ANTARA QURBAN
DAN AQIQAH ?
فَصَلِّ
لِرَبِّكَ وَانْحَرْ
“Dirikanlah shalat dan berqurbanlah (an nahr).” (QS. Al
Kautsar: 2).
{ وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنسَكًا لِّيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ
عَلَى مَا رَزَقَهُم مِّن بَهِيمَةِ اْلأَنْعَمِ }
Maksudnya:
“Dan bagi tiap-tiap satu umat, Kami syari‘atkan ibadah menyembelih qurban (atau lain-lainnya) supaya mereka menyebut nama Allah sebagai bersyukur akan pengurniaanNya kepada mereka: binatang-binatang ternak yang disembelih itu.”
(Surah Al-Hajj 22:34)
- Hadits Riwayat Ahmad dan Imam Empat Hadits shahih menurut Tirmidzi.
Maksudnya:
“Dan bagi tiap-tiap satu umat, Kami syari‘atkan ibadah menyembelih qurban (atau lain-lainnya) supaya mereka menyebut nama Allah sebagai bersyukur akan pengurniaanNya kepada mereka: binatang-binatang ternak yang disembelih itu.”
(Surah Al-Hajj 22:34)
- Hadits Riwayat Ahmad dan Imam Empat Hadits shahih menurut Tirmidzi.
كل
غلام مرتهن بعقيقته تذبح عنه يوم سابعه ويحلق ويتصدق بوزن شعره فضة أو ما يعادلها
ويسمى
Artinya: Setiap anak
tergadai dengan aqiqahnya, maka pada hari ketujuh disembelih hewan, dicukur
habis1 rambutnya, dan diberi nama
Muqaddimah
فَصَلِّ
لِرَبِّكَ وَانْحَرْ
“Dirikanlah
shalat dan berqurbanlah (an nahr).” (QS. Al Kautsar: 2). Di antara
tafsiran ayat ini adalah “berqurbanlah
pada hari raya Idul Adha (yaumun nahr)”. Tafsiran ini diriwayatkan dari ‘Ali bin Abi
Tholhah dari Ibnu ‘Abbas, juga menjadi pendapat ‘Atho’, Mujahid dan
jumhur (mayoritas) ulama.
Dari sunnah
terdapat riwayat dari Anas bin Malik, ia berkata,
ضَحَّى
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِكَبْشَيْنِ أَمْلَحَيْنِ
أَقْرَنَيْنِ قَالَ وَرَأَيْتُهُ يَذْبَحُهُمَا بِيَدِهِ وَرَأَيْتُهُ وَاضِعًا
قَدَمَهُ عَلَى صِفَاحِهِمَا قَالَ وَسَمَّى وَكَبَّرَ
“Rasulullah shallallaahu ’alaihi wasallam
berkurban dengan dua ekor kambing kibasy putih yang telah tumbuh tanduknya.
Anas berkata : “Aku melihat beliau menyembelih dua ekor kambing tersebut dengan
tangan beliau sendiri. Aku melihat beliau menginjak kakinya di pangkal leher
kambing itu. Beliau membaca basmalah dan takbir” (HR. Bukhari no.
5558 dan Muslim no. 1966).
Hukum Qurban dan Aqiqah ?
Pendapat
pertama: Udh-hiyah (qurban) tidak
boleh digabungkan dengan aqiqah. Pendapat ini adalah pendapat ulama
Malikiyah, Syafi’iyah dan salah satu pendapat dari Imam Ahmad.
Ibnu Hajar Al Haitami Al Makkiy dalam Fatawa Kubronya
menjelaskan, “Sebagaimana pendapat ulama madzhab kami sejak beberapa tahun
silam, tidak boleh menggabungkan niat aqiqah dan qurban. Alasannya, karena yang
dimaksudkan dalam qurban dan aqiqah adalah dzatnya (sehingga tidak bisa
digabungkan dengan lainnya, pen). Begitu pula keduanya memiliki sebab dan
maksud masing-masing. Udh-hiyah (qurban) sebagai tebusan untuk diri sendiri,
sedangkan aqiqah sebagai tebusan untuk anak yang diharap dapat tumbuh menjadi
anak sholih dan berbakti, juga aqiqah dilaksanakan untuk mendoakannya.”[3]
Pendapat
kedua: Penggabungan qurban dan ‘aqiqah
itu dibolehkan. Menurut pendapat ini, boleh melaksanakan qurban sekaligus
dengan niat ‘aqiqah atau sebaliknya. Inilah salah satu pendapat dari Imam Ahmad,
pendapat ulama Hanafiyah, pendapat Al Hasan Al Bashri, Muhammad bin Sirin dan
Qotadah.
Kesimpulan
- Dari dua pendapat di atas, kami lebih condong pada pendapat pertama yang menyatakan bahwa penggabungan niat antara aqiqah dan qurban tidak diperbolehkan, karena walaupun ibadahnya itu sejenis namun maksud aqiqah dan qurban adalah dzatnya sehingga tidak bisa digabungkan dengan yang lainnya. Pendapat pertama juga lebih hati-hati dan lebih selamat dari perselisihan yang ada.
- Jika memang aqiqah bertepatan dengan qurban pada Idul Adha, maka sebaiknya dipisah antara aqiqah dan qurban.
- Jika mampu ketika itu, laksanakanlah kedua-duanya. Artinya laksanakan qurban dengan satu kambing atau ikut urunan sapi, sekaligus laksanakan aqiqah dengan dua kambing (bagi anak laki-laki) atau satu kambing (bagi anak perempuan).
- Jika tidak mampu melaksanakan aqiqah dan qurban sekaligus, maka yang lebih didahulukan adalah ibadah udh-hiyah (qurban) karena waktunya bertepatan dengan hari qurban dan waktunya cukup sempit. Jika ada kelapangan rizki lagi, barulah ditunaikan aqiqah.
Fadhilah Qurban ?
Tak
diragukan lagi, udhiyah adalah ibadah pada Allah dan pendekatan diri pada-Nya,
juga dalam rangka mengikuti ajaran Nabi kita Muhammad -shallallahu ‘alaihi wa
sallam-. Kaum muslimin sesudah beliau pun melestarikan ibadah mulia ini. Tidak
ragu lagi ibadah ini adalah bagian dari syari’at Islam. Hukumnya adalah sunnah
muakkad (yang amat dianjurkan) menurut mayoritas ulama. Ada beberapa hadits
yang menerangkan fadhilah atau keutamaannya, namun tidak ada satu pun yang
shahih. Ibnul ‘Arobi dalam ‘Aridhotil
Ahwadzi (6: 288) berkata, “Tidak ada hadits shahih yang menerangkan
keutamaan udhiyah. Segelintir orang meriwayatkan beberapa hadits yang ajiib
(yang menakjubkan), namun tidak shahih.”
Sejumlah
hadits dho’if yang membicarakan keutamaan udhiyah,
عَنْ
عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « مَا عَمِلَ ابْنُ آدَمَ
يَوْمَ النَّحْرِ عَمَلاً أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ مِنْ هِرَاقَةِ
دَمٍ وَإِنَّهُ لَيَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُونِهَا وَأَظْلاَفِهَا
وَأَشْعَارِهَا وَإِنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنَ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ بِمَكَانٍ
قَبْلَ أَنْ يَقَعَ عَلَى الأَرْضِ فَطِيبُوا بِهَا نَفْسًا »
Dari
‘Aisyah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda, “Tidaklah pada hari nahr manusia beramal suatu amalan yang lebih
dicintai oleh Allah daripada mengalirkan darah dari hewan qurban. Ia akan
datang pada hari kiamat dengan tanduk, kuku, rambut hewan qurban tersebut. Dan
sungguh, darah tersebut akan sampai kepada (ridha) Allah sebelum tetesan darah
tersebut jatuh ke bumi, maka bersihkanlah jiwa kalian dengan berkurban.” (HR.
Ibnu Majah no. 3126 dan Tirmidiz no. 1493. Hadits ini adalah hadits yang dho’if
kata Syaikh Al Albani)
عَنْ
أَبِى دَاوُدَ عَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ قَالَ قَالَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ
-صلى الله عليه وسلم- يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا هَذِهِ الأَضَاحِىُّ قَالَ «
سُنَّةُ أَبِيكُمْ إِبْرَاهِيمَ ». قَالُوا فَمَا لَنَا فِيهَا يَا رَسُولَ
اللَّهِ قَالَ « بِكُلِّ شَعَرَةٍ حَسَنَةٌ ». قَالُوا فَالصُّوفُ يَا رَسُولَ
اللَّهِ قَالَ « بِكُلِّ شَعَرَةٍ مِنَ الصُّوفِ حَسَنَةٌ ».
Dari Abu
Daud dari Zaid bin Arqam dia berkata, “Para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam
bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah maksud dari hewan-hewan kurban seperti
ini?” beliau bersabda: “Ini merupakan sunnah (ajaran) bapak kalian, Ibrahim.”
Mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, lantas apa yang akan kami dapatkan
dengannya?” beliau menjawab: “Setiap rambut terdapat kebaikan.” Mereka berkata,
“Bagaimana dengan bulu-bulunya wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: “Dari setiap
rambut pada bulu-bulunya terdapat suatu kebaikan.” (HR. Ibnu Majah no. 3127.
Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini dho’if
jiddan)
Allah SWT
berfirman, “Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan sembelihlah” (QS
Al-Kautsar: 1-2). Mayoritas ulama berpendapat bahwa yang dimaksud dengan shalat
di sini adalah shalat hari `Idul Adha, sedangkan yang dimaksud dengan
menyembelih adalah menyembelih hewan qurban.
Diriwayatkan
oleh Imam At Tirmidzi, Ibnu Majah dan al Hakim dari Zaid bin Arqam, bahwsanya
Rasulullah saw bersabda (yang artinya):
“ Al Udhiyah (binatang kurban), bagi pemiliknya (yang berkurban) akan diberi pahala setiap satu rambut binatang itu satu kebaikan “.
“ Al Udhiyah (binatang kurban), bagi pemiliknya (yang berkurban) akan diberi pahala setiap satu rambut binatang itu satu kebaikan “.
Diriwayatkan
oleh imam Abul Qasim Al Ashbahani, dari Sayyidina Ali bin Abi Thalib, bahwa
Rasulullah saw bersabda (yang artinya):
“ Wahai Fathimah, bangkitlah dan saksikan penyembelihan binatang kurbanmu, sungguh bagimu pada awal tetesan darah binatang itu sebagai pengampunan untuk setiap dosa, ketahuilah kelak dia akan didatangkan (di hari akhirat) dengan daging dan darahnya dan diletakkan diatas timbangan kebaikanmu 70 kali lipat “.
“ Wahai Fathimah, bangkitlah dan saksikan penyembelihan binatang kurbanmu, sungguh bagimu pada awal tetesan darah binatang itu sebagai pengampunan untuk setiap dosa, ketahuilah kelak dia akan didatangkan (di hari akhirat) dengan daging dan darahnya dan diletakkan diatas timbangan kebaikanmu 70 kali lipat “.
Rasulullah
saw bersabda (yang artinya):
“ Barang siapa berkurban dengan lapang dada (senang hati) dan ikhlas hanya mengharap pahala dari Allah, maka dia akan dihijab dari neraka (berkat udhiyahnya) “. (HR. Ath Thabarani dari Al Husein bin Ali)
“ Barang siapa berkurban dengan lapang dada (senang hati) dan ikhlas hanya mengharap pahala dari Allah, maka dia akan dihijab dari neraka (berkat udhiyahnya) “. (HR. Ath Thabarani dari Al Husein bin Ali)
Dalil dari
hadits, dari Siti Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda (yang artinya), ‘Tiada
amal anak-cucu Adam pada waktu Hari Raya Qurban yang lebih disukai Allah
daripada mengalirkan darah (berqurban). Dan bahwasanya darah qurban itu sudah
mendapat tempat yang mulia di sisi Allah sebelum jatuh ke tanah. Maka
laksanakan qurban itu dengan penuh ketulusan hati.” (HR. At Tirmidzi)
Dari Anas
RA, ia berkata, “Nabi SAW mengurbankan dua ekor kambing yang putih-putih dan
bertanduk. Keduanya disembelih dengan kedua tangan beliau yang mulia setelah
dibacakan bismillah dan takbir, dan beliau meletakkan kakinya yang berbarakah
di atas kedua kambing tersebut:’ (HR Muslim).
Rasulullah
SAW bersabda tentang keutamaan qurban bahwasanya qurban itu akan menyelamatkan
pemiliknya dari kejelekan dunia dan akhirat. Beliau juga bersabda (yang
artinya),
“Barang siapa telah melaksanakan qurban, setelah orang itu keluar dari kubur nanti, ia akan menemukan qurbannya berdiri di atas kuburannya, rambut qurban itu terdiri dari belahan emas, matanya dari yaqut, kedua tanduknya dari emas pula. Lalu ia terheran-heran dan bertanya, ‘Siapa kamu ini? Aku belum pernah melihat sesuatu seindah kamu.’
Hewan itu menjawab, “Aku adalah qurbanmu yang engkau persembahkan di dunia sekarang. Naiklah ke alas punggungku”. Kemudian ia naik dan berangkatlah mereka sampai naungan Arasy, di langit yang ketujuh”
“Barang siapa telah melaksanakan qurban, setelah orang itu keluar dari kubur nanti, ia akan menemukan qurbannya berdiri di atas kuburannya, rambut qurban itu terdiri dari belahan emas, matanya dari yaqut, kedua tanduknya dari emas pula. Lalu ia terheran-heran dan bertanya, ‘Siapa kamu ini? Aku belum pernah melihat sesuatu seindah kamu.’
Hewan itu menjawab, “Aku adalah qurbanmu yang engkau persembahkan di dunia sekarang. Naiklah ke alas punggungku”. Kemudian ia naik dan berangkatlah mereka sampai naungan Arasy, di langit yang ketujuh”
Rasulullah
SAW bersabda (yang artinya), “Perbesarlah qurban-qurban kalian, sebab qurban
itu akan menjadi kendaraan-kendaraan dalam melewati jembatan AshShirat menuju
surga” (HR Ibnu Rif’ah).
Dalam satu
riwayat disebutkan, Nabi Dawud AS pernah bertanya kepada Allah SWT tentang
pahala qurban yang diperoleh umat Nabi Muhammad SAW.
Allah SWT menjawab, “Pahalanya adalah, Aku akan memberikan sepuluh kebajikan dari setiap satu helai rambut qurban itu, akan melebur sepuluh kejelekan, dan akan mengangkat derajat mereka sebanyak sepuluh derajat. Tahukah engkau, wahai Daud, bahwa qurban-qurban itu adalah kendaraankendaraan bagi mereka di hari kiamat nanti, dan qurban-qurban itu pula yang menjadi penebus kesalahan-kesalahan mereka.”
Allah SWT menjawab, “Pahalanya adalah, Aku akan memberikan sepuluh kebajikan dari setiap satu helai rambut qurban itu, akan melebur sepuluh kejelekan, dan akan mengangkat derajat mereka sebanyak sepuluh derajat. Tahukah engkau, wahai Daud, bahwa qurban-qurban itu adalah kendaraankendaraan bagi mereka di hari kiamat nanti, dan qurban-qurban itu pula yang menjadi penebus kesalahan-kesalahan mereka.”
Sayyidina Ali
RA berkata, “Apabila seorang hamba telah berqurban, setiap tetesan darah qurban
itu akan menjadi penebus dosanya di dunia dan setiap rambut dari qurban itu
tercatat sebagai satu kebajikan baginya”.
Hukum Qurban ?
Hukumnya Sunnat
Muakkad (Sunnat yang dikuatkan) atas orang yang memenuhi syarat-syarat
seperti berikut:
§ Islam
§ Merdeka (Bukan hamba)
§ Baligh lagi berakal
§ Mampu untuk berqurban
Sabda Rasullullah
s.a.w yang bermaksud:
"Aku
disuruh berqurban dan ia sunnat bagi kau." (Riwayat al-Turmuzi).
"Telah
diwajibkan kepada ku qurban dan tidak wajib bagi kamu." (Riwayat Daruqutni)
Walaupun
hukum berqurban itu sunnat tetapi ia boleh bertukar menjadi wajib jika
dinazarkan. Sabda Rasullullah s.a.w yang bermaksud: "Sesiapa
yang bernazar untuk melakukan taat kepada Allah, maka hendaklah dia
melakukannya." (Sila Rujuk: Fiqh al-Sunnah)
Hikamah Qurban ?
Menghidupkan
sunnah Nabi Allah Ibrahim a.s.
- Mendidik jiwa kearah takwa dan mendekatkan diri kepada Allah s.w.t.
- Mengikis sifat tamak dan mewujudkan sifat murah hati mahu berbelanja harta kejalan Allah s.w.t.
- Menghapuskan dosa dan mengharap keredhaan Allah s.w.t.
- Menjalinkan hubungan kasih sayang sesama manusia terutama antara golongan berada dengan golongan yang kurang bernasib baik.
- Akan memperolehi kenderaan atau tunggangan ketika meniti titian al-Sirat al-Mustaqim diakhirat kelak. Sabda Nabi Muhammad s.a.w. yang bermaksud: "Muliakanlah qurban kamu kerana ia menjadi tunggangan kamu dititian pada hari kiamat."
Hukum Aqiqah ?
Hukum aqiqah itu adalah sama dengan ibadah
qurban iaitu Sunnat Muakkad kecuali dinazarkan menjadi wajib.
- Penyembelihan aqiqah ialah pada hari ketujuh dari kelahiran bayi atau pada hari ke empat belas atau ke dua puluh satu. Jika tidak dapat maka bila-bila masa selagi anak itu belum baligh.
- Jika anak telah baligh, maka gugur tuntutan atas walinya dan sunnat bagi dirinya (individu yang berkenaan) mengaqiqahkan untuk dirinya sendiri. Hal ini berdasarkan hadis dari Ahmad, Abu Dawud dan al-Tabrani, bahawa Rasulullah s.a.w. pernah mengaqiqahkan dirinya sendiri sesudah Baginda s.a.w. diangkat menjadi Rasul.
- Anak zina, aqiqahnya sunnat atas ibunya kerana nafkah hidup anak zina itu tanggungan ibunya bukan bapanya. Demikian pendapat Syaikh Ibnu Hajar dan Syaikh Ramli, manakala Khatib Syarbini pula berpendapat, adalah tidak sunnat bagi ibu mengaqiqahkan anak zinanya meskipun si ibu memberi nafkah kepadanya.
- Anak lelai disembelihkan dua ekor kambing (tetapi sah sekiranya seekor) dan perempuan memadai dengan seekor kambing. Diriwayatkan daripada Aisyah, bahawa Rasulullah s.a.w. memerintahkan para sahabat agar menyembelih aqiqah untuk anak lelaki dua ekor kambing yang umurnya sama dan untuk anak perempuan seekor kambing. (Riwayat al-Turmuzi). Daripada Ibnu Abbas r.a. pula menyatakan. bahawa Rasullullah s.a.w. menyembelih aqiqah untuk Hasan dan Husin masing-masing dengan seekor kambing. (Riwayat Abu Dawud)
Sumber:1.http://tanbihul_ghafilin.tripod.com
2.https://keajaibanislam.wordpress.com
3.http://rumaysho.com
4.http://www.alkhoirot.net
Jakarta 16/9/2015
terima kasih atas infonya..
BalasHapussalam aqiqah jogja
thanks gan
BalasHapussalam
Artikelnya keren gan, salam rental mobil jogja
BalasHapus