*SYAWAL BULAN KEMENANGAN*
KAJIAN TAREKAT BAG 1
Thariqah atau tarekat adalah metode, jalan atau cara yang
ditempuh manusia dan jin dalam menjalani hidup berdasar suatu filosofi
menurut iman dan disiplin ilmunya. Karena itu tarekat bisa benar bisa
salah, tergantung dari keimanan dan disiplin ilmu yang menjadi
filosofinya. Bila iman mereka bercampur dengan kekafiran dan kezaliman
maka tarekat mereka adalah sesat dan tidak akan mendapat ampunan Allah
SWT sebagaimana FirmanNya :
إِنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَظَلَمُوْا لَمْ يَكُنِ اللهُ
لِيَغْفِرَ لَهُمْ وَ لاَ لِيَهْدِيَهُمْ طَرِيْقًا (168) إِلاَّ طَرِيْقَ
جَهَنَّمَ خَالِدِيْنَ فِيْهَا أَبَدًا وَكَانَ ذَالِكَ عَلَى اللهِ
يَسِيْرًا (169)
Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan melakukan
kezaliman, Allah sekali-kali tidak akan mengampuni (dosa) mereka dan
tidak (pula) akan menunjukkan jalan kepada mereka. Kecuali jalan ke
neraka jahannam; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. dan yang
demikian itu adalah mudah bagi Allah. (Surat An Nisa 168-169)
Bila iman dan disiplin ilmu mereka tidak bercampur dengan
yang zhalim dan kekafiran maka tarekat itu adalah jalan yang benar dan
lurus ( tarekat mustaqim), sebagaimana tersebut dalam surat Al Ahqaaf
ayat 30:
قَالُوْا يَا قَوْمَنَا إِنَّا سَمِعْنَا كِتَابًا أُنْزِلَ
مِنْ بَعْدِ مُوْسَى مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ يَهْدِيْ إِلَى
الْحَقِّ وَإِلَى طَرِيْقٍ مُسْتَقِيْمٍ (30)
Mereka berkata: “Hai kaum kami, Sesungguhnya kami Telah
mendengarkan Kitab (Al Quran) yang Telah diturunkan sesudah Musa yang
membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya lagi memimpin kepada kebenaran
dan kepada jalan yang lurus.
Ayat diatas adalah ucapan pemimpin jin yang benar, ketika
mengajak kaumnya untuk menempuh jalan/tarekat yang lurus, sehingga Allah
mengabadikan ucapannya yang benar itu menjadi bagian dari Al Quran.
Tarekat yang lurus melaksanakan amalan-amalan berdasarkan
dalil yang nyata dan ilmunya dapat difahami bukan suatu hal yang
janggal atau menimbulkan pertentangan, karena semua amal itu akan
dipertanggung jawabkan di hari kiamat di hadapan Allah SWT,
sebagaimana FirmanNya :
Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai
pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati,
semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya. ( Surat Al Isra : 36).
Tarekat yang lurus pada prinsipnya adalah menyempurnakan
ibadah dengan menjaga dan mengamalkan amalan sunnah secara intensif
untuk mencapai maqam keimanan dan ketaqwaan yang lebih baik dan dekat
kepada Allah SWT. Orang orang yang mampu menempuh tarekat yang lurus
inilah yang disebut sebagai waliyullah, dimana Allah memberikan jaminan
perlindungan, pertolongan dan kedudukan yang mulia di sisiNya.
KAJIAN TAREKAT BAG 2
(WALIYULLAH/KEKASIH ALLAH)
(WALIYULLAH/KEKASIH ALLAH)
Diriwayatkan oleh Ibrahim bin Muhammad bin Hamzah, dari Abu
Ubaidah Muhammad bin Ahmad bin Raja’, dari Ibrahim bin Abdullah, dari
Muhammad bin Ishaq As Siraj, dari Muhammad bin bin Ishaq bin Karamah,
dari Khalid bin Mukhallid, dari Sulaiman bin Bilal, dari Syarik bin
Abdullah bin Abi Namr, dari Abu Hurairah ra dia – mengatakan: Rasulullah
– saw – telah bersabda:
إن الله عز وجل قال من آذى لي وليا فقد آذنته بالحرب ، وما
تقرب إلي عبدي بشيء أفضل من أداء ما افترضت عليه ، وما يزال عبدي يتقرب إلي
بالنوافل حتى أحبه ، فإذا أحببته كنت سمعه ] ص: 5 [ الذي يسمع به ، وبصره
الذي يبصر به ، ويده التي يبطش بها ، ورجله التي يمشي بها ، فلئن سألني
عبدي أعطيته ، ولئن استعاذني لأعذته ، وما ترددت عن شيء أنا فاعله ترددي عن
نفس المؤمن يكره الموت وأكره إساءته أو مساءته .
Sesungguhnya Allah ’Azza wa Jalla berfirman: Barangsiapa
memusuhi wali-waliKu maka sungguh Aku nyatakan perang kepadanya, dan
tidaklah hambaku mendekatkan diri kepadaKu dengan suatu amal yang
terbaik yang telah ditentukan baginya dan ia selalu mendekatkan diri
kepadaKu dengan amalan sunnat hingga Aku mencintainya, maka bila Aku
mencintainya Akulah yang menjadi pendengaran yang untuk mendengarnya,
dan penglihatan yang untuk melihat, dan tangannya yang untuk memukul,
dan kakinya yang untuk berjalan, bila hambaKu itu memintaKu maka Aku
memberinya, bila minta perlindungan Aku melindunginya, bila ia menolak
sesuatu yang dibenci oleh dirinya Akulah yang malakukannya dan seorang
mukmin itu benci kematian yang jelek atau menjelekkannya, maka Akulah
yang menghindarkannya. ( Hilyatul Auliya hal 5 Syekh Imam Al-Hafiz Abu
Naeem Ahmad bin Ahmad )
Dikatakan oleh Hakim Abu Ahmad Muhammad bin Ahmad bin
Ibrahim, mengatakan kepada kami Hasan bin Ali bin Nasr berkata:
bercerita Abu Muhammad bin Mutsanna, mengatakan kepada kami Hasan bin
Salamah bin Abi Kabsyah dari Abu Amer Al ‘Aqidi: Dikisahkan oleh Abdul
Wahid dari ‘Urwah dari Aisyah yang mengatakan : Rasulullah – saw –
meriwayatkan dari Tuhannya, bahwa Yang Mahakuasa berkata:
من آذى لي وليا فقد استحل محاربتي
“Barang siapa menyakiti wali-Ku halal Aku memeranginya.”
Para waliyullah itu sangat menjaga kebersihan iman dari
segala hal yang merusakkannya seperti syirik, nifak, riya, takabbur,
ujub, hasad/dengki dan lain lainnya.
KAJIAN TAREKAT BAG 3
(Waliyullah/Kekasih Allah)
(Waliyullah/Kekasih Allah)
Diceritakan oleh Sulaiman bin Ahmad dari Yahya bin Ayyub
dari Abi Said bin AbiMaryam dari Nafi bin Yazeed bin ‘Ayyasy bin ‘Ayyasy
dari Is mya Bin Abdul Rahman, dari bin Zaid bin Aslam dari ayahnya,
dari Ibnu Umar ia berkata:
وجد عمر بن الخطاب معاذ بن جبل – رضي الله عنه – قاعدا عند
قبر رسول الله – صلى الله عليه وسلم – يبكي ، فقال : ما يبكيك ؟ قال :
يبكيني شيء سمعته من رسول الله – صلى الله عليه وسلم – سمعت رسول الله –
صلى الله عليه وسلم – يقول : إن يسير الرياء شرك ، وإن من عادى أولياء الله
فقد بارز الله بالمحاربة
Diceritakan bahwa Umar bin Al-Khattab bertemu Muadz bin
Jabal – ra – duduk di makam Rasulullah – saw – sambil menangis, ia
bertanya: “Apa yang membuatmu menangis? Dia menjawab: karena Saya
pernah mendengar Rasulullah – saw – bersabda: “sesungguhnya kemunafikan
itu syirik dan sungguh siapa yang memusuhi wali-Ku, Allah menyatakan
perang kepadanya.” ( Hilyatul Auliya hal 6)
Waliyullah itu menuntut kemulyaan derajad dihadapan Allah
SWT dengan berlomba lomba memperbaharui dan memperteguh iman dan
taqwanya dimana maqam itu memungkinkan mereka capai karena maqam
kenabian sudah tertutup dan tidak mungkin dapat dicapai, tetapi maqam
waliyullah adalah maqam yang terbuka lebar bagi semua orang beriman yang
memungkinkan untuk dicapai dengan harapan memperoleh kedudukan mulia di
sisi Allah SWT .
Diceritakan oleh Muhammad bin Ja’far bin Ibrahim dari
Ja’far bin Muhammad As Shaigh dari Malik bin Isma’il dan ‘Ashim bin
‘Aliy keduanya berkata, berkata Qais bin Ar Rabi’ dari ‘Imarah bin
Qa’qa’ dari Abi Zar’ah dari ‘Amru bin Jarir dari ‘Umar bin Khathab ra
bahwa Rasulullah saw
إن من عباد الله لأناسا ما هم بأنبياء ولا شهداء ، يغبطهم
الأنبياء والشهداء يوم القيامة بمكانهم من الله عز وجل . فقال رجل : من هم
وما أعمالهم ؟ لعلنا نحبهم . قال : قوم يتحابون بروح الله عز وجل من غير
أرحام بينهم ، ولا أموال يتعاطونها بينهم ، والله إن وجوههم لنور ، وإنهم
لعلى منابر من نور ، لا يخافون إذا خاف الناس ، ولا يحزنون إذا حزن الناس .
ثم قرأ): ألا إن أولياء الله لا خوف عليهم ولا هم يحزنون(
“Sesungguhnya diantara hamba-hambaku itu ada manusia
manusia yang bukan termasuk golongan para Nabi, bukan pula syuhada
tetapi pada hari kiamat Allah ‘Azza wa Jalla menempatkan maqam mereka
itu adalah maqam para Nabi dan syuhada.”Seorang laki-laki bertanya :
“siapa mereka itu dan apa amalan mereka?”mudah-mudahan kami menyukainya.
Nabi bersabda: “yaitu Kaum yang saling menyayangi karena Allah ‘Azza wa
Jalla walaupun mereka tidak bertalian darah, dan mereka itu saling
menyayangi bukan karena hartanya, dan demi Allah sungguh wajah mereka
itu bercahaya, dan sungguh tempat mereka itu dari cahaya, dan mereka itu
tidak takut seperti yang ditakuti manusia, dan tidak susah seperti yang
disusahkan manusia,”kemudian beliau membaca ayat : (Ingatlah
sesungguhnya wali-wali Allah itu tidak ada rasa takut dan mereka itu
tidak bersedih hati). ( Jami’us Shaghir)
KAJIAN TAREKAT BAG TERAKHIR
(Keberkahan Waliyullah)
(Keberkahan Waliyullah)
Yang dimaksud keberkahan adalah pengaruh positif dan
produktif dari dzikir, doa dan amal amal dari seorang yang dekat kepada
Allah, sebagaimana beberapa hadits yang menjadi bukti keberkahannya.
Diriwayatkan oleh Ahmad bin Abi Bakr Abu Mush’ab dari Muhammad bin
Ibrahim bin Dinar dari Abiy Dzi’bin dari Sa’id Al Maqburi :
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ
اللَّهِ إِنِّي أَسْمَعُ مِنْكَ حَدِيثًا كَثِيرًا أَنْسَاهُ قَالَ
ابْسُطْ رِدَاءَكَ فَبَسَطْتُهُ قَالَ فَغَرَفَ بِيَدَيْهِ ثُمَّ قَالَ
ضُمَّهُ فَضَمَمْتُهُ فَمَا نَسِيتُ شَيْئًا بَعْدَهُ حَدَّثَنَا
إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْمُنْذِرِ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي
فُدَيْكٍ بِهَذَا أَوْ قَالَ غَرَفَ بِيَدِهِ فِيهِ (رواه بن ماجه)
Dari Abi Hurairah ra; “ wahai Rasulullah sungguh saya ini
telah mendengar banyak hadits darimu tetapi aku lupa semua”. Kemudian
beliau bersabda: “ gelarlah Rida Mu’ ( pakaian).” Maka aku
menggelarnya, kemudian beliau memindahkan dengan tangan nya (seolah-olah
mengisinya dengan sesuatu kemudian berkata, ” Ambil dan bungkuslah
keatas badan mu.” Maka aku melakukannya dan setelah itu aku tidak pernah
lupa apapun. (Hr Ibnu Majah).
Keberkahan doa Ibnu Mas’ud diterangkan sebagai berikut:
عن عبد الله بن هبيرة ، عن حنش الصنعاني ، عن عبد الله بن
مسعود ، أنه قرأ في أذن مبتلى فأفاق ، فقال له رسول الله – صلى الله عليه
وسلم – : ” ما قرأت في أذنه ؟ قال : قرأت ): أفحسبتم أنما خلقناكم عبثا (
حتى ختم السورة ، فقال رسول الله – صلى الله عليه وسلم – : ” لو أن رجلا
موقنا قرأها على جبل لزال “
Diriwayatkan oleh Abdullah bin Hubairah dari Hanas As
Shan’ani dari Abdullah bin Mas’ud bahwasanya ia membacakan ayat Quran di
telinga orang yang pingsan maka sadarlah berkat doanya itu. Maka
Rasulullah saw betanya kepada Ibnu Mas’ud: “apa yang kamu bacakan di
telinganya”? ia menjawab saya membaca ayat : afahasibtum annamaa
khalaqnaakum ‘abatsan …..hingga selesainya ayat,” Maka Rasulullah
bersabda : “ andai kata ada orang yakin yang membacakannya pada gunung,
niscaya gunung itu akan bergoncang.” (Hilyatul Auliya hal 8)
Diriwayatkan oleh Abu Bakar Ahmad bin Ja’far bin Hamdan,
diriwayatkan Abdullah bin Ahmad bin Hanbal, Muhamad bin Yazid Al Kufi,
diriwayatkan Muhamad bin Fadhil, diriwayatkan Shalat bin Mathar dari
Qudaamah bin Hamazhah bin Ukti Saham bin Munjab, ia berkata:
سمعت سهم بن منجاب قال : غزونا مع العلاء بن الحضرمي ، فسرنا
حتى أتينا دارين والبحر بيننا وبينهم ، فقال : يا عليم يا حليم يا علي يا
عظيم ، إنا عبيدك وفي سبيلك نقاتل عدوك ، اللهم فاجعل لنا إليهم سبيلا .
فتقحم بنا البحر ، فخضنا ما يبلغ لبودنا الماء ، فخرجنا إليهم [ ص 8 ]
Aku mendengar Saham berkata : kami menyerang musuh dengan
Al ‘Ala bin Al-Hadrami, kami mengendarai kuda sampai di batas dua
daratan yang terpisah oleh laut yang membatasi antara kami dan mereka,
kemudian Al ‘Ala berdo’a: “Wahai Yang Maha lagi Maha Penyantun, Yang
Maha Tinggi lagi Maha Agung sungguh Kami hamba-Mu di Jalan-Mu yang
memerangi musuh-Mu, Ya Allah buatkanlah jalan buat kami sehingga dapat
mencapai mereka.” Maka kami melintasi di atas air laut dan kami dapat
mengejar dan mengalahkan mereka. ( Hilyatul Auliya hal 8).
Dua shahabat Nabi saw ketika itu mengejar musuh dari Persia
yang naik perahu, dan mereka memacu kudanya berlari diatas air di
lautan tanpa tenggelam bagaikan memacu kuda di atas daratan, hingga
penumpang perahu dari pegawai kerajaan Persia itu keheranan tidak
percaya dengan apa yang dilihatnya.
Mereka itulah waliyullah, lantaran keikhlasan mereka itulah
umat itu ditolong dan karena keihlasan mereka itu Allah menurunkan
hujan.
disarikan dari Kitab Hilyatul Auliya Syekh Imam Al-Hafiz Abu Naeem Ahmad bin Ahmad.
*By: Habib al-Faqiir...*
Tidak ada komentar:
Posting Komentar