*Wassalam*
Anak babgsa

DZUL QADAH BULAN MULIA

RUMAH TANGGA IDAMAN

1.Suami pemimpin rumah tangga.

ﺍﻟﺮِّﺟَﺎﻝُ ﻗَﻮَّﺍﻣُﻮﻥَ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻨِّﺴَﺎﺀ ﺑِﻤَﺎ ﻓَﻀَّﻞَ ﺍﻟﻠّﻪُ ﺑَﻌْﻀَﻬُﻢْ ﻋَﻠَﻰ ﺑَﻌْﺾٍ ﻭَﺑِﻤَﺎ ﺃَﻧﻔَﻘُﻮﺍْ ﻣِﻦْ ﺃَﻣْﻮَﺍﻟِﻬِﻢْ ﻓَﺎﻟﺼَّﺎﻟِﺤَﺎﺕُ ﻗَﺎﻧِﺘَﺎﺕٌ ﺣَﺎﻓِﻈَﺎﺕٌ ﻟِّﻠْﻐَﻴْﺐِ ﺑِﻤَﺎ ﺣَﻔِﻆَ ﺍﻟﻠّﻪُ

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang ta’at kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka)” 
(QS. An Nisa’: 34)

2.Shalihah istri kebanggaan.

ﻓَﺎﻟﺼَّﺎﻟِﺤَﺎﺕُ ﻗَﺎﻧِﺘَﺎﺕٌ ﺣَﺎﻓِﻈَﺎﺕٌ ﻟِﻠْﻐَﻴْﺐِ ﺑِﻤَﺎ ﺣَﻔِﻆَ ﺍﻟﻠَّﻪُ

“Sebab itu maka wanita yang shalih, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada ” 
(QS. An Nisa’: 34). 

Ath Thobari berkata dalam kitab tafsirnya 
(6: 692), “Wanita tersebut menjaga dirinya ketika tidak ada suaminya, juga ia menjaga kemaluan dan harta suami. Di samping itu, ia wajib menjaga hak Allah dan hak selain itu.”

3.Bukan Wanita durhaka.

ﻗَﺎﻝَ : ﻳَﺎ ﻣَﻌْﺸَﺮَ ﺍﻟﻨِّﺴَﺎﺀِ ﺗَﺼَﺪَّﻗْﻦَ ﻓَﺈِﻧِّﻲ ﺃُﺭِﻳْﺘُﻜُﻦَّ ﺃَﻛْﺜَﺮَ ﺃّﻫْﻞِ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ ﻓَﻘُﻠﻦَ : ﻭَﺑِﻢَ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ؟ ﻗَﺎﻝَ : ﺗُﻜْﺜِﺮْﻥَ ﺍﻟﻠِّﻌَﻦَ، ﻭَﺗَﻜْﻔُﺮْﻥَ ﺍﻟْﻌَﺸِﻴْﺮَ

Artinya: “Rasulullah Saw bersabda: ‘Wahai para perempuan sekalian bersedekahlah! Karena sesungguhnya aku diperlihatkan bahwa mayoritas penghuni neraka adalah kalian (kaum perempuan).’ Kemudian para perempuan itu bertanya: ‘Mengapa ya Rasulullah?’ Rasul pun menjawab: Kalian sering melaknat dan berbuat kufur kepada suami.”

Ibnu Hajar al-Asqalani dalam Fathul Bari -nya menjelaskan bahwa kufur dalam hal ini bukanlah kufur yang menjadikan manusia keluar dari Islam. Akan tetapi yang dimaksud kufur kepada suami adalah mengingkari nikmat yang telah diberikan oleh suami dan meninggalkan kebaikan yang telah dilakukan sehingga menjadikan istri tersebut tidak taat.

4.Suami atau istri akan dimintak pertanggungjawaban.

ﻛﻠﻜﻢ ﺭﺍﻉ، ﻭﻛﻠﻜﻢ ﻣﺴﺌﻮﻝ ﻋﻦ ﺭﻋﻴﺘﻪ، ﻓﺎﻷﻣﻴﺮ ﺭﺍﻉ، ﻭﻫﻮ ﻣﺴﺌﻮﻝ ﻋﻦ ﺭﻋﻴﺘﻪ، ﻭﺍﻟﺮﺟﻞ ﺭﺍﻉ ﻋﻠﻰ ﺃﻫﻞ ﺑﻴﺘﻪ، ﻭﻫﻮ ﻣﺴﺌﻮﻝ ﻋﻨﻬﻢ، ﻭﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﺭﺍﻋﻴﺔ ﻋﻠﻰ ﺑﻴﺖ ﺑﻌﻠﻬﺎ ﻭﻭﻟﺪﻩ، ﻭﻫﻲ ﻣﺴﺌﻮﻟﺔ ﻋﻨﻬﻢ، ﻭﺍﻟﻌﺒﺪ ﺭﺍﻉ ﻋﻠﻰ ﻣﺎﻝ ﺳﻴﺪﻩ، ﻭﻫﻮ ﻣﺴﺌﻮﻝ ﻋﻨﻪ، ﻓﻜﻠﻜﻢ ﺭﺍﻉ ﻣﺴﺌﻮﻝ ﻋﻦ ﺭﻋﻴﺘﻪ

“Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang yang dipimpinnya. Pemimpin negara adalah pemimpin dan ia akan ditanya tentang yang dipimpinnya. Seorang laki-laki adalah pemimpin bagi keluarganya dan ia akan ditanya tentang yang dipimpinnya. Seorang wanita adalah pemimpin bagi anggota keluarga suaminya serta anak-anaknya dan ia akan ditanya tentang mereka. Seorang budak adalah pemimpin atas harta tuannya dan ia akan ditanya tentang harta tersebut. Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang yang dipimpinnya. ” 
(HR. Bukhari 893 dan Muslim 1829).

*Pelajaran Ayat dan Hadits*

1.Allah swt menegaskan bahwa pemimpin rumah tangga adalah kaum lelaki,suami bukan istri.

2.Allah swt memberikan kelebihan atas suami dan juga istri masing-masing sesuai skilnya,saling melengkapi dan memperbaiki.

3.Allah swt memuji kepada istri-istri yang patuh dan shalihah dalam membantu dan berjihad dalam rumah tangga yang sakinah mawaddah warahmah.

4.Perhiasan dunia yang terbaik adalah wanita shalihah dan juga perempuan yang mulia adalah istri shalihah yang patuh dan ikhlas beragama.

5.Suami yang baik adalah suami yang bertanggungjawab dan berakhlak mulia terhadap keluarga khususnya kepada istri.

6.Sedikit istri-istri pandai bersyukur,sabar dan shalihah lahir bathin.

7.Nabi Muhamnad saw memberi tahukan bahwa kebanyakan penghuni neraka dari kaum wanita,sebab merasa lelah dalam rumah tangga,tidak pandai mensyukuri nikmat,tidak percaya diri dan tidak bersabar dalam menerima ujian hidup.

7.Hanya istri beriman yang bertaqwalah yang mampu patuh beragama dan menghormati kebaikan suami yang terkasih dan tersayang sehingga Allah swt melindungi dan memberkahi kehidupan mereka.

8.Suami,istri dan keluarga semua akan dimintak pertanggungjawaban terutama suami sebagai pemimpin rumah tanggahnya,baik dan buruknya juga akan dibalas.

*ISTRI SHALIHAH*

1.Istri patuh beragama.

ﻓَﭑﻟﺼَّٰﻠِﺤَٰﺖُ ﻗَٰﻨِﺘَٰﺖٌ ﺣَٰﻔِﻈَٰﺖٞ ﻟِّﻠۡﻐَﻴۡﺐِ ﺑِﻤَﺎ ﺣَﻔِﻆَ ﭐﻟﻠَّﻪُۚ

“Wanita (istri) salihah adalah yang taat lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada dikarenakan Allah telah memelihara mereka.” (an-Nisa: 34)

Asy-Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa‘di
rahimahullah berkata, “Tugas seorang istri adalah menunaikan ketaatan kepada Rabbnya dan taat kepada suaminya, karena itulah Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, ‘Wanita salihah adalah yang taat,’ yakni taat kepada Allah
subhanahu wa ta’ala , ‘Lagi memelihara diri
ketika suaminya tidak ada.’ Yakni taat kepada suami mereka bahkan ketika suaminya tidak ada (sedang bepergian, pen. ), dia menjaga suaminya dengan menjaga dirinya dan harta suaminya.” (Taisir al-Karimir Rahman, hlm. 177)

2.Hiasan dunia terindah.

ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻣَﺘَﺎﻉٌ ﻭَﺧَﻴْﺮُ ﻣَﺘَﺎﻉِ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﺍ ﺭْﻣﻠَْﺄَﺓُ ﺍﻟﺼَّﺎﻟِﺤَﺔُ

“Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan
dunia adalah wanita salihah.” 
(HR. Muslim no. 1467)

3.Menyenangkan dan terpercaya.

ﺃَﻻَ ﺃُﺧْﺒِﺮَﻙَ ﺑِﺨَﻴْﺮٍ ﻣَﺎ ﻳَﻜْﻨِﺰُ ﺍ ﺭْﻣﻞَْﺀُ، ﺍ ﺭْﻣﻠَْﺄَﺓُ ﺍﻟﺼَّﺎﻟِﺤَﺔُ ﺇِﺫَﺍ ﻧَﻈﺮَ
ﺇِﻟَﻴْﻬَﺎ ﺳَﺮَّﺗْﻪُ، ﻭَﺇِﺫَﺍ ﺃَﻣَﺮَﻫَﺎ ﺃَﻃَﺎﻋَﺘْﻪُ، ﻭَﺇِﺫَﺍ ﻏَﺎﺏَ ﻋَﻨْﻬَﺎ ﺣَﻔِﻈَﺘْﻪُ

“Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan
seorang lelaki, yaitu istri salihah yang bila dipandang akan menyenangkannya , bila diperintah akan menaatinya , dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya.” 
(HR. Abu Dawud)

4.Pandai bersyukur dan mendorong keakhiratan.

ﻟِﻴَﺘَّﺨِﺬْ ﺃَﺣَﺪُﻛُﻢْ ﻗَﻠْﺒًﺎ ﺷَﺎﻛِﺮًﺍ ﻭَﻟِﺴَﺎﻧﺎً ﺫَﺍﻛِﺮًﺍ ﻭَﺯَﻭْﺟَﺔً ﻣُﺆْﻣِﻨَﺔً
ﺗُﻌِﻴْﻦُ ﺃَﺣَﺪَﻛُﻢْ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﻣْﺮِ ﺍﻟْﺂﺧِﺮَﺓِ

“Hendaklah salah seorang dari kalian memiliki hati yang bersyukur, lisan yang senantiasa berzikir dan istri mukminah yang akan menolongmu dalam perkara akhirat.” 
(HR. Ibnu Majah)

*RUMAH IDAMAN SUAMI BERIMAN YANG MENYAYANG KELUARGA DAN ISTRI PATUH BERAGAMA SERTA BERKAH HIDUPNYA*

ﺗُﻨْﻜَﺢُ ﺍ ﺭْﻣﻠَْﺄَﺓُ ﺭِﺃﻟَْﺒَﻊٍ : ﺍِﻣﻠَﻠِﻬَﺎ ﻭَﻟِﺤَﺴَﺒِﻬَﺎ ﻭَﻟِﺠَﻤَﺎﻟِﻬَﺎ ﻭَﻟِﺪِﻳْﻨِﻬَﺎ،
ﻓَﺎﻇْﻔَﺮْ ﺑِﺬَﺍﺕِ ﺍﻟﺪِّﻳْﻦِ ﺗَﺮِﺑَﺖْ ﻳَﺪَﺍﻙَ

“Wanita itu dinikahi karena empat perkara yaitu karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya, dan karena agamanya. Maka pilihlah olehmu
wanita yang punya agama, engkau akan beruntung.” 
(HR. al-Bukhari no. 5090 dan Muslim no. 1466)

*Wassalam*
Anak bangsa

DZUL QA'DAH BULAN MULIA

*HAJI MABRUR ???*

(Walimatus Safar)

1.Kewajiban haji.

ﻭَﻟِﻠَّﻪِ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﺣِﺞُّ ﺍﻟْﺒَﻴْﺖِ ﻣَﻦِ ﺍﺳْﺘَﻄَﺎﻉَ ﺍِﻟَﻴْﻪِ ﺳَﺒِﻴْﻼً ٠ ﻭَﻣَﻦْ ﻛَﻔَﺮَ ﻓَﺎِﻥَّ ﺍﷲَ ﻏَﻨِﻰٌّ ﻋَﻦِ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻤِﻴْﻦَ٠

Dan mengerjakan haji adalah kewajiban manusia
terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup
melakukan perjalanan ke Baitullah. Dan
barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka
sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak
memerlukan) semesta alam. "( al-Baqarah:97)

2.Amalan utama.

ﺳُﺌِﻞَ ﺍﻟﻨَّﺒِﻰُّ – ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ – ﺃَﻯُّ ﺍﻷَﻋْﻤَﺎﻝِ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻗَﺎﻝَ ‏« ﺇِﻳﻤَﺎﻥٌ ﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ ﻭَﺭَﺳُﻮﻟِﻪِ ‏» . ﻗِﻴﻞَ ﺛُﻢَّ ﻣَﺎﺫَﺍ ﻗَﺎﻝَ ‏« ﺟِﻬَﺎﺩٌ ﻓِﻰ ﺳَﺒِﻴﻞِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ‏» . ﻗِﻴﻞَ ﺛُﻢَّ ﻣَﺎﺫَﺍ ﻗَﺎﻝَ ‏« ﺣَﺞٌّ ﻣَﺒْﺮُﻭﺭٌ »

“ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya,
“Amalan apa yang paling afdhol?” Beliau
shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Beriman
kepada Allah dan Rasul-Nya.” Ada yang bertanya
lagi, “Kemudian apa lagi?” Beliau shallallahu
‘alaihi wa sallam menjawab, “Jihad di jalan Allah.”
Ada yang bertanya kembali, “Kemudian apa lagi?”
“Haji mabrur”, jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.”
(HR. Bukhari)

3.Dosa diampuni.

ﻣَﻦْ ﺣَﺞَّ ﻟِﻠَّﻪِ ﻓَﻠَﻢْ ﻳَﺮْﻓُﺚْ ﻭَﻟَﻢْ ﻳَﻔْﺴُﻖْ ﺭَﺟَﻊَ ﻛَﻴَﻮْﻡِ ﻭَﻟَﺪَﺗْﻪُ ﺃُﻣُّﻪُ

“ Siapa yang berhaji karena Allah lalu tidak
berkata-kata seronok dan tidak berbuat kefasikan
maka dia pulang ke negerinya sebagaimana ketika dilahirkan oleh ibunya.” 
(HR. Bukhari no. 1521)

4.Surga balasannya.

ﺍﻟْﺤَﺞَّ ﺍﻟْﻤَﺒْﺮُﻭْﺭُ ﻟَﻴْﺲَ ﻟَﻪُ ﺟَﺰَﺍﺀٌ ﺇِﻻَّ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔَ ، ﻗِﻴْﻞَ : ﻭَﻣَﺎ ﺑِﺮُّﻩُ؟ ﻗَﺎﻝَ : ﺇِﻃْﻌَﺎﻡُ ﺍﻟﻄَّﻌَﺎﻡِ ﻭَ ﻃِﻴْﺐُ ﺍﻟْﻜَﻼَﻡِ

" Haji mabrur tidak ada balasannya kecuali Surga. Dikatakan (kepada beliau): 'Apakah bentuk bakti
dalam haji itu?' Beliau ber-kata: 'Memberi
makanan dan berbicara yang baik.’”
( HR.Ahmad,ath-Thabrani, Ibnu Khuzaimah, al-Baihaqi dan al-Hakim )

Pelajaran Ayat dan Hadits

1.Hukum haji wajib bagi yang mampu lahir dan bathin.

2.Bagi yang sudah mampu bersegeralah memenuhi panggilan dariNya dengan niat yang benar dan mendaftarkan diri serta tawakal kepadaNya.

3.Diantara para jamaah haji sebagian kaya raya dan sebagian miskin atas kehendak dariNya.

4.Pergi ibadah haji merupakan amal ibadah yang paling utama sebagaimana hadits tsb.

5.Tidak ada balasan dari Allah swt bagi hamba-hambaNya yang mampu meraih haji mabrur/maqbul(diterima) kecuali ampunan dan surga dariNya.

4.Haji mabrur dilaksanakan dengan niat ikhlas karena Allah swt semata,harta yang halal,sesuai petunjuk rasulullah saw,tidak melanggar syariat dan usai mengerjakannya menjadi orang yang rajin ibadah,banyak beramal shalih dan suka membatu orang-orang miskin serta mulia akhlaknya terhadap sesama.

6.Allah swt mengampuni dosa-dosanya dan menasukkan surga nanti dihari pembalasan.

7.Mabrurnya haji seseorang tandanya sering memberi makan orang-orang miskin dan baik ucapannya.

*Sungguh beruntunglah hamba Allah swt yang mendapat panggilan haji dan menerima panggilanNya*

*Semoga hajinya mabrur(diterima),sa'inya masykur(bertambah syukur),dosanya maghfur(diampuni) dan bisnis ibadahnya lan tabur(tidak merugi). Aamiin.*

Semoga haji kita mabrur.Aamiin.

*Wassalam*
Anak bangsa
Jumat 27/7/2018

Cloudy boy <cloudyboy279@gmail.com>

Sat, Jul 28, 5:15 PM


to me
   
Translate message
Turn off for: Indonesian
DZUl QA'DAH BULAN 
MULIA

Tiket Masuk Surga

1.Rasulullah saw teladan terbaik.

ﻟَﻘَﺪْ ﻛَﺎﻥَ ﻟَﻜُﻢْ ﻓِﻲ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺃُﺳْﻮَﺓٌ ﺣَﺴَﻨَﺔٌ ﻟِﻤَﻦْ ﻛَﺎﻥَ ﻳَﺮْﺟُﻮ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻭَﺍﻟْﻴَﻮْﻡَ ﺍﻟْﺂﺧِﺮَ ﻭَﺫَﻛَﺮَ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻛَﺜِﻴﺮًﺍ

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasûlullâh itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allâh dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allâh [al-Ahzâb/33:21]

Imam Ibnu Katsîr rahimahullah berkata tentang ayat ini, “Ayat yang mulia ini merupakan fondasi/dalil yang agung dalam meneladani Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam semua perkataan, perbuatan, dan keadaan beliau. Orang-orang diperintahkan meneladani Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam perang Ahzâb, dalam kesabaran, usaha bersabar, istiqomah, perjuangan, dan penantian beliau terhadap pertolongan dari Rabbnya. Semoga sholawat dan salam selalu dilimpahkan kepada beliau sampai hari Pembalasan”. [Tafsir Ibnu Katsir, 6/391, penerbit: Daru Thayyibah]

2.Semua ummat muslim masuk surga.

ﻛُﻞُّ ﺃُﻣَّﺘِﻲْ ﻳَﺪْﺧُﻠُﻮْﻥَ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔَ ﺇِﻻَّ ﻣَﻦْ ﺃَﺑَـﻰ، ﻓَﻘِﻴْﻞَ : ﻭَﻣَﻦْ ﻳَﺄْﺑَﻰ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ؟ ﻗَﺎﻝَ : ﻣَﻦْ ﺃَﻃَﺎﻋَﻨِﻲْ ﺩَﺧَﻞَ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔَ ﻭَﻣَﻦْ ﻋَﺼَﺎﻧِﻲْ ﻓَﻘَﺪْ ﺃَﺑَﻰ

“ Setiap ummatku akan masuk surga kecuali yang enggan. (Lalu) dikatakan kepada beliau: ‘Siapa yang enggan itu wahai Rasulullah ?’ Maka beliau menjawab: ‘Barangsiapa mentaati aku ia pasti masuk surga, dan barangsiapa yang mendurhakaiku maka ia enggan (masuk surga).” 
[Shahih Bukhari: 7280 ‏]

Pelajaran Ayat dan Hadits:

1.Uswatun hasanah baginda rasulullah saw buat orang  beriman yang nengharap perjumaan dengan Allah swt,meyakini hari kiamat/hari pembalasan dan banyak berdzikrullah.

2.Siapapun yang ingin berjumpa denganNya maka hendaklah beramal shalih dan ikhlas beribadah,sesuai petunjuk Nabi saw.

4.Setiap ummat Muhammad saw dijamin masuk surga kecuali yang enggan mengikuti sunnahnya.

5.Surga dipersiapkan buat orang-orang beriman yang bertaqwa sedangkan neraka buat orang-orang non muslim,musyrikin dan munaafikiin yang mati dalam kaadaan belum bertaubat.

6.Hidup berkah jika menghidupkan sunnah Nabi saw shalat tidak sendirian,tetap ikut majlis taklim,suka bersedekah,senang bershilaturahim dan bersegera bertaubat.

7.Hidup butuh perlindungan,berkah rezki dan hidayah dari Allah swt.

Ikhtitam

ﺳَﺌَﻠَﺖْ ﻋَﺎﺋِﺸَﺔُ ﻋَﻦْ ﺧُﻠُﻖِ ﺭَﺳُﻮْﻝِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻲ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻓَﻘَﺎﻟَﺖْ ﻛَﺎﻥَ ﺧُﻠُﻘُﻪُ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥَ

Artinya:
Aisyah ditanya tentang akhlak Rasulullah, maka ia menjawab : “Akhlak Rasulullah saw. adalah Al-Qur’an”. (HR. Ahmad)

Baca al Quranul karim dengan tartil,fahami dengan ilmu dan amalkan isi kandungannya dengan ikhlas niscaya mendapat syafaat darinya !

Wassalam
Anak bangsa

*Dzul Qa'dah Bulan Mulia*

Haji Mabrur

1.Panggilan Haji.

ﻭَﺃَﺫِّﻥْ ﻓِﻲ ﺍﻟﻨَّـﺎﺱِ ﺑِﺎﻟْﺤَﺞِّ ﻳَﺄْﺗُﻮﻙَ ﺭِﺟَﺎﻟًﺎ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﺿَﺎﻣِﺮٍ ﻳَﺄْﺗِﻴﻦَ ﻣِﻦْ ﻛُﻞِّ ﻓَﺞٍّ ﻋَﻤِﻴـﻖٍ

“ Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji , niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh,” (QS. Al-Hajj [22]; ayat: 27)

2.Bersegera berhaji bagi yang mampu.

ﺗَﻌَﺠَّﻠُﻮﺍﺍﻟْﺤَﺞَّ - ﻳَﻌْﻨِِﻰ ﺍﻟْﻔَﺮِﺿَﺔَ - ﻓَﺈِﻥَّ ﺃَﺣَﺪَﻛُﻢْ ﻻَﻳَﺪْﺭِﻱْ ﻣَﺎﻳَﻌْﺮِﺽُ ﻟَﻪُ

“Bersegeralah berhaji -yakni haji yang wajib-, sebab sesungguhnya seseorang tidak mengetahui apa yang akan menimpa kepadanya” 
[HR Ahmad]

3.Larangan berbuat dosa.

ﻓَﻤَﻦْ ﻓَﺮَﺽَ ﻓِﻴﻬِﻦَّ ﺍﻟْﺤَﺞَّ ﻓَﻠَﺎ ﺭَﻓَﺚَ ﻭَﻟَﺎ ﻓُﺴُﻮﻕَ ﻭَﻟَﺎ ﺟِﺪَﺍﻝَ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺤَﺞِّ

“Barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik, dan berbantah-bantahan dalam masa mengerjakan haji” [Al-Baqarah : 197]

4.Ikhlas beribadah.

ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻳُﺤِﺐُّ ﺍﻟْﻌَﺒْﺪَ ﺍﻟﺘَّﻘِﻰَّ ﺍﻟْﻐَﻨِﻰَّ ﺍﻟْﺨَﻔِﻰَّ

“Sesungguhnya Allah mencintai hamba yang bertakwa, hamba yang hatinya selalu merasa cukup dan yang suka menyembunyikan amalannya.”
[HR. Muslim]

5.Balasan haji mabrur.

ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﻫُﺮَﻳْﺮَﺓَ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨْـﻪُ : ﺃَﻥَّ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْـﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗَﺎﻝَ : )) ﺍَﻟْﻌُﻤْﺮَﺓُ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟْﻌُﻤْﺮَﺓِ ﻛَﻔَّﺎﺭَﺓٌ ﻟِﻤَﺎ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻤَﺎ، ﻭَﺍﻟْﺤَﺞُّ ﺍﻟْﻤَﺒْﺮُﻭﺭُ ﻟَﻴْﺲَ ﻟَـﻪُ ﺟَﺰَﺍﺀٌ ﺇِﻟَّﺎ ﺍﻟْﺠَﻨَّـﺔُ (( ﴿ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺒـﺨﺎﺭﻱ : ١٧٧٣﴾

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a., bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: “’umrah yang satu dengan ‘umrah berikutnya adalah penghapus dosa yang dilakukan antara masa keduanya, sedangkan haji mabrur balasannya tiada lain adalah surga.” 
[HR. Al-Bukhari]

*Palajaran Ayat dan Hadits*

1.Allah swt mewajibkan berhaji bagi yang mampu dengan segera memenuhi panggilalan dariNya.

2.Bagi orang beriman yang mampu memenuhi haji wajib segera mendaftarkan diri dan bertawakal kepada Allah swt kapan berangkat itu taqdir dariNya.

3.Terancam bagi yang mengabaikan panggilan haji bagi yang sudah mampu dengan ancaman keras jika tidak dilakukannya dengan suul khatimah,mati dalam kaadaan bukan muslim.

4.Bagi para tamu Allah swt yang sedang menjalani ibadah haji hendaknya mengikuti petunjuk Nabi saw,syarat rukun dipenuhi,harta halal,niat ikhlas dan tidak berbuat maksiat dan tidak melanggar syariat haji.

5.Haji mabrur atau haji maqbul adalah haji yang dilakukan oleh setiap hamba yang beriman dan bertaqwa,ikhlas dan mengikuti petunjuk rasulullah saw serta sepulangnya menhadi hamba yang rijin ibadah,banyak beramal shalih,sering bersedekah,suka berbagi,senang bershilaturahim dan mulia akhlaknya terhadap sesama.

6.Allah swt tidak membalas berhaji mabrur kecuali ampunan dan surga.

*Memaknai Haji Mabrur*

Imam al-‘Iyni berkata – mengenai makna sabda beliau Shallallâhu ‘alaihi wasallam:’ Haji yang mabrur’ – ; ” berkata Ibnu Khalawaih: al-Mabrur artinya al-Maqbul (yang diterima). Berkata selain beliau: ‘ (maknanya adalah) Haji yang tidak terkontaminasi oleh sesuatu dosa. Pendapat ini didukung oleh Imam an-Nawawi..”.

Imam al-Qurthubi berkata: “pendapat-pendapat seputar penafsirannya hampir mendekati maknanya satu sama lain, yaitu haji yang dilaksanakan tersebut memenuhi hukum-hukum yang berkaitan dengannya dan manakala dituntut dari seorang Mukallaf (orang yang dibebani perintah syara’) agar melakukannya secara sempurna, hajinya tersebut kemudian menempati posisi tertentu”.

Dalam syarahnya terhadap kitab Muwaththa Malik, Imam az-Zarqany menyatakan bahwa makna sabda beliau Shallallâhu ‘alaihi wasallam : “dan haji yang mabrur” ; dapat berarti bahwa orang yang melakukan haji tersebut mengimplementasikan perbuatannya setelah itu ke jalan kebajikan (karena kata Mabrur diambil dari kata al-Birr yang artinya kebajikan-red).

*MERAIH HAJI MABRUR DENGAN IKHLAS DAN MENGIKUTI PETUNJUK RASULULLAH SAW SERTA HIDUPNYA BERGUNA BAGI KELUARGA DAN ORANG LAIN*

*Wassalam*
Anak bangsa

DZUL QA'DAH BULAN MULIA

*Bernilai Ibadah*

1.Perintah beribadah hanya kepada Allah swt semata.

ﻭَﻣَﺎ ﺧَﻠَﻘْﺖُ ﺍﻟْﺠِﻦَّ ﻭَﺍﻟْﺈِﻧْﺲَ ﺇِﻟَّﺎ ﻟِﻴَﻌْﺒُﺪُﻭﻥِ

Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku. [Adz-Dzâriyât/51:56]

Para ulama ahli tafsir mengatakan, yang dimaksud dengan “beribadah kepada-Ku”
adalah “mentauhidkan Aku”. Dalam ayat ini, Allah Ta’ala menjelaskan bahwa tujuan utama pencipatan makhluk adalah beribadah hanya kepada Allah Ta’ala saja.
Oleh karena itu, tauhid adalah perintah Allah Ta’ala yang terbesar. Karena dengan melaksanakannya, mereka dapat mewujudkan tujuan penciptaan dirinya. (Lihat Syarh Tsalaatsatul Ushuul, hal. 17, karya Syaikh Shalih Alu Syaikh).

2.Kematian dan kehidupan adalah ujian.

ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺧَﻠَﻖَ ﺍﻟْﻤَﻮْﺕَ ﻭَﺍﻟْﺤَﻴَﺎﺓَ ﻟِﻴَﺒْﻠُﻮَﻛُﻢْ ﺃَﻳُّﻜُﻢْ ﺃَﺣْﺴَﻦُ ﻋَﻤَﻠًﺎ
 
(Allâh) Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. 
[Al-Mulk/67: 2]

3.Keutamaan bekerja.

ﻋَﻦِ ﺍﻟْﻤِﻘْﺪَﺍﻡِ ﺭَﺿِﻲ ﺍﻟﻠَّﻬﻢ ﻋَﻨْﻪ ﻋَﻦْ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻬﻢ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗَﺎﻝَ : )) ﻣَﺎ ﺃَﻛَﻞَ ﺃَﺣَﺪٌ ﻃَﻌَﺎﻣًﺎ ﻗَﻂُّ ﺧَﻴْﺮًﺍ ﻣِﻦْ ﺃَﻥْ ﻳَﺄْﻛُﻞَ ﻣِﻦْ ﻋَﻤَﻞِ ﻳَﺪِﻩِ ﻭَﺇِﻥَّ ﻧَﺒِﻲَّ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺩَﺍﻭُﺩَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡ ﻛَﺎﻥَ ﻳَﺄْﻛُﻞُ ﻣِﻦْ ﻋَﻤَﻞِ ﻳَﺪِﻩِ (( ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ .

Dari al-Miqdam Radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah seorang (hamba) memakan makanan yang lebih baik dari hasil usaha tangannya (sendiri), dan sungguh Nabi Dawud ‘alaihissalam makan dari hasil usaha tangannya (sendiri) ” 
(HR Al Bukhari)

4.Dianggap ibadah memberi nafkah keluarga.

ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﻣَﺴْﻌُﻮﺩٍ ﻋَﻦِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗَﺎﻝَ : ﺇِﺫَﺍ ﺃَﻧْﻔَﻖَ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞُ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﻫْﻠِﻪِ ﻳَﺤْﺘَﺴِﺒُﻬَﺎ ﻓَﻬُﻮَ ﻟَﻪُ ﺻَﺪَﻗَﺔٌ

Dari Abu Mas’ûd Radhiyallahu anhu , dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , Beliau bersabda, “Jika seorang laki-laki mengeluarkan nafkah kepada keluarganya yang dia mengharapkan wajah Allâh dengan-Nya, maka itu shadaqah baginya”. [HR. Al-Bukhâri, no. 55]

*Pelajaran Ayat dan hadits*

Ibadah mahdhah adalah perbuatan-perbuatan dan perkataan-perkataan yang asalnya memang merupakan ibadah, berdasarkan nash atau lainnya yang menunjukkan perkataan dan perbuatan tersebut haram dipersembahkan kepada selain Allâh Azza wa Jalla .

Ibadah ghairu mahdhah adalah perbuatan-perbuatan dan perkataan-perkataan yang asalnya bukan ibadah, akan tetapi berubah menjadi ibadah dengan niat yang baik.

1.Allah swt menciptakan jin dan manusia agar hanya beribadah kepadaNya bukan kepada selain Dia.

2.Beribadah dalam islam banyak ragamnya,rukun islam dan rukun iman (ibadah mahdhah) disamping ada ibadah lainnya atau ghairu mahdhah.

3.Ibadah dalam arti luas mencakup segala aktifitas yang diperintahkan Allah swt baik lahir ataupun bathin yang dicintai dan diridhai olehNya.

4.Ibadah yang diterima syaratnya beriman,mengikuti petunjuk nabi saw dan ikhlas kerena Allah swt.

5.Setiap peribadatan dalam islam andingnya adalah peningkatan taqwa kepada Allah swt.

6.Allah swt akan menguji kepada hamba-hambaNya yang beriman sesuai kadar keimanan dan kemampuannya sehingga siapakah yang pandai bersyukur,bersabar dan ikhlas beragama.

7.Islam sangat menghargai dan memuliakan orang-orang beriman yang rajin beribadah,banyak beramal shalih bahkan bekerja keras untuk meraih berkah dariNya dan kesejahteraan keluarga.

8.Etos kerja dalam islam sangat dihargai dan bisa bernilai ibadah jika dilakukan sesui petunjuk Agama.

9.Hasil kerja yang baik dan halal buat diri dan keluarga termasuk sedekah yang utama.

*Berkah Qana'ah*

ﻗَﺪْ ﺃَﻓْﻠَﺢَ ﻣَﻦْ ﺃَﺳْﻠَﻢَ ﻭَﺭُﺯِﻕَ ﻛَﻔَﺎﻓًﺎ ﻭَﻗَﻨَّﻌَﻪُ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺑِﻤَﺎ ﺁﺗَﺎﻩُ

“Sungguh sangat beruntung seorang yang masuk Islam, kemudian mendapatkan rizki yang secukupnya dan Allah menganugrahkan kepadanya sifat qana’ah (merasa cukup dan puas) dengan rezki yang Allah berikan kepadanya” 
[HR Muslim]

*MENGAMBIL REZKI DENGAN HALAL DAN MENERIMA DARINYA DENGAN RIDHA MENJADI SEBAB HIDUP BERKAH*

*Wassalam*
Anak bangsa

*DZUL Q'ADAH BULAN MULIA*

ORANG ORANG TERBAIK
                    (1)

1.Istiqamah baca alquran.

ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻳَﺘْﻠُﻮﻥَ ﻛِﺘَﺎﺏَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭَﺃَﻗَﺎﻣُﻮﺍ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓَ ﻭَﺃَﻧْﻔَﻘُﻮﺍ ﻣِﻤَّﺎ ﺭَﺯَﻗْﻨَﺎﻫُﻢْ ﺳِﺮًّﺍ ﻭَﻋَﻠَﺎﻧِﻴَﺔً ﻳَﺮْﺟُﻮﻥَ ﺗِﺠَﺎﺭَﺓً ﻟَﻦْ ﺗَﺒُﻮﺭَ ‏( 29 ‏) ﻟِﻴُﻮَﻓِّﻴَﻬُﻢْ ﺃُﺟُﻮﺭَﻫُﻢْ ﻭَﻳَﺰِﻳﺪَﻫُﻢْ ﻣِﻦْ ﻓَﻀْﻠِﻪِ ﺇِﻧَّﻪُ ﻏَﻔُﻮﺭٌ ﺷَﻜُﻮﺭٌ ‏( 30 )}

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. ” 
(QS. Fathir: 29-30).

Asy Syaukani (w: 1281H) rahimahullah berkata,

ﺃﻱ : ﻳﺴﺘﻤﺮّﻭﻥ ﻋﻠﻰ ﺗﻼﻭﺗﻪ ، ﻭﻳﺪﺍﻭﻣﻮﻧﻬﺎ .

“Maksudnya adalah terus menerus membacanya dan menjadi kebiasaannya”(Lihat kitab Tafsir Fath Al Qadir ).

2.Balasan pembaca alquran.

ﻋَﻦْ ﺃَﺑﻲ ﺃُﻣَﺎﻣَﺔَ ﺍﻟْﺒَﺎﻫِﻠِﻰُّ ﺭﺿﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗَﺎﻝَ ﺳَﻤِﻌْﺖُ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪِ - ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﻳَﻘُﻮﻝُ ‏« ﺍﻗْﺮَﺀُﻭﺍ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥَ ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﻳَﺄْﺗِﻰ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ ﺷَﻔِﻴﻌًﺎ ﻷَﺻْﺤَﺎﺑِﻪِ …

“Abu Umamah Al Bahily radhiyallahu ‘anhu berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya ” 
(HR. Muslim).

3.Al Quran sebagai saksi.

ﻭَﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥُ ﺣُﺠَّﺔٌ ﻟَﻚَ ﺃَﻭْ ﻋَﻠَﻴْﻚَ

“Al-Qur’an itu akan menjadi hujjah yang membelamu atau yang akan menuntutmu”
(HR. Muslim no. 223).

4.Manusia terbaik.

ﺧَﻴْﺮُﻛُﻢْ ﻣَﻦْ ﺗَﻌَﻠَّﻢَ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥَ ﻭَﻋَﻠَّﻤَﻪُ .

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.”
(HR Al Bukhari)

*Pelajarsn Ayat dan Hadits*

1.Pembaca alquran dengan ikhlas dan rajin ibadah akan disempurnakan pahala dan menerima karunia bertambah dari Allah swt.

2.Membaca alquran dianggap beribadah mengerti atau tidak sesuai kadar keikhlasan dan kesungguhannya.

3.Hanya hamba-hambaNya beriman yang istiqamah membacanya sehingga Allah swt memberi hidayah kepadanya.

4.Kalau saja membacanya malas bagaimana dengan menerima petunjuk dariNya ?

5.Allah swt sangat memperhitungkan siapapun yang membacanya dengan kebaikan pahala dariNya dibanding dengan bacaan lainnya 1 huruf sama dengan 10 kebaikan disisiNya.

6.Syafaat alquran akan diberikan kepada para pecinta pembacanya dengan tartil,memahaminya dengan ilmu alqurannya dan ikhlas mengamalkan isi kandungannya.

7.Pada hari pembalasan alquran akan menjadi saksi perbuatan orang-orang beriman dan lainnya,berimankah,kufurkah dan munafikkah ?

8.Mempelajari alquran,mengamalkan dan mengajarkannya tergolong hamba-hambaNya yang terbaik disisi Nabi Muhammad saw dan disisi Allah swt.

9.Sungguh beruntunglah orang-orang beriman yang sempat membacanya dengan istiqamah dan berakhlak qurani,tetap beramar ma'ruf-nahi mungkar dengan bilhikmah.

*Pecinta al Quran*

Ada seorang ulama di kalangan tabi’in yang bernama Qatadah bin Da’amah yang meninggal tahun 60 atau 61 Hijriyah dan salah seorang murid dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu. Beliau ini sampai dikatakan oleh Imam Ahmad bin Hambal sebagai ulama pakar tafsir dan paham akan perselisihan ulama dalam masalah tafsir. Sampai-sampai Sufyan Ats-Tsaury mengatakan bahwa tidak ada di muka bumi ini yang semisal Qatadah. Salam bin Abu Muthi’ pernah mengatakan tentang semangat Qatadah dalam berinteraksi dengan Al-Qur’an, “Qatadah biasanya mengkhatamkan Al-Qur’an dalam tujuh hari. Namun jika datang bulan Ramadhan ia mengkhatamkannya setiap tiga hari. Ketika datang sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan, ia mengkhatamkan setiap malamnya.” (Siyar A’lam An-Nubala’).

*CINTA ALQURAN DENGAN MEMBACA NENGKAJI DAN MENGAMALKANNYA IKHLAS KARENA ALLAH SWT NISCAYA SYAFAAT DIDAPAT*

*TIADA HARI TANPA MEMBACA ALQURAN BUAT ORANG ORANG BERIMAN YANG BERTAQWA*

*Wassalam*
Anak bangsa

*DZUL QA'DAH BULAN MULIA*

Orang-Orang Terbaik
                (2)

1.Berakhlak Mulia.

ﻭَﺇِﻧَّﻚَ ﻟَﻌَﻠﻰ ﺧُﻠُﻖٍ ﻋَﻈِﻴﻢٍ

Sesungguhnya engkau (wahai Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang luhur [al-Qalam/ : 4]

2.Perintah berakhlak.

ﻭَﺧَﺎﻟِﻖِ ﺍﻟﻨَّﺎﺱَ ﺑِﺨُﻠُﻖٍ ﺣَﺴَﻦٍ

Pergaulilah manusia dengan akhlak mulia 
[HR. at-Tirmidzi ]

3.Pemaaf dan penyeru kebaikan.

ﺧُﺬِ ﺍﻟْﻌَﻔْﻮَ ﻭَﺃْﻣُﺮْ ﺑِﺎﻟْﻌُﺮْﻑِ ﻭَﺃَﻋْﺮِﺽْ ﻋَﻦِ ﺍﻟْﺠَﺎﻫِﻠِﻴﻦَ

Jadilah pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan kebajikan, serta jangan pedulikan orang-orang jahil 
[al-A’râf/7:199]

4.Perintah mengikuti ulama yang akhirat.

ﺍﺗَّﺒِﻌُﻮﺍ ﻣَﻦ ﻻَّ ﻳَﺴْﺄَﻟُﻜُﻢْ ﺃَﺟْﺮﺍً ﻭَﻫُﻢ ﻣُّﻬْﺘَﺪُﻭﻥَ

Ikutilah orang yang tidak meminta imbalan kepadamu; dan mereka adalah orang-orang yang mendapat petunjuk [Yâsin/36:21]

5.Orang baik berakhlak mulia.

ﺇﻥَّ ﻣِﻦْ ﺧِﻴَﺎﺭِﻛُﻢْ ﺃَﺣْﺴَﻨَﻜُﻢْ ﺃَﺧْﻼَﻗًﺎ

Sesungguhnya yang terbaik di antara kalian adalah yang terbaik akhlaknya. (HR. Ahmad)

*Pelajaran Ayat dan Hadits*

1.Nabi Muhammad saw adalah manusia terpilih dan menjadi teladan terbaik bagi ummatnya yang beriman.

2.Sungguh Allah swt menjadikan beliau sebagai uswatun hasanah dengan menegaskan bahwa akhlak rasulullah saw sangat luhur budi pekertinya diantara makhluk lainnya.

3.Rasulullah saw telah memberikan contoh terbaik dalam rumah tangga,bermasyarakan bahkan bernegara dan beliau menyuru ummatnya yang beriman agar selalu bertaqwa kepada Allah swt ,banyak beramal shalih dan berakhlak baik terhadap sesama.

4.Beliu juga menyuru agar menjadi orang pemaaf dan membiasakan berbuat baik serta menghindari dari perbuatan yang sia-sia atau maksiat sesama orang yang jahil.

5.Hidup di dunia adalah tempat ujian dan cobaan serta Allah swt akan membalas kesabaran dan  rasa syukur orang-orang beriman dengan sebaik-baik balasan.

6.Jika ada perkara dan urusan agama yang belum jelas hukumnya maka tanyakan kepada ahlinya khususnya ulama akhirat yang istiqamah aqidah dan amal shalihnya bukan ulama dunia yang munafik.

7.Sungguh beruntunglah menjadi hamba Allah swt yang bertaqwa yang mulia akhlaknya terhadap sesama sehingga terbuka pintu surga baginya.

*Akhlak Rasulullah saw*

Prof.Dr.Hamka menyebutkan, sifat penyayang Rasulullah S.A.W. adalah "Dia(Rasulullah S.A.W.) sayang kepada segenap kerabatnya serta lemah-lembut sikapnya kepada anak-cucunya."

Anas Bin Malik R.A.seorang sahabat yang lama berkhidmat kepada Rasulullah S.A.W. pernah berkata: "Tidak ada kulihat orang yang lebih penyayang terhadap keluarganya melebihi Rasulullah S.A.W."

Aisyah R.A.pula ada meriwayatkan, "Jika Rasulullah tinggal di rumahnya, baginda sangat lemah-lembut, suka tersenyum dan tertawa."

Rasulullah S.A.W. tidak pernah memukul seseorang dengan tangannya kecuali kerana fi sabilillah. Baginda juga tidak pernah berdendam kepada seseorang kerana sesuatu yang dilakukan ke atas dirinya.

Di rumah, baginda juga membantu isteri-isterinya. Baginda membetulkan sendiri kasutnya, menjahit pakaian dan memerah susu kambing.
Banyak lagi contoh akhlak terpuji nabi muhammad SAW yang patut dikaji, diteladani dan disebarkan.

Sesungguhnya Rasulullah S.A.W.adalah contoh teladan yang paling baik. Barang siapa yang mengikutinya akan diridhai Allah dan akan selamat di dunia dan akhirat.

*TERMASUK MANUSIA TERBAIK ADALAH MEREKA YANG BERIMAN DAN BAIK AKHLAKNYA*

Wassalam
*Anak bangsa*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman