TAKDIR BAGI
MANUSIA ?
قُل
لَّن يُصِيبَنَآ إِلاَّ مَاكَتَبَ اللهُ لَنَا هُوَ مَوْلاَنَا وَعَلَى اللهِ
فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُونَ {51}
“Katakanlah: “Sekali-kali tidak akan menimpa
kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah Pelindung
kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal.”
(QS. At Taubah:51)
لِمَن
شَآءَ مِنكُمْ أَن يَسْتَقِيمَ {28} وَمَاتَشَآءُونَ إِلآَّ أَن يَشَآءَ اللَّهُ
رَبُّ الْعَالَمِينَ {29}
“(yaitu) bagi siapa di antara kamu yang mau
menempuh jalan yang lurus. Dan kamu tidak dapat menghendaki (menempuh jalan
itu) kecuali apabila dikehendaki Allah, Tuhan semesta alam.”(QS. At
Takwiir:28-29)
ظَهَرَ
الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ
لِيُذِيقَهُم بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ {41}
“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut
disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supay Allah merasakan kepada mereka
sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang
benar)” (QS. Ar Ruum:41)
Takdir Allah swt ?
1– Firman
Allah Ta’ala:
{إِنَّا
كُلَّ شَيْءٍ خَلَقْنَاهُ بِقَدَرٍ}
“Sesungguhnya
Kami menciptakan segala sesuatu dengan al-qadar (takdir)” (QS al-Qamar:49).
Imam Ibnu
Katsir rahimahullah berkata:
“Para Imam Ahli Sunnah berargumentasi dengan ayat yang mulia ini atas
(wajibnya) menetapkan takdir/ketetapan Allah yang mendahului semua makhluk-Nya,
yang berarti (meyakini bahwa) Dia maha mengetahui segala sesuatu sebelum
terjadinya, dan Dia telah menuliskannya (dalam al-Lauhul mahfuzh) sebelum Dia menciptakannya”[14].
2– Firman
Allah Ta’ala:
{مَا
أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي أَنْفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ
مِنْ قَبْلِ أَنْ نَبْرَأَهَا إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ}
“Tiada
sesuatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri
melainkan telah tertulis dalam kitab (al-Lauhul mahfuzh) sebelum Kami
menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah” (QS al-Hadiid:22).
3– Sabda
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“(Iman itu adalah) kamu beriman kepada Allah, para Malaikat-Nya,
kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, serta beriman kepada
takdir yang baik maupun yang buruk”[15].
4- Sabda
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Allah telah menuliskan/menetapkan ketentuan takdir semua makhluk sebelum Dia
menciptakan langit dan bumi (selama) lima puluh ribu tahun”[16].
5- Sabda
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Tidak ada seorangpun dari kalian kecuali Allah telah menetapkan tempatnya di
surga atau tempatnya di neraka”. Para Sahabat bertanya: “Wahai Rasulullah,
(kalau demikian) apakah kita tidak bersandar saja pada ketentuan takdir kita
dan tidak perlu melakukan amal (kebaikan)? Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda: “Lakukanlah amal (kebaikan), karena setiap manusia akan dimudahkan
(untuk melakukan) apa yang telah ditetapkan baginya, manusia yang termasuk
golongan orang-orang yang berbahagia (masuk surga) maka dia akan dimudahkan
untuk melakukan amal golongan orang-orang yang berbahagia, dan manusia yang
termasuk golongan orang-orang yang celaka (masuk neraka) maka dia akan
dimudahkan untuk melakukan amal golongan orang-orang yang celaka”. Kemudian
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam
membaca (firman Allah Ta’ala):
{فَأَمَّا
مَنْ أَعْطَى وَاتَّقَى* وَصَدَّقَ بِالْحُسْنَى* فَسَنُيَسِّرُهُ لِلْيُسْرَى* وَأَمَّا مَنْ
بَخِلَ وَاسْتَغْنَى* وَكَذَّبَ
بِالْحُسْنَى* فَسَنُيَسِّرُهُ لِلْعُسْرَى}
“Adapun
orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa (kepada-Nya), dan
membenarkan adanya pahala yang terbaik (surga), maka Kami kelak akan memudahkan
baginya (jalan) yang mudah (kebaikan). Dan adapun orang-orang yang kikir dan
merasa dirinya cukup (berpaling dari petunjuk-Nya), serta mendustakan pahala
yang terbaik, maka kelak Kami akan menyiapkan baginya (jalan) yang sukar
(keburukan)” (QS al-Lail:5-10)
Takdir menurut Ulama ?
1.IBNU HAJAR
AL-ASQALANI
Ibnu Hajar Al-Haitami dalam kitab Fathul Bari
Ibnu Hajar Al-Haitami dalam kitab Fathul Bari
إن
الذي سبق في علم الله لا يتغير ولا يتبدل، وإن الذي يجوز عليه التغير والتبديل ما
يبدو للناس من عمل العامل، ولا يبعد أن يتعلق ذلك بما في علم الحفظة الموكلين
بالآدمي فيقع فيه المحو والإثبات كالزيادة في العمر والنقص
Artinya: Perkara yang sudah lalu dalam ilmu Allah tidak akan dapat berubah. Yang boleh dan bisa berubah dan berganti adalah sesuatu yang tampak pada manusia yakni perbuatan pelaku. Hal itu tidak jauh hubungannya dengan ilmu malaikat hafadzah (penjaga) yang diwakilkan (diutus) pada manusia. Maka terjadilah penghilangan (pengurangan) dan ketetapan seperti bertambah atau berkurangnya usia seseorang.
2.IBNU TAIMIYAH
Ibnu Taimiyah
إن الله يكتب للعبد أجلا في صحف الملائكة فإذا وصل رحمه زاد في ذلك المكتوب، وإن عمل ما يوجب النقص نقص من ذلك المكتوب... وهذا معنى ما روى عن عمر أنه قال: اللهم إن كنت كتبتني شقيا فامحني واكتبني سعيدا، فإنك تمحو ما تشاء وتثبت ـ والله سبحانه عالم بما كان وما يكون، وما لم يكن لو كان كيف كان يكون، فهو يعلم ما كتبه له وما يزيده إياه بعد ذلك، والملائكة لا علم لهم إلا ما علمهم الله، والله يعلم الأشياء قبل كونها وبعد كونها، فلهذا قال العلماء: إن المحو والإثبات في صحف الملائكة، وأما علم الله سبحانه فلا يختلف ولا يبدو له ما لم يكن عالما به، فلا محو فيه ولا إثبات، وأما اللوح المحفوظ: فهل فيه محو وإثبات؟ على قولين، والله سبحانه وتعالى أعلم
Artinya: Allah menulis usia seseorang pada buku catatan malaikat. Apabila orang itu melakukan silaturrahim maka bertambahlah usia yang tertulis, apabila melakukan sesuatu yang dapat mengurangi umur, maka berkurangnya usia yang tertulis. Inilah makna hadits yang diriwayatkan dari Umar bin Khattab di mana ia berkata (berdoa): "Ya Allah apabila engkau menulisku sebagai orang yang celaka maka hapuslah dan tulislah aku sebagai orang yang beruntung. Sesungguhnya engkau dapat menghapus dan menetapkan apapun yang Engkau kehendaki."
Allah mengetahui apa yang sudah dan akan terjadi dan apa yang tidak terjadi. Kalau sudah terjadi dan bagaimana kejadiannya. Allah tahu apa yang ditulis atau ditentukan pada seseorang dan apa yang ditambahkan padanya setelah itu. Sedangkan malaikat tidak tahu itu kecuali apa yang sudah diberitahu Allah. Allah tahu semuanya sebelum dan sesudah adanya. Itulah sebabnya ulama berkata: Penghapusan dan penetapan berada dalam buku malaikat. Adapun ilmu Allah maka tidak berbeda. Tidak ada yang tidak diketahui Allah karena itu maka tidak ada penghapusan dan penetapan. Adapun Lauh Madfudz: Apakah ada penghapusan dan penetapan? Ada dua pendapat dalam soal ini.
3.IMAM THOHAWI
Imam Thahawi dalam Tafsir Al-Tahawi menguraikan soal takdir sebagai berikut:
Takdir adalah setiap sesuatu yang berjalan dengan takdir atau ketetapan dan kehendak Allah. Kehendak Allah itu lestari. Dan tidak ada kehendak bagi manusia kecuali atas kehendak Allah. Apa yang dikehendaki Allah maka terjadi, apa yang tidak dikehendaki tidak terjadi. Tidak ada yang bisa mencegah pada takdir-Nya. Tidak ada yang dapat menandingi hukumnya. Dan tidak ada yang dapat mengalahkan perintahNya.
Iman pada takdir ada empat tingkatan:
1. Iman pada ilmu Allah yang qadim (dahulu)
2. Iman pada tulisan Allah di Lauhul Mahfudz
3. Iman pada kehendak Allah yang terjadi dan kemampuan (qudrat0 Allah yang menyeluruh.
4. Iman pada kemampuan Allah mewujudkan setiap makhluk. Dia-lah Sang Pencipta sedang yang lainnya adalah yang dicipta (makhluk).
Memperdalam tentang takdir tidak boleh, Rasulullah telah melarang kita. Asal dari takdir adalah rahasia Allah atas makhluknya yang tidak diketahui malaikat dan Rasulnya.
Mendalami soal takdir ini akan merugikan, dan melewati batas. Hati-hatilah dari hal itu agar tidak terjadi kebingungan berfikir dan was-was. Allah telah mempersimpit ilmu tentang takdir pada makhluknya dan melarang manusia dari mencarinya sebagaimana firman Allah dalam QS Al-Anbiya' :23 "لا يُسْأَلُ عَمَّا يَفْعَلُ وَهُمْ يُسْأَلُونَ" Dia tidak ditanya tentang apa yang diperbuat-Nya dan merekalah yang akan ditanyai.
Fungsi Beriman Kepada
Takdir ?
1. Iman kepada takdir-Nya
merupakan hal yang menyempurnakan keimanan seorang hamba kepada Allah Ta’ala dan tidak akan benar
keimanan seorang hamba tanpa hal ini, karena iman kepada takdir Allah Ta’ala termasuk rukun-rukun iman.
2. Iman kepada takdir-Nya termasuk penyempurna tauhid Rububiyyah dan tauhid nama-nama dan sifat-sifat Allah Ta’ala, sebagiamana penjelasan di awal tulisan ini.
3. Merasakan ketenangan hati, kelapangan jiwa dan tidak merasa gelisah dalam menghadapi kesulitan dalam kehidupan di dunia ini, karena semua itu terjadi dengan ketetapan Allah Ta’ala dan tidak mungkin dihindari.
4. Merasakan musibah menjadi ringan, sehingga memudahkan seorang hamba untuk bersabar dan meraih pahala dari Allah Ta’ala ketika ditimpa musibah dan bencana. Allah Ta’ala berfirman:
2. Iman kepada takdir-Nya termasuk penyempurna tauhid Rububiyyah dan tauhid nama-nama dan sifat-sifat Allah Ta’ala, sebagiamana penjelasan di awal tulisan ini.
3. Merasakan ketenangan hati, kelapangan jiwa dan tidak merasa gelisah dalam menghadapi kesulitan dalam kehidupan di dunia ini, karena semua itu terjadi dengan ketetapan Allah Ta’ala dan tidak mungkin dihindari.
4. Merasakan musibah menjadi ringan, sehingga memudahkan seorang hamba untuk bersabar dan meraih pahala dari Allah Ta’ala ketika ditimpa musibah dan bencana. Allah Ta’ala berfirman:
{مَا
أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ وَمَنْ يُؤْمِنْ بِاللَّهِ يَهْدِ
قَلْبَهُ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ}
“Tidak ada
sesuatu musibahpun yang menimpa (seseorang) kecuali denga izin Allah; Dan
barang siapa yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk ke
(dalam) hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu” (QS at-Taghaabun:11).
Imam Ibnu
Katsir rahimahullah berkata:
“Makna ayat ini: seseorang yang ditimpa musibah dan dia meyakini bahwa musibah
tersebut merupakan ketentuan dan takdir Allah, sehingga dia bersabar dan
mengharapkan (balasan pahala dari Allah Ta’ala),
disertai (perasaan) tunduk berserah diri kepada ketentuan Allah tersebut, maka
Allah akan memberikan petunjuk ke (dalam) hatinya dan menggantikan musibah
dunia yang menimpanya dengan petunjuk dan keyakinan yang benar dalam hatinya,
bahkan bisa jadi Dia akan menggantikan apa yang hilang darinya dengan yang
lebih baik baginya”[39].
5. Orang yang
mengimani takdir akan selalu mengembalikan semua urusannya kepada Allah Ta’ala, karena jika dia
mengetahui bahwa segala sesuatu terjadi dengan takdir dan ketetapan-Nya maka
dia akan selalu kembali kepada-Nya dalam memohon taufik dan kebaikan baginya
dan menolak keburukan darinya, serta menyandarkan semua kebaikan dan nikmat
kepada-Nya semata. Inilah landasan utama segala kebaikan bagi seorang hamba dan
sebab utama meraih taufik dari Allah Ta’ala[40].
6- Menjadikan seorang
hamba mengetahui kekurangan dan kelemahan dirinya, sehingga dia tidak merasa
bangga dan lupa diri ketika melakukan perbuatan baik.
7- Menjadikan
orang yang beriman semakin mengetahui sempurnanya hikmah Allah Ta’ala dalam semua perbuatan-Nya.
8- Menjadi
motivasi bagi orang yang beriman untuk semakin semangat berbuat kebaikan dan
melakukan hal-hal yang bermanfaat.
9- Berani dan
tegar dalam menegakkan agama Allah Ta’ala
dan tidak takut terhadap celaan manusia dalam kebenaran.
10- Merasakan
kekayaan/kecukupan dalam hati, dan inilah kekayaan yang hakiki. Sebagaimana
sabda Rasulullah Shallallahu
‘alaihi wa sallam: “…Ridhahlah (terimalah) pembagian yang Allah
tetapkan bagimu maka kamu akan menjadi orang yang paling kaya (merasa
kecukupan)”[41].
Ikhtitam
احْرِصْ
عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ وَلاَ تَعْجِزْ وَإِنْ أَصَابَكَ
شَىْءٌ فَلاَ تَقُلْ لَوْ أَنِّى فَعَلْتُ كَانَ كَذَا وَكَذَا. وَلَكِنْ قُلْ
قَدَرُ اللَّهِ وَمَا شَاءَ فَعَلَ فَإِنَّ لَوْ تَفْتَحُ عَمَلَ الشَّيْطَانِ
“Bersemangatlah
atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, jangan engkau
lemah. Jika engkau tertimpa suatu musibah, maka janganlah engkau katakan:
‘Seandainya aku lakukan demikian dan demikian.’ Akan tetapi hendaklah kau
katakan: ‘Ini sudah jadi takdir Allah. Setiap apa yang telah Dia kehendaki
pasti terjadi.’ Karena perkataan law (seandainya) dapat membuka pintu syaithon.”
Sumber:1.http://www.alkhoirot.net
2.https://ibnuabbaskendari.wordpress.com
Jakarta 29/9/2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar