PUASA WAJIB BAGI ORANG YANG BERIMAN
?
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa
sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”
(al-Baqarah: 183)
بني الإسلام على خمس: شهادة أن لا إله إلا الله، وأن محمداً رسول الله، وإقام الصلاة، وإيتاء الزكاة، وصوم رمضان، وحج بيت الله الحرام من استطاع إليه سبيلاً
“Islam di bangun di atas lima (rukun) : Persaksian bahwa tidak ada yang
diibadahi dengan benar selain Allah, dan bahwasanya Muhammad utusan Allah,
Menegakan sholat, menunaikan zakat, Puasa di bulan Ramadhan, dan haji ke
baitullah al-haram bagi yang memiliki kemampuan untuk sampai ke sana.” (HR.
Bukhori No. 8 dan Muslim No. 16)
عَنِ ابْنِ حَجَرٍ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ الله صَلىَّ الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أْلإِيْمَانُ مَعْرِفَةٌ بِاْلقَلْبِ وَقَوْلٌ بِالِّلسَانِ وَعَمَلٌ بِاْلأَرْكَانِ (رواه ابن ماجه والطبراني)
Artinya: “Dari Ibnu Hajar Radhiyallahu ‘Anhu beliau berkata: Rasulullah SAW
telah bersabda: Iman adalah Pengetahuan hati, pengucapan lisan dan pengamalan
dengan anggota badan” (H.R. Ibnu Majah dan At-Tabrani).
Muqaddimah
Kata Iman di dalam al-Qur’an digunakan untuk arti yang bermacam- macam. Ar-
Raghib al- Ashfahani, Ahli Kamus Al- Qur’an mengatakan bahwa kata iman didalam
al- Qur’an terkadang digunakan untuk arti iman yang hanya sebatas di bibir saja
padahal hati dan perbuatanya tidak beriman, terkadang digunakan untuk arti iman
yang hanya terbatas pada perbuatan saja, sedangkan hati dan ucapannya tidak
beriman.
Iman dalam arti semata-mata ucapan dengan lidah tanpa dibarengi dengan hati
dan perbuatan dapat dilihat dari arti QS. Al-Baqarah, 2 :8-9,yaitu:
8. Di antara manusia ada yang mengatakan: "Kami beriman kepada Allah
dan hari kemudian[22]," pada hal mereka itu Sesungguhnya bukan orang-orang
yang beriman.
9. Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, Padahal mereka
hanya menipu dirinya sendiri sedang mereka tidak sadar.
Hakekat Iman ?
Al-Imam Malik, al-Syafi’i, Ahmad, al-Auza‘i, Ishaq ibn Rahawaih, dan
segenap ulama ahli hadis serta ulama Madinah demikian juga para pengikut mazhab
Zahiriyyah dan sebagian ulama mutakallimin berpendapat bahwa definisi iman itu
adalah : pembenaran dengan hati,
pengakuan dengan lisan, dan amal dengan anggota badan.
1.Pengetahuan Hati (مَعْرِفَةٌ بِاْلقَلْبِ )
Berbicara tentang iman, tentu berbicara tentang keyakinan. Maka secara
mutlak orientasi pembahasan di titik beratkan pada jiwa seseorang atau lazimnya
di sebut “qalbu”. Hati merupakan pusat dari satu keyakinan, kita semua sepakat
bahwa dalam diri manusia terdapat dua unsur pokok kejadian, terbentuknya jazad
dan rohani, apabila keduanya pincang atau salah satu di antaranya kurang, maka
secara mutlak tidak mungkin terbentuk makhluk yang bernama manusia. Orang yang
beriman hatinya harus ma’rifat kepada Allah, mengetahui siapakah Allah itu,
karena tanpa mengenal Allah mustahil seseorang akan beriman kepada Allah.
2. Pengucapan Lisan (قَوْلٌ بِالِّلسَانِ) Setelah mengenal Allah dan meyakini dengan sepenuh
hati, seorang mukmin diwajibkan mengakui dan mengikrarkan dengan lisan, yakni
dengan mengucapkan dua kalimat syahadah .
3. Pengamalan dengan anggota badan (وَعَمَلٌ بِاْلأَرْكَانِ). Amal merupakan unsur dari iman. Seperti perkataan Imam Ibnu Abdil Barr: أَجْمَعَ أَهْلَ اْلفِقْهِ وَاْلحَدِيْثِ عَلَى أَنَّ اْلإِيْمَانَ قَوْلٌ وَعَمَلٌ، وَلاَ عَمَلٌ إِلاَّ بِنِيَّةٍ Artinya: “Para ahli fiqih dan hadis
telah sepakat bahwasannya iman itu perkataan dan perbuatan. Dan tidaklah ada
perbuatan kecuali dengan niat”. Al-Imaam Ibnul-Qayyim al-Jauziy juga berkata
berkata : حَقِيْقَةُ اْلإِيْمَانِ مُرَكَّبَةٌ مِّنْ قَوْلٍ وَعَمَلٍ. وَاْلقَوْلُ قِسْمَانِ : قَوْلُ اْلقَلْبِ، وَهُوَ اْلاِعْتِقَادُ، وَقَوْلُ اللِّسَانِ، وَهُوَ التَّكَلُّمُ بِكَلِمَةِ اْلإِسْلاَمِ. وَاْلعَمَلُ قِسْمَانِ : عَمَلُ اْلقَلْبِ، وَهُوَ نِيَّتُهُ وَإِخْلاَصُهُ، وَعَمَلُ اْلجَوَارِحِ. فَإِذَا زَالَتْ هَذِهِ اْلأَرْبَعَةُ، زَالَ اْلإِيْمَانُ بِكَمَالِهِ، وَإِذَا زَالَ تَصْدِيْقُ اْلقَلْبِ، لَمْ تَنْفَعْ بَقِيَّةُ اْلأَجْزَاءِ Artinya: “Hakekat iman terdiri dari perkataan dan perbuatan. Perkataan ada
dua : perkataan hati, yaitu i‘tiqaad; dan perkataan lisan, yaitu perkataan
tentang kalimat Islam (mengikrarkan syahadat ). Perbuatan juga ada dua :
perbuatan hati, yaitu niat dan keikhlasannya; dan perbuatan anggota badan.
Apabila hilang keempat hal tersebut, akan hilang iman dengan kesempurnaannya.
Dan apabila hilang pembenaran (tasdiiq) dalam hati, tidak akan bermanfaat tiga
hal yang lainnya”.
Tanda-Tanda Orang Beriman ?
1. Orang mukmin akan mencintai Allah dan Rosul-Nya melebihi cinta kepada
makhluk-Nya. Sabda Rasulullah: حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ وَمُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى بْنِ أَبِي عُمَرَ وَمُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ جَمِيعًا عَنْ الثَّقَفِيِّ قَالَ ابْنُ أَبِي عُمَرَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ أَبِي قِلَابَةَ عَنْ أَنَسٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ ثَلاثٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ وَجَدَ بِهِنَّ حَلَاوَةَ الْإِيمَانِ مَنْ كَانَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِمَّا سِوَاهُمَا وَأَنْ يُحِبَّ الْمَرْءَ لَا يُحِبُّهُ إِلَّا لِلَّهِ وَأَنْ يَكْرَهَ أَنْ يَعُودَ فِي الْكُفْرِ بَعْدَ أَنْ أَنْقَذَهُ اللَّهُ مِنْهُ كَمَا يَكْرَهُ أَنْ يُقْذَفَ فِي النَّارِ. (رواه البخاري و مسلم) Artinya: ”Telah menceritakan
kepada kami Ishaq ibn Ibrahim dan Muhammad ibn Yahya ibn Abi ‘Umar serta
Muh}ammad ibn Basysyar semuanya dari al-Saqafi berkata Ibnu Abi ‘Umar telah
menceritakan kepada kami ‘Abd al-Wahhab dari Ayyub dari Abu Qilabah dari Anas
dari Nabi saw., dia berkata, "Tiga perkara jika itu ada pada seseorang
maka ia akan merasakan manisnya iman; orang yang mana Allah dan Rasul-Nya lebih
dia cintai daripada selain keduanya, mencintai seseorang yang ia tidak
mencintainya kecuali karena Allah, dan benci untuk kembali kepada kekafiran setelah
Allah menyelamatkannya dari kekafiran tersebut sebagaimana ia benci untuk masuk
neraka”.(H.R. Bukhari dan Muslim)
2. Orang mukmin akan menghormati tamunya.
3. Orang yang beriman tidak akan menyakiti tetangganya.
4. Orang yang beriman tidak akan berkata kotor. Sabda Rasulullah SAW: عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ الله ُعَنْهُ ، أَنَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : مَنْ كَانَ يُؤْمِنٌ بِاللهِ وَاْليَوْمِ اْلاَخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا أَوْلِيَصْمُتْ ، وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ اْلآخِرِ فَلْيُكْرِمْ جَارَهُ ، وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ اْلآخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ )) . رواه البخاري [رقم : 6018 ] ومسلم [ رقم : 47 ] Artinya: “Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu: Sesungguhnya
Rasulullah SAW telah bersabda: barang siapa yang beriman kepada Allah hari
akhir maka hendaknya dia berkata yang baik atau diam, barang siapa yang beriman
kepada Allah hari akhir maka hendaknya dia mengormati tetangganya dan barang
siapa yang beriman kepada Allah hari akhir maka hendaknya dia menghormat
tamunya” (H.R. Bukhari dan Muslim).
5. Orang yang beriman akan selalu mencegah kemunkaran. عَنْ أَبِيْ سَعِيْدِ اْلخُدْرِيِّ رَضِيَ الله ُعَنْهُ ، قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ الله ِصَلي الله عليه وسلم يَقُوْلُ : (( مَنْ رَّأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ ، فَإِنْ لمَّ ْيَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ ، فَإِنْ لمَّ ْيَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ ، وَذَلِكَ أَضْعَفُ اْلإِيْمَانِ )). رواه مسلم [ رقم : 49 ] Artinya: “Dari Abu Sa’d
Al-Khudriy Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata : Saya pernah mendengar
Rasulallah SAW berkata: barang siapa diantara kalian melihat suatu kemunkaran
maka hendaknya dia merubah dengan kekuasannya, apabila dia merasa tidak mampu
maka dengan lisannya, maka apabila dia tidak mampu hendaknya dia membenci
kemunkaran tersebut dengan hatinya, yang demikian itu adalah tingkatan iman
yang paling lemah ” (H.R. Muslim).
Iman bisa
Bertambah ?
Pada kesempatan kali ini akan kita simak bersama
dalil-dalil dari al-Qur’an bahwa iman bisa bertambah dan berkurang, bahkan bisa
hilang sehingga pelakunya menjadi murtad.
Ayat pertama:
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ
وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَانًا
Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka
yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan
ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka. (QS. al-Anfal: 2)
Ayat kedua:
هُوَ الَّذِي أَنْزَلَ السَّكِينَةَ فِي قُلُوبِ
الْمُؤْمِنِينَ لِيَزْدَادُوا إِيمَانًا مَعَ إِيمَانِهِمْ وَلِلَّهِ جُنُودُ
السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا
Dia-lah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati
orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka
(yang telah ada). dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah
Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana, (QS. al-Fath: 4)
Ayat ketiga:
الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ
جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ
وَنِعْمَ الْوَكِيلُ
(Yaitu) orang-orang (yang mentaati Allah dan rasul)
yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan: “Sesungguhnya manusia telah
mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka”,
maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: “Cukuplah
Allah menjadi penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung”. (QS.
Ali Imran:173)
Ayat keempat:
وَمَا جَعَلْنَا أَصْحَابَ النَّارِ إِلَّا مَلَائِكَةً
وَمَا جَعَلْنَا عِدَّتَهُمْ إِلَّا فِتْنَةً لِلَّذِينَ كَفَرُوا لِيَسْتَيْقِنَ
الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ وَيَزْدَادَ الَّذِينَ آمَنُوا إِيمَانًا وَلَا
يَرْتَابَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ وَالْمُؤْمِنُونَ وَلِيَقُولَ الَّذِينَ
فِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ وَالْكَافِرُونَ مَاذَا أَرَادَ اللَّهُ بِهَذَا مَثَلًا
كَذَلِكَ يُضِلُّ اللَّهُ مَنْ يَشَاءُ وَيَهْدِي مَنْ يَشَاءُ وَمَا يَعْلَمُ
جُنُودَ رَبِّكَ إِلَّا هُوَ وَمَا هِيَ إِلَّا ذِكْرَى لِلْبَشَر
Dan tiada Kami jadikan penjaga neraka itu melainkan
dari malaikat: Dan tidaklah Kami menjadikan bilangan mereka itu melainkan untuk
jadi cobaan bagi orang-orang kafir, supaya orang-orang yang diberi Al-Kitab
menjadi yakin dan supaya orang yang beriman bertambah imannya dan supaya
orang-orang yang diberi Al Kitab dan orang-orang mukmin itu tidak ragu-ragu dan
supaya orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan orang-orang kafir
(mengatakan): “Apakah yang dikehendaki Allah dengan bilangan ini sebagai suatu
perumpamaan?” Demikianlah Allah membiarkan sesat orang-orang yang
dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan
tidak ada yang mengetahui tentara Rabbmu melainkan Dia sendiri. Dan (neraka
Saqar/peringatan-peringatan) itu tiada lain hanyalah peringatan bagi manusia.
(QS. Surat al-Muddatstsir:31)
Iman bisa Berkurang ?
ثُمَّ أَوْرَثْنَا الْكِتَابَ الَّذِينَ اصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَا
فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِنَفْسِهِ وَمِنْهُمْ مُقْتَصِدٌ وَمِنْهُمْ سَابِقٌ
بِالْخَيْرَاتِ بِإِذْنِ اللَّهِ ذَلِكَ هُوَ الْفَضْلُ الْكَبِير
Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang
yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang
menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan di
antara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah.
yang demikian itu adalah karunia yang amat besar. (QS. Fathir:32)
Dalam ayat di atas Allah membagi orang yang diberi
karunia berupa kitabullah menjadi tiga golongan, yaitu:
- ظَالِمٌ لِنَفْسِهِ (menganiaya dirinya sendiri)
- مُقْتَصِدٌ (pertengahan)
- سَابِقٌ بِالْخَيْرَاتِ (lebih dahulu berbuat kebaikan)
Adapun orang yang menzhalimi dirinya sendiri adalah
orang berkurang imannya karena melakukan perbuatan kemaksiatan.
Iman bisa Hilang ?
Sedangkan ayat yang menjelaskan seseorang bisa keluar
dari golongan orang-orang beriman di antaranya adalah:
Ayat pertama:
لَا تَعْتَذِرُوا قَدْ كَفَرْتُمْ بَعْدَ إِيمَانِكُمْ
Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu kafir sesudah
beriman. (QS. at-Taubah: 66)
Ayat kedua:
وَلَقَدْ أُوحِيَ إِلَيْكَ وَإِلَى الَّذِينَ مِنْ
قَبْلِكَ لَئِنْ أَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُونَنَّ مِنَ
الْخَاسِرِين
Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada
(nabi-nabi) yang sebelummu. “Jika kamu mempersekutukan (Rabbmu), niscaya akan
hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi. (QS.
az-Zumar:65)
Ikhtitam
Orang-orang yang beriman...Maksudnya
orang-orang yang keimanannya masih berproses bisa bertambah,berkurang bahkan
hilang karenan amal perbuatannya. Beda dengan kata Mukmin yang keimanannya
sudah permanen sebagaimana dalam ayat-ayat al-qur’an seperti qad aflaha
al-mukminuun....
Ayat tentang
orang munafik yang kekal dalam neraka di kerak neraka bersama orang-orang kafir
patut untuk senantiasa kita renungi dan ingat agar jangan sampai kita tergolong
orang munafik dalam keadaan tidak menyadarinya:
إِنَّ
الْمُنَافِقِينَ فِي الدَّرْكِ الأسْفَلِ مِنَ النَّارِ وَلَنْ تَجِدَ لَهُمْ
نَصِيرًا إِلَّا الَّذِينَ تَابُوا وَأَصْلَحُوا وَاعْتَصَمُوا بِاللَّهِ
وَأَخْلَصُوا دِينَهُمْ لِلَّهِ
Sesungguhnya
orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari
neraka. dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi
mereka. Kecuali orang-orang yang taubat dan mengadakan perbaikan dan berpegang
teguh pada (agama) Allah dan tulus ikhlas (mengerjakan) agama mereka karena
Allah. (QS. an-Nisa’:145-146)
Sumber:1.Al-Qur’an
Hadits 2.http://muhammadlatifqohari.blogspot.com
3.https://fatwasyafii.wordpress.com
JAKARTA
5/6/2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar